Sponsors Link

24 Cara Menghitamkan Rambut Beruban Secara Tradisional Dengan Cepat

Apa yang ada dibenak anda ketika rambut anda berubah menjadi keputihan alias tumbuh rambut putih ? tentu saja panik dan merasa tidak nyaman. Dimana banyak orang menyebutnya “uban”. Nah hal ini menunjukan bahwa rambut putih cukup ingin disingkirkan baik mereka yang memang sudah tua ataupun yang masih muda, karena pandangan orang akan rambut putih yang tidak keren dan tentunya nampak seperti berusia lanjut. Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa anda terapkan agar rambut putih minggir dari rambut anda.

ads

Cara Menghitamkan Rambut beruban sejak jaman dahulu memanglah tips yang sudah banyak dicari masyarakat dunia. Tak memungkiri begitu pun dengan masyarakat termasuk indonesia. Apabila diperhatikan sebenarnya masyarakat Indonesia identik dengan warna rambut hitam namun tidak terlalu pekat layaknya orang India. Namun jika ada yang memiliki warna rambut yang berbeda misalnya memerah, abu-abu atau ubanan cukup terlihat mencolok dan juga berbeda di tengah-tengah orang. Apalagi beruban yang identik dengan orang tua atau nenek dan kakek.

Adanya uban mengganggu cara memotong rambut sendiri,  karena jika salah maka uban akan terlihat dan muncul ke permukaan rambut. Uban sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor yang terjadi dan dipicu oleh banyak hal. Bukan hanya sudah tua saja melainkan dari, stress, perawatan rambut kurang dijaga, Dan lainnya. Karena itulah tips menghitamkan rambut beruban sangat dibutuhkan. Berikut ini tips menghitamkan rambut beruban :

1. Teh Hitam 

Teh selalu menjadi solusi kesehatan yang ada dari bahan alami. Apapun masalah rambut yang dihadapi Cara Merawat Rambut Rusak  ataupun beruban sekalipun. Maka teh hitam adalah solusi alami yang bisa dipertimbangkan dan digunakan oleh anda secara rutin. Tentunya karena bahan alami maka tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk.

Baca juga:

Cara perawatan rambut dengan bahan ini sangatlah mudah, anda hanya tinggal menyeduh teh hitam dan merendamkan rambut ke dalam cairan teh. Tunggu sampai teh keadaan dingin untuk mencelupkan dan merendamkan rambut tunggu hingga beberapa menit kemudian anda bisa membersihkannya dengan membilasnya. Perlu diingat teh harus dalam keadaan dingin untuk menjaga kesehatan rambut anda agar tidak pecah atau rusak.

2. Kacang Kenari Hitam 

Jarang mungkin orang mendengar mengenai kacang kenari hitam, namun tumbuhan yang termasuk kacang-kacangan ini sudah banyak dijual dipasaran karena sudah menyebar di pasaran diberbagai wilayah indonesia. Tidak sulit lagi mencarinya, umumnya untuk mereka yang usia lanjut dan ingin menghitamkan dengan cara aman maka kenari hitam bisa bermanfaat. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan kacang kenari hitam untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Cara menghitamkan rambut beruban dengan kacang kenari hitam dengan menggunakan beberapa butir kacang, kemudian haluskan tetapi jangan terlalu halus seperti bumbu dapur, agak kasar akan memudahkan anda dalam mengaplikasikanya.
  • Rebus menggunakan air selama kurang lebih 15 menit, angkat dan diamkan hingga air tersebut dingin. Jika belebih anda bisa menaruhnya dalam sebuah wadah, kemudian oleskan ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit,lalu bilas dengan shampoo hingga bersih dan jangan sampai ada yang tersisa. (baca juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Lidah Buaya)

3. Semir Instan 

Seperti yang anda tahu teknologi telah berjalan dengan pesat dan anda bisa menemukan berbagai produk yang memudahkan kegiatan dan pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu semir rambut yang membantu mewarnai rambut dengan menggunakan bahan kimia dan uniknya banyak dilakukan oleh para bapak-bapak alias para pria berusia lanjut, padahal seringkali kita tahu pria cuek akan penampilannya. (baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut Botak)

Produk ini bisa didapatkan di toko yang menjual produk khusus untuk rambut. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya di supermarket dengan berbagai warna, tidak hanya hitam dengan kelebihan bisa menutupi uban yang ada di kepala anda. Baiknya jika menggunakan produk kimia ini sebaiknya gunakan dulu di tangan untuk mencoba apakah anda alergi terhadap bahan kimia tersebut sebelum digunakan atau diaplikasikan pada rambut anda.

4. Biji Pepaya

Tak ada yang menyangka bahwa biji dari buah pepaya bisa dimanfaatkan untuk menutupi uban anda alias menghitamkan rambut yang mulai berubah. Waktu kita makan buah pepaya, tentu bijinya tidak akan dikonsumsi. Padahal ada kebaikan yang bisa didapat dari biji pepaya tersebut sebagai salah satu cara menghitamkan rambut secara alami khususnya untuk menutupi uban. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan biji pepaya untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Cara perawatan rambut dengan bahan ini tidak sulit, cukup dengan menyangrai biji pepaya, bisa juga dilakukan dengan menjemurnya dibawah terik matahari hingga kering.
  • Setelah itu, lalu menumbuknya sampai benar-benar lembut dan menambahkan minyak kelapa dan mencampurnya sampai rata.
  • Ramuan bisa kemudian dioles ke permukaan rambut secara menyeluruh dan tinggalkan sekitar 2 jam sebelum dibersihkan dengan cara dibilas. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil maksimal dan hitam berkilau tanpa ada uban. (Baca: Model Rambut Wanita Sebahu)

5. Minyak Kemiri

Sponsors Link

Rempah merupakan bahan alami yang tidak hanya sebagai pelengkap rasa makanan, namun untuk kesehatan rambut serta kulit. Kemiri memang memiliki manfaat lebih besar dari sekadar penyedap masakan saja. Minyak rambut kemiri sangat berguna dalam membuat rambut menjadi hitam dan juga sehat, dengan kata lain minyak kemiri bisa mengurangi produksi uban atau rambut putih di kepala anda. Karena terdapat zat baik di dalamnya yang berkhasiat membuat pertumbuhan rambut juga menjadi lebih cepat, bahan ini bisa dimanfaatkan orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut dan cara menghitamkan rambut dengan olahan kemiri.

Baca juga:

6. Kopi 

Kopi memang mengandung kafein yang tinggi yang jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang bisa memperpanjang usia pengonsumsinya. Namun tak jarang juga kopi menjadi makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi karena menyakiti lambung dan juga jantung. (Baca juga: Masalah Rambut)

Namun, buah sumber kafein ini bisa digunakan untuk perawatan wajah yaitu dengan membuatnya menjadi masker kopi yang bisa membersihkan wajah. Ternyata tak hanya itu saja, kandungan kafein kopi bisa menghitamkan rambut yang ampuh dan cepat secara alami terutama anda yang ingin menghilangkan uban. Berikut ini tips menghitamkan rambut dengan kopi, yaitu:

  • Seduh kopi seperti cara membuat minuman kopi biasanya dan biarkan hingga dingin, jangan menggunakan gula atau kopi pahit saja.
  • Pisahkan ampas dengan air kopi dengan menyaringnya menggunakan kain atau saringan lembut.
  • Cuci rambut dengan menggunakan air kopi tersebut beberapa kali, lalu diamkan beberapa menit jika bisa tutup kepala menggunakan caphead plastik
  • Bilas dengan keramas menggunakan shampo seperti biasa hingga bersih.

7. Urang-Aring

Sudah menjadi bahan yang populer urang-aring digunakan untuk menghitamkan rambut dan menutupi uban. Bahkan jenis sampo pun mengklaim menggunakan tambahan urang-aring agar bisa menambah kehitaman rambut. Namun yang lebih ampuh tentu yang menggunakan daunnya. Daun urang-aring merupakan obat penghitam rambut yang ampuh meskipun prosesnya cukup lama.

Cara menggunakannya yakni, mencuci bersih beberapa helai daun urang aring. Setelah itu tumbuk hingga mengeluarkan sarinya yang berwarna hitam, Peras tumbukan tersebut hingga semua sarinya terambil. Gunakan sari atau minyak urang aring pada rambut, dengan cara menggunakan sikat semir rambut hingga merata. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan urang-aring untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Diamkan selama 1 jam dan setelah itu bilas hingga bersih.
  • Untuk hasil maksimal lakukan satu minggu satu kali selama beberapa bulan. Dengan begitu anda bisa melihat perbedaan uban yang mulai menghilang dan rambut lebih sehat.(baca juga: Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang)

8. Wortel 

ads

kesal jika memotong rambut terbatasi karena uban. Faktanya buah wortel merupakan sumber vitamin A yang cukup tinggi untuk kesehatan mata. Namun wortel bisa menutupi uban dan merubah warna rambut dengan alami. Meskipun bukan hitam namun agak kecoklatan, tetapi wortel yang karotenoid yang berguna untuk menjaga kesehatan dari pigmen warna rambut. Jika pigmen warna rambut anda hitam, maka cukup baik untuk bisa mengembalikannya lagi. Ambil 1 buah wortel kemudian kupas dan cuci hingga bersih. Potong-potong dengan ukuran kecil-kecil kemudian blender dengan tambahan sedikit air hingga menjadi jus wortel dan jangan menggunakan gula. Ambil air jus wortel tersebut dan buang ampasnya, jangan sering-sering karena warnanya akan berubah jadi merah agak oren.

Baca juga:

9. Mangga

Mungkin selama ini mangga hanyalah sebuah buah yang dikonsumsi, namun mangga tidak hanya sekadar buah yang segar dan manis untuk bisa dikonsumsi atau dimakan. Tetapi, mangga juga akan membuat rambut yang kusam dan kemerahan menjadi lebih hitam dan mengeluarkan kilaunya. Hal ini jarang diketahui namun kenyataanya mangga bisa membantu mengurangi uban anda dan menghitamkan rambut. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan mangga untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Caranya sangat sederhana, cukup siapkan satu buah mangga (yang masih mentah akan lebih baik dibanding yang matang) kemudian anda pisahkan dari bijinya.
  • Ambil juga daun mangga dan keduanya (buah dan daun) bisa langsung ditumbuk sampai halus.
  • Tuang minyak kelapa secukupnya dan campur hingga merata sebelum dibalurkan ke seluruh permukaan rambut.
  • Tunggu sampai 1-2 jam sebelum mencuci rambut dengan sampo hingga bersih agar tidak ada semut. Lakukan dengan rutin dan jangan sampai berjarak terlalu lama hingga rambut benar-benar oke. (Baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Uban)

10. Jeruk Nipis 

Selanjutnya yakni menggunakan jeruk nipis anggapnya bisa membantu Anda untuk memiliki rambut hitam berkilau dan menghilangkan uban dengan mudah. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan jeruk nipis untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Cara menghitamkan rambut dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara mencampurkan madu dan juga perasan buah jeruk nipis, setelah itu campurkan minyak zaitun secukupnya setelah selesai aduk hingga merata dan oleskan pada rambut secara menyeluruh.
  • Jeruk nipis juga bisa membantu anda yang memiliki banyak ketombe dan juga memiliki banyak kotoran rambut.
  • Tunggu hingga 30 menit kemudian lakukan perawatan selama 1 minggu sekali. Selain itu merawat rambut dengan menggunakan jeruk nipis cukup menyegarkan. (baca juga:
  • Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe)

11. Lada Hitam 

Cara menghitamkan rambut beruban yang tiba-tiba ada dikepala anda meskipun masih berusia muda bisa dilakukan dengan lada hitam atau biasa disebut “black pepper”. Selain itu manfaat lada hitam mampu mencegah rambut beruban menjadi lebih parah dan menyebar. Untuk cara menghitamkan rambut dengan lada hitam yaitu dengan menumbuk lada tersebut hingga halus. Berikut cara langkah mudah membuat ramuan lada hitam untuk rambut uban anda menjadi hitam:

  • Gunakan pelindung mata jika tidak ingin terkena mata ataupun hidung. Lebih baik menggunakan masker, karena lada halus terkena angin bisa menyakiti hidung.
  • Campurkan perasan jeruk nipis secukupnya, Oleskan pada rambut merata dan diamkan 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan jangan sampai bersisa.(baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

12. Air dan Santan Kelapa Hijau

Kelapa hijau mengandung banyak air yang cukup segar jika diminum tak ayal Kelapa memang disebut pohon surga, dimana semua yang ada pada pohon kelapa bermanfaat bagi makhluk hidup khususnya manusia. Untuk wanita, air kelapa baik untuk menjaga kesehatan rahim serta kebersihan tubuh bagian dalam.

Baca ini:

Namun, Air kelapa hijau dan santannya yang biasanya dimanfaatkan untuk minuman yang bermanfaat menyegarkan tubuh dan dapat mengatasi panas serta digunakan untuk memasak. Ternyata bermanfaat untuk menghitamkan rambut juga. Berikut ini cara menghitamkan rambut dengan kelapa hijau, yaitu:

  • Siapkan satu buah kelapa hijau yang masih segar dan garam dapur secukupnya, Parut kelapa hijau untuk mengambil dagingnya dengan menggunakan alat.
  • Campurkan parutan kelapa tersebut dengan garam secara merata.
  • Peras hingga menghasilkan santan atau sari kelapa.
    Oleskan santan kelapa tersebut ke bagian rambut secara menyeluruh.Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan rambut dengan kelapa hijau ini selama 7 hari secara berturut-turut.

Jarang orang mengetahui bahwa air kelapa bisa sukses menutupi uban dan membawa kesehatan rambut lebih baik lagi. Tak hanya enak dikonsumsi ternyata kelapa hijau airnya bisa bermanfaat untuk kecantikan dan juga rambut anda.

13. Pandan 

Sponsors Link

Daun pandan umumnya berguna untuk menambah aroma makanan atau mewarnai makanan, namun untuk mewarnai kurang pekat dibandingkan daun suji yang berwarna hijau pekat. Tetapi, pandan wangi ternyata bisa Anda gunakan untuk menghitamkan rambut Anda. Karena pada tanaman pandan wangi mengandung alkaloida, saponin, falvonoid, tanin, polifenol, dan zat warna. Banyaknya zat inilah yang menolong anda untuk bisa menghitamkan rambut dan mengusir uban yang terlihat di kepala. Dengan beberapa tahapan caranya diantaranya yaitu :

  • Sediakan daun pandan wangi sebanyak 5 lembar, cuci lalu Anda potong-potong. Rebus potongan tersebut dengan air sebanyak satu liter hingga berwarna hijau.
  • Embunkan air rebusan tersebut selama semalam.
  • Pagi harinya, campurkan rebusan daun pandan tadi dengan air perasan 2 buah mengkudu yang sudah masak.
    Gunakan air campuran tersebut untuk mencuci rambut Anda.
    Lakukan sebanyak 1 kali dalam seminggu hingga terlihat hasilnya.

Dan masih banyak cara menghitamkan rambut yang beruban dengan cara yang lain seperti berikut:

  1. Dengan lidah buaya.
  2. Dengan bunga sepatu.
  3. Banyak minum air putih.
  4. Dengan rebusan daun rambutan.
  5. Dengan daun pacar.
  6. Dengan ramuan gingseng.
  7. Dengan ramuan temulawak.
  8. Dengan rebusan daun jambu biji.
  9. Dengan biji pepaya, dan biji melona.
  10. Dengan kulit kentang dan kulit apel.
  11. Dengan menyemir rambut.

Menjaga kesehatan rambut memang tidaklah mudah. Terkadang kesehatan rambut lebih terkena dampak dari faktor luar dibandingkan dalam. Jika kesehatan karena hormon sedang naik atau memang rambut rontok karena kelelahan, mungkin sering terjadi pada siapapun. Namun rambut sudah mulai beruban dan kehilangan pigmen warnanya padahal di usia muda hal ini terjadi karena umumnya beberapa orang merasa stress, tekanan, pekerjaan yang tidak terkendali di usia muda serta banyak lagi. Munculnya uban bisa juga terjadi karena keturunan atau memang genetik yang menghasilkan rambut uban atau rambut putih dalam usia yang masih muda.

Faktanya memang membuat malu banyak orang, dimana rambut uban mengganggu penampilan ataupun mengganggu keindahan rambut. Terutama untuk anda para wanita. Anda bisa menggunakan cara alami ataupun instan, namun tanggung jawab dan efek samping ditanggung masing-masing pribadi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, July 2017 / 05:16 Oleh :
Kategori : Tips Rambut