Sponsors Link

4 Cara Pemakaian Lidah Buaya Untuk Rambut Rontok yang Benar

Rambut sering dikenal sebagai mahkota kepala yang dapat memberikan pengaruh secara langsung terhadap bentuk wajah seseorang dan dapat menjadi poin penting pada penilaian orang lain terhadap penampilan seseorang. Selain berpengaruh terhadap penampilan seseorang, rambut juga memiliki fungsi lainnya yakni melindungi kulit kepala dari panasnya sengatan matahari dan lingkungan yang berhawa dingin.

ads

Pentingnya rambut dalam kesehatan dan penampilan seseorang menjadikan proses perawatan rambut harus dilakukan dengan benar. Proses perawatan rambut dilakukan untuk mendapatkan kondisi rambut yang indah, berkilau, sehat, mudah ditata, berkilau, dan terhindar dari berbagai macam masalah rambut yang dapat datang menghampiri. Agar kondisi yang disebutkan diatas tersebut dapat dicapai maka proses perawatan rambut harus dilakukan dengan rutin dan konsisiten serta sesuai dengan karakteristik rambut itu sendiri.

Perawatan Lidah Buaya Untuk Rambut

Perawatan rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan perawatan rambut yang berminyak. Proses perawatan rambut dapat dilakukan dengan mengunakan bahan khusus dalam produk perawatan rambut maupun menggunakan bahan bahan alami yang sudah dikenal sejak lama berkhasiat untuk merawat rambut. Salah satu bahan alami yang paling populer dikenal berkhasiat untuk rambut adalah lidah buaya.

Lidah buaya menurut wikipedia merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Berbagai masalah rambut dapat teratasi dengan menggunakan lidah buaya seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan dapat memanjangkan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan rambut secara alami. Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai cara mengatasi kerontokan, berikut cara pemakaian lidah buaya untuk rambut rontok.

  • Kupas kulit lidah buaya

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara pemakaian lidah buaya untuk rambut rontok adalah mempersiapkan lidah buaya yang akan digunakan. Pilihlah lidah buaya yang masih cukup segar dengan batang yang besar. Besihkan lidah buaya dengan air mengalir. Potong beberapa bagian kurang lebih 5 cm lidah buaya. Kupas kulit lidah buaya yang berwarna hijau untuk mendapatkan potongan daging lidah buaya yang berlendir. Lendir yang terdapat pada potongan daging lidah buaya tersebutlah yang akan digunakan dalam proses perawatan rambut rontoh tersebut.

  • Bersihkan rambut dari kotoran dan sisa rambut rontok

Sebelum mengaplikasikan lidah buaya yang sudah dipersiapkan sebelumnya, bersihkan rambut dari kotoran dan sisa sisa rambtu rontoh yang masih ada dikepala. Cara membersihkan kotoran tersebut yakni dengan mencuci rambut tanpa menggunakan shampo sehingga hanya membilasnya menggunakan air. Setelah selesai dibilas, keringkan rambut hanya menggunakan handuk secara perlahan.

  • Aplikasikan lidah buaya ke seluruh bagian rambut

Langkah selanjutnya dalam Cara mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya adalah mengaplikasikan potongan daging berlendir dari lidah buaya yang sudah disipakan sebelumnya secara langsung ke rambut. Dalam pengaplikasian ini, usakahan seluruh bagian rambut dapat terkena lendir dari lidah buaya. Gunakan beberapa potongan daging lidah buaya untuk memberikan hasil yang baik.

Sponsors Link

  • Diamkan dan cuci rambut seperti biasa.

Setelah seluruh rambut teraplikasi secara merata oleh cairan lendir dari lidah buaya makan langkah selanjutnya adalah mendiamkannya untuk beberapa saat. Setelah dirasa cukup maka hal yang harus dilakukan sebagai langkah terakhir dari proses ini adalah mencuci rambut seperti biasa untuk menghilangkan sisa sisa lendir dari lidah buaya yang manis menempel. Gunakan shampo yang cocok untuk rambut rontok agar sisa lendir lidah buaya dapat dengan mudah dibersihkan.

Ke empat langkah yang harus dilakukan dalam cara pemakaian lidah buaya untuk rambut rontok tersebut harus dilakukan secara berulang dan konsisten untuk dapat memberikan manfaat dalam pencegahan rambut rontok. Selain memiliki manfaat untuk rambut rontok, secara umum ada manfaat lidah buaya lainnya pada rambut yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Menghitamkan rambut, rambut secara umum memiliki warna hitam khususnya bagi orang Indonesia namun dapat memudar karena pengaruh sinar matahari dan lingkungan. Lidah buaya melalui berbagai macam kandungannya dapat bermanfaat untuk menghitamkan rambut.
  2. Memberi kilau pada rambut, selain menghitamkan rambut lidah buaya juga dapat membuat rambut menjadi berkilau sehingga rambut akan tampak lebih bercahaya.
  3. Melembabkan dan menghaluskan rambut, kandungan bahan alami dan nutrisi didalam lidah buaya dapat membantu rambut menjadi lebih lembab dan halus.
  4. Mengatasi ketombe, manfaat utama lainnya yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah kemampuannya untuk mengatasi ketombe.
  5. Mengatasi rambut berminyak, lidah buaya memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengatasi rambut berminyak melalui mekanisme penyerapan minyak dan membersihkan kotoran penyebab rambut berminyak.
  6. Merangsang pertumbuhan rambut. manfaat lidah buaya pada rambut sudah banyak dikenal dan salah satunya dapat digunakan dalam cara cepat memanjangkan rambut. Rambut yang panjang tersebut didapatkan dari khasiat lidah buaya yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Banyaknya manfaat yang disebutkan diatas memberikan bukti bahwa tanaman lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk rambut bila digunakan secara benar. Lidah buaya ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang lebih menyukai perawatan rambut menggunakan bahan alami.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut