Sponsors Link

5 Cara Mewarnai Rambut Dengan Henna Mudah Dilakukan!

Rambut. Siapa sih yang tidak memperhatikan penampilan rambut kita? Atau siapa sih di antara kita yang sangat memperhatikan penampilan rambut? Rambut merupakan salah satu bagian penting pada diri kita yang pastinya perlu dijaga kesehatan dan kebersihannya sehingga tidak terjadi berbagai permasalahan pada rambut dan dapat berfungsi dengan seharusnya. Memangnya apa sih fungsi rambut untuk kita? Eits jangan salah, rambut memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita dan apabila terjadi masalah pada rambut tentu saja akan mengganggu keseharian kita alias mengganggu aktivitas kita dalam sehari-hari. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

ads

Rambut adalah bagian tubuh yang vital karena bisa melindungi kita dari bahaya, di mana bahaya yang dimaksud di sini adalah melindungi kita dari terserang kanker kulit. Kok bisa? Yup ketika kulit kepala kita terpapar sinar matahari secara terus menerus tanpa adanya perlindungan sama sekali tentu saja hal ini akan berdampak fatal dan rambut memberikan perlindungan pertama ketika kita tidak memiliki penutup kepala seperti topi, scarf, ataupun payung. Namun rambut tidak akan mampu berfungsi dengan optimal ketika terserang berbagai masalah seperti yang pastinya hal ini juga mempengaruhi penampilan kita dan menyebabkan kita tidak bisa memberikan first impression yang baik kepada orang lain atau orang baru yang kita temui. Lalu apa solusi yang tepat untuk permasalahan yang satu ini?

Eits jangan khawatir! Merawat rambut bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan terlebih ketika kita mengetahui hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk merawat rambut yang pastinya juga aman untuk dilakukan meskipun berkali-kali atau dilakukan dalam jangka waktu panjang. Meskipun dikatakan melakukan perawatan rambut secara “rutin”, bukan berarti kita bisa melakukan perawatan rambut setiap hari karena hal ini akan berlebihan dan justru menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada rambut. Perawatan rambut yang bisa kita lakukan setiap beberapa hari sekali salah satunya adalah mencuci rambut, di mana hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan tentu saja masih ada hal yang harus kita hindari seperti bahaya keramas dengan air hangat. Selebihnya kita bisa melakukan perawatan rambut di salon dengan bantuan profesional ataupun dengan melakukan perawatan rambut di rumah dan memanfaatkan berbagai bahan alami. Hmmm… suatu hal yang menarik untuk dicoba bukan?

Khasiat Penggunaan Henna Untuk Rambut

Siapa sih yang tidak kenal dengan henna? Atau siapa sih yang sudah sering menggunakan henna? Baru mengenal ataupun sudah sering menggunakan henna bukanlah suatu permasalahan yang besar dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa henna ini. Henna sendiri merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai salah satu bentuk perawatan rambut kita dan sudah banyak digunakan oleh mereka yang tinggal di negara tropis karena efek pendinginan yang dihasilkannya. Hebatnya lagi, henna bukan saja hanya bisa digunakan pada rambut namun juga tangan kita yang pastinya juga aman untuk digunakan. Namun sebenarnya apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan henna sebagai perawatan rambut kita? Nah berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan henna yang pastinya sayang untuk dilewatkan:

  • Sebagai kondisioner alami

Seperti yang kita tahu, jenis dari kondisioner bermacam-macam seperti kondisioner untuk rambut kering yang pastinya bisa kita sesuaikan dengan kondisi rambut kita dan memang kita perlu memperhatikan tips memilih kondisioner agar hasil yang kita dapatkan bisa maksimal dan meminimalisir terjadinya salah pemilihan produk perawatan rambut. Namun kita tidak perlu mengkhawatirkan mengenai timbulnya berbagai permasalahan rambut karena produk perawatan rambut ketika kita menggunakan henna karena henna merupakan bahan alami dan pastinya cocok untuk digunakan segala jenis rambut. Bukan hanya berguna sebagai kondisioner, henna juga akan membuat rambut menjadi lebih tebal dan kuat alias tidak mudah rontok dan justru dapat menyebabkan kebotakan dini pada diri kita.

  • Menutupi uban

Siapa sih yang tidak sebal ketika melihat banyak uban pada kepala kita? Dan tahukah kalian jika banyaknya uban yang timbul pada kepala kita ini bisa disebabkan karena kulit kepala kita yang terus-terusan terpapar bahan kimia? Selain itu, bahan kimia juga cenderung mengandung asam amino di mana zat ini dapat menghilangkan kelembaban rambut yang pastinya menjadi salah satu penyebab akar rambut tidak kuat alias rambut menjadi mudah rontok. Namun kita tidak perlu khawatir lagi dengan hal ini karena henna bisa menjadi solusi yang tepat, di mana kita kita perlu mencampurkan air rebusan henna dengan amla kering, teh hitam, dan cengkeh. Kita juga perlu mendiamkan ramuan yang satu ini selama beberapa jam sebelum kita gunakan di rambut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sponsors Link

  • Mengatasi ketombe

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering kita alami dan seiring dengan kemajuan teknologi, kita bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah seperti dengan menggunakan. Namun tahukah kalian jika kita bisa mengatasi masalah ketombe ini dengan henna? Yup, selain berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut henna sangatlah efektif digunakan untuk mengurangi ketombe bahkan menghilangkan ketombe dari kulit kepala kita. Mengolah henna juga bukanlah hal yang sulit di mana kita hanya perlu mencampurkan henna dengan biji fenugreek yang sudah direndam hingga halus dan dicampurkan dengan beberapa sendok minyak mustard. Setelah ramuan ini kita cukup dingin, kita bisa menggunakannya secara merata pada seluruh bagian rambut kita dan bisa kita gunakan beberapa kali untuk mendapatkan rambut yang bersih dari ketombe dan pastinya mencegah datangnya kembali ketombe.

Nah apakah hanya itu saja manfaat yang kita dapat dari henna? Tentu saja tidak! Seperti yang kita bahas sebelumnya, kita juga bisa memanfaatkan henna sebagai cara mewarnai rambut kita yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Memang bagaimana cara mewarnai rambut dengan henna? Apa saja yang harus kita lakukan agar kita bisa mendapatkan warna dari henna ini sebagus dengan pewarna rambut lainnya? Nah daripada penasaran mengenai bagus tidaknya kualitas yang dihasilkan dari henna ini, yuk mending kita simak beberapa cara mewarnai rambut dengan henna yang pastinya sayang untuk dilewatkan!

Membuat Berbagai Warna Rambut dari Henna

ads

Wah yang benar nih kita bisa melakukan pewarnaan rambut di rumah? Yup, kita bisa memanfaatkan  berbagai bahan alami ketika kita melakukan pewarnaan rambut secara mandiri, seperti halnya yang kita ketahui pada cara mewarnai rambut dengan kunyit ataupun cara mewarnai rambut dengan pewarna makanan. Hebatnya lagi, meskipun kita hanya memanfaatkan berbagai bahan alami untuk mewarnai rambut, kita masih bisa mewarnainya dengan berbagai variasi seperti warna rambut kekinian seperti. Hal ini sangat sayang untuk dilewatkan bukan? Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu pewarnaan rambut dengan teknik yang berbeda dari sebelumnya – yaitu mewarnai rambut dengan henna. Apakah hasil dari mewarnai rambut dengan henna akan sebagus kita mewarnai rambut dengan cat rambut yang dijual di pasaran? Apakah henna merupakan salah satu pewarna rambut yang aman untuk digunakan? Nah daripada penasaran tentang apa sih yang dimaksud dengan henna dan bagaimana cara mewarnai rambut dengan henna, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Seperti layaknya cara mewarnai rambut dengan pewarna makanan, kita bisa membuat berbagai warna dari henna yang pastinya menarik untuk dicoba. Henna juga dikenal dengan inai apabila kita mencarinya di pasaran dan warna bubuk henna ini cenderung hitam atau hijau, kecuali kita sudah memilih warna tertentu ketika membelinya di toko terdekat. Sebelum kita menggunakan henna sebagai cara mewarnai rambut, ada baiknya kita menguji coba terlebih dahulu cocok tidaknya kulit kita terhadap henna dengan cara membubuhkan sedikit henna pada kulit kita dan melihat reaksinya selama beberapa jam ke depan. Lalu bagaimana dengan warna yang bisa kita ciptakan dari henna? Nah berikut adalah beberapa warna yang bisa kita ciptakan hanya dengan memadukan henna dengan beberapa bahan alami lainnya:

  • Warna merah kecoklatan; kita bisa mendapatkan warna ini dengan memadukan henna dengan bubuk kopi ataupun teh hitam;
  • Warna merah menyala, kita perlu mencampurkan henna dengan brendi;
  • Warna merah stroberi, untuk mendapatkan warna yang satu ini kita perlu memadukannya dengan beberapa bahan alami lainnya seperti air lemon, cuka, ataupun anggur merah

Cara Mewarnai Rambut dengan Henna

Bahan alami. Siapa sih yang tidak tahu jika berbagai bahan alami bisa kita manfaatkan untuk merawat rambut kita? Yup, seperti yang kita ketahui pada cara penggunaan masker rambut dengan bahan alami, menggunakan bahan alami merupakan salah satu cara yang sayang untuk dilewatkan dalam merawat rambut kita. Banyak dari kita yang mulai memilih menggunakan berbagai bahan alami sebagai salah satu bentuk perawatan rambut karena aman untuk digunakan alias bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa menimbulkan dampak negatif apapun. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu bentuk perawatan rambut yang pastinya sayang untuk dilewatkan dan saat ini digandrungi banyak orang – yaitu pewarnaan rambut. Topik yang sangat menarik bukan?

Mewarnai rambut merupakan salah satu hal yang cukup sering dilakukan oleh kita terutama bagi anak muda yang ingin mengikuti trend sehingga mereka dianggap “kekinian” oleh temannya dan lingkungannya sehingga mereka tidak akan dikucilkan dan dianggap out to date. Mewarnai rambut bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan karena kita bisa melakukannya di salon dengan bantuan hair dresser alias profesional dan berita baiknya lagi kita bisa melakukan pewarnaan rambut secara mandiri alias melakukannya di rumah – yang pastinya lebih praktis untuk dilakukan dan lebih hemat biaya.

Langkah apa yang perlu kita lakukan setelah kita mendapatkan warna cat rambut yang kita inginkan? Tentu saja mempersiapkan berbagai bahan lainnya seperti menyiapkan mangkuk, sarung tangan, handuk, dan kantung tempat sampah. Sebaiknya kita juga tidak keramas satu hari sebelumnya agar warna yang kita dapatkan bisa lebih maksimal dan tidak kalah dengan warna dari berbagai pewarna rambut lainnya. So, apa saja yang perlu kita lakukan dalam mewarnai rambut dengan henna ini?

1. Mengoleskan henna secara merata pada seluruh rambut

Langkah ini adalah langkah pertama yang perlu kita lakukan dan merupakan langkah utama alias paling penting untuk mendapatkan warna rambut yang kita inginkan. Ketika kita mengoleskan henna kita perlu menggunakan sarung tangan terlebih dahulu agar warnanya tidak melebar sampai mana-mana dan tentu saja untuk melapisi rambut kita dengan campuran inai hingga merata. Pada hal ini kita juga perlu memperhatikan khusus pada ujung dan akar rambut sehingga agar tidak terlalu berlebihan dan henna tidak akan menempel pada rambut.

2. Membungkus rambut kita dalam handuk

selama beberapa saat dan tentu saja handuk diikat dalam kondisi yang kencang. Pada langkah ini kita juga perlu menyeka henna yang berlebihan pada rambut agar warna rambut yang kita dapat juga bisa maksimal.

Sponsors Link

3. Mendiamkan henna alias

proses mengecat rambut ini selama beberapa jam dan hasilnya akan lebih baik lagi jika kita mendiamkannya semalaman. Lalu apakah kita perlu menunggu cat ini kering dengan bergadang alias tidak bisa istirahat? Eits tidak perlu khawatir, kita bisa menunggu cat rambut henna ini benar-benar meresap dengan cara mendiamkannya sambil tidur – sehingga kita bisa sambil beristirahat ketika melakukan proses ini.

4. Membilas henna alias cat rambut ini dengan bersih

Langkah yang satu ini bisa memakan waktu yang panjang maupun pendek dan hal ini perlu kita lakukan dengan hati-hati yang dimulai dengan proses membuka penutup kepala. Setelah kita membilas henna di kepala kita hingga bersih, hal yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah memberikan kondisioner dan memijat-mijatnya hingga merata di seluruh bagian kepala kita selama 10 hingga 15 menit sebelum kita membilas kondisioner ini hingga kembali bersih.

5. Mewarnai rambut dengan henna

Membiarkan rambut kita mengering dengan sendirinya dan hal ini benar-benar berarti rambut kita tidak boleh tersentuh air sama sekali. Kita perlu menjaga rambut tetap kering setidaknya selama 24 hingga 48 jam ke depan.

Nah itu tadi adalah beberapa cara mewarnai rambut dengan henna yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Mewarnai rambut dengan henna juga salah satu perawatan rambut yang mudah untuk dilakukan mengingat bahan utamanya mudah untuk didapatkan. So, apa kalian masih menunda untuk tampil lebih cantik dan menarik dari sebelumnya? Tunggu apalagi? Yuk pancarkan pesona kita dari sekarang!

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut