Sponsors Link

8 Cara Mewarnai Rambut Dengan Pewarna Makanan Mudah Dilakukan

Rambut lembut, rapi, berkilau. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut seperti yang disebutkan barusan?  Pastilah banyak dari kita, bahkan semua orang ingin memiliki rambut yang sehat bahkan tampak sempurna di setiap kesempatan mengingat tampil optimal sangatlah penting untuk siapapun. Selain itu tentu saja kita tidak ingin memberikan first impression yang kurang baik ketika bertemu dengan orang lain hanya karena rambut kita kurang rapi bukan? Hanya karena penampilan rambut yang kurang rapi bisa saja orang lain menilai jika kita tidak bisa menjaga kebersihan dan merawat diri kita dengan baik dan ujungnya mereka tidak percaya pada kita untuk mengerjakan suatu hal – alias kita bisa kehilangan kesempatan emas untuk bekerja sama dengan klien. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

ads

Memangnya apa sih pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan rambut kita? Eits jangan salah menjaga kesehatan rambut kita ini merupakan hal yang sangat penting alias perlu kita lakukan pada setiap kesempatan untuk meminimalisir timbulnya berbagai permasalahan rambut. Wah berarti rambut sama pentingnya dengan bagian tubuh lainnya dong? Tentu saja jawabannya iya! Meskipun kelihatannya sepele, rambut memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita seperti: melindungi kulit kepala kita dari sengatan sinar matahari, menjaga kulit kepala untuk tidak menjadi pecah-pecah karena adanya hembusan angin, menyerap keringat dari kulit sehingga kulit kepala tidak akan teriiritasi dan hal ini juga menjadi salah satu penyebab rambut kering, serta menyaring kotoran yang berasal dari lingkungan sehingga tidak menempel pada kulit kepala yang apabila kulit kepala kotor juga bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada rambut. Namun apakah hanya itu saja manfaat yang kita dapat dari rambut?

Baguskah mewarnai rambut dengan pewarna makanan?

Pewarna makanan? Yang benar nih? Memangnya menggunakan pewarna makanan untuk mewarnai rambut hasilnya akan seoptimal kita menggunakan cat rambut yang diproduksi oleh berbagai brand? Eits jangan salah! Meskipun pewarna makanan ini identik dengan dunia masak memasak, hasil yang akan kita dapat dengan memanfaatkannya sebagai cara mewarnai rambut tidak kalah dengan berbagai cat rambut yang dijual di pasaran. Wah yang benar nih?

Seperti yang kita tahu, warna dari pewarna makanan sendiri beragam jenisnya mulai dari merah, biru, hijau, kuning, jingga, coklat, dan lain-lain. Mendapatkan pewarna makanan bukanlah suatu hal yang sulit dan harga yang dipatok juga jauh dari kata mahal, sehingga teknik mewarna rambut dengan pewarna makanan menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin mewarnai rambut dengan biaya yang seminimal mungkin namun hasilnya juga tidak kalah bagus dengan mereka yang melakukan pewarnaan rambut di salon dengan bantuan profesional. Kenapa sih lebih baik kita menggunakan berbagai bahan alami daripada menggunakan pewarna rambut yang merupakan keluaran dari brand tertentu?

Tentu saja jawabannya karena berbagai cat rambut sering kali dapat merusak rambut apabila kita tidak bisa merawat rambut dengan benar alias tidak telaten, dan hal ini tentu saja akan memicu timbulnya berbagai permasalahan rambut seperti rambut bercabang, mudah rontok, dan rambut yang menjadi kering yang tentu saja membuat rambut semakin sulit untuk diatur. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Lalu apa saja bahan yang perlu kita siapkan di sini dan bagaimana cara mewarnai rambut dengan pewarna rambut yang tepat? Nah daripada semakin penasaran tentang cara mewarnai rambut dengan pewarna makanan yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Bahan yang kita butuhkan:

  • Berbagai pewarna makanan atau salah satu warna yang diinginkan
  • Kondisioner
  • Shower cap atau penutup kepala

Langkah Mewarnai Rambut dengan Pewarna Makanan

Tentu saja tidak! Masih ada satu manfaat lagi dari rambut yang kita belum sebutkan, yaitu sebagai aset keindahan diri kita alias rambut juga menjadi salah satu faktor penunjang seberapa oke-nya penampilan kita. Pastinya bukan suatu hal baru lagi jika banyak dari kita yang meniru beberapa model rambut dari artis untuk membuat penampilan kita semakin oke, contohnya saja kita bisa meniru model rambut Nagita Slavina ataupun gaya rambut Vino G. Bastian. Bukan hanya menata rambut saja yang bisa membuat penampilan kita lebih oke, kita tentunya juga perlu melakukan perawatan rambut secara rutin agar kebersihan dan kesehatan rambut kita terjaga setiap saat. Melakukan perawatan rambut di sini pun opsional alias kita bisa melakukannya dengan bantuan profesional atau hair dresser di salon dan sebaliknya kita juga bisa melakukan perawatan di rumah alias melakukan perawatan sendiri tanpa bantuan ahli. Memangnya bisa ya kita melakukan perawatan rambut sendiri?

Sponsors Link

Eits jangan salah! Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi kita, saat ini banyak brand yang mengeluarkan berbagai produk perawatan rambut yang bisa dilakukan secara mandiri alias dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Bukan hanya itu saja, melakukan perawatan rambut di rumah juga dapat dengan menggunakan berbagai bahan alami, seperti halnya yang pernah kita bahas pada. Pastinya sayang kan jika kita melewatkan berbagai perawatan rambut dengan berbagai bahan alami ini bukan?

Mudahnya melakukan pewarnaan pada rambut saat ini membuat perawatan rambut ini semakin digemari oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita pun tidak ragu lagi merubah warna rambutnya. Nah pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas salah satu perawatan rambut yang bisa kita lakukan secara mandiri alias kita tidak perlu repot-repot ke salon untuk melakukannya. Wah yang benar nih? Yup, kali ini kita akan membahas cara mewarnai rambut yang akhir-akhir ini menjadi tren dan bukan rahasia lagi jika banyak masyarakat yang ikut melakukannya. Cara mewarnai rambut pun bermacam-macam, mulai dari menggunakan cat rambut yang disediakan oleh brand tertentu hingga menggunakan berbagai bahan alami. Lalu cara apa yang akan kita bahas untuk mewarnai rambut sekarang? Nah sekarang kita akan membahas salah satu cara mewarnai rambut dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, yang pastinya juga mudah untuk dilakukan. Memangnya apa sih yang akan kita gunakan untuk mewarnai rambut? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

1. Mempersiapkan diri kita dengan baik

ads

Alias menyiapkan berbagai bahan dengan lengkap agar tidak ada yang terlupa saat melakukan proses ini. Setelah semua bahan sudah siap maka yang perlu kita lakukan adalah menuangkan kondisioner ini ke dalam suatu wadah yang akan kita manfaatkan untuk melapisi seluruh bagian rambut. Sebaiknya kita menggunakan kondisioner putih untuk meminimalisir warna rambut kita akan berubah karena adanya pengaruh dari warna kondisioner.

2. Mencampurkan kondisioner dengan pewarna makanan dan perbandingannya

Bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita untuk seberapa pekat warna yang akan kita dapatkan. Satu hal penting yang perlu kita ingat pada langkah ini adalah warna yang ada di dalam mangkuk akan terlihat lebih cerah daripada ketika diaplikasikan ke rambut maka sebaiknya kita tidak membuat warnanya terlalu cerah daripada hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan nantinya.

3. Menetralisir warna rambut

Kita alias langkah ini dilakukan sebagai pengganti bleaching dan hal ini perlu dilakukan agar warna yang kita dapat bisa lebih optimal. Jika rambut kita bewarna kekuningan, kita bisa menambahkan warna ungu atau biru untuk menetralkannya dan mencuci serta mengeringkannya terlebih dahulu sebelum kita melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mewarnai rambut sesuai keinginan kita.

4. Saatnya mewarnai rambut!

Hal ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu sebelumnya dan pastinya momen yang paling menyenangkan karena kita akan mendapatkan warna rambut yang kita inginkan. Untuk memudahkan pewarnaan rambut dan agar pewarnaannya dapat merata maka sebaiknya kita membelah rambut menjadi empat bagian kemudian mewarnai satu sisinya secara merata terlebih dahulu baru melanjutkannya ke bagian sisi lainnya.

Ketika mengoleskan cat rambut ini sebaiknya kita menggunakan alat bantu alias tidak menggunakan tangan agar hasilnya bisa optimal, seperti kita bisa menggunakan sikat gigi ataupun kuas khusus untuk mewarnai rambut. Satu hal penting yang perlu kita ingat ketika mewarnai rambut adalah memastikan agar cat rambut ini tidak berbusa karena hal ini justru membuat kita tidak mendapat warna yang optimal dari cat tersebut.

5. Setelah kita mewarnai rambut kita secara merata

langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menutupi rambut dengan hair cap alias topi mandi dan apabila kita tidak memilikinya kita bisa menggantinya dengan menggunakan kantong plastik dan menjepitnya dengan jepitan rambut plastik pula. Setelahnya kita perlu mendiamkan rambut kita selama beberapa saat alias sekitar 30 menit hingga 3 jam dan apabila kita semakin lama mendiamkannya maka warna yang kita dapat akan semakin optimal. Namun sebaliknya jika kita hanya ingin mendapatkan warna yang cerah maka kita hanya perlu mendiamkannya dalam jangka waktu sebentar, yaitu hanya sekitar 40 menit.

6. Menutupi rambut dengan hair cap alias topi mandi

Maka yang perlu kita lakukan adalah mencuci rambut seperti biasa namun dengan hanya air dingin karena penggunaan shampo dan kondisioner dapat menghilangkan warna cat rambut pada rambut kita. Kita juga bisa mengeringkan rambut kita setelahnya menggunakan hair dryer untuk mendapat hasil yang kita inginkan secepatnya.

Sponsors Link

7. Setelah kita mendiamkannya selama beberapa jam

Selama beberapa jam, maka yang perlu kita lakukan adalah mencuci rambut seperti biasa namun dengan hanya air dingin karena penggunaan shampo dan kondisioner dapat menghilangkan warna cat rambut pada rambut kita. Kita juga bisa mengeringkan rambut kita setelahnya menggunakan hair dryer untuk mendapat hasil yang kita inginkan secepatnya.

8. Langkah terakhir dalam mewarnai rambut

Perawatan rutin yang harus kita lakukan dan juga merupakan salah satu langkah yang penting. Setelah kita mewarnai rambut kita, dianjurkan untuk tidak mencuci rambut selama 3 hingga 5 hari sehingga warna rambutnya bisa benar-benar meresap dan warna rambut cenderung akan bertahan dalam jangka waktu dua minggu. Kita bisa mengulangi pewarnaan rambut dengan pewarna makanan ini jika kita menginginkannya kembali.

Nah bagaimana? Mewarnai rambut dengan pewarna makanan sangatlah menarik dan mudah untuk dilakukan bukan? Perawatan rambut yang satu ini sangatlah sayang untuk dilewatkan mengingat kita menggunakan bahan alami yang pastinya aman untuk dilakukan dalam jangka waktu panjang ataupun digunakan secara berkali-kali dan tidak berdampak buruk terhadap kesehatan rambut kita. So… Apa kalian masih ragu untuk mewarnai rambut? Tunggu apalgi? Yuk pancarkan pesona kita pada dunia dari sekarang!

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut