Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Daun Sirsak

Kutu rambut adalah salah satu dari masalah rambut yang dialami setiap orang. Masalah kutu rambut ini bisa saja terjadi karena beberapa hal, salah satunya yaitu tertular oleh seseorang yang terinfeksi kutu rambut. Hal ini dapat terjadi karena Anda menggunakan sisir, handuk atau penutup kepala bekas seseorang yang memiliki kutu. Mayoritas penyebab dari munculnya kutu rambut adalah karena alasan tersebut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Telur Kutu)

ads

Ada 20 cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak . Dapat diatasi dengan menggunakan bahan – bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, buah jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Dapat juga diatasi menggunakan bahan-bahan medis khusus pembasmi kutu yang dapat Anda temukan di apotek atau toko yang menjual obat – obatan. Selain itu, pengendalian melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti sering mencuci rambut, menjaga kebersihan sisir dan handuk, menggunakan air mandi bersih, juga dapat dilakukan untuk menghindari pertumbuhan kutu rambut. Namun penggunaan bahan-bahan alami lah yang dirasa paling aman dan sehat untuk digunakan pada rambut.

Artikel lainnya:

Selain bahan-bahan alami yang disebutkan diatas, daun sirsak adalah bahan alami lainnya yang biasa digunakan untuk perawatan rambut. Daun sirsak berbentuk bulat telur yang berukuran panjang dengan ujung daun yang bersifat runcing. Sepanjang dunia riset yang telah dilakukan, daun sirsak bahkan dapat digunakan untuk menolak penyakit fenomenal berbahaya seperti kanker, diabetes, asam urat, rematik dan tumor. Manfaat – manfaat yang dapat diambil dari adanya daun sirsak ini adalah antara lain:

  • Mengobati Diabetes- Diabetes adalah penyakit dimana batas gula dalam darah berada diatas normal atau dalam istilah lainnya penyakit karena kebanyakan kadar gula. Batas gula normal dalam darah adalah berkisar pada kisaran 70 mg sampai dengan 120 mg. Kandungan zat aktid yang terdapat pada daun sirsak diperkaya berkhasiat untuk membuat batas gula dalam darah menjadi normal.
  • Melawan Kanker- Daun sirsak yang dikenal masyarakat khasiatnya adalah yang satu ini yaitu untuk melawan kanker. Riset telah menunjukkan bahwa penggunaan daun sirsak akan memiliki hasil yang lebih jitu dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan operasi kemoterapi untuk pengidap kanker. Kandungan zat aktif dalam daun sirsak akan menghambat ataupun mematikan sel kanker pada tubuh
  • Mengobati Asam Urat- Tidak hanya diabetes dan kanker, daun sirsak juga dapat mengobati asam urat. Bahkan sudah banyak ada produk – produk pengobatan asam urat yang menggunakan daun sirsak sebagai ekstrak bahan komposisinya
  • Mencegah Perkembangan Tumor- Asam urat memang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan virus, bakteri dan tumor dalam tubuh. Konsumsi daun sirsak secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan, menghilangkan berbagai macam bengkak dan peredangan yang terjadi dan menghindarkan dari segala bentuk penyakit
  • Mengatasi Komedo- Daun sirsak yang dihaluskan dan dibuat pasta terlebih dahulu jika dioleskan pada kulit maka akan menghilangkan komedo dan calon – calon komedo pada wajah. Penggunaan daun sirsak secara rutin pada wajah akan menghasilkan wajah yang halus dan bebas komedo
  • Sebagai Obat- Khasiat daun sirsak memang untuk menghindarkan dari segala bentuk penyakit. Daun sirsak diantaranya dapat dimanfaatkan untuk obat: hipotensi, anti – inflamasi, anti – kanker, anti – tumor, anti – virus, anti – bakteri, anti – malaria, obat penenang, dan lain sebagainya

Daun sirsak memang sangat diperkaya dengan banyak sekali khasiat dan manfaat. Namun dalam pemanfaatannya, harus diperhatikan hal – hal berikut ini sebelum pemakaian:

  • Sirsak dikenal dengan tanaman yang ajaib. Hal ini dikarenakan tanaman sirsak dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, akar dan tentu saja buahnya
  • Jangan mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan dengan dosis yang banyak. Pemakaian daun sirsak sebagai obat alami memang boleh – boleh saja. Namun perlu diperhatikan dosisnya. Penggunaan yang berlebihan justru dapat memunculkan dampak buruk lain. Sehingga dianjurkan untuk sering berkonsultasi dengan dokter untuk pemakaian daun sirsak yang berlebihan tersebut.
  • Pelajari terlebih dahulu tentang seluk – beluk tanaman sirsak. Mulai dari cara menanam yang benar, cara memanen, cara memetik dan bahkan mengolah yang baik. Cara yang salah tentu akan mengurangi manfaat dan khasiat yang akan didapat dari daun sirsak tersebut. Pelajari pula tata cara bagaimana cara penggunaannya sebagai obat. Cara penggunaan yang salah pun dapat mengakibatkan dampak buruk yang mungkin terjadi.
Sponsors Link

Untuk rambut, daun sirsak berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan serta perkembangan parasit pada kulit kepala seperti kutu rambut. Bagaimana caranya? Inilah 20 cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak :

  1. Siapkan bahan – bahan yang akan digunakan

Semua bahan yang digunakan untuk membasmi kutu rambut selalu dalam kondisi pasta atau jus. Sehingga bahan – bahan seperti ini harus dihaluskan terlebih dahulu. Bahan – bahan yang mungkin diperlukan adalah antara lain:

  • Daun sirsak
  • Air secukupnya
  • Blender atau mixer
  • Saringan
  • Wadah atau kontainer (2 buah), dimana satunya untuk  wadah santan daun sirsak yang telah disaring dan satunya lagi untuk wadah ampas atau residu hasil saringan daun sirsak (Baca juga: Model Rambut Jepang)

Pilihlah daun sirsak yang bagus untuk diolah. Pemilihan daun sirsak sangat penting dan berpengaruh pada proses pengolahan dan hasil jadinya. Di bawah ini adalah informasi bagaimana cara memilih daun sirsak yang baik dan bagus:

  • Pilih daun sirsak yang berwarna hijau pekat. Namun jangan petik daun sirsak yang sudah tua. Warna daun sirsak yang sudah tua akan berwarna hijau sangat pekat dibandingkan yang lainnya. Semakin tua daunnya, semakin pekat warna hijau daunnya.
  • Pilih sekelompok daun sirsak yang berjejer. Jangan memilih daun sirsak yang berada dalam gerombolan dan yang memiliki ranting panjang
  • Berdasarkan riset, daun sirsak yang memiliki kandungan zat aktif yang lebih banyak berada pada lembar keempat sampai keenam dari pucuk tanaman. Petiklah daun sirsak pada daerah tersebut untuk mendapatkan kandungan zat aktif yang lebih baik dari yang lainnya
ads
  • Cara pemetikan daun juga berpengaruh pada kandungan zat aktif daun sirsak. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bagaimana cara memetik daun sirsak yang benar. Cara memetik daun sirsak yang benar yaitu dengan menggunakan tangan. Petik daun dari pangkalnya tanpa perlu merusak atau melukai batang tanamannya. Waktu pemetikan daun yang paling baik adalah pada saat sebelum matahari bersinar terik
  • Pilih daun sirsak yang memiliki permukaan yang tebal, agak melengkung kedalam, bersifat kaku dan tidak memiliki bintik – bintik. Ini menandakan bahwa daun sirsak tersebut banyak terpapar sinar matahari
  • Jangan lupa cuci bersih daun sirsak yang tekah dipetik. Cuci dengan air bersih mengalir hingga tidak ada kotoran ataupun debu yang melengket pada daun (Baca juga: Cara Melemaskan Rambut)
  • Gunakan juga air bersih yang tidak terkontaminasi. Menggunakan air bersih sebagai obat untuk rambut akan berdampak sehat juga pada kesehatan rambut (Baca juga: Cara Mengembalikan Rambut Asli Setelah Rebonding)
  1. Proses pembuatan pasta daun sirsak

Namun bisa juga karena alasan – alasan lain seperti: lingkungan yang tidak sehat, kesehatan rambut yang tidak terjaga, mengkonsumsi air mandi yang tidak bersih, menggunakan shampoo yang tidak sesuai dengan tipe rambut, dan lain sebagainya:

  • Masukkan daun sirsak yang telah dicuci bersih kedalam mixer (Baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa)
  • Tambahkan air secukupnya dan tekan tombol start pada mixer. Mulai proses blender hingga daun sirsak benar – benar halus lumat dengan air
  • Saring daun sirsak yang telah dihaluskan tadi untuk diambil sarinya saja. Lakukan langkah ini sebagaimana Anda membuat santan dari buah kelapa (baca juga : Cara Menggunakan Hair Dryer)
  • Letakkan sari daun sirsak yang sudah dipisahkan dari ampasnya kedalam sebuah wadah khusus sendiri (Baca juga
  • Jika sari yang dihasilkan terlalu kental, tambahkan air hingga dirasa cukup encer. Jangan sampai terlalu encer juga. Hasil yang terlalu encer akan sangat sulit diaplikasikan pada rambut nantinya. Pastikan untuk menjaga kekentalannya, yaitu tidak terlalu kental agar dapat meresap dan tidak terlalu encer agar dapat dioleskan pada rambut. (Baca juga: Model Rambut Wanita Sebahu)
  1. Pengaplikasian pada rambut

Permukaan daun sirsak berwarna hijau pekat mengkilap sedangkan dibawahnya berwarna hijau pekat agak kegelapan. Daun sirsak mengandung kandungan gizi seperti annohexocina, annomuricina A, annomuricina C, annomuricina E, annomutacina dan lainnnya yang sangat berkhasiat untuk tubuh, sebagai berikut:

  • Siapkan bahan santan daun sirsak yang telah dibuat sebelumnya (baca juga: Model Rambut Anak)
  • Cuci rambut dengan air bersih mengalir (Baca juga: Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah)
  • Oleskan santan daun sirsak pada rambut secara merata dan pijat dengan lembut ke seluruh bagian kepala (Baca juga: Cara Menghitamkan Rambut dengan Kopi)
  • Gosok – gosok rambut sebagaimana Anda keramas sehari – hari. Lakukan selama beberapa menit. Utamakan daerah – daerah yang dirasa banyak sekali kutu rambut dan telur – telurnya. (Baca juga: Cara Menggunakan Vitamin Rambut)
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Anda boleh menutup rambut dengan penutup rambut seperti shower cap, jika mungkin itu akan membuat Anda lebih nyaman sembari menunggu (Baca juga: Cara Menggunakan Alat Cukur Rambut)
  • Setelah menunggu, bilas rambut dengan air bersih mengalir. Gosok – gosok rambut dengan air. (Baca juga: (Macam-MacamSisir Rambut)
  • Sisir rambut yang masih basah untuk mengeluarkan kutu – kutu rambut dan telur – telurnya yang terjebak pada rambut. Keringkan rambut yang basah setelah itu. (baca juga: Model Rambut Untuk Leher Pendek)

Lakukan 20 cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak beberapa kali hingga dirasa kutu rambut Anda berkurang dari yang sebelumnya. Daun sirsak ini juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti shampoo sehari – hari. Karena selain berkhasiat untuk membunuh kutu rambut dan telurnya, daun sirsak ini juga berkhasiat mengatasi ketombe dan kerontokan rambut. (Baca juga: Model Rambut Pesta)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 26th, August 2017 / 17:03 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut