Sponsors Link

16 Cara Merawat Rambut Berminyak Simpel

Rambut berminyak merupakan masalah bagi setiap orang, namun terkadang masih banyak yang tidak tahu menahu cara merawat dan cara mengatasi rambut berminyak. Kebanyakan dari mereka melakukan keramas karena akan membersihkan minyak yang ada. Namun ternyata kulit kepala pun memiliki minyak alami yang bermanfaat. Sehingga perlu diketahui cara yang tepat dalam merawat rambut yang berminyak dan akan diulas dalam artikel dibawah, cekidot!

ads
  • Menggunakan Sampo Ringan

Cara pertama dalam merawat rambut berminyak adalah menggunakan sampo ringan. Rambut yang berminyak memang sangat meresahkan dan cukup membuat tak bersemangat apalagi ketika sedang terkena terik matahari membuat kulit kepala gatal dan mengalami ciri-ciri rambut lepek. Melalui sampo ringan, kamu dapat menggunakannya pada rambut berminyak kamu. Sampo ringan merupakan sampo yang memiliki kandungan zat cukup rendah seperti sampo bayi, sampo mild dan sampo lain-lain. Dengan rendahnya zat pada sampo ini membuat produksi minyak pada kulit kepala semakin terkontrol dan merawat kulit kepalanya. Cara penggunaannya sama dengan sampo biasa dan lakukanlah secara terus menerus .

  • Mencuci Rambut Dua Hari Satu Kali

Terkadang karena padatnya jadwal, dari pagi hingga malam hari, merawat rambut seringkali terabaikan dan pada akhirnya ditunda hingga akhir pekan tiba. Namun untuk merawat rambut yang berminyak, Kamu sebaiknya mencuci rambut kamu dua hari sebanyak satu kali. Keramas sebanyak ini membuat minyak di rambut kamu berkurang dan akan menyehatkan sehingga kamu jangan malas mencuci rambut kamu. Karena bila jarang mencuci, masalah pada rambut kamu tidak hanya pada yang berminyak namun juga akan timbul masalah-masalah klasik lainnya .

  • Tidak Menggunakan Serum Rambut

Berbagai produk tersedia dalam memanjakan rambut kamu, apalagi sekarang banyak sekali pilihan produk salah satunya serum rambut. Serum rambut ini berkhasiat dalam memberikan nutrisi kepada rambut. Namun ternyata untuk rambut yang berminyak, sebaiknya kamu meninggalkan pemakaian serum rambut ini. Serum bukan memberikan nutrisi namun akan membuat rambut kamu menjadi semakin lepek, ditambah penampilah rambut akan terlihat lebih berminyak.  Alternatif yang tersedia kamu bisa mengganti serum dengan vitamin rambut karena banyak  manfaat vitamin E untuk rambut.

  • Tidak Menggunakan Kondisioner

Kondisioner saat ini cukup banyak yang menggunakannya, setelah keramas dengan sampo kesayangan biasanya akan memberikan perawatan ganda dengan menggunakan kondisioner. Namun kondisioner malah membuat rambut berminyak menjadi lebih buruk dan rambut akan terlihat tak bertenaga alias lepek. Alternatif lain sama seperti serum sebelumnya, sebaiknya rambut berminyak kamu menggunakan vitamin.

  • Masker Buah Pisang

Ternyata buah pisang yang bisa kamu temui di pasar dapat merawat rambut berminyak kamu. Karena menurut penelitian dan sudah dipercaya banyak orang, pisang mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi beserta mineral dan vitamin bagi rambut. Manfaat buah pisang akan menjaga kesehatan kulit kepala serta memberikan nutrisi bagi rambut Kamu tanpa merusaknya. Selain vitamin yang menjadi alternatid serum dan kondisioner, pisang ini pun bisa menjadi pilihan dengan mengaplikasikannya ke kepala. Cara penggunaanya cukup mudah dengan menjadikan pisang sebagai masker rambut Kamu dengan mengambil pisang yang telah matang, kemudian haluskan secara merata dan campurkan dengan madu 1 sendok teh dan aduk-aduk. Kemudian jadikan seperti masker rambut hingga akar dan tunggu hingga 20 menit kemudian keramas dan rasakan khasiatnya terhadap rambut berminyak kamu .

  • Jauhi Produk Mengandung Silikon
Sponsors Link

Coba pastikan produk perawatan rambut kamu, apakah ada yang mengandung silikon? Ternyata silikon dapat membuat rambut kamu berminyak dan menarik debu maupun polusi sehingga membuat lebih berminyak. Sehingga hindarilah produk mengandung silikon dan gunakan poduk rambut organik, herbal dan bahan alami. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat sendiri produk perawatan rambut seperti cara membuat minyak kelapa.

  • Jaga Kebersihan Sisir

Segala sumber yang bisa merusak rambut tidak hanya berasal dari bahan-bahan maupun produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, serum dll. Namun ternyata dari barang yang digunakan. Barang tersebut bisa menjadi media timbulnya kotoran dan debu penyebab rambut berminyak. Sehingga jagalah kebersihan sisir terutama pada pangkal sikat nya. cobalah cuci atau ganti sisir Kamu secara berkala .

  • Hindari kontak tangan kepada rambut

Tangan merupakan bagian yang berpotensi diamnya kotoran maupun debu-debu. Sehingga tangan juga banyak menjadi vektor penyakit bagi tubuh kita. Tak ketinggalan, kadangkala rambut menjadi sisir alami yang ada dan juga pemberi bentuk yang mudah pada rambut sehingga seringkali dimanfaatkan. Namun, sebaiknya hindari penggunaan tangan menata maupun menyentuh rambut, karena debu maupun kotoran yang ada lebih gampang pindah ke rambut karena struktur rambut dapat menahan debu kedalam sela-sela rambut. Sebaiknya pastikan tangan kamu bersih atau gunakan sisir yang ada.

  • Gunakan Sampo Kering
ads

Sampo kering dapat menjadi alternatif dalam menata rambut kamu dengan cepat dan membersihkan rambut. Sehingga gunakan sampo kering tersebut secukupnya. Penggunaannya cukup mudah dengan menyemprotkan sampo kering ke rambut secara merata dan usahakan jangan ada gumpalan maupun endapan sampo karena membuat rambut menjadi kurang sehat.

  • Perhatikan Jadwal Keramas

Di bagian kulit kepala kita udah tersedia minyak alami yang bermanfaat bagi kepala dan rambut. Namun kadangkala karena kita berpikir bahwa semua minyak tak berguna, maka kita seringkali mencuci atau mengeramasi rambut kita beberapa kali sehari. Sehingga sebaiknya perhatikan jadwal keramas Kamu dan jangan terlalu sering keramas. Kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan rambut berminyak tanpa keramas.

  • Tepung Jagung Dan Bedak Bayi

Ternyata tepung jagung dan bedak bayi bisa membuat cara mengatasi kulit kepala kering  dan merawat rambut yang berminyak. Zaman dahulu benda-benda tersebut sering digunakan dalam memelihara kulit kepala. Cara penggunaannya cukup mudah dengan mmenyediakan satu sendok tepung jagung maupun bedak dan diusapkan ke telapak tangan secara merata kemudian memijat kulit kepala .

  • Tata Belahan Rambut

Bila kamu sering memperhatikan rambut yang tertata rapi. Maka coba pikirkan berapa lama bentuk rambut tersebut dan bagian mana yang sering terpapar sinar matahari maupun kotoran. Terdapat pola-pola dimasing-masing bentuk rambut sehingga untuk merawat rambut yang berminyak dapat mengubah bentuk belahan rambut sehingga menganti bagian yang sering terkena paparan debu, kotoran dan sinar matahari. Rambut akan terasa baru dan segar.

  • Menggunakan Minyak Teh

Minyak dari tanaman teh mengandung zat ekstraktif yang bersifat antiseptik serta anti jamur. Dengan adanya sifat ini dapat digunakan dalam merawat rambut yang berminyak karena bisa membunuh kuman, jamur jahat dan bisa juga menjadi cara menghilangkan kutu rambut. Kuman dan jamur jahat biasanya mengganggu kulit kepaladengan menimbulkan masalah gatal, iritasi dibagian kulit kepala serta ketomber. Cara penggunaannya mudah dilakukan dimana saja dengan mengambil beberapa tetes minyak pohon teh kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut hingga akar-akar rambut an kulit kepala. Lalu pijat-pijatlah agar menyerap dan otot-otot kulit kepala siap menerima minyak tadi dan terakhir bersihkanlah dengan keramas. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yak maksimal.

  • Perasan Air Lemon

Untuk cara merawat rambut yang berminyak, air lemon juga memiliki khasiat seperti itu. air lemon yang memiliki kondisi asam dapat mengurangi dan membersikan ketombe di kulit kepala dan rambut. Air yang asam ini pun dapat menjadi sistem kontrol dalam produksi minyak pada rambut . Cara penggunaanya cukup mudah dengan menyediakan lemon satu buah kemudian diperas semaksimal mungkin untuk diambil airnya. Kemudian perasan tersebut larutkan bersama air dalam satu gelas. Setelahnya keramasilah rambut Kamu kemudian coba bilas sampai bersih. Kemudian lanjutkan dengan membasuh rambut menggunakan air lemon. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sponsors Link

  • Memakai Kulit Jeruk

Selain pisang, buah yang memiliki khasiat baik dan merawat dan mengurangi kepala agar terhindar dari minyak adalah kulit jeruk. Sama dengan pisang, ternyata kulit jeruk yang memiliki vitamin C juga mengandung antioksidan yang berguna dalam mengurangi minyak jahat dikepala. Untuk menggunakannya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah yaitu degnan menyediakan beberapa kulit jeruk yang selanjutnya giling hingga halus. Setelah itu campurlah bersama dua sendok madu lalu oleskan secara merata kulit kepala hingga benar-benar menyeluruh. Setelahnya diamkan selama setengah jam dan bersihkan rambut dengan keramas. Terkadang dalam menggiling kulit jeruk hingga halus cukup menyita waktu sehingga bisa diganti dengan bubuk kulit jeruk yang biasanya dijual di pasaran. Kami bisa melakukan beberapa cara mengatasi kulit kepala berminyak dengan bahan alami

  • Menggunakan Putih Telur

Selain buah-buahan, produk hewani juga bisa merawat rambut dan mengurangi minyak di kulit kepala. Produk hewani yang dimaksud adalah telur. Untuk bagian yang diperlukan tidak kuning dan putihya, namun yang berkhasiat disini adalah bagian putih telur. Bagian telur ini mengandung kalsium, vitamin dan protein yang memberikan nutrisi bagi kulit kepala dan rambut. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengambil bagian putihnya lalu letakkan dalam mangkuk ataupun wadah. Lalu kamu bisa mengoleskan secara langsung ke kulit kepala yang basah secara merata. Kemudian tunggu selama setengah jam dan bersihkan dengan keramas.

Demikianlah cara dalam merawat rambut berminyak yang bisa kamu lakukan, semoga dengan ini anda bisa merawat rambut anda dengan baik dan juga kualitas rambut anda menjadi lebih baik.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut