Sponsors Link

10 Cara Mewarnai Rambut dengan Jeruk Nipis Agar Warna Rambut Lebih Cerah

Bagaimana cara agar rambut bisa berwarna, tapi dengan penggunaan bahan alami agar rambut tidak menjadi rusak? Jawabanya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis yang merupakan bahan alami yang mudah dijumpai ini, biasa disebut juga dengan sari lemon. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, ternyata jeruk nipis ini bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Setelah pemakaian jeruk nipis pada rambut, rambut akan terlihat lebih berwarna terang dengan khasiat minyak firdaus untuk rambut secara bertahap.

ads

Rambut kita mengalami pertumbuhan, sehingga jika menggunakan bahan alami untuk mewarnai rambut, seperti jeruk nipis ini akan membuat rambut yang tumbuh baru mengikuti warna dari rambut yang sudah diwarnai dengan jeruk nipis. Selain itu, penggunaan jeruk nipis untuk mewarnai rambut anak-anak juga lebih aman dan tidak akan merusak jaringan rambut seperti halnya produk atau bahan kimia atau kondisioner untuk rambut berminyak yang banyak tersedia saat ini.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Rambut

Sebelum kita mulai mewarnai rambut, mari kita bahas terlebih dulu mengenai manfaat jeruk nipis bagi rambut. Sehingga, ketika diaplikasikan pada rambut sebagai pewarna alami, rambut tidak hanya berwarna terang tapi juga sehat terawat. Berikut ini beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk rambut:

  • Perawatan rambut secara Alami

Jika tipe rambut kamu adalah rambut berminyak, maka salah satu masalah rambut yang akan dihadapi adalah rambut yang berminyak secara berlebihan. Selain itu, rambut juga akan tampak lebih lepek serta kusam. Untuk mengatasinya, kamu tinggal gunakan jeruk nipis dengan cara menggosokan irisan jeruk nipis tersebut  ke rambut dalam beberapa menit. Manfaatkan khasiat daun rambutan untuk rambut beruban lalu kemudian bilas dengan air bersih.

  • Membantu Hilangkan ketombe

Rambut yang memiliki masalah karena sering muncul ketombe, yang diakibatkan kotoran yang menempel pada rambut setelah melakukan aktifitas di luar ruangan, dapat diatasi dengan air jeruk nipis. Kandungan asam nitrat pada jeruk nipis ampuh atasi ketombe. Caranya juga mudah, gosokan irisan jeruk nipis tersebut ke seluruh bagian kulit kepala. Jangan lupa untuk mencampurkan minyak zaitun terlebih dulu agar hasilnya maksimal.

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dengan begitu, rambut kamu akan jauh lebih lebat dan indah berkilau.

  • Membuat Cerah Warna Rambut

Penggunaan jeruk nipis sebagai warna rambut alami dengan rutin, maka kamu akan mendapatkan rambut yang warnanya terlihat lebih terang. Walaupun sudah diberi cat rambut warna lainya.

  • Meluruskan Rambut dengan Alami

Jeruk nipis juga memiliki manfaat sebagai pelurus rambut yang alami. Kamu tidak harus menggunakan catokan rambut dan menghabiskan waktu yang terlalu lama.

Cara Mewarnai Rambut dengan Jeruk Nipis

Melakukan pewarnaan rambut dengan bahan alami menggunakan jeruk nipis, mungkin tidak sama dengan cara mewarnai rambut dengan wortel , jeruk nipis tidak akan memunculkan warna-warna lain yang biasanya diinginkan dalam pewarnaan rambut. Namun, warna rambut yang akan dihasilkan jauh lebih detail dan lebih terang.


Warna rambut yang dihasilkan juga tergantung dari jenis rambut kamu, apakah termasuk rambut kering atau rambut berminyak. Bisa dibilang, jeruk nipis ini sebagai ganti bleaching pada rambut, secara alami. Berikut ini cara mewarnai rambut dengan jeruk nipis :

  1. Untuk Rambut Normal

Jika kamu memiliki rambut normal, maka pewarnaan rambut dengan jeruk nipis bisa kamu lakukan dengan mudah. Cukup siapkan secangkir sari jeruk nipis yang baru diperas, sebanyak 4 buah jeruk nipis. Siapkan juga ¼ air hangat. Cara mewarnai rambutnya seperti berikut:

  • Campurkan sari jeruk nipis dengan air hangat, gunakan gelas ukur untuk pencampuran bahan –bahan tersebut lalu masukan dalam botol semprot
  • Semprotkan campuran lemon dan air hangat tadi ke rambut yang belum dicuci. Semprotkan hingga basah keseluruhan rambut
  • Sebaiknya lakukan pada jam matahari mulai naik, agar kamu bisa menjemur rambut yang sudah disemprot tadi di bawah sinar matahari. Lakukan selama maksimal 2 jam, tambahkan tabir surya jika perlu, untuk perlindungan wajah dan kulit Anda selama proses penjemuran.
  • Cuci rambut dengan shampoo deep conditioner, karena setelah disemprot air jeruk nipis rambut cenderung akan kering
  • Ulangi proses dari awal tadi, setiap seminggu sekali agar dapat melihat hasilnya dengan maksimal

  2. Untuk Rambut Kering


Kamu yang memiliki rambut berjenis rambut kering, juga buah-buahan untuk penumbuh rambut  yang sehat dan alami serta bisa mewarnai rambut secara alami menggunakan jeruk nipis. Cara mewarnainya sebagai berikut:

  • Campurkan air jeruk nipis dengan kondisioner ke dalam mangkuk hingga merata
  • Gunakan handuk di sekeliling bahu, lalu campuran tadi diusapkan ke rambut dengan tangan. Setelah itu, sisir dengan sisir bergigi lebar agar sari jeruk nipis dan kondisinernya merata
  • Jemur di bawah sinar matahari hingga  2 jam. Gunakan tabir surya atau pelembab yang dapat melindungi kulit kamu dari sengatan matahari
  • Bersihkan rambut hingga bersih maksimal, dengan menggunakan kondisioner untuk rambut
  • Perawatan ini harus dilakukan berulang selama seminggu sekali agar kamu bisa melihat perkembangan warna rambut yang menjadi terang

Pewarnaan rambut dengan jeruk nipis tentunya dapat mengurangi penggunaan bahan kimia yang biasanya terdapat dalam pewarna rambut pada umumnya. Namun, penggunaan jeruk nipis yang cukup banyak pada rambut juga akan sebabkan rambut kering serta kaku. Oleh sebab itu, jangan lupa campurkan bahan alami lain yang bersifat melembabkan rambut seperti minyak almond atau minyak zaitun, sebelum diaplikasikan untuk cara mewarnai rambut dengan jeruk nipis yang alami ini.

, ,




Oleh :
Kategori : Tips Rambut