Sponsors Link

28 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Rusak dan Tetap Sehat

Rambut adalah salah satu indikator dalam penampilan tiap orang. Tak hanya kaum hawa, kaum pria pun seringkali memperhatikan penampilan rambut. Beberapa kalangan rela merogoh kantong dalam-dalam demi mempunyai rambut yang ideal menurut persepsi masing-masing. Berbagai perawatan dan kesehatan rambut pun ditawarkan di salon kecantikan sudut kota seperti meluruskan rambut, menyambung rambut, menggimbalkan rambut hingga mewarnai rambut.

ads

Rambut berwarna merupakan hal yang diinginkan dari sebagian orang. Hal ini karena membuat penampilan terasa berbeda. Namun untuk mewarnai rambut perlu diperhatikan beberapa hal karena memberikan pewarna rambut bukanlah hal yang simpel. Pewarna rambut merupakan kandungan bahan kimia yang bila tidak dipersiapkan dan dilakukan perawatan maka akan menghasilkan hal yang tidak maksimal dan masalah rambut  yang membuat uang dan waktu akan terkuras apalagi mengalami  akibat memakai cat rambut kadaluarsa . Disini akan diulas mengenai cara merawat rambut yang bisa kamu aplikasikan diantaranya :

  • Hindari keramas dan cuci dengan air

Cara yang pertama dalam merawat rambut berwarna adalah hindari keramas. Perlu kamu ketahui bahwa cara merawat rambut berwarna dapat membuat rambut menjadi lebih berpori, hal ini dapat menyebabkan rambut menyerap dan melepaskan kelembaban dengan lebih mudah sehingga molekul warna dapat mudah menguap pada setiap kali rambut kamu basah. Kemudia penelitian terbaru yang ada juga menunjukkan bahwa 80persen warna rambut yang memudar merupakan disebabkan kontak langsung dari air. Sehingga untuk menghindari penguapan molekul warna tersebut maka sebaiknya kamu menghindari air yang membilas rambut yang ada warnai tersebut. kamu jangan terlalu sering mencuci rambut.

Kemudian masalah yang paling sering ditemui dalam rambut yang pernah diwarnai adalah struktur rambut yang berubah menjadi lebih kusut seperti sapu ijul. Hal ini bisa dikembalikan kepada struktur asli dengan cara tidak keramas karena membantu dalam memulihkan rambut untuk pelepasan minyak rambut dan memberikan kelembaban alami rambut kamu. Untuk pencucian rambut sebaiknya lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu. Namun, kamu harus tetap memperhatikan kebersihan rambut tersebut dari kotoran dan debu karena bila memang sudah menumpuk tidak mengapa untuk dicuci.

  • Jangan lupa kondisioner

Untuk perawatan yang maksimal, kamu bisa menggunakan kondisioner dalam merawat rambut. Penggunaannya yaitu setelah melakukan keramas maka aplikasikan kondisioner kepada rambut kamu kemudian diamkan kurang lebih lima menit dan bilas hingga bersih. Kondisioner dapat memperlembut rambut kamu dan juga membantu warna rambut kamu bersinar terang. Gunakan juga kondisioner color-depositing yang berguna dalam menambah pigmen warna rambut.

  • Lindungi rambut dari panas

Setelah melakukan keramas ditambah kondisioner, biasanya rambut berada dalam keadaan basah.  Sebaiknya kamu menghindari dalam melakukan pengeringan menggunakan hair dryer, hal ini karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak rambut kamu dan membuat rambut menjadi kusut mengembang tidak beraturan. Nutrisi yang ada seperti protein rambut pun menjadi berkurang. Sebaiknya untuk melakukan pengeringan lakukan angin-angin rambut yang kamu punya dan bisa juga lakukan dengan menggunakan kain lembut. Apabila kamu melakukan pengeringan rambut dengan hair dryer maka untuk menjaga kesehatannya berikan leave-in conditioner yang merupakan serum rambut mengandung UV filter serta semprotkan pula dengan heat-protection spray agar tahan terhadap udara panas.

  • Gunakan Deep condition dengan minyak essensial
Sponsors Link

Untuk rambut berwarna pun kamu perlu melakukan deep condition agar menjaga kelembaban rambut kamu yang bisa dilakukan dengan minyak essensial. Cara penggunaannya yaitu lakukan dengan seperempat cangkir minyak kemudian panaskan hingga suhu hangat kuku. Setelahnya oleskan kepada kulit kepalada dan rambut. Kemudian diamkan selama 20 menit sambil tutup kepala agar terjadi sistem tertutup. Lalu cuci rambut dengan shampoo dan bilas hingga bersih, pastikan tidak ada noda yang tertinggal. Untuk perawatan yang maksimal lakukan selama seminggu sekali.

  • Bersihkan rambut

Sebelum kamu benar-benar melakukan pewarnaan rambut, maka yang bisa kamu lakukan yaitu mengembalikan kekuatan rambut sebelum hari-H dengan masker rambut rutin. Kemudian setelah itu kamu bisa melakukan keramas dengan clarifying shampoo pada dua hari sebelum kamu melakukan pewarnaan rambut agar rambut kamu menjadi semakin kuat. Pewarna kimia yang ada merupakan bahan pekat dan akan membuat rambut menjadi kondisi tidak seimbang, sehingga penguatan diperlukan agar rambut tahan terhadap  bahan kimia yang ada. Shampoo yang ada pun dapat dilakukan dalam membersihkan kulit kepala dari zat kimia yang menumpuk dikepala dan membantu melindungi akar rambut dari kerusakan cat rambut atau bahan kimia itu.

Dengan perawatan seperti itu, maka rambut tidak hanya memiliki rambut yang sehat dan berkilau namun juga dapat menyerap pigmen warna yang baik dan tidak merusak rambut.

  • Perhatikan Kondisi Rambut
ads

Perlu diingat, pemberian cat pada rambut sangat begitu riskan karena mengandung bahan kimia yang pekat. Sebaiknya periksa dulu kesehatan rambut kamu, atau setidaknya sebelum melakukan pewarnaan rambut maka kamu memberikan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan rambut. Rambut yang sehat akan dapat mempertahankan warna rambut sehingga tidak cepat kusam. Kondisi rambut yang kurang baik maka cat rambut akan membuat kondisi buruk bagi rambut.

  • Pilih warna rambut yang tepat

Hal ini juga penting dalam mempertimbangkan cara merawat rambut berwarna. Pemilihan warna ini akan membuat perbedaan besar pada penampilan kamu. Berbagai pertimbangan bisa menjadi acuan dalam pemilihan warna namun sebaiknya kamu memilih warna dengan acuan warna alami rambut yang tingkatannya tidak lebih dari dua tingkat lebih gelap atau terang dari warna rambut agar dapat menonjolkan warna kulit kamu. Pemilihan warna rambut pun bisa dipertimbangkan dengan warna kulit kamu. Bahan pewarna pun juga menggunakan pewarna rambut alami seperti kopi.

  • Minta bantuan penata rambut profesional

Dalam pewarnaa rambut, sebaiknya kamu memilih penata rambut yang sudah dipercaya dan juga profesional dalam menangani hal ini. apalagi dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi seperti menggunakan dua warna sekaligus. Penata rambut yang teruji akan mencegah hasil yang tak diinginkan.

  • Tes Alergi

Pewarna rambut yang mengandung bahan kimia yang cukup pekat akan memaparkan kulit kepala kamu. Kulit kepala yang terpapar tersebut bisa terkena alergi bila kulit kepala tidak tahan. Oleh karena itu, coba ikuti petunjuk yang ada dan gunakan tes alergi terlebih dahulu agar kejadian yang lebih besar tidak terjadi.

  • Jangan langsung mencuci rambut

Setelah rambut diwarnai, kamu jangan langsung mencuci rambut. Karena pewarna rambut belum menyerap secara sempurna. Sebaiknya tunggu beberapa hari dan biarkan rambut tidak diberikan perlakuan yang mengganggu keseimbangannya seperti mencuci, mengikat dll. Untuk menghindari gatal-gatal ataupun kotoran yang melekat pada rambut, sebaiknya kamu menjaga rambut dengan menutupnya.

  • Gunakan shampoo atau produk khusus

Untuk perawatan rambut yang selanjutnya yaitu sebaiknya kamu menggunakan  shampoo yang khusus untuk rambut berwarna karena memiliki kandungan yang khusus diproduksi untuk rambut berwarna. Pigmen rambut pun akan semakin kuat menempel dan tak akan berubah warna menjadi pudar .

  • Serum rambut

Untuk meningkatkan nutrisi yang ada dirambut, maka kamu perlu memberikan tambahan nutrisi berupa serum rambut agar rambut menjadi sehat. Salah satu efek setelah rambut dicat yaitu rambut menjadi kering. Hal ini akan menjadi parah bila tidak diberikan tamhaan nutrisi berupa serum rambut. Maka lakukan pemberian vitamin maupun serum yang ada. Kamu perlu mengetahui  efek semir rambut hitam  .

  • Keramas dengan air dingin

Untuk menghindari rambut dari debu dan kotoran, kamu perlu melakukan keramas dengan air dingin. Namun jangan terlalu sering keramas karena bisa mengalami akibat terlalu sering keramas. Air yang panas akan membuat pewarna rambut menjadi pudar karena kelembaban alami dan juga minyak alami akan hilang meluruh akibat air yang panas. Air panas pun dapat menjadi penyebab dalam rambut rontok karena melemahkan akar rambut.

  • Lindungi rambut

Setelah menggunakan pewarna rambut sebaiknya kamu melindungi rambut kamu agar terjaga kondisinya, kamu perlu mengugnakan kondisioner setelah keramas. Kemudian apabila melakukan kegiatan berenang sebaiknya kamu menutup rambut kamu agar zat klorin atau kaporit di kolam renang tidak merusak rambut .

  • Hindari dari terik
Sponsors Link

Terik matahari menjadi hal yang patut hindari, karena rambut yang berwarna akan cepat memudar bila terkena paparan hal tersebut. sebaiknya kamu menggunakan topi atau penutup kepala agar teriknya tertahan pada topi. kamu juga bisa menggunakan tabir surya. Terik matahari pun bisa membuat sel kulit kepala akan melukan dan menyebabkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Usahakan maksimal satu jam per hari pada rambut yang terpapat terik.

  • Dry Shampoo

Apabila kamu tak sempat melakukan keramas, maka kamu perlu menggunakan dry shampoo untuk mencuci rambut. Hal ini juga bisa dilakukan ketika rambut sudah terlihat kotor namun jadwal keramas belum tiba. Dry shampoo dapat menjadi solusi karena tidak menggunakan air sehingga aman dari memudarnya pewarna.

  • Cuka

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan masker rambut untuk menjaga pewarna rambut agar tak memudar. Cara penggunaannya yaitu dengan cara memasukkan cuka kedalam botol spray agar lebih mudah dan semprotkan kepada rambut. Sisir dan diamkan rambut. Kemudian, kamu bisa membilas rambut hingga bersih dan tak ada cuka tertinggal. Lakukan masker rambut ini dengan jadwal teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Minyak Zaitun

Cara selanjutnya yaitu  cara merawat rambut dengan minyak zaitun. Lakukan dengan dengan cara menghangatkan minyak zaitun dan tunggu dingin. Kemudian lakukan pemijatan kepada kepala agar minyak terserap. Kemudian diamkan dan cuci agar tak ada minyak yang tertinggal. Lakukan hal ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain cara diatas maka, cara dalam merawat rambut berwarna melalu masker bisa digunakan cara sebagai berikut :

  • Teh Chamomile
  • Kopi
  • Wortel dan Bit
  • Madu
  • Bawang merah
  • Lemon
  • Minyak kelapa
  • Lidah buaya
  • Cuka
  • Mayonaise

Demikianlah cara merawat rambut berwarna yang dapat kamu perhatikan sebelum dan sesudah dalam mewarnai rambut. Masih banyak hal yang perlu diperhatikan sehingga kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada penata rambut agar tidak langsung mewarnai rambut, semoga bermanfaat terimakasih .

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut