Sponsors Link

20 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching dan Smoothing Secara Alami

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching dan Smoothing Secara AlamiCara merawat rambut rusak bukan hal yang baru lagi jika wanita ingin selalu tampil cantik dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah mewarnai dan styling rambut. Rambut yang memiliki warna cantik akan lebih terlihat indah, begitu juga rambut lurus yang telah melewati proses smoothing. 

ads

Sayangnya, kedua hal tersebut membuat rambut rusak karena adanya proses kimia yang menghilangkan vitamin alami rambut. Namun Anda tidak perlu khawatir, kini rambut indah dan sehat Anda dapat kembali dengan melakukan beberapa perawatan alami berikut ini.

Memang akan sulit jika benar-benar meninggalkan proses styling, karena proses itu sangatlah dibutuhkan untuk menata dan merapikan rambut saat hendak melakukan aktivitas. Anda dapat mengatasinya dengan mulai mengurangi frekuensi styling, misalnya dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk atau mengangin-anginkannya. Anda juga dapat mengaplikasikan vitamin rambut sebelum melakukan styling sehingga rambut lebih terlindungi dari panas dan paparan kimia dari proses styling tersebut.

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal memiliki berbagai manfaat yang bagus dan digunakan secara turun-temurun, baik untuk perawatan wajah maupun rambut. Tentunya minyak zaitun juga menjadi salah satu solusi tepat untuk cara merawat rambut agar lurus dan mengatasi rambut yang rusak karena proses pewarnaan yang meliputi bleaching di dalamnya dan proses smoothing. Untuk merawat rambut rusak, Anda dapat melakukan perawatan dengan minyak alami yang kaya manfaat ini dengan mengikuti cara-cara berikut:

  • Oleskan minyak zaitun pada rambut yang sudah dibasahi dengan merata sebelum melakukan keramas.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih lima menit supaya kandungan dan khasiat minyak zaitun meresap sempurna.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan dengan minyak zaitun ini minimal dua minggu sekali.

2. Menggunakan Minyak Alami

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak alami lainnya untuk cara merawat rambut rusak karena cara menghilangkan rambut bercabang akibat bleaching dan smoothing. Ada beragam jenis minyak alami yang dapat Anda gunakan, seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak bunga matahari, dan lain sebagainya. Untuk melakukan perawatan menggunakan minyak alami, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Oleskan minyak alami yang Anda pilih secara merata ke seluruh bagian rambut setelah proses keramas.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih 20 menit dengan ditutup oleh handuk hangat.
  • Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

3. Perawatan Jeruk Nipis

Tak hanya berguna sebagai bahan penambah, penyegar, dan penyedap makanan, jeruk nipis juga ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kerusakan rambut. Anda pun tidak akan kesulitan mendapatkan jeruk yang satu ini, karena banyak dijual di warung atau pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk melakukan perawatan rambut rusak menggunakan jeruk nipis, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini:

  • Peras air jeruk nipis secukupnya dan saring air dari ampas jeruk.
  • Oleskan perasan air jeruk nipis secukupnya tersebut pada rambut secara merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit supaya kandungannya meresap, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal memiliki berbagai khasiat yang sangat bagus untuk perawatan rambut. Selain dapat melebatkan dan cara menghitamkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk merawat rambut yang rusak karena berbagai proses kimia. Perawatan menggunakan lidah buaya pun tidak sulit, yaitu dengan melakukan langkah di bawah ini:

  • Pisahkan gel lidah buaya yang terdapat di daun lidah buaya dan ambil secukupnya menyesuaikan dengan panjang rambut Anda.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Biarkan beberapa saat supaya vitamin dalam lidah buaya terserap rambut, kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

5. Menggunakan Cuka Apel

Mungkin Anda sedikit kaget mendapati salah satu bahan yang ada di dapur ini menjadi bagian dari cara perawatan rambut rusak yang alami. Cuka apel ternyata bukan saja dapat digunakan untuk memasak, namun juga memiliki khasiat yang bagus untuk perawatan wajah serta rambut. Selain mengatasi rambut rusak dengan cara mengikat rambut, cuka apel juga berkhasiat untuk melembutkan dan menyehatkan rambut Anda. Cuka apel dapat diaplikasikan langsung ke rambut sebagai masker dengan campuran bahan alami lainnya, atau dapat juga dijadikan kondisioner setelah Anda melakukan keramas dengan shampoo.

6. Menggunakan Mayones

ads

Satu lagi bahan makanan yang biasa didapati di dapur namun ternyata memiliki khasiat yang sangat bagus untuk merawat rambut rusak dan tidak sehat. Mayones mengandung senyawa mineral dan asam lemak yang sangat berguna untuk melembabkan dan menyehatkan rambut Anda. Untuk menggunakan mayones sebagai perawatan rambut, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Setelah keramas seperti biasa, keringkan rambut menggunakan handuk dengan perlahan tanpa menggosoknya.
  • Oleskan mayones secukupnya, kira-kira satu sendok makan, ke seluruh bagian rambut secara merata.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit dengan ditutup menggunakan handuk hangat atau shower cap, setelah itu bilas hingga bersih.

7. Masker Buah Alpukat

Selain sangat enak dibuat jus, buah alpukat juga sudah dikenal baik untuk perawatan wajah dan rambut karena dapat melembabkan dan tentunya menyehatkan. Begitu juga untuk rambut yang rusak karena proses bleaching dan smoothing, masker alpukat dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan rambut rusak menggunakan buah alpukat:

  • Pilih buah alpukat yang memiliki kondisi bagus dan pastinya sudah matang.
  • Ambil daging alpukat secukupnya menyesuaikan dengan kondisi rambut Anda, kemudian lumat hingga menjadi sangat halus.
  • Oleskan ke seluruh bagian rambut dengan merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih dengan air dingin, dan Anda dapat melanjutkannya dengan kegiatan keramas seperti biasa.

Baca juga:

8. Masker Madu dan Lemon

Madu merupakan hadiah dari alam yang sudah kita kenal dengan baik memiliki berbagai khasiat yang bagus untuk tubuh dan wajah, dan tak ketinggalan untuk perawatan rambut juga. Melakukan perawatan menggunakan madu secara rutin dapat mengatasi kerusakan rambut dan membuatnya lebih lembab serta sehat. Anda dapat menggunakan madu sebagai masker yang dicampur dengan lemon sesuai langkah di bawah ini:

  • Siapkan madu asli dan air perasan lemon masing-masing dua sendok makan.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan ke seluruh bagian rambut secara perlahan.
  • Diamkan kurang lebih 30 menit dengan ditutup handuk hangat atau shower cap, kemudian bilas rambut hingga bersih.

9. Masker Telur dan Yogurt

Perpaduan antara telur dan yogurt dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk cara merawat rambut rusak karena berbagai hal, termasuk kegiatan bleaching dan smoothing. Kedua bahan alami tersebut memiliki kandungan protein yang baik untuk kelembaban dan kesehatan rambut, yang juga dapat menguatkan akar rambut. Anda dapat menggunakan masker telur dan yoghurt dengan cara-cara berikut ini:

  • Siapkan dua buah telur yang sudah dikocok merata dan dua sendok makan yogurt.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi adonan berbentuk pasta yang lembut dan halus.
  • Oleskan adonan pasta ini ke seluruh bagian rambut Anda dengan merata. Dan setelah dibiarkan sekitar 20 menit, bilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin.

10. Masker Putih Telur

Anda tentu sudah sering mendengar masker putih telur sebagai bagian dari perawatan wajah untuk mendapatkan wajah yang kencang dan berseri, bukan? Ternyata bukan hanya baik untuk wajah, masker putih telur juga berkhasiat untuk mengatasi kerusakan rambut dan membuat rambut lebih sehat alami. Caranya pun cukup mudah dan dapat Anda lakukan secara rutin dengan mengikuti langkah berikut:

  • Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya karena kita hanya akan memakai bagian putihnya. Bagian kuning telur tidak perlu dibuang, karena Anda dapat memasaknya dan disantap sebagai teman sarapan.
  • Tambahkan 3 sendok air putih ke dalam putih telur yang sudah dipisahkan, lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan ke seluruh bagian rambut tanpa terkecuali lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu, Anda dapat membilasnya dan melanjutkan dengan menggunakan shampoo seperti biasa.

11. Masker Air Beras dan Madu

Jika Anda biasanya membuang air bekas mencuci beras yang hendak dimasak, mulai sekarang Anda tidak perlu melakukannya. Air beras dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut rusak dengan dicampur madu asli untuk hasil yang optimal. Untuk menggunakan masker air beras dan madu, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Siapkan secangkir air beras dan 2 sendok teh madu, lalu aduk kedua bahan tersebut hingga merata.
  • Oleskan campuran dua bahan tersebut ke seluruh bagian rambut Anda.
  • Biarkan hingga meresap selama kurang lebih 15 menit, kemudian Anda dapat membilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin.
Sponsors Link

12. Masker Alpukat dan Pisang

Selain digunakan sebagai masker sendiri, buah alpukat akan lebih berkhasiat jika dicampur dengan buah lain seperti pisang untuk perawatan rambut rusak. Kandungan buah alpukat akan memberikan kelembaban alami bagi rambut Anda, sedangkan kandungan dalam buah pisang akan meningkatkan elastisitas rambut dan melembutkannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan masker alpukat dan pisang:

  • Siapkan satu buah pisang dan dua buah alpukat untuk diambil dagingnya.
  • Campurkan daging kedua buah tersebut dan lumat hingga halus seperti bubur.
  • Oleskan masker tersebut ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian Anda sudah dapat membilas rambut hingga bersih.

13. Masker Minyak Zaitun dan Telur

Selain dapat diaplikasikan langsung kepada rambut, minyak zaitun juga baik untuk digunakan sebagai masker dengan campuran bahan alami lainnya. Kandungan vitamin, mineral, dan protein yang ada dalam minyak zaitun dan telur akan membantu mengurangi kerusakan dan menyehatkan rambut sehingga lebih indah. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan menggunakan masker minyak zaitun dan telur:

  • Siapkan 5 sendok makan minyak zaitun dan 2 butir telur yang sudah dikocok.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  • Diamkan rambut yang sudah dibungkus dengan handuk hangat atau shower cap sebelumnya selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas rambut dengan bersih menggunakan air dingin, lalu Anda dapat melanjutkannya dengan memakai shampoo yang biasa digunakan.

14. Masker Telur dan Jeruk Nipis

Masker telur memang dapat dibilang merupakan bahan favorit untuk perawatan rambut, karena selain bisa didapat dengan mudah juga bisa dicampurkan dengan berbagai bahan alami lainnya. Salah satunya adalah campuran telur dan jeruk nipis yang dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut rusak karena bleaching dan smoothing. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk perawatan rambut menggunakan masker telur dan jeruk nipis:

  • Siapkan satu butir telur dan tiga buah jeruk nipis, kemudian pisahkan kuning telur dan peras jeruk nipis yang sudah ada.
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata serta membentuk adonan masker.
  • Oleskan masker pada seluruh bagian rambut sambil sedikit dipijat lembut supaya lebih meresap.
  • Diamkan masker selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil yang maksimal dan efektif, lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali demi kembalinya rambut sehat dan cantik Anda.

15. Tidak Melakukan Styling Berlebihan

Melakukan styling pada rambut memang merupakan proses yang sulit untuk ditinggalkan, karena bagaimanapun styling memang membuat rambut kita terlihat lebih indah. Namun perlu diingat juga bahwa proses styling yang berlebihan akan semakin merusak rambut Anda, sehingga akan sia-sia saja perawatan yang dilakukan selama ini. Meskipun Anda rajin melakukan perawatan dan berbagai usaha lain untuk mengembalikan kesehatan rambut, namun jika tetap melakukan styling yang berlebihan tentunya sama saja jadinya.

Sponsors Link

16. Menggunakan Shampoo yang Mengandung Keratin

Mungkin Anda sering mendengar kini banyak shampoo yang menjadikan keratin sebagai bahan utamanya dalam mengatasi berbagai permasalahan rambut. Keratin memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk rambut, dimana merupakan protein yang membentuk struktur dan komponen utama dalam rambut. Keratin juga merupakan solusi untuk mengatasi rambut yang rusak karena penggunaan bahan dan proses kimia untuk dapat kembali sehat dan cantik lagi. Anda dapat mulai menggunakan shampoo yang mengandung keratin sebagai salah satu upaya melakukan perawatan terhadap rambut yang rusak untuk menghilangkan berbagai permasalahan seperti kasar, kering, dan kusam.

17. Menggunakan Kondisioner

Terkadang penggunaan kondisioner memang dilupakan dan dilewatkan saat melakukan ritual keramas karena dianggap menghabiskan waktu dan ribet. Namun tahukah Anda, rambut yang rusak karena berbagai proses dan bahan kimia cenderung jauh lebih kasar dan kering dibanding rambut normal. Disinilah peranan kondisioner sebagai perawatan rambut karena kondisioner berfungsi melembabkan dan melembutkan rambut Anda.

18. Menggunakan Sisir Bergigi Jarang

Pemilihan dan penggunaan sisir juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut, sehingga perlu diperhatikan sisir apa yang Anda gunakan. Untuk rambut yang rusak karena bleaching dan smoothing, Anda dapat menggunakan sisir yang bergigi jarang karena dapat menghindari semakin parahnya kerusakan pada rambut. Apalagi jika rambut Anda juga mengalami kerontokan, jenis sisir ini adalah yang paling tepat untuk digunakan.

19. Memotong Rambut Secara Berkala

Rambut yang rusak ternyata dapat memicu dan merangsang bagian rambut lainnya untuk terkena kerusakan juga jika terus dibiarkan. Karena itu, Anda perlu memotong rambut secara berkala minimal bagian ujung rambut yang biasa bercabang. Selain mencegah kerusakan yang lebih parah, memotong rambut secara rutin ini juga dapat membantu pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan indah.

20. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Hal terakhir yang tak kalah pentingya adalah asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, karena makanan yang Anda makan sangat mempengaruhi keseluruhan kondisi tubuh termasuk rambut. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kesehatan rambut khususnya. Anda dapat memperbanyak makannan yang mengandung vitamin B karena vitamin ini dapat menguatkan, melembabkan, dan menyehatkan rambut.

Demikianlah beberapa cara alami untuk mengatasi kerusakan rambut yang diakibatkan proses bleaching, smoothing, dan proses kimia lainnya. Perlu diingat bahwa seperti halnya rambut Anda yang tidak langsung rusak, pengembalian rambut menjadi sehat dan indah kembali pun tidak bisa langsung instan dan memerlukan waktu. Namun pengorbanan waktu dan tenaga Anda akan terbayar dengan mendapatkan rambut yang jauh lebih sehat dan jauh dari kata rusak. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 02nd, June 2017 / 02:18 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut