Sponsors Link

12 Cara Penggunaan Masker Rambut Dengan Bahan Alami

Memiliki masalah rambut memang menjengkelkan. Rambut yang merupakan mahkota bagi setiap manusia sangat diperhatikan oleh para individualnya. Banyak para kaum hawa dan kaum adam yang berlomba – lomba mengikuti style rambut seiring perkembangan jaman, mereka rela melakukan perawatan rambut sedemikian rupa agar terlihat up to date.

ads

Bahkan diantara mereka rela untuk merubah jenis rambut yang awalnya memang keriting dari gen atau bawaan sejak lahir, dirubah menjadi lurus. Hal ini mengakibatkan pemakaian obat – obatan semakin sering. Obat – obatan yang digunakan maka banyak kandungan senyawa kimia yang menumpuk di dalam kulit kepala. Senyawa kimia yang menumpuk di kulit kepala kita akan memberikan munculnya permasalahan rambut, sebagai salah satu contoh adalah rambut berminyak.  Baca tentang penyebab rambut beruban

Penyebab Rambut Berminyak

Umumnya problem yang terdapat pada rambut adalah rambut berminyak. Terdapat beberapa penyebab rambut berminyak, diantaranya adalah :

  • Stres

Stres yang berlebih akan merubah hormon yang mendorong untuk memproduksi minyak secara berlebih, hal ini dapat menyebabkan kulit kepala juga mendapat dampaknya. Banyak orang – orang yang memiliki pikiran berat terkesan memiliki rambut yang kurang sehat.

  • Kurangnya perawatan rambut untuk wanita berhijab

Banyak diantara wanita yang memakai hijab kurang memperdulikan kesehatan rambutnya. Jika rambut seharian tidak terkena angin dan individu itu memiliki berbagai aktifitas yang terjadi adalah kandungan minyak yang ada di kepala akan keluar lebih dari saat kondisi normalnya. Pemakai hijab akan lebih baik jika setelah seharian memakai hijab setidaknya sekali dalam seminggu memberi cara penggunaan masker rambut yang cocok untuk digunakan. Baca kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

  • Banyak mengkonsumsi junk food

Orang yang mengkonsumsi junk food secara berlebih akan memberi dampak buruk dalam tubuhnya, salah satu diantaranya adalah memiliki kelenjar minyak secara berlebih, otomatis kelenjar minyak yang ada di kulit kepala juga mendapatkan efeknya.

  • Efek pemakaian obat yang salah

Obat – obatan di salon perawatan rambut belum tentu cocok dengan para individunya, tidak sedikit yang merasakan ketidakcocokan jika setelah dilakukan perawatan rambut tersebut. Beberapa akibat jika tidak cocok dengan perawatan rambut yang diberikan adalah gatal – gatak, rambut bercabang, hingga rambut berminyak. Baca juga tentang cara mengatasi rambut patah.

Masker rambut untuk rambut berminyak

Tahukah anda bahwa untuk mencegah dan mengobati rambut berminyak sangatlah mudah. Tidak perlu ke salon untuk melakukan perawatan rambut berminya, karena lebih baik menghindari zat – zat senyawa kimia masuk ke dalam tubuh kita. Bahan – bahan alami dapat digunakan sebagai cara penggunaan masker rambut, berikut akan dijelaskan bahan – bahan alami apa saja yang dapat digunakan beserta cara penggunaannya, antara lain:

1. Lemon

Sponsors Link

Menggunakan lemon sangat efekif dalam mengobati dan mencegah rambut berminyak. Lemon memiliki vitamin C yang dapat mengurangi kelenjar minyak dan tidak hanya itu lemon juga dapat mengecilkan pori – pori, sehingga kelenjar minyak yang ada di kepala dapat lebih terkontrol. Cara penggunaannya adalah:

  • Peras satu buah lemon, campur dengan sedikit air, perbandingan antara perasan lemon dan air adalah 2 :1.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan kulit rambut yang bisa dijangkau, biarkan selama 20 menit, bilas menggunakan air.
  • Pencampuran antara perasan lemon dengan air dimaksudkan untuk mengurangi rasa perih yang akan timbul ketika pemakaian hair mask ini.
  • Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu, hasilnya akan memuaskan.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang digunakan untuk hair mask selanjutnya adalah lidah buaya. Cukup mudah untuk mendapatkan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat, kandungan anti inflamasi yang berfungsi untuk mnegurangi minyak berlebih dengan mengecilkan pori – pori kelenjar minyak yang ada di kulit kepala kita jika diaplikasikan di kepala. Cara penggunaan yang pertama adalah

  • Ambil satu lonjor lidah buaya, ambil gel nya saja, lembutkan sehingga lendirnya banyak yang keluar, oelskan ke seluruh rambut hingga mengenai kulit kepala, biarkan selama 20 menit, lalu bilas. 

Cara penggunaan yang kedua adalah:

Sponsors Link

  • Penambahan perasan jeruk nipis, caranya ambil satu lonjor lidah buaya, ambil gel nya saja, taruh di mangkok.
  • Tuangkan perasan jeruk nipis, cukup perasan jeruk nipis dari satu buah saja, lembutkan kedua bahan tersebut hingga teraduk rata.
  • Gunakan pada rambut hingga keseluruh permukaan kulit kepala yang dapat dijangkau, biarkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air. 
  • Lakukan rutin 2 kali dalam seminggu, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam satu bulan. Baca cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya.

3. Khasiat Sari Cuka Apel Untuk Rambut

Rambut yang berminyak biasanya terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena efek senyawa kimia yang merupakan dampak dari obat – obatan rambut, pewarna rambut dan sebagainya. Sari cuka apel memiliki fungsi sebagai penetralisir sekaligus membantu mengeluarkan senyawa kimia yang jahat yang menumpuk di dalam tubuh.

Cara penggunaannya adalah:

  • Sebenarnya dapat langsung diminum, namun hal tersebut kurang efektif jika permasalahannya berada di kulit kepala, akan lebih efektif untuk dijadikan hair mask.
  • Gunakan ramuan ini setelah keramas, ambil 2 sdm sari cuka apel, oleskan pada rambut hingga kulit kepala yang dapat dijangkau.
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air biasa. Lakukan 2x dalam seminggu.

Demikian beberapa cara penggunaan masker rambut yang bisa anda ketahui untuk beberapa masalah rambut yang sedang anda alami.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut