Sponsors Link

15 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok Untuk Pria dan Wanita

Cara Merawat Rambut PanjangRambut panjang mungkin banyak digandrungi oleh kaum wanita. Rambut panjang hitam berkilau seperti model iklan shampo adalah model rambut yang paling banyak diimpikan oleh wanita.

ads

Inilah alasan mengapa banyak wanita sangat menyukai rambut panjang dibandingkan dengan rambut pendek, sebagai berikut:

  • Rambut panjang perlu perawatan ekstra dalam menjaga rambut agar tetap sehat, kuat, indah.
  • Rambut panjang justru lebih beresiko mengalami masalah rambut jika tidak di rawat dengan baik.
  • Berikut ini akan dijabarkan cara merawat rambut ukuran panjang Anda yang sederhana dan penting Anda lakukan untuk menjaga rambut panjang Anda tetap sehat, kuat, dan terhindar dari berbagai masalah rambut:

1. Menjaga Kebersihan Rambut Panjang Anda

Cara merawat rambut panjang yang pertama adalah menjaga kebersihan rambut panjang Anda. Cara ini sebenarnya adalah cara yang paling penting dalam merawat rambut baik rambut panjang maupun rambut pendek. Menjaga kebersihan rambut adalah dengan cara rutin melakukan keramas untuk membersihkan rambut dari debu, kotoran, dan sisa keringat. Lakukan keramas rutin minimal 2 hari sekali. Apabila beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung sebaiknya lakukan keramas setiap hari. Hal itu disebabkan aktivitas di luar ruangan membuat rambut Anda lebih banyak terkena debu dan kotoran. Serta matahari langsung menyebabkan kulit kepala Anda lebih mudah berkeringat. Sehingga rambut Anda lebih banyak terkontaminasi debu, kotoran, dan sisa keringat. Debu, kotoran, dan sisa keringat yang menumpuk tidak dibersihkan akan menyebabkan rambut Anda lebih mudah berketombe.

Artikel lainnya:

2. Jangan Gunakan Hair Dryer untuk Mengeringkan Rambut

Setelah keramas membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengeringkan rambut panjang Anda. Sehingga banyak orang memilih menggunakan hair dryer agar cepat kering. Justru hal itu adalah kebiasaan yang salah. Cara merawat rambut ukuran panjang yang benar adalah membiarkan rambut panjang Anda kering alami untuk menjaga tingkat kelembapan alami rambut. Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer membuat rambut Anda kehilangan kelembapan alaminya. Hal itulah yang memicu rambut menjadi kering dan kusam.

3. Gunakan Pelembab Rambut untuk Menjaga Kelembapan Rambut Anda

Setelah keramas gunakanlah pelembab rambut atau kondisioner sebagai cara merawat rambut panjang untuk meningkatkan kesuburan rambut panjang Anda. Jika Anda tidak ingin menggunakan kondisioner berbahan kimia. Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai kondisioner alami Anda. Kandungan zat yang terdapat pada minyak almod mampu memelihara rambut Anda tetap sehat dan subur. Sehingga rambut Anda terhindar dari rambut kering dan kusam. Minyak almond juga dapat membuat rambut Anda menjadi lembut, mudah diatur, dan tidak mudah kusut. (baca juga: Ciri-Ciri Rambut Lepek)

4. Lindungi Rambut Saat Beraktivitas Di Luar Ruangan

Cara merawat rambut ukuran panjang yang selanjutnya adalah melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Terpapar sinar matahari langsung menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan kusam. Jadi, sebaikanya lindungi rambut Anda menggunakan topi atau scaraf apabila beraktivitas di luar ruangan. (baca juga: Cara Agar Rambut Cepat Panjang)

5. Gunakan Masker Rambut untuk Menutrisi Rambut Panjang Anda

Sponsors Link

Lakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker rambut alami sebagai cara merawat rambut ukuran panjang Anda. Hal ini bertujuan untuk menutrisi rambut. Jika rambut Anda ternutrisi dengan baik maka pertumbuhan rambut akan lancar. Jika pertumbuhan rambut lancar maka rambut akan menjadi sehat dan kuat. Terhindar dari masalah rambut rontok. (Baca Juga: Tips Membuat Masker Rambut Alami)

6. Konsumsilah Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi agar rambut dapat tumbuh dengan optimal. Konsumsilah banyak protein, vitamin, dan mineral agar rambut Anda tumbuh lebih subur dan sehat sebagai cara merawat rambut ukuran panjang. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan berminyak atau gorengan karena dapat memicu rambut Anda berminyak. (baca juga: Tanaman Penyubur Rambut)

7. Potonglah Bagian Ujung Rambut Secara Rutin

ads

Bagian ujung rambut adalah bagian paling rentan mengalami masalah rambut bercabang. Maka sebaiknya potong rambut Anda pada bagian ujung secara rutin. Memotong rambut pada bagian ujung juga merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat dan sebagai cara merawat rambut ukuran panjang Anda. (baca juga: Cara Merawat Rambut Agar Lurus)

8. Rapikan Rambut Panjang Anda Agar Tidak Kusut

Cara menata rambut panjang haruslah tepat karena rambut panjang lebih rentan kusut. Anda bisa menatanya dengan cara mengikat rambut panjang Anda. Merapikan rambut panjang dengan menata dan mengikatnya merupakan cara terbaik untuk cara merawat rambut panjang Anda agar tidak kusut.

9. Kurangi Styling Rambut Menggunakan Alat Bersuhu Tinggi

Gonta-ganti model rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya mungkin bagus untuk merubah gaya rambut Anda agar tidak monoton. Namun sebaiknya kurangi styling rambut Anda menggunakan alat styling bersuhu tinggi karena akan merusak rambut. Jika ingin mengganti gaya rambut, lakukanlah minimal sebulan sekali sebagai cara merawat rambut ukuran panjang Anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Gatal Di Kepala)

10. Kurangi Bleaching dan Mewarnai Rambut

Mengganti warna rambut mungkin bagus untuk mempercantik tampilan rambut panjang. Namun terlalu sering melakukan bleaching dan mewarnai rambut membuat rambut Anda menjadi rusak. Jadi, jika ingin mengganti warna rambut sebaiknya lakukan sebulan sekali sebagai cara merawat rambut ukuran panjang agar tidak rusak.

Baca Juga:

11. Perbanyak Minum Air Putih

Kekurangan cairan akan membuat rambut Anda kering dan kusam. Sehingga minumlah 8 gelas air sehari untuk mencegah tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut)

12. Istirahat Yang Cukup

Kesibukan membuat Anda melupakan waktu istirahat. Banyak orang begadang dan kurang tidur. Padahal ini merupakan suatu kebiasaan buruk. Terlalu sering begadang membuat pertumbuhan rambut terganggu. Jadi, istirahatlah yang cukup sebagai cara merawat rambut ukuran panjang Anda yang paling sederhana dan penting. Selain cara tersebut, jika Anda memiliki waktu dan uang lebih Anda bisa melakukan perawatan rambut di salon. Perawatan rambut yang bisa Anda lakukan di salon sebagai cara merawat rambut ukuran panjang Anda.

13. Creambath

Sponsors Link

Creambath merupakan perawatan rambut dengan cara memberikan pemijatan pada kulit kepala. Pijatan membuat kepala menjadi rileks dan nutrisi dalam krim dapat meresap sempurna. Manfaat creambath mengatasi kerontokan, mengatasi rambut kering dan menutrisi rambut. (baca juga: Cara Membuat Rambut Berwarna Pirang Alami)

14. Hair Mask

Bagi Anda yang memiliki rambut dengan kondisi rusak parah, Hair mask adalah jawabannya. Hair mask biasa digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak akibat aktifitas pewarnaan berulang-ulang pada rambut.  Berbeda dengan treatment creambath dan hair spa yang diselingi dengan pijat kepala, Hair mask justru hanya dilakukan dengan mengoleskan krim pada rambut tanpa pijat. (Baca Juga: Masker Rambut untuk Rambut Rontok)

Hair mask idealnya dilakukan maksimal 1 kali seminggu, karena jika terlalu sering dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Untuk perawatan harian, Anda dapat melakukan creambath di sela pemberian treatment hair mask.

15. Hair Spa

Hair spa tak berbeda dengan creambath, hanya saja krim yang digunakan mengandung lebih banyak vitamin. Hair Spa sangat cocok untuk perawatan rambut rusak akibat sering di catok dan terkena panas. Krim hair spa terdiri dari banyak pilihan yang disesuaikan dengan kondisi rambut. Untuk memaksimalkan efek relaksasi, krim hair spa biasanya memiliki aroma terapi.

Nah, itu tadi cara merawat rambut ukuran panjang Anda agar tetap sehat, subur, dan kuat. Bagaimana artikel ini memberikan kelengkapan cara yang mudah dan gampang bukan untuk anda ikutin dengan mudah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 09:43 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut