Sponsors Link

6 Cara Menumbuhkan Folikel Rambut Wajib Dicoba

Rambut merupakan bagian tubuh penting yang menyempurnakan penampilan. Memiliki rambut indah dan sehat dapat memberikan kepercayaan diri dan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Untuk dapat terlihat indah dan sehat, maka rambut perlu dirawat dan dijaga pertumbuhannya. Karena jika tidak, akan muncul berbagai masalah pertumbuhan rambut, seperti muncul tanda rambut rontok berlebihan, rambut bercabang, rambut kusam, dan rambut tidak berkilau.

ads

Setiap hari, sel-sel rambut terus mengalami pertumbuhan. Umumnya rambut tumbuh memanjang sebanyak 1 inchi dalam beberapa bulan, sehingga rambut memanjang sekitar 6 inchi dalam satu tahun. Namun hal tersebut dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung dari beberapa faktor, seperti adanya penyakit tertentu, status nutrisi, dan stress. Siklus atau proses pertumbuhan rambut baru terdiri dari periode pertumbuhan, istirahat, dan peluruhan atau rontok. Jika Anda mengalami kerontokan berlebih atau ingin menumbuhkan rambut lebih cepat, terdapat beberapa teknik sederhana yang dapat dilakukan untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Beberapa cara menumbuhkan folikel rambut di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan Pijat pada Kulit Kepala

Pijat kulit kepala merupakan metode sederhana yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke area kulit kepala. Suplai darah yang cukup dapat memaksimalkan pertumbuhan sel-sel di kulit kepala, termasuk folikel rambut. Cara melakukan pijat kulit kepala yaitu sebagai berikut.

  • Pilih minyak esensial untuk pijat. Minyak esensial dapat memaksimalkan fungsi pemijatan dan membantu menutrisi kulit kepala dan akar rambut. Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk pijat kulit kepala di antaranya yaitu minyak kelapa (coconut oil), jojoba oil, minyak zaitun, minyak almond, dan minyak alpukat (avocado oil).
  • Tentukan waktu yang tepat untuk melakukan pijat. Pijat dapat dilakukan pada saat mandi sambil keramas, sebelum mandi, ataupun sebelum tidur. Pemilihan waktu disesuaikan dengan kenyamanan.
  • Hangatkan sedikit minyak untuk pijat. Minyak untuk pijat dapat dihangatkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Minyak dapat dihangatkan dengan menempatkan sedikit minyak di atas air panas yang sedang didihkan atau dapat juga menggunakan microwave dengan tingkat panas yang rendah. Disarankan untuk tidak menggunakan minyak lebih dari satu sendok makan.
  • Basahi ujung jari dengan minyak. Ambil sedikit minyak yang telah dihangatkan dengan ujung jari, kemudian pijatkan ke kulit kepala dengan gerakan melingkar. Anda juga dapat menggunakan berbagai variasi gerakan yang membuat Anda nyaman. Lakukan pijatan selama 5 menit. Gunakan minyak sedikit mungkin untuk menghindari rambut menjadi lepek dan berminyak.
  • Tutup rambut menggunakan kain, handuk kecil, atau shower cap. Menutup rambut setelah dipijat menggunakan minyak dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dari minyak oleh folikel dan batang rambut, sehingga memberikan nutrisi lebih baik. Penutupan atau wrapping ini dilakukan selama kurang lebih 2 jam.
  • Bersihkan rambut. Setelah rangkaian proses pemijatan kulit kepala, rambut harus dibersihkan dari sisa minyak. Gunakan shampo dan kondisioner seperti biasa. Jika diperlukan Anda bisa membersihkan rambut hingga 2 kali.

Pijat kulit kepala ini dapat dilakukan dua-tiga kali per minggu untuk hasil maksimal. Hindari melakukan pijat dengan minyak esensial ini melebihi tiga kali per minggu karena dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

2. Konsumsi Suplemen Vitamin B

Vitamin B kompleks dan biotin dipercaya memiliki peran penting dalam menstimulasi pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya rambut rontok. Oleh karena itu untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B. Atau Anda juga dapat memilih berbagai bahan makanan yang mengandung vitamin B seperti daging merah, kacang almond, pisang, dan alpukat. Makanan-makanan tersebut juga dikenal sebagai makanan yang mempercepat pertumbuhan rambut.

Sponsors Link

3. Sisir Rambut

Terdapat macam-macam sisir rambut. Pilihlah jenis sisir natural bristle untuk menyisir rambut setiap pagi dan sore. Menyisir rambut dengan sisir natural bristle dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Hal tersebut dapat menstimulasi pertumbuhan folikel rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

4. Ekstrak Jus Bawang

Parut bawang bombay, kemudian peras dan ambil airnya. Tuangkan jus bawang secara hati-hati ke kulit kepala, kemudian pijat menggunakan ujung jari. Setelah itu diamkan selama 30 – 60 menit. Kemudian lanjutkan dengan mencuci rambut dengan shampo dan kondisioner untuk menghilangkan bau bawang. Jika Anda pertama kali mencoba, sebaiknya sebelum menuangkan jus bawang ke kulit kepala, disarankan untuk mencoba mengoleskan sedikit jus bawang ke pergelangan tangan untuk melihat apakah Anda alergi atau tidak. Jika timbul gatal, kemerahan, atau bintik-bintik pada kulit jangan lanjutkan penggunaan ekstrak jus bawang.

Sponsors Link

5. Mayonnaise

Selain bermanfaat sebagai cara menguraikan rambut kusut, mayonnaise juga bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Setelah keramas, pijat rambut dengan menggunakan mayonnaise. Kemudian diamkan selama 20 menit, lalu bilas dan bersihkan.

6. Jus Lemon

Lemon merupakan buah dengan banyak manfaat, salah satunya juga dapat menumbuhkan folikel rambut. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu bagian jus lemon dengan dua bagian minyak kelapa. Kemudian dioleskan pada rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dan bersihkan.

Keenam cara menumbuhkan folikel rambut tersebut dapat dijadikan solusi untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi kehilangan rambut berlebihan yang mungkin Anda alami. Anda dapat memilih teknik mana yang sesuai dan nyaman untuk dilakukan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan didukung dengan perawatan rambut lainnya yang sesuai agar rambut senantiasa sehat dan terjaga pertumbuhannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut