Sponsors Link

25 Cara Menguatkan Akar Rambut Ampuh Alami

Akar rambut merupakan bagian rambut yang menentukan penampilan rambut. Karena dari akar akan memberikan nutrisi dan menjaga kesehatan rambut. Namun, terkadang akar rambut dari setiap orang kurang sehat dan mengakibatkan rambut memiliki ciri-ciri rambut rontok. Rambut rontok pun jangan dianggap sepele karena merupakan awal dari kebotakan secara dini sehingga perlu juga cara mencegah kebotakan. Kerontokan ini paling awal disebabkan oleh akar rambut yang rapuh dan tak mampu dalam menahan beban rambut yang terlalu berat atau ada tarikan yang cukup kuat dan tak bisa ditahan akar.

ads

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok pun memiliki beberapa faktor penyebab seperti hormon, genetik hingga salah pilih dalam produk perawatan rambut, yang awalnya berniat menyehatkan namun terakhir akan merusak rambut. Penyebab lainnya juga bisa menyebabkan rambut rontok adalah stress seperti wasa kekhawatiran, kecemasan dan terkejut. Hal ini membuat ketegangan pada kulit kepala sehingga melemahkan cengkraman rambutnya. Hal ini dapat menyebabkan aliran nutrisi ke akar rambut menurun sehingga terjadi kerontokan rambut.

Namun rambut rontok bisa dicegah dengan memperkuat sumber yang memberikan nutrisi dan hal tersebut berasal dari akar rambut. Rambut yang sehat begantung pada jumlah nutrisi salah satunya adalah protein. Untuk wanita, protein yang dibutuhkan adalah 60 gram dan untuk wanita adalah 80-90 gram. Remaja laki-laki dan perempuan 80 hingga 100 gram. Sehingga angka tersebut adalah ambang batas kebutuhan protein. Kandungan protein bisa berasal dari susu, kedelai, yogurt, telur hingga ikan.

Merawat Akar Rambut

Beberapa cara dalam menguatkan akar rambut pun tidak semuanya cocok untuk rambut kepala kamu, karena biasanya memiliki efek samping apalagi yang kandungannya dari bahan kimia. Bahan yang tidak memiliki efek samping adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk rambut dan tak memiliki efek samping. Bahan alami pun mudah ditemukan dimana saja dengan biaya yang cukup ekonomis dan tentunya dapat digunakan dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Sehingga dibutuhkan cara dalam menguatkan akar rambut alami yang akan diulas dalam artikel dibawah ini:

  • Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial bisa bermanfaat dalam menguatkan akar rambut. Dengan minyak ini, minyak alami kulit kepala akan terkontrol dan tak memproduksi minyak berlebih. Kemudian untuk cara penggunaannya yaitu dengan mengambil minyak essensial dan oleskan secara emrata keseluruh rambut. Kemudian diamkan hingga 20 menit. Setelahnya silahkan cuci rambut dengan bersih. Minyak essensial ini memiliki kandungan nutrisi seperti dari vitamin, mineral, antioksidan dan beberapa kandungan lainnya. Contoh minyak esensial bisa berupa minyak zaitun, mminyak wijen hingga minyak jelapa . Kamu juga bisa mencoba cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun

  • Mayones

Mayones yang merupakan produk alami dari telur dapat memberikan nutrisi karena mengandung protein. Mayones ini digunakan sebagai masker di rambut. Caranya ambil mayones secukupnya, kemudian usapakan keseluruh rambut dan diamkan beberapa menit. Untuk frekuensi penggunaannya lakukan selama seminggu sekali. Karena bahan penyusunnya telur dan kita ketahui cukup menghasilkan aroma menyengat. Kamu harus membersihkan hingga benar-benar bersih  rambut kamu dan tak menghasilkan bau.

  • Vitamin B

Selain berkhasiat dalam membantu pencernaan, vitamin ini dapat memberikan nutrisi serta menguatkan rambut. Vitamin ini bisa kamu konsumsi berbentuk kapsul vitamin B dan juga kandungan beberapa makanan lainnya seperti pisang, kacang-kacangan, dan telur. Vitamin B ini memegang peranan penting bagi tubuh seperti pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Vitamin B ini memiliki beberapa bentuk seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, vitamin B12. Ada juga manfaat vitamin E untuk rambut  yang bisa kamu coba.

Sponsors Link

  • Susu Murni

Susu ternyata juga bisa dijadikan cara dalam memperkuat akar rambut. Susu disini bisa berupa susu sapi maupun susu hewan ternak lainnya. Susu mengandung kaya akan nutrisi mulai dari kalsium, karbohidrat, hingga protein. Dengan menerapkan kepada rambut akan memberikan nutrisi dan menguatkan akar rambut. Cara pengguanannya dengan menjadikan sebagai masker rambut. Usapkan susu murni dikepala secara merata kemudian tutup dengan handuk dan diamkan hingga satu jam. Terakhir, cuci bersih.

  • Daun Teh Kering

Cara pertama untuk menguatkan akar rambut adalah daun teh kering. Daun teh yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk minuman santai dipagi hari dan menenangkan pikiran ternyata berkasiat untuk akar rambut. Daun teh kering ini dapat memberikan nutrisi dalam kulit kepala dan dapat diserap hingga akar sehingga dapat menguatkan akar rambut di kepala. Cara penggunaannya yaitu siapkan daun teh kemudian seduh daun teh tersebut hingga kandungan tehnya keluar selama semalam. Setelahnya air tsb digunakan sebagai pencuci rambut sebelum keramas. Diamkan 10 menit dan cuci hingga bersih.

  • Lidah Buaya
ads

Untuk cara ini menggunakan lidah buaya lidah buaya dapat kamu temukan dihalaman rumah kamu dengan mudah dan juga dapat ditemukan dipasar tradisional. Gel lidah buaya yang ada didalam bermanfaat dalam menyehatkan rambut karena kaya akan vitamin E serta antioksidan. Penggunaannya dengan cara dijadikan sebagai masker. Usapkan gel lidah buaya secara merata kemudian diamkan hingga 30 menit, setelahnya jangan lupa dicuci hingga bersih karena akana ada gel yang menempel di rambut .

  • Alpukat

Buah Alpukat ternyata bisa dijadikan obat menguatkan rambut karena mengandung vitamin E yang baik untuk akar rambut dan merangsang regenerasi sel kulit mati. Cara penggunaannya sebagai masker dengan menumbuk hingga menjadi pasta alpukat . kemudian usapkan pata alpukat secara merata.namun sbeelumnya rambut harus bersih terlebih dahulu. Selanjutnya tutup kepala dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

  • Minyak Kelapa

Dengan adanya vitamin dan mineral alami di minyak kepala dapa menjaga kelembaban kulit dan menguatkan akar rambut, ditambah dapat menjaga rambut ketombe dan kering.  Cara penggunaannya ambil tumbuk hingga halus. Etelah itu peras tumbukan kelapa hingga mengeluarkan minyak. Oleskan ke kulit kepala kemudian diamkan hingga 1 jam. Lalu bilas hingga benar-benar bersih. Kamu juga bisa mencoba cara membuat minyak kelapa

  • Lemon

Buah lemon ternyata bisa menguatkan akar rambut. Cara penggunaannya dengan menjadikannya sebagai masker seperti cara sebelumnya. Siapkan perasan air lemon. Kemudian coba tambahkan air panas secukupnya dan tak menjadi encer. Kemudian rendam kain maupun handuk dalam larutan perasan dan air tadi. Setelah itu ambil handuk dan coba bungkuskan kepada kulit kepala. Diamkan hingga lemon di handuk sudah terasa menghilag. Kemudian cuci rambut hingga bersih. Air panas membuat lemon semakin efektif dan cepat bekerja.

  • Kemiri

Kemiri yang merupakan rempah-rempah dapat berkhasiat untuk menguatkan akar. Cara penggunaannya dilakukan dengan siapkan 10 buah kemiri kemudian sangrai kemiri dalam wajan panas. Tunggu sampai bewarna hitam. Kemudian tumbuk kemiri dan ambil minyaknya menggunakan kain kasa. Usapkan secara merata dan diamkan hingga satu malam. Setelah itu cuci rambut hingga bersih dan minyaknya menghilang .

  • Cuka Apel

Dengan cuka apel ternyata dapat dijadikan obat penguat akar rambut. Apel ini mengandung nutrisi yang dapat menguatkan akar rambut. Caranya yaitu dengan campurkan cuka apel dengan air biasa kemudian semprotkan secara merata kepada rambut. Setelah itu diamkan  cuci hingga bersih. Selain menguatkan, cuka apel dapat membuat rambut semakin mengkilat.

  • Pisang

Pisang yang kaya akan vitamin dapat memberikan nutrisi kepada rambut dan menghasilkan akar rambut yang kuat. Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikannya sebagai masker dan untuk hasil yang maksimal padukan dengan minyak zaitun dan seperempat gelas yogurt. Terakhir cuci hingga bersih dan tak mengeluarkan bau.

Sponsors Link

  • Santan

Ternyata santan yang biasanya digunakan untuk sayur bisa bermanfaat untuk menguatkan akar rambut. Santan dapat menjaga kelelembaban rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan menyiapkan air santan kelapa sebanyak 100 ml. Kemudian siramkan secara perlahan ke kulit dan pijat-pijat seperti sampoo. Diamkan hingga santan mengering dikepala dan terakhir cuci bersih.

  • Rempah-Rempah

Rempah-rempah ini yaitu yang biasanya ditemukan disekitar Untuk rempah-rempah bisa dijadikan sebagai penguatan akar karena mengandung antioksidan pada sel kulit kepala, ditambah vitamin C yang ada pada jeruk nipis dan membantu menghilangkan kotoran rambut. Untuk pemakaianya dijadikan sebagai minyak kemudian diusapkan secara merata.

  • Yoghurt dan Madu

Yoghurt yang merupakan hasil dari proses pengasaman dari susu ternyata dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala sehingga membuat akar rambut menjadi semakin kuat. Utnuk penggunaan yogurt ini pun dipadukan dengan madu. Untuk cara penggunaannya yaitu dengan menyediakan dua sendok makan yoghurt serta satu sendok makan madu alami. Setelahnya coba kamu campurkan kedua bahan dan coba oleskan mulai dari akar hingga ujung rambut. Setelahnya cuci bersih .

Beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan dalam menguatkan akar rambut sebagai berikut :

  1. Urang Aring
  2. Masker Telur
  3. Minyak Moroccan
  4. Tomat
  5. Gingseng
  6. Mangga
  7. Kentang
  8. Bawang Merah
  9. Daun Seledri
  10. Jahe

Demikianlah cara menguatkan akar rambut ampuh alami yang berguna dan dapat kamu aplikasikan kedalam rambut kamu. Untuk cara diatas pun memiliki efek samping yang minim karena berasal dari bahan yang alami. Namun, barangkali ada beberapa yang membuat alergi, untuk lebih lanjutnya sebaiknya konsultasi kepada dokter maupun pakar rambut.semoga bermanfaat, terimakasih!

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut