Sponsors Link

12 Cara Mengurangi Rambut Berminyak Secara Alami dan Tradisional

Rambut yang dikenal sebagai mahkota kepala dan dapat mempengaruhi bentuk muka serta menjadi salah satu penilaian orang lain perlu untuk dirawat dan dijaga. Kondisi rambut yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai permasalahan rambut datang menghampiri dan bahkan terkadang dan memicu berbagai kondisi penyakit tertentu. Posisi rambut yang berada di organ vital manusia yakni otak, tidak menuntuk kemungkinan dapat menjadikan permasalahan pada rambut sebagai salah satu pemicu masalah pada organ intelektual manusia ini.

ads

Kondisi rambut yang berminyak merupakan salah satu dari beberapa masalah dikepala maupun rambut yang sering kali dihadapi. Bahkan rambut yang berminyak ini sering kali dapat menyebabkan pemilik rambut menjadi tidak nyaman serta jengkel karena rambut yang berminyak menjadi susah untuk ditata. Selain rasa tidak nyaman dan susah ditata, kondisi rambut berminyak sering kali menimbulkan bau yang kurang enak pada rambut.

Rambut yang berminyak sebenarnya dapat juga dikategorikan sebagai kondisi yang normal karena minyak rambut yang diproduksi pada kepala dapat membantu menjaga kelembaban rambut sehingga terhindar dari rambut yang kering. Namun apabila kadar minyak tersebut terlalu banyak yang merupakan salah satu ciri ciri rambut berminyak maka kondisi inilah yang dapat menimbulkan masalah pada rambut. Untuk mereka yang sudah mengalami kondisi rambut berminyak, berikut cara mengurangi rambut berminyak yang bisa dilakukan`

  1. Mulailah dengan mencuci rambut

Untuk mengurangi rambut yang berminyak langkah pertama adalah dengan mencuci rambut atau yang lebih sering disebut sebagai keramas. Dengan keramas menggunakan shampo yang tepat dapat membantu menghilangkan kotoran serta minyak yang terdapat pada rambut. Agar rambut dapat segera terkurangi kadar minyaknya, atur frekuensi keramas lebih sering dibandingkan kondisi biasanya. Mencuci rambut untuk mengurangi minyak pada rambut dapat dilakukan 2 – 4 kali sehari. Keramas juga diperlukan karena rambut berminyak merupakan ciri ciri rambut lepek yang dapat memalukan.

  1. Gunakanlah produk shampo yang cocok untuk rambut berminyak

Dalam melakukan kegiatan mencuci rambut atau keramas, bagi yang memiliki masalah rambut berminyak, sebagiknya shampo yang dipilih merupakan shampo yang dapat mengatasi rambut berminyak serta tidak memperparah keadaannya tersebut. Hindari pilihan shampo rambut yang didalamnya bertuliskan dapat membuat rambut berkilau atau kilau tambahan karena biasanya shampo tersebut memiliki kandungan yang dapat memperparah kondisi rambut berminyak. Jika dari semua pilihan shampo yang dijual bebas di pasaran tidak ada yang dapat mengurangi rambut berminyak, cobalah menggunakan shampo berikut ini.

  • Shampo Kering

Shampo kering merupakan salah satu cara mengatasi rambut berminyak melalui keramas. Shampo kering adalah shampo yang berbentuk bubuk dan dibubuhkan pada rambut untuk menyerap minyak namun tidak menghilangkan kandungan minyak pelindung rambut. Cara penggunaan shampo ini dengan cara menyemprotkan bubuk shampo pada jarak tertentu ke rambut.

  • Clarifying shampo

Clarifiying shampo adalah shampo yang digunakan khusus untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari tumpukan kotoran yang berasal dari sisa produk produk styling, vitamin, air kloring kolam renang, residu shampo, residu konditioner, dan beberapa bahan lain yang memiliki kandungan pelembab. Kotoran sisa yang disebutkan diatas kesemuanya adalah pemicu terjadinya rambut berminyak.

  1. Perhatikan penggunaan konditioner pada rambut
Sponsors Link

Konditioner merupakan produk perawatan rambut yang digunakan setelah mencucui rambut dan memiliki manfaat untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. Namun dibalik manfaatnya tersebut, konditioner yang digunakan berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak sehingga dalam penggunaannya perlu diperhatikan jumlah serta frekuensinya.

  1. Menggunakan ramuan bahan alami

Apabila bahan bahan kimia produk perawatan rambut khusus untuk rambut berminyak tidak kunjung memberikan hasil maka anda dapat mencoba untuk menggunakan ramuan ramuan dari bahan alami sebagai salah satu cara mengurangi rambut berminyak. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah :

  • Air havermut (oat), rebuslah 1 sendok havermut atau oat pada 150 ml air dan kemudian saring, kandungan sabun alami pada air havermut tersebut dapat digunakan untuk mengurangi minyak rambut. Gunakan air ini sebagai pengganti shampo sementara.
  • Masker tanah liat, tanah liat khusus untuk produk kecantikan dan produk perawatan rambut biasanya dijual dibeberapa salon, gunakan produk masket tanah liat ini untuk membantu menyerap minyak yang ada pada kulit kepala.
    Sponsors Link

  • Sari apel dan soda kue, campuran sari apel dan soda kue ini terbukti dapat mengurangi kadar minyak pada kondisi rambut yang berminyak.
  • Buah Jeruk, buah ini dikenal salah satunya sebagai cara menilangkan ketombe dengan jeruk nipis. ternyata buah jeruk juga dapat digunakan untuk mengurangi minyak pada rambut.
  1. Hindari penyebab rambut berminyak

Cara paling utama dari segala cara yang bisa dilakukan adalah mengindari penyebab rambut berminyak sebagai langkah pencegahan. Beberapa penyebab rambut berminyak diantaranya aktivitas yang suka menyentuh rambut dengan tangan, kotoran akibat kurang higienis, serta berbagai produk perawatan rambut yang digunakan secara sembarangan.

  1. Memotong rambut

Apabila kondisi rambut berminyak disebabkan oleh kelainan hormon yang diturunkan dari gen orang tua makan kondisi ini harus diterima dan perlu cara merawat rambut berminyak agar tidak menimbulkan masalah pada rambut. Memotong rambut merupakan salah satu cara untuk mengurangi rambut yang berminyak.

Keduabelas langkah diatas merupakan cara mengurangi rambut berminyak yang efektif dan tentunya tidak akan memperparah kondisi rambut yang berminyak. Cara cara yang disebutkan diatas dapat dengan mudah dicoba sendiri di rumah anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut