Sponsors Link

5 Cara Mewarnai Rambut Dengan Kunyit Terbukti Langsung Berwarna Bagus

Rambut rapi, sehat, dan berkilau. Siapa sih yang tidak mau rambut dengan kondisi seperti yang disebutkan barusan? Pastilah memiliki rambut yang sehat merupakan keinginan semua orang mengingat hal ini juga berarti meminimalisir timbulnya berbagai permasalahan pada rambut alias mencegah rambut menjadi bermasalah. Memiliki rambut yang sehat juga berarti rambut dapat berfungsi dengan optimal seperti semestinya, di mana fungsi utama dari rambut adalah melindungi kulit kepala dari panasnya sinar matahari. Seperti yang kita tahu, apabila kulit kita terus-terusan terpapar sinar matahari tentu saja hal ini dapat membahayakan kesehatan kulit, dan hal ini bisa berujung pada kanker kulit. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

ads

Memangnya bagaimana sih cara menjaga kebersihan dan kesehatan rambut kita? Tentu saja terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga rambut kita untuk tetap sehat, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan rambut secara rutin. Perawatan rambut sendiri sebaiknya tidak dilakukan terlalu berlebihan alias tidak terlalu sering karena justru hal ini dapat menyebabkan permasalahan pada rambut, mengingat berbagai bahan kimia yang digunakan saat perawatan rambut dilakukan dapat mengancam kesehatan rambut kita. Berbagai permasalahan rambut pun bisa terjadi, seperti penyebab rambut kering ataupun timbul luka pada kulit kepala. Lalu bagaimana cara menangani berbagai permasalahan ini dengan tepat? Kabar baiknya dengan kemajuan teknologi dan berbagai inovasi yang ditemukan oleh profesional, menangani berbagai permasalahan rambut bukanlah suatu hal yang susah lagi alias kita tidak usah bingung-bingung lagi bagaimana cara menangani berbagai permasalahan ini. Memangnya apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut ini?

Kegunaan Kunyit Untuk Rambut

Eits jangan salah ya! Menggunakan berbagai bahan alami juga merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut, bahkan untuk menjaga rambut tetap sehat. Hal ini terbukti dalam cara mengatasi rambut pecah-pecah ataupun cara memperlambat tumbuhnya uban yang pastinya sayang untuk dilewatkan dan hasilnya pun pastinya tidak akan mengecewakan dan kalah dengan kita melakukan perawatan di salon. Bukan hanya itu saja, menggunakan berbagai bahan alami sangatlah aman untuk dilakukan berkali-kali alias dalam jangka waktu panjang. Sangat menarik untuk dicoba bukan? Nah kali ini kita akan membahas salah satu bahan alami yang akan kita manfaatkan sebagai salah satu bentuk perawatan rambut. Wah kira-kira apa ya bahan alami yang akan kita bahas kali ini?

Kunyit. Siapa sih yang tidak tahu bahan alami yang satu ini? Bagi kita yang sering berkecimpung di dunia dapur alias masak memasak, pastilah sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Memangnya kunyit bisa kita manfaatkan untuk perawatan rambut kita ya? Eits jangan meremehkan khasiat dari kunyit ya! Kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari kunyit ketika tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan tepat. Memang apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari kunyit? Berikut adalah beberapa manfaat lainnya yang akan kita dapatkan dari kunyit dengan menggunakannya secara rutin:

  • Mengatasi rambut rontok

Siapa sih yang tidak sebal ketika rambut kita mudah rontok? Rambut yang mudah rontok ini juga biasanya berkaitan dengan rambut yang rapuh dan rambut bercabang dan pastinya hal ini membuat penampilan kita tidak terlihat optimal dalam setiap kesempatan. Kerontokan rambut bisa dialami oleh kaum pria dan wanita yang biasanya pada usia tertentu, lebih tepatnya ketika mereka mengalami perubahan hormon ataupun saat sudah mengalami menopause. Namun kita tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasi permasalahan yang satu ini karena kita bisa mengatasinya dengan kunyit. Yang benar nih? Yup, cara memanfaatkan kunyit ini pun sangat mudah yaitu menghaluskan beberapa batang kunyit dan dicampur dengan sedikit air dan minyak kelapa hingga berbentuk seperti pasta. Setelah masker rambut ini siap, kita perlu mendiamkan masker ini selama kurang lebih 20 menit dan menunggunya hingga kering sebelum kita membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

  • Menghilangkan ketombe

Wah yang benar nih kunyit juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan ketombe? Yup, seperti layaknya lidah buaya, kunyit juga mengandung sifat anti bakteri yang berarti kunyit sangat efektif untuk digunakan membasmi segala macam bakteri yang ada di kulit kepala. Bukan hanya itu saja, kunyit mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang pastinya sangat efektif untuk menghilangkan ketombe. Cara memanfaatkan kunyit sebagai penghilang ketombe ini pun sangat mudah, yaitu hanya perlu menumbuk beberapa batang kunyit hingga halus dan mengoleskannya pada seluruh bagian rambut dengan merata.  Kita juga bisa memadukan kunyit dengan olive oil untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Sponsors Link

Perawatan Mewarnai Rambut Dengan Menggunakan Kunyit

Shampo untuk rambut mengembang, shampo untuk rambut berminyak, dan shampo untuk rambut berketombe merupakan beberapa contoh cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut yang terlah disebutkan tadi. Menariknya lagi adalah shampo ini cenderung dapat dijangkau oleh semua kalangan jadi tidak ada lagi rambut yang terlihat “tidak menarik” alias kita tidak bisa tampil maksimal hanya karena model rambut yang tidak bisa optimal. Satu lagi yang sayang untuk dilewatkan adalah melakukan perawatan rambut dengan memanfaatkan berbagai bahan alami. Wah yang benar nih? Memangnya memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai bentuk perawatan rambut kita sama efektifnya dengan menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang dijual di pasaran?

Lalu apakah hanya itu saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit? Tentu saja jawabannya tidak! Masih ada satu lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan kunyit ini sebagai perawatan rambut, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya mewarnai rambut dengan kunyit. Wah memangnya kunyit bisa digunakan sebagai salah satu pewarna rambut alami? Eits jangan salah! Ketika kita menginginkan rambut kuning alias bewarna pirang alami kita bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini. Selain kelebihannya yang merupakan bahan alami, warna yang akan kita dapat dari kunyit cenderung lebih awet daripada kita menggunakan cat rambut yang dijual di pasaran. Sangat menarik bukan? Lalu bagaimana cara memanfaatkan alias apa saja sih langkah yang perlu kita lakukan dalam mewarnai rambut dengan kunyit ini? Nah daripada semakin penasaran tentang apa saja yang kita butuhkan dan perlu kita lakukan untuk mewarnai rambut, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

ads

1. Menyiapkan bahan-bahannya

Yaitu beberapa batang kunyit dan tentu saja beberapa sendok air hangat. Setelah kita mendapatkan kedua bahan ini alias kedua bahan ini sudah siap, kita perlu mencampurnya hingga merata.

2. Setelah cat rambut alami ini selesai dibuat

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menempatkan cat rambut ini pada botol yang bisa disemprotkan sehingga kita bisa menggunakannya pada seluruh bagian rambut dengan rata.

3. Mengalungkan handuk di sekitar leher

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengalungkan handuk di sekitar leher dan hal ini bermanfaat untuk mempercepat proses pengeringan rambut yang berarti kita akan segera mendapat hasil yang kita inginkan. Sebelum kita memulai pewarnaan rambut ini sebaiknya kita menggunakan sarung tangan agar warnanya tidak menempel di tangan dan justru menyebabkan baju kita juga menjadi kotor.

4. Mewarnai rambut secara merata

Ketika melakukan pewarnaan rambut ini sebaiknya kita memastikan jika kita mewarnai rambut secara merata hingga akar rambut alias hingga bawah rambut sehingga hasil yang kita dapat bisa maksimal. Ketika kita melakukan proses ini kita hanya membutuhkan bantuan sisir yang pastinya hal ini berguna untuk meratakan pewarnaan pada rambut dan memastikan tidak ada cat rambut yang menggumpal pada bagian tertentu. Setelah proses pewarnaan rambut ini selesai kita perlu mendiamkan rambut kita yang sudah dicat ini selama beberapa saat, lebih tepatnya kurang lebih selama 15 menit.

5. Setelah rambut kita kering

Tentu saja langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah dengan membersihkan rambut kita kembali menggunakan air bersih. Kita juga bisa melakukan pewarnaan rambut dengan kunyit ini sebanyak dua kali dalam satu waktu untuk mendapatkan warna pirang secara optimal alias seperti yang kita inginkan.

Bahan-Bahan Alami yang Cocok Untuk Mewarnai Rambut

Bagaimana? Mewarnai rambut dengan kunyit merupakan salah satu perawatan rambut yang sangat sayang untuk dilewatkan bukan? Mewarnai rambut bukan saja hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan kunyit, namun juga bisa menggunakan berbagai bahan alami lainnya seperti:

  • Kopi

Bahan alami yang satu ini sangatlah efektif untuk digunakan sebagai mewarnai rambut menjadi coklat tua. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyeduh kopi hitam dan mengoleskannya ke seluruh bagian rambut kemudian didiamkan selama kurang lebih 1 jam dan membilasnya kembali hingga bersih. Kita bisa melakukan pewarnaan yang satu ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu;

  • Daun pandan
Sponsors Link

Bahan alami yang satu ini biasa kita manfatakan untuk memasak kue ini bisa kita manfaatkan untuk mewarnai rambut kita menjadi warna hijau. Cara mengolah daun pandan menjadi cat rambut ini pun cukup mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun pandan dan mendiamkannya selama semalaman lalu baru kita gunakan keesokan harinya. Kita bisa menggunakan ramuan alami yang satu ini sebanyak tiga kali dalam seminggu;

  • Teh hitam

Siapa sih yang tidak suka mengonsumsi teh? Namun tahukah kalian jika teh bisa kita manfaatkan untuk mewarnai rambut? Menggunakan teh hitam sebagai mewarnai rambut bukanlah suatu hal yang buruk dan dengan memanfaatkannya kita bisa membuat rambut kita menjadi lebih hitam lagi alias membuat rambut kita mengkilat. Cara memanfaatkan teh hitam ini pun cukup mudah, yaitu kita hanya perlu menyeduh 3 hingga 5 kantung teh hitam dengan air secukupnya dan kita bisa mendiamkannya selama 1 jam hingga semalam sebelum kembali kita bilaspada keesokan harinya.

So, bagaimana? Apakah kalian tertarik mewarnai rambut dengan menggunakan berbagai bahan alami? Menggunakan berbagai bahan alami adalah suatu hal yang harus kita coba mengingat betapa amannya bahan alami untuk digunakan dan tidak akan menimbulkan efek samping meskipun digunakan berkali-kali. Kita juga bisa mendapatkan banyak warna dari berbagai bahan alami ini seperi layaknya kita bisa membuat warna rambut kita bervariasi seperti dengan menggunakan berbagai cat rambut di luar sana. So, apa kalian masih ragu untuk mewarnai rambut dengan berbagai bahan alami ini? Tunggu apalagi untuk jadi lebih cantik daripada sebelumnya? Yuk pancarkan pesona kita pada dunia dari sekarang!

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut