Sponsors Link

14 Cara Merawat Rambut Bayi Agar Cepat Panjang

Rambut adalah mahkota setiap orang. Tak ketinggalan anak yang baru lahir, bayi. Para bunda pun harus tahu mengenai cara dalam merawat rambut bayi agar menghasilkan rambut yang tebal dan sehat dan jauh dari masalah rambut . Sehingga dibawah ini akan diulas mengenai cara merawat rambut bayi supaya cepat panjang yang dapat bunda aplikasikan diantaranya :

ads
  • Lakukan keramas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam merawat rambut bayi adalah dengan  melakukan keramas pada rambutnya namun hati-hati akibat terlalu sering keramas. Kulit kepala si bayi harus dijaga kebersihannya karena kulit merupakan tempat tumbuh dari rambut itu. apabila kulit kepala bayi kotor karena jarang dibersihkan maka rambut akan tidak sehat, apalagi kulit bayi masih tipis dan sensitif. Untuk keamanan dalam keramas, sebaiknya kamu menggunakan shampoo kusus untuk bayi dan tak pedih di mata.

  • Hindari Pengering Rambut

Setelah melakukan keramas, biasanya rambut bayi akan basah. Hal ini membutuhkan cara pengeringan. Biasanya ibu-ibu ada juga yang menggunakan hairdryer atau pengering rambut agar proses pengeringan menjadi lebih cepat. Namun karena prinsip alat tersebut adalah udara panas, maka untuk kesehatan rambut adalah tidak baik apalagi kondisi bayi belum sekuat orang dewasa maka tidak baik bagi kesehatan. Suara bising yang dikeluarkan pengering pun cukup keras ditambah getarannya, sehingga sebaiknya hindari pengering rambut ini.

  • Menggunakan Conditioner

Untuk memaksimalkan perawatan rambut, maka setelah keramas dan masih dalam keadaan basah kamu bisa menggunakan conditioner. Sebaiknya gunakan pula produk yang memang khusus untuk bayi. Produk kondisioner biasanya bahannya lebih bagus dan efektif dalam membersihkan kotoran yang sifatnya halus seperti debu dan bahannya tidak merusak kulit bayi. Perhatikan juga bahan kimia kandungan kondisioner yang ada sehingga dapat menepis bahaya yang ada. Beberapa shampoo maupun kondisioner ada yang memang berkhasiat dalam merangsang rambut  baru setelah dilahirkan ataupun sengaja dipangkas botak untuk menghilangkan rambut yang asli.

  • Sering Sisir Rambut

Langkah selanjutnya dalam merawat rambut bayi adalah melakukan penyisiran. Kamu bisa menyisir rambut bayi agar tak mudah kusut. Hal ini juga dapat merangsang rambut tumbuh. Sebaiknya gunakan sisir yang memang khusus untuk bayi karena pada umumnya sikat khusus untuk bayi memiliki kerapatan yang lebih tinggi yang membuat rambut bayi yang masih tipis tidak akan rontok dan kusut. Perhatikan juga saat rambut bayi mengalami kerontokan. Kemudian gunakan pula sisir yang terbuat dari kayu daripada sisir yang terbuat dari plastik karena bisa menimbulkan listrik statis yang membuat rambut kusut. Perhatikan juga kebersihan sisir dan lakukan cara mencuci sisir .

  • Sedikit Memotong Rambut

Kepercayaan memotong rambut, terkadang dipercaya akan membuat rambut semakin habis sehingga amat dihindari. Dengan memotong rambut bayi pun membuat angin lebih mudah menerpa tubuh bayi sehingga membuat si kecil lebih mudah terkena pilek atau flu. Namun berdasarkan penelitian, memotong rambut bayi sejak usia satu bulan dapat membantu menumbuhkan rmabut baru dan lebat, asalkan memotongnya tidak terlalu banyak dan sampai habis. Maka potonglah rambut si kecil sedikit saja.

  • Gunakan Madu dan Minyak Zaitun

Selain perawatan diatas, cara untuk merawat rambut bayi yaitu menggunakan bahan alami yang bisa menyehatkan kulit kepala. Bahan alami juga minim efek samping sehingga aman bagi si kecil. Madu dan minyak zaitun baik bagi rambut karena mengandung vitamin E. Bahan Alami ini dapat dipadukan dalam penggunaannya. Cara merawat rambut dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan campuran kedua bahan ini hingga rata kepada kepala bayi. Kemudian didiamkan beberapa saat dan setelah itu dibersihkan hingga total.

  • Gunakan Lidah Buaya
Sponsors Link

Cara lain selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung nutrisi yang dapat memberikan akar rambut si kecil dapat tumbuh dan sehat. Bagian lidah buaya yang digunakan adalah bagian dagingnya dan lendirnya. Kulit lidah buaya yang berduri segera jauhkan dari si kecil agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.  Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya mudah bisa dilakukan kapan saja yaitu dengan cara menghancurkan dagingnya hingga berbentuk gel dan mengoleskan secara merata pada rambut dan kuli kepala si kecil. Kemudian diamkan beberapa menit. Dan setelahnya bersihkan hingga tak ada gel yang tertinggal. Untuk khasiat yang maksimal lakukan secara berulang-ulang.

  • Gunakan Alpukat dan Madu

Cara alami selanjutnya dalam merawat rambut bayi adalah menggunakan alpukat dan madu. Hal ini akan memberikan nutrisi pada si kecil dan akan membuat rambut menjadi sehat. Cara penggunaannya yaitu cukup mudah dengan mencampurkan daging aplukat dan madu. Lalu haluskan campuran kedua bahan tersebut dan oleskan kepada kulit kepala dan rambut si kecil. Kemudian diamkan dan jangan lupa juga menggunakan penutup kepala agar tak ada yang mengganggu rambutnya. Setelah itu bersihkan sampai tak ada noda yang menempel

  • Jangan Mengikat Rambut

Cara selanjutnya yaitu jangan mengikat rambut. Terkadang ada bayi yang memiliki rambut cukup panjang dan membuat rambutnya bisa diikat, bisa dengan dikuncir atau semacamnya. Hal ini akan membuat rambut terhambat dalam pertumbuhanna dan bila ingin terlihat rapi maka hindari dalam mengikat rambut. Kamu bisa menggunakan jepitan rambut yang tidak terlalu kencang khusus untuk bayi sehingga kepala bayi pun tidak merasa pusing.

Sponsors Link

  • Menggunakan Pelindung Kepala

Cara selanjutnya dalam merawata rambut si kecil yaitu menggunakan pelindung kepala. Bila kamu membawa si kecil beraktifitas di alam bebas, maka kemungkinan kepalanya akan terkena paparan sinar matahari. Hal ini tidak baik bagi kulit  kepala karena membuat sel kulit kepala akan mengelupas dan menghasilkan gatal dan ketombe. Sebaiknya kamu menghindari terik matahari dan menggunakan pelindung kepala. Gunakan pelindung kepala yang tidak terlalu tebal agar tak membuat kepala si kecil panas, dan pilihlah yang paling nyaman.

Selain cara diatas, maka cara merawat rambut bayi yaitu sebagai berikut :

  • Terapi minyak essensial
  • Masker Pisang
  • Perhatikan posisi tidur bayi
  • Gizi bayi

Demikianlah, cara merawat rambut bayi yang bisa kamu aplikasikan. Semoga bermanfaat, terimakasih .

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut