Sponsors Link

30 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Mengembang Saat Diurai

Penampilan merupakan hal yang akan dinilai pertama kali oleh orang lain terhadap diri seseorang. Memiliki penampilan yang baik, bersih, dan menarik merupakan idaman bagi hampir semua orang dalam kehidupan ini tak terkecuali pria ataupun wanita. Selain pakaian yang dikenakan dan kebersihan diri ada salah satu bagian tubuh yang juga sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Bagian tubuh tersebut diantaranya adalah wajah, bentuk badan, dan rambut.

ads

Rambut merupakan bagian tubuh dari manusia yang mendapatkan julukan sebagai mahkota kepala karena dapat mempengaruhi bentuk wajah seseorang dan penilaian penampilan seseorang. Bagi wanita, rambut merupakan bagian penting yang harus selalu dijaga dan dirawat agar tidak muncul masalah rambut yang dapat mengurangi penampilan. Untuk menjaga agar kondisi rambut selalui baik maka perlu cara merawat rambut yang disesuaikan dengan karakter dari rambut itu sendiri. Dalam artikel kali ini, gayarambut.co.id akan membahas bagaimana merawat rambut keriting agar tidak mengembang.

Bagi wanita, kondisi rambut dengan karakter keriting ini masih kalah pamor dibandingkan dengan kondisi rambut yang lurus terutama pada rambut keriting yang disertai dengan kondisi rambut mengembang. Untuk menghindari kondisi rambut yang mengembang, ada beberapa cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus ke salon sekalipun. Agar rambut yang keriting tidak mengembang, berikut beberapa cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan shampo khusus rambut mengembang

Langkah paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah dan merawat rambut keriting menjadi mengembang adalah dengan cara keramas menggunakan shampo. Dengan menggunakan shampo khusus tersebut secara rutin dapat mengurangi kondisi rambut keriting agar tidak mengembang. Banyaknya pilihan shampo khusus rambut mengembang dapat mempermudah melakukan cara ini.

  1. Menggunakan air dingin saat mencuci rambut

Air panas sering kali digunakan untuk membersihkan diri melalui mandi terutama di malam hari. Penggunaan air panas untuk mandi merupakan hal yang cukup membuat nyaman dan dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa letih dan lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Akan tetapi, penggunaan air panas maupun hangat dapat  memperparah kondisi rambut keriting menjadi mengembang. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan air dingin saat mencuci rambut keriting merupakan langkah yang harus dipilih.

  1. Pakailah konditioner

Penggunaan konditioner dapat membantu membuat rambut menjadi lembab sehingga tidak akan mengembang. Berbeda dengan shampo, konditioner akan digunakan pada saat rambut selesai dicuci serta dalam keadaan kering. Penggunaan konditioner dapat membantu mengatasi rambut keriting yang mengembang karena konditioner dapat menyegel kutikula rambut sehingga kondisi kelembapan rambut terjaga dan tidak akan menyebabkan rambut keriting tidak akan kering dan mengembang. Cara ini merupakan langkah yang termasuk kedalam perawatan rambut kering dan mengembang.

  1. Menggunakan masker untuk rambut

Masker dapat meyeimbangkan kadar minyak dalam rambut dan menghindarkannya dari kondisi rambut yang kering. Menggunakan masket dapat mengurangi rambut keriting yang kering dan juga dapat mempermudah penataan. Masker yang digunakan sebaiknya merupakan masker yang dibuat khusus untuk rambut keriting yang kering.

  1. Atur Frekuensi mencuci rambut dengan shampo

Mencuci rambut terlalu sering dengan menggunakan shampo dapat menyebabkan kelembaban asli rambut menghilang. Hilangnya kelembaban pada rambut keriting tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang serta sulit untuk ditata. Mencuci rambut sehari sekali sudah lebih dari cukup sebagai bentuk perawatan rambut.

  1. Jangan ikat rambut terlalu sering

Mengikat rambut secara langsung dapat menyebabkan rambut menjadi ikat dan susah ditata. Kondisi rambut mengembang merupakan efek mengikat rambut terlalu kencang dan sering. Untuk itu, perhatikan ikatan rambut yang anda lakukan, jangan terlalu sering dan jangan terlalu rapat agar rambut tetap bisa “bernafas.”

Sponsors Link

  1. Kurangi sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung terhadap rambut dapat menyebabkan rambut keriting menjadi rusak dan kering. Kondisi rusak dan kering tersebut dapat menimbulkan keadaan rambut menjadi mengembang. Mengusahakan rambut untuk tidak terkena sinar matahari langsung merupakan upaya untuk mengurangi rambut keriting agar tidak mengembang.

  1. Penuhi asupan vitamin B dalam tubuh

Vitamin B merupakan salah satu nutrisi rambut yang menjadi bagian serta unsur penting dalam pertumbuhan rambut, kandungan vitamin B yang mencukupi dalam tubuh dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kuat, terihat indah, dan mudah di tata.

  1. Gunakan alat catok

Penyebab rambut mengembang dapat berasal dari berbagai alat alat kecantikan yang bersifat panas. Alat catok meskipun bersifat panas, merupakan salah satu cara mengurangi rambut mengembang secara cepat. Dengan menata rambut menggunakan catok dapat menyebabkan kondisi rambut lebih terjaga dan indah. Namun penggunaannya yang terlalu sering dapat merugikan kesehatan rambut.

ads
  1. Gunakan bahan alami untuk merawat rambut anda

Beberapa bahan alami memiliki fungsi yang dapat membantu mengurangi rambut mengembang. Memanfaatkan berbagai fungsi beberapa bahan alami dapat menjadikan rambut kuat, mudah ditata, dan lembab. Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut antara lain :

  • Cuka apel, cuka apel yang di campurkan dengan air dapat berfungsi sebagai konditioner alami dengan berbagai manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan dan kebersihan rambut.
  • Daun serai, menggunakan daun serai merupakan salah satu cara meluruskan rambut keriting secara alami dan dapat menghindari agar rambut kering tidak mengembang.
  • Susu murni, susu murni dapat membantu membuat rambut kering menjadi berisi sehingga tidak akan mengembang.
  • Mayones, mayones juga mampu menjadi minyak bagi rambut kering agar tidak mengembang.
  • Madu, madu dengan cairan manisnya mampu menjadikan rambut kering tidak akan mengembang.
  • Minyak wijen, minyak wijen sudah dikenal lama memiliki banyak manfaat untuk rambut yang salah satunya adalah untuk rambut kering.
  • Minyak zaitun, miyak zaitun hampir memiliki manfaat yang sama dengan minyak wijen untuk rambut.
  • Konditioner alami, beberapa bahan seperti santan, pisang, lidah buaya, alpukat, dan telur dapat bertindak sebagai konditioner alami yang bermanfaat untuk mencegah rambut kering menjadi mengembang.
  1. Cuci rambut secara rutin

Mencuci rambut secara rutin juga dapat membantu menjaga kelembaban rambut sehingga rambut keriting yang kering tidak akan mengembang. Namun keseringan mencuci rambut terutama dengan cara yang salah dapat menyebabkan munculnya beberapa macam masalah rambut lain.

  1. Hindari cara yang salah untuk mengeringkan rambut

Salah satu kesalahan dalam proses mencuci rambut yang dapat menyebabkan kondis rambut keriting yang kering menjadi mengembang adalah proses pengeringan yang salah dan terlalu sering menggunakan hair dryer. Untuk mengatasi rambut kering mengembang maka hindarilah proses pengeringan rambut yang salah.

  1. Hindari mengikat rambut saat tidur

Mengikat rambut dapat menyebabkan rambut semakin menjadi kering sehingga dapat menjadikan rambut menjadi mengembang serta terkesan acak acakan. Hindari mengikat rambut terlalu lama terutama pada saat tidur untuk membantu mencegah rambut kering menjadi mengembang.

  1. Usahakan untuk tidak menyisir rambut dalam kondisi basah

Menghindari aktifitas menyisir rambut saat masih basah juga merupakan salah satu cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang. Menyisir  rambut saat masih basah dapat menyebabkan hilangnya kelembaban pada rambut keriting sehingga rambut akan mengembang ketika kering nanti.

  1. Gunakan produk perawatan rambut yang berbahan alami

Beberapa produk perawatan rambut berbahan kimia terutama yang terlalu sering digunakan dapat menyebabkan timbulnya masalah pada rambut. Cobalah untuk menggunakan produk perawatan rambut berbahan alami untuk menghindari terjadinya masalah rambut terutama rambut keriting yang mengembang

  1. Produk bebas alkohol

Selain menghindari produk berbahan kimia, produk yang memiliki kandungan alkohol juga harus dihindari karena alkohol dapat menghilangkan kelembaban rambut sehingga rambut yang akan lebih kering. Untuk menghindarinya pilihlah produk bebas alkohol.

Sponsors Link

  1. Gunakan creambath khusus rambut kering dan mengembang

Creambath adalah merupakan jenis perawatan rambut yang menggunakan krim. Cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang adalah dengan melakukan creambath menggunakan krim yang memang khusus untuk rambut tidak mengembang.

  1. Hindari terlalu sering mencatok rambut

Mencatok rambut merupakan salah satu upaya untuk menata rambut dengan memanfaatkan sebuah alat catokan. Rambut lurus yang terlalu sering dicatok ternyata dapat memberikan dampak negatif terutama untuk rambut keriting.dan kering. Meskipun catok dapat membantu membuat rambut kering lurus dan tidak mengembang namun penggunaan yang berlebihan bisa jadi malah menimbulkan kondisi sebaliknya karena kelembaban rambut akan hilang.

  1. Memotong rambut secara rutin dan menataanya dengan benar

Salah satu penyebab rambut keriting menjadi kering dan mengembang  adalah kondisi rambut yang terlalu panjang sehingga menyebabkan rambut menjadi berkelombang. Cara menata rambut lurus dan panjang yang benar harus dilakukan untuk mencegah rambut menjadi keriting selain itu potong rambut secara rutin juga akan membantu menghindarkan kondisi rambut keriting menjadi mengembang.

  1. Sisir rambut dengan benar

Langkah sederhana yang dapat membantu dalam berbagai cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang adalah dengan menyisir rambut secara benar. Selain menyisir rambut ada beberapa langkah lainnya yang dapat dilakukan agar rambut keriting yang kering tidak mengembang seperti :

  1. Hindari penggunaan hair dryer berlebih
  2. Selalu perhatikan kondisi rambut
  3. Mengepang rambut
  4. Perawatan dengan hot oil
  5. Gunakan hair tonic
  6. Gunakan bantal yang lembut
  7. Gunakan minyak rambut
  8. Keringkan rambut segera
  9. Memilih stylist yang benar
  10. Hindari produk dengan paraben dan sulfat

Beberapa langkah diatas dapat digunakan untuk membantu merawat rambut keriting agar tidak mengembang. Kondisi rambut yang mengembang ini dihindari karena sulit untuk diatur dan memberikan kesan yang acak acakan. Beberapa cara yang disebutkan diatas dapat dipraktekan secara mandiri tanpa perlu ke salon. Kesuksesan cara merawat rambut yang keriting agar tidak mengembang tersebut tergantung dari keseriusan seseorang dalam melakukan berbagai upaya untuk menjaga penampilan dan kesehatan rambut agar tidak terlihat mengembang serta acak acakan. Rambut yang mengembang secara umum biasanya dikarenakan kelembaban rambut yang hilang sehingga diperlukan cara melembabkan rambut kering dan mengembang yang disebutkan diatas.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut