Sponsors Link

12 Cara Menyisir Rambut Supaya Lurus Manjur

Terkadang rambut cukup susah lurus ketika disisir. Banyak produk dan treatment yang dilakukan namun terkadang memiliki efek samping dan juga tidak eefektif. Bukan malam membuat semakin lurus namun menimbulkan masalah rambut lainnya. Sehingga kamu harus mengetahui cara menyisir rambut agar lurus yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut

ads
  •  Jauhi dari sinar matahari

Rambut yang memiliki kelembaban rendah akan meningkatkan potensi cara mengatasi rambut kusut  rambut dan sulit di sisir hingga lurus, sehingga kamu harus menjaga kelembaban rambut kamu. Sebaiknya hindari terlalu lama terkena sinar matahari langsung, maksimal rambut terpapar sinar matahari sebanyak 1 jam selama seminggu.

  • Perhatikan Sampoo

Sampoo sangat diperlukan dalam membersihkan rambut, karena larutannya dapat membersihkan kotoran yang menempel di rambut maupun kulit kepala. Namun perlu diperhatikan sampoo yang digunakan sebaiknya bersifat basah dan tak mengandung bahan kimia. Bahan kimia biasanya tak bersahabat dan memiliki efek samping pada rambut. Kamu bisa juga menggunakan baking soda sebagai pengganti sampoo. Bahan alami lain juga bisa dilakukan seperti jeruk nipis maupun lemon untuk memberikan nutrisi pada rambut.namun jangan terlalu sering keramas karena ada akibat terlalu sering keramas.

  • Buah Pisang

Buah pisang ternyata dapat membantu kamu dalam meluruskan rambut dengan nutrisi yang diberikan kepada rambut. Buah pisang ini banyak mengandung vitamin yang berguna bagi rambut dalam meluruskan rambut. Cara penggunannya adalah dengan siapkan buah pisang kemudian tumbuk-tumbuk hingga melumat. Lalu sediakan 2 sendok makan madu. Kemudian kedua bahan tersebut dilarutkan dalam blender. Setelah merata, kamu bisa mengoleskan kepada rambut kamu secara merata. Lalu bersihkan dengan keramas.

  • Keringkan Rambut Secara Alami

Terkadang setelah mandi rambut kita basah dan karena tak sabar menunggu waktu kering kita menggunakan alat agar cepat mengeringnya. Salah satunya adalah hairdryer. Alat ini menggunakan prinsip udara panas dalam pengeringan rambut. Namun ternyata memang mengeringkan namun memiliki dampak rambut akan terlihat mengembang. Selain itu akan membuat ujung rambut bercabang dan mengering sehingga susah disisir hingga lurus. Sebaiknya gunakan handuk dalam pengeringan dengan membungkus rambut agar airnya mennyerap. Gunakan juga kain handuk yang daya serapnya tinggi.

  • Buah Pepaya

Buah pepaya dapat menjadi cara dalam membantu dalam meluruskan rambut dalam penyisiran. Daging pepaya ini mengandung nutrisi yang baik bagi rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan menyiapkan pepaya dan juga madu seperti pisang. Kemudian pepaya dihancurkan hingga halus. Kedua bahan tersebut dicampurkan dan dijadikan sebagai masker rambut. Setelah dicampurkan, maka oleskan campuran ke rambut hingga merata dan diamkan selama 1 jam. Biarkan meresap secara merata. Setelahnya bersihkan hingga bersih. Lakukan juga cara perawatan rambut kering dan mengembang.

  • Kebiasaan Buruk Mengacak Rambut
Sponsors Link

Sebaiknya kamu menghindari kebiasaan buruk mengacak-acak rambut karena hal ini akan berdampak pada rambut terlihat berantakan. Untuk menata rambut ikal agar terlihat rapi kamu bisa melakukan beberapa cara yang disarankan tanpa harus mengacaknya .

  • Jeruk Nipis dan Santan

Kombinasi dari kedua bahan diatas dapat menjadi cara dalam meluruskan rambut. Jeruk nipis mengandung vitamin sehingga memberi nutrisi pada rambut serta santan menjaga kelembaban rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 1 cangkir santan kelapa dan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Kedua bahan tersebut dicampurkan lalu dijadikan masker. Oleskan kepada seluruh bagian rambut dan bungkus kepala dengan shower cap agar tercipta sistem tertutup.Diamkan beberapa menit. Lalu bersihkan hingga bersih .

  • Lindungi Rambut
ads

Dalam beberapa kegiatan yang  memiliki kesensitifan untuk rambut maka usahakan lindungi rambut. Kegiatan tersebut seperti saat berenang. Usahakan ketika melakukan kegiatan tsb rambut ditutupi agar cairan desinfektan air kolam tidak merusak rambut dan membuatnya menjadi kering. Sinar terik marahari juga sebaiknya dihindari seperti cara pertama.

  • Minyak Zaitun

Selain bermanfaat bagi tubuh dngan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, minyak zaitun juga sangat bermanfaat bagi rambut. Minyak zaitun dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan juga meluruskan rambut. Cara penggunannya cukup mudah yaitu dengan memanaskan minyak zaitun namun tidak sampai mendidih kemudian tambahkan daun rosemary kering yang diremas-remas halus hingga mendingin. Setelah itu coba jadikan masker campuran tersebut sambil memijat-mijat kulit kepala kamu agar meresap. Diamkan hingga 30 menit dan coba bersihkan hingga rambut tidak meninggalkan noda minyak zaitun.

  • Hindari Terlalu Sering Menyisir Rambut 

Sering menyisir rambut dikhawatirkan nantinya rambut menjadi mengembang dan sulit ditata. Hindari dari terlalu sering menyisir atau menyikat rambut ikal. Nah, agar bisa menghindari kusut, maka Anda bisa menggunakan jari-jari tangan untuk menyisir rambut. Atau Anda bisa menyisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang, yang tidak terlalu memberikan dampak buruk. Utamanya lagi hindari sering menyisir rambut ketika rambut masih basah. Selain itu, dalam mengeringkan rambut maka biasakan mengeringkan rambut secara alami. Kamu juga harus tahu cara mencuci sisir agar alat perawataan kamu bersih.

  • Manfaatkan Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya ternyata dapat membantu dalam meluruskan rambut. Bagian daginnya yang disebut gel dapat menjadi nutrisi bagi rambut dengan menjadikannya sebagai gel. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil gel yang ada didalam daun lidah buayanya. Kemudian panaskan gel tersebut beberapa menit. Lalu dinginkan. Kemudian coba oleskan gel tersebut hingga merat ke seluruh rambut. Diamkan beberapa saat hingga mengering secara alami. Lalu bersihkan rambut hingga bersih.

  • Minyak Katsor

Minyak satu ini dapat digunakan dalam meluruskan rambut, minyakkatsor salah satunya. Walaupun memang kurang terkenal namun secara bahasa awam disebut minyak jarak. Khasiatnya dapat membuat rambut lurus seperti rebonding. Cara penggunaannya yaitu dengan memanaskan minyak jarak tanpa mendidih kemudian diamkan hingga tak terlalu panas. Setelahnya oleskan secara merata kepada rambut. Lalu pijat-pijat juga agar membantu dalam peresapan. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Demikianlah cara yang bisa kamu lakukan untuk meluruskan rambut, dan anda akan mendapat rambut anda menjadi lebih bagus semoga bermanfaat, terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut