Sponsors Link

8 Cara Pemakaian Minyak Zaitun Untuk Rambut Kuat dan Sehat

Merawat rambut merupakan suatu keharusan karena rambut adalah mahkota kepala yang dapat mempengaruhi bentuk wajah dan penilaian orang lain terhadap penampilan seseorang. Perawatan rambut yang diabakan bukan hanya menggurangi nilai penampilan seseorang namun juga dapat mendatangkan berbagai macam masalah rambut yang dapat menimbulkan berbagai efek yang tidak nyaman dan sangat menganggu. Dalam proses perawatan rambut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pilihan cara perawatan, bahan atau produk perawatan yang digunakan, sampai dengan kesesuaian proses perawatan rambut tersebut dengan karakteristik dari rambut itu sendiri. Hal ini penting di perhatikan karena cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan cara merawat rambut berminyak atau rambut panjang maupun pendek.

ads

Dalam hal cara perawatan, ada beberapa cara atau metode perawatan yang dapat dilakukan sendiri maupun harus dengan bantuan para ahli tata rambut yang ada di salon kecantikan. Proses perawatan yang dapat dilakukan sendiri seperti mencuci rambut, menggunakan serum rambut dan vitamin rambut, menggunakan produk perawatan pribadi lainnya. Sedangkan proses perawatan yang dilakukan dengan bantuan para ahli tata rambu seperti bleaching, rebounding, smoothing, dan lain lain. Selain proses perawatan, bahan atau produk perawatan rambut harus dipilih dengan benar dan disesuaikan menurut minat serta kondisi rambut itu sendiri. Produk perawatan rambut yang cukup praktis digunakan adalah produk produk yang sudah banyak dijual dipasaran namun biasanya dapat meyebabkan munculnya efek samping terutama untuk mereka yang rambut serta kulit kepalanya sangat sensitif.

Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Untuk mencari alternatif bahan perawatan rambut yang tidak atau kurang menimbulkan efek samping adalah dengan menggunakan bahan bahan alami yang sudah sangat terkenal berguna untuk rambut. Salah satu bahan alami yang akan kita bahas dalam ulasan ini adalah minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak penumbuh rambut alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut beruban, dan rambut rontok.

Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasi penggilingan buah zaitun. Kandungan nutrisi minyak zaitun seperti vitamin K, vitamin E, lemak dan sedikit zat besi sangat berguna untuk cara memakai minyak zaitun untuk rambut. Selain bermanfaat untuk rambut, minyak zaitun juga dikenal memiliki manfaat untuk bidang kecantikan lainnya seperti wajah dan kulit tubuh. Untuk memperoleh segala manfaat yang ada makan cara pemakaian minyak zaitun untuk rambut harus dilakukan dengan benar. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan minyak zaitun secara benar yang dijelaskan dibawah ini:

  1. Bersihkan rambut

Sebelum masuk kedalam cara pemakaian minyak zaitun untuk rambut, langkah pertama yang harus dilakukan sebelumnya adalah dengan  membersihkan rambut dari kotoran serta sisa sisa produk perawatan rambut yang sebelumnya digunakan dan menempel pada kepala. Cara membersihkan kotoran tersebut yakni dengan mencuci rambut baik tanpa maupun dengan menggunakan shampo.

Pilihan penggunaan shampo atau tidak ini bergantung pada seberapa kotornya rambut yang akan di cuci. Cara keramas yang benar untuk rambut kering dan jenis rambut lainnya dalam langkah ini, diperlukan untuk menghilangkan kotoran pada rambut seperti sisa kulit kepala, debu, rambut rontok, dan sebagainya. Setelah selesai dicuci dan dibersihkan, keringkan rambut hanya menggunakan handuk secara perlahan dan hindari penggunaan hair drayer.

  1. Gunakan minyak zaitun pada rambut

Langkah utama sebagai salah satu cara pemakaian minyak zaitun untuk rambut adalah dengan mengaplikasikannya langsung kepada rambut yang sudah kering dan bersih. Oleskan beberapa bagian minyak zaitun tersebut langsung ke rambut yang sudah bersih serta sedikit kering handa dengan menggunakan tangan karena dapat membuat proses pengolesan menjadi lebih merata dan lebih efisien. Dalam pengolesan, cobalah untuk menekan nekan kepala untuk membantu masuknya nutrisi dan kandungan baik dari minyak zaitun ke dalam rambut.

Sponsors Link

  1. Diamkan dan tutup dengan shower cap

Setelah semua rambut secara merata sudah diolesi oleh minyak zaitun, gunakan shower cap dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah didiamkan, bilas rambut dengan menggunakan air bersih dan jangan mengaplikasikan shampo lagi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal serta maksimal, lakukan perawatan rambut mengunakan minyak zaitun ini beberapa kali dalam seminggu.

Langkah sederhana dalam pemakaian minyak zaitun untuk rambut yang dijelaskan diatas dapat dilakukan sendiri dirumah dan dapat menjadi alternatif pilihan bahan alami yang sangat efisien untuk merawat rambut. Buah zaitun sejak lama dikenal sebagai salah satu  tanaman penyubur rambut yang cukup efektif dan juga mudah dalam penggunaanya. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari pemakaian minyak zaitun untuk rambut yang diuraikan diatas, Beberapa manfaat minyak zaitun tersebut diantaranya dijelaskan dibawah ini.

ads
  1.  Mengatasi gatal pada kepala

Selain bermanfaat langsung pada rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi gatal pada kulit kepala yang dapat dipicu oleh pengelupasan kulit dan berbagai hal lainnya. Kandungan nutrisi didalam minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengatasi gatal pada kepala. Selain menggunakan minyak zaitun, mencuci rambut secara teratur juga bagian dari proses untuk mengatasi gatal pada kulit kepala dan rambut.

  1. Mengatasi kerontokan

Kerontokan yang terjadi pada rambut bisanya terjadi karena kondisi rambut yang tidak sehat dan kurang nutrisi. Kandungan nutirsi dan gizi yang baik bagi rambut banyak terdapat didalam minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur maka berbagai macam masalah kerontokan rambut akan dapat teratasi. Penggunaan minyak zaitun merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok yang alami dan sangat aman serta cukup efektif.

  1. Meluruskan rambut

Rambut yang lurus dan indah masih merupakan salah satu tujuan utama dari proses perawatan rambut. Rambut lurus masih merupakan standar kecantikan yang umum pada masyarakat. Dengan menggunakan minyak zaitun maka rambut akan mengalami proses pelurusan secara alami. Pengguaan minyak zaitun ini lebih aman dan minim dari efek samping.

  1. Membantu proses pertumbuhan rambut

Minyak zaitun merupakan salah satu dari beberapa minyak penumbuh rambut alami yang efektifitasnya sudah dikenal sejak lama. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bermanfaat dan merupakan zat  zat yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut. Ketika proses pertumbuhan rambut batu dapat terjadi dengan baik dan normal maka kondisi rambut yang lebat dan tebal serta botak juga perlahan akan teratasi apabila minyak zaitun digunakan secara konsisiten dan benar caranya.

  1. Menghitamkan rambut

Selain membantu menumbuhkan rambut, ada manfaat lainnya dari minyak zaitun terhadap perawatan rambut yaknni membantu menghitamkan rambut. Manfaat yang satu ini, sangat cocok dengan kondisi seseorang yang memiliki uban. Minyak zaitun akan membantu menutrisi kulit kepala sehingga dapat mengembalikan pigmen rambut. Kondisi rambut yang hitam ini akan sangat membantu memperlihatkan bentuk rambut yang indah, sehat, dan sangat terawat sehingga mudah untuk diatur. Rambut dengan kondisi hitam berkilau merupakan kondisi rambut yang sampai saat ini diidam idamkan terutama pada wanita.

  1. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah sebuah permasalahan yang sering kali terjadi dan sering menyusahkan karena dapat memperburuk penampilan seseorang melalui kotoran ketombe yang dapat menempel pada rambut dan baju. Untuk mengatasi hal tersebut, minyak almong dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe. Beberapa bahan yang ada pada minyak zaitun ada yang memiliki sifat anti dandruff atau anti ketombe. Menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan ketombe dapat dijadikan alternatif pilihan lainnya ketika berbagai upaya tidak lagi dapat membantu mengatasi ketombe yang sangat menganggu karena dapat menimbukan rasa gatas dan kotoran pada rambut.

Sponsors Link

  1. Memanjangkan rambut

Karena kandungan nutrisi yang baik dari minyak zaitun dapat digunakan untuk merangsang proses pertumbuhan rambut baru. Dengan fungsi tersebut rambut akan terus tumbuh dengan baik sehingga kondisi rambut akan memanjang. Tidak hanyanya memanjangkan rambut, kandungan nutrisi baik pada minyak zaitun juga dapat memberikan kekuatan yang lebih pada rambut. Kondisi rambut yang panjang masih menjadi primadona terutama pada wanita dan memang merupakan kondisi rambut yang paling banyak mendapatkan perhatian dari laki laki untuk wanita.

  1. Menghilangkan kutu rambut

Selain berfungsi sebagai penghilang ketombe, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut yang cukup menyusahkan. Dengan menggunakan minyak zaitun maka rambut akan memiliki bau yang tidak disukai oleh kutu serta beberapa kandungan minyak zaitun dapat mengusir kutu rambut. Minyak zaitun dalam proses perawatan rambut dikenal sebagai salah satu dari cara menghilangkan kutu rambut. Kutu rambut atau Pediculus humanus capitis menurut wikipedia adalah  sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala dan bagi kutu betina akan mampu bertelur enam buah sehari di area kulit kepala yang berambut dan dapat memicu berbagai masalah di rambut.

Beberapa manfaat tersebut dapat didapatkan ketika pemakaian minyak zaitun yang dijelaskan pada bagian atas dari artikel ini dilakukan dengan benar. Selain dilakukan dengan benar, pemakaian yang rutin dan konsisten harus dijalankan karena untuk manfaat minyak zaitun akan dirasakan secara perlahan. Melalui penjelasan ini, semoga minyak zaitun dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu merawat rambut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut