Sponsors Link

12 Cara Tradisional Merawat Rambut Bercabang Hilang dengan Cepat

Rambut merupakan salah satu komponen yang dapat menambah kecantikan seorang wanita. Tak heran hampir semua orang melakukan berbagai perawatan agar rambut yang dimiliki tetap sehat dan berkilau. Tak sedikit pula orang yang telah melakukan berbagai perawatan akan tetapi mempunyai rambut yang bercabang. Rambut bercabang merupakan keadaan dimana pada bagian ujung rambut membelah dua atau bahkan lebih. Ada banyak faktor penyabab rambut bercabang diantaranya yaitu kekurangan nutrisi,  adanya pengaruh dari sinar ultraviolet, salah menggunakan sampo atau vitamin. Selain itu kebiasaan pun dapat membua rambut bercabang diantaranya yaitu kebiasaan mencatok rambut perlu diketahui bahaya sering mencatok rambut dan juga rambut yang terlalu panjang seringkali memunculkan masalah rambut bercabang.

ads

Perlu diketahui bahwa rambut mempunyai tiga jenis lapisan. Adapun tiga lapisan tersebut yaitu dimulai dari lapisan terdalam (medulla), lalu ada lapisan yang mengelilingi medulla yaitu lapisan cortex dan lapisan terluar rambut yaitu lapisan terkeras atau kutikula yang berperan sebagai pelindung lapisan yang berada didalam rambut. Rambut yang bercabang merupakan salah satu masalah yang disebabkan karena terjadi kerusakan lapisan kutikula. Lapisan kutikula mempunyai fungsi melindungi rambut dari sinar ultraviolet, bahan-bahan kima, zat klorin dan berbagai hal yang akan terkena pada rambut. Lapisan kutikula cenderung lebih sensitif dibandingkan lapisan lainnya, sehingga saat kutikula rusak semua lapisan lainnya yang ada di rambut menjadi tidak terlindungi. Rambut menjadi bercabang ketika salah satu titik rambut melemah. Pastinya semua orang tidak ingin mempunyai rambut yang bercabang, oleh karena itu kali ini akan diberikan cara tradisional merawat rambut bercabang. Apa saja sih cara tradisional dalam merawat rambut bercabang? simak pembahasannya dibawah ini!

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari penggilingan buah zaitun. Minyak zaitun ini mengandung berbagai kandungan nutrisi diantaranya yaitu lemak, vitamin E dan vitamin K. Minyak zaitu sering kali dijadikan sebagai berbagai bahan untuk obat-obatan, masakan dan sabun. Minyak zaitun mempunyai banyak sekali khasiat diantaranya yaitu untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun rupanya mempunyai khasiat dalam masalah rambut bercabang, selain itu dapat mencegah masalah rontoh. Cara penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang yaitu sebagai berikut.

  • siapkan 1 sdm minyak zaitun lalu oleskan pada bagian rambut secara merata lakukan lah sebelum keramas.
  • Setelah dioleskan secara merata diamkan sekitar 5 menitt, setelah itu bilas dengan sampo.
  • Setelah di sampo pijat rambut dengan ramuan yang teridiri dari minyak almond, minyak jarak dan minyak zaitun dengan takaran secukupnya.
  • Setelah di pijat menggunakan ramuan tersebut tutup rambut dengan handuk sekitar 10 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali untuk hasil terbaik.

2. Masker Pepaya

Pepaya merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan protein. Adapun protein dibutuhkan rambut untuk melembabkan dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Pepaya mempunyai manfaat untuk mengtasi masalah rambut bercabang. Cara tradisional mengatasi rambut bercabang dengan masker pepaya yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan 200 gram buah pepaya dan 2 sdm yoghurt
  • Hancurkan pepaya dan campurkan dengan 2 sdm yoghurt atau dapat memblendernya agar mempermudah
  • Aplikasikan pada rambut, oles secara merata sambil dilakukan pijat secara lembut dan pelat
  • Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan sekitar kurang lebih 30 menit
  • Setelah 30 menit bilas menggunakan air bersih

3. Masker Telur

Sponsors Link

Telur selain lezat di makan rupanya mempunyai khasiat dalam mengatasi rambut bercabang. Kandungan protein keratin pada telur yaitu sebesar 70%, sehingga telur mempunyai manfaat dalam pembentukan helaian rambut yang rusak. Selain itu protein juga mempunyai manfaat dalam mengisi bagian lapisan rambut yang mudah rambuh. Ada beberapa cara untuk membuat masker telur diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan 1 butir telur, 3 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu
  • Campur ketiga bahan tersebut lalu kocok hingga tercampur
  • Aplikasikan pada bagian rambut secara merata
  • Tutup menggunakan shower cap sekitar 1 jam, lalu keramaslah dengan menggunakan sampo bayi dan bilas hingga bersih

Selain cara tersebut masih ada cara lain untuk membuat masker rambut yaitu dengan menggunakan hanya kuning telur saja dan kombinasikan dengan 1 sdm minyak almond, lakukan langkah selanjutnya seperti cara diatas hanya saja setelah diaplikasikan waktu tunggu hanya 30 menit saja.

4. Kondisioner Madu

ads

Madu merupakan obat tradisional yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan begitupun masalah kesehatan rambut. Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral pada madu dapat membantu mengatasi rambut rontok. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi lapisan rambut dari berbagai radikan bebas. Cara mengatas masalah rambut bercabang dengan madu yaitu dengan menjadikan madu sebagai kondisioner. Cara penggunaannya yaitu campurkan 2 sdm madu dengan 4 cangkir air hangat. Penggunaan madu pada rambut akan terasa lengket akan tetapi akan membuat rambut lembab. Pastikan kamu telah keramas sebelum menggunakan kondisioner madu ini, setelah melakukan keramas oleskan madu dan diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin setidaknya 1 minggu sekali agar rambut bercabang cepat teratasi. Selain itu madu juga dapat dijadikan sebagai masker rambut, dan mempunyai banyak manfaat masker madu untuk rambut.

5. Kondisioner Alpukat

Alpukat mengandung banyak nutrisi diantaranya yaitu protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dsb. Kandungan yang ada pada alpukat sangat cocok digunakan untuk perawatan kesehatan rambut. Alpukat dapat dijadikan kondisioner untuk perawatan kesehatan rambut. Cara membuat kondisioner alpukat yaitu siapkan 1 buah alpukat lalu tumbuh hingga hancur dan campurkan dengan 1 sdm minyak zaitun dan minyak kelapa hingga campuran tersebut menjadi creamy. Gunakan pada rambut secara merata akan tetapi perlu diperhatikan hindari bagian akar rambut, diamkan sekitar 30 menit. Setelah 30 menit bilas lah dengan sampo hingga bersih.

6. Pisang

Pisang selain mempunyai rasa yang lezat ternyata mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, zinc dan zat besi sangat cocok untuk cara tradisional merawat rambut bercabang. Pisang mempunyai manfaat menambah elastisitas dan mengurangi berbagai masalah kerusakan pada rambut termasuk rambut bercabang. Cara membuat masker dari pisang yaitu siapkan 1 buah pisang yang telah matang lalu potong-potong. Kombinasikan potongan pisang tersebut dengan 2 sdm yoghurt tawar ditambah dengan sari buah lemon. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu blender hingga halus, setelah halus masker pisang pun sudah dapat digunakan. Gunakan masker pisang pada rambut secara merata lalu diamkan hingga 1 jam, setelah 1 jam cuci lah hingga bersih. Usahakan untuk melakukan secara rutin minimal 2 kali dalam satu minggu agar rambut selalu terjaga kesehatannya.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah stau tumbuhan yang sangat terkenal akan khasiatnya dalam perawatan kesehatan rambut. Lidah buaya merupakan pelembab yang sangat bagus untuk masalah rambut yang kering termasuk untuk masalah rambut bercabang. Kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya mempunyai manfaat dalam mengatasi sel kulit yang mati pada kepala. Caranya pun sangat mudah hanya dengan mengambil gel nya lalu gunakan pada rambut dan pijat dengan pelat, diamkan hingga 30 menit. Setelah 30 menit bilaslah dengan air hingga rambut menjadi bersih. Lakukan cara ini dengan rutin sekitar 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa masih tergolong ke dalam minyak alami. Oleh karena itu minyak kelapa dapat digunakan menjadi obat untuk mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa berguna untuk memberi kelembaban pada rambut sehingga rambut menjadi lembut dan tidak kasar. Cara penggunannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata pada seluruh bagian rambut dengan secara rutin. Pastikan agar seluruh bagian rambut terolesi oleh minyak kelapa. Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan secara  rutin setiap 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

9. Potong Bagian Ujung Rambut Secara Rutin

Selain dengan menggunakan berbagai bahan alami untuk mengatasi masalah rambut bercabang,ada beberapa tips yang dapat dilakukan diantaranya yaitu memotong bagian ujung rambut secara rutin. Bagian rambut yang dipotong hanya bagian ujung saja, lakukan setidaknya sekitar 6 bulan sekali. Akan tetapi jika rambut telah rusak dan bercabang maka potong secara rutin setiap 2 bulan sekali.

10. Pilih Sampo yang Cocok

Sponsors Link

Pemilihan sampo yang cocok merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rambut. Jenis rambut setiap orang berbeda-beda oleh karena itu pilihlah sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita. Misalkan untuk rambut yang kering maka gunakanlah sampo yang mempunyai kandungan minyak kelapa, argan , biji anggur. Untuk rambut berminyak maka pilih sampo yang mempunyai kandungan selenium sulfida, zinc pyrithione. Jangan memilih sampo karena mahal ataupun merk nya karena kesesuaian sampo bergantung pada kandungan dan kebutuhan dari masalah rambut kita.

11. Jangan Sering Mengikat Rambut

Mengikat rambut merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak wanita. Rupanya sering mengikat rambut atau mengikat rambut dengan waktu yang lama dapat memberikan efek buruk sering mengikat rambut merusak rambut dan membuat rambut mudah bercabang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin mengikat rambut, diantaranya yaitu jika rambut basah maka tunggu rambut hingga kering sebelum mengikatnya perlu diketahui akibat mengikat rambut basah. Pemilihan pengikat pun harus sesuai hindari penggunaan pengikat yang berbahan besi, selain itu janganlah mengikat rambut pada saat akan tidur. Dan yang terakhir pastikan dalam melepas pengikat rambut dengan perlahan jangan langsung ditarik.

12. Jangan Menggunakan Bahan Kimia yang Berlebihan

Sebelum melakukan berbagai perawatan rambut pastikan sampo, kondisioner ataupun vitamin yang digunakan tidak mengandung bahan kimia yang berlebihan. Karena penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat membuat rambut rusak seperti bercabang, rontok dan kering. Oleh karena itu sebelum membeli sampo, kondisioner, vitamin dan berbagai bahan untuk perawatan rambut baca dahulu kandungan apa saja yang terkandung jangan sampai mempunyai kandungan kimia yang berlebihan.

Sekian pembahasan mengenai cara tradisional merawat rambut bercabang. Untuk menghindari rambut bercabang maka lakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami secara rutin dan hindari berbagai hal yang dapat menyebabkan rambut rusak. Mempunyai rambut yang sehat merupakan keinginan semua orang oleh karena itu tetap rutin melakukan perawatan rambut. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut