Sponsors Link

8 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Dengan Mudah Tanpa Ribet

 Cara Merawat Rambut Gondrong Ikal Jika berbicara masalah rambut, tiap orang pasti memiliki jenis rambut yang berbeda. Ada yang ikal, keriting, ada pula yang ikal. Rambut lurus merupakan idaman bagi sebagian besar wanita maupun pria. Dengan memiliki rambut lurus, kamu tak perlu repot untuk memberikan perawatan yang lebih. Berbeda dengan rambut keriting dan juga rambut ikal.

ads

Rambut ikal ini memiliki bentuk peralihan dari rambut lurus ke keriting. Jadi, sedikit mengembang dan bergelombang. Tentu tidak ingin bukan memiliki rambut ikal tapi mengembang? Hal ini mengganggu penampilanmu. Meski demikian, kamu masih bisa mengaturnya supaya tidak mengembang, berikut perawatannya:

1. Biarkan Rambut Ikalmu Mengering dengan Sendirinya

Memang tiap rambut manusia bisa diubah bentuk menjadi seperti yang kita inginkan. Namun, jika kamu ingin tetap memiliki rambut alami dan berkembang apa adanya, merupakan pilihan yang lebih bagus lagi. Nah, jika kamu termasuk orang yang memiliki rambut ikal, keluhan yang sering dialami adalah rambut sering mengembang. Cara efektif pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rambut mengembang adalah biarkan rambutmu mengering sendiri usai keramas atau membilas rambut.

Ya, sebagian besar orang biasanya sering mengeringkan rambut dengan handuk usai keramas. Iya bukan? Memang tujuannya supaya tidak membasahi baju akibat air yang menetes dari rambut, namun tahukah kamu jika hal tersebut justru akan membuat rambut ikalmu menjadi mengembang? Untuk menghindarinya, kamu bisa mengalasi bajumu dengan handuk tanpa perlu mengeringkannya. Itulah salah satu cara mengatasi rambut kering setelah keramas.

2. Selalu Memberikan Kelembapan pada Rambut Tetap Terjaga

Cara kedua supaya rambut ikalmu tidak mengembang adalah dengan mengkondisikan kelembapan rambut. Rambut yang kelembapannya baik tidak akan mengembang dan mengganggu penampilanmu. Rambut yang lembab disarankan terutama untuk mengatasi rambut kasar dan bercabang. Bagaimana cara mengatur kelembapan pada rambut? Yaitu dengan memberikan kondisioner pada rambut usai keramas. Kondisioner ini disarankan selain membuat rambut lembab juga merawat rambut jadi lebih sehat.

3. Selalu Bersihkan Rambut dengan Teratur

Terkadang baik pria atau wanita yang memiliki rambut ikal selalu tidak peduli dengan penampilannua sehingga membuat rambutnya jadi mengembang. Tahukah kamu jika rambut mengembang merupakan bentuk pemilik rambut yang tidak menjaga kebersihannya? Jika demikian, kamu perlu mengubah kebiasaanmu abai terhadap rambut dan mulai lakukan perawatan berupa membersihkan rambut secara teratur.

Paling tidak keramaslah sebanyak 2 kali selama seminggu. Dengan begitu, kotoran maupun depu yang menempel pada rambut dan kulit kepala akan bersih. Pastikan pula produk sampo yang digunakan cocok dengan tipe rambutmu. Ketika rambut bersih, akan membuat rambutmu jadi sedikit bisa diatur alias tidak mengembang.

4. Hindari Penggunaan Shampoo yang Tidak Sesuai

Salah satu hal yang sering dilakukan wanita maupun pria pemilik rambut ikal adalah sering mengabaikan jenis shampo yang digunakan. Tahukah kamu jika pemakaian shampo yang tidak sesuai dengan rambutmu akan berpotensi menyebabkan rambut menjadi mengembang? Untuk menghindari hal tersebut, kamu memilih jenis shampo yang cocok, kemudian menggunakannya secara berkala untuk membersihkan rambut.

Sponsors Link

5. Gunakan Sisir Rambut Jarang

Pasti sebagian besar orang berpikir jika rambut yang disisir dengan sisir kecil akan membuatmu rapi. Hal itu cocok dilakukan untuk orang dengan tipe rambut lurus karena akkan membuatnya nampak tertata. Tapi, berbeda jika rambutmu tipe ikal. Sebisa mungkin hindari menggunakan sisir tersebut dan malah dianjurkan untuk menggunakan sisir jarang. Mengapa? Sisir jarang akan mencegah rambut ikalmu berubah jadi mengembang. Jika dibiasakan, meski disisir dengan sisir jarang, rambutmu akan tetap rapi kok!

6. Berikan Perlindungan pada Rambutmu

Salah satu pemicu rambut ikal yang berubah jadi mengembang diakibatkan oleh seringnya kamu abai pada rambutmu saat aktivitas outdoor. Tentu aktivitas diluar ruangan yang terpapar matahari akan mengakibatkan rambut menjadi mengembang terutama rambut ikal. Untuk menghidari hal tersebut kamu bisa memberikan perlindungan pada rambutmu terlebih dahulu dengan memakai topi. Tahukah kamu selain rambut menjadi mengembang, paparan sinar matahari juga berpotensi menyebabkan rambut rusak?

Sponsors Link

7. Gunakan Minyak Zaitun

Memang benda yang satu ini penuh dengan manfaat. Ya, minyak zaitun ini efektif untuk perawatan rambut. Dari dulu, minyak zaitun dipercaya sangat membantu dunia kecantikan. Selain untuk menjaga perawatan kulit jadi lebih halus, bahaya mintak rambut pomade. Terutama kamu yang memiliki rambut ikal, dianjurkan untuk mengoleskan rambut dengan minyak zaitun. Fungsinya untuk menghindari rambut ikal menjadi mengembang. Caranya tuangkan minyak zaitun ditanganmu dan usap pada rambutmu. Lakukan hal tersebut secara teratur untuk hasil yang maksimal.

8. Bahan Alami Lainnya

Selain minyak zaitun, ada bahan lain yang berpotensi untuk merawat rambut ikalmu supaya tidak mengembang. Apakah itu. Salah satunya dengan menggunakan lidah buaya. Ya, pemilihan bahan alami untuk perawatan rambut memang dianjurkan supaya tidak memberikan efek samping ketika pemakaiannya tidak cocok. Terlebih bahan alami juga tidak menimbulkan ketergantungan dan tidak perlu biaya mahal. Hal ini karena bahannya mudah ditemukan disekitarmu. Selain lidah buaya, ada pula minyak kelapa. Kedua bahan ini jika kamu manfaatkan akan mampu mencegah rambut ikal jadi mengembang sebagai efek samping vitamin rambut.

Demikian beberapa langkah untuk perawatan rambut gondrong.Nah, itu dia beberapa cara perawatan rambut ikal supaya tidak mengembang. Yuk mari kita coba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut