Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Paling Ampuh

Cara menghilangkan kutu rambut merupakan serangga kecil yang tinggal di kepala manusia. Ukuran serangga tersebut sangatlah bervariasi, mulai dari sebesar jarum hingga yang paling besar seukuran biji wijen. Biasanya, kutu rambut sangat sulit sekali dilihat, karena ukuran mereka yang sangat kecil dan juga mempunyai warna kulit sama dengan warna rambut kita. Kutu berkembang biak dengan cara bertelur. Kutu betina akan mengeluarkan telur-telur yang ia tempelkan pada batang rambut. Telur tersebut akan menetas dalam waktu 8-9 hari.

ads

Proses Perkembangan Kutu

Kutu bisa saja menempel di sisir rambut dan kemudian berpindah tempat ke rambut yang belum terjangkiti. Namun, penularan secara tidak langsung sangat jarang sekali terjadi. Akan tetapi, cara menghilangkan kutu rambut untuk lebih amannya, hindari penggunaan benda secara bersama-sama yang memungkinkan kutu bisa berpindah tempat.

Setelah menetas, kutu akan hidup seperti induknya dengan cara menghisap darah di kulit kepala agar bisa bertahan hidup. Kutu kecil akan terus berkembang biak menjadi kutu dewasa dalam waktu 9-12 hari setelah menetas. Lama hidup kutu tidaklah lama hanya bertahan hingga 4 minggu saja.

  • Ciri-ciri penderita yang rambutnya terdapat kutu adalah biasanya di rambut tersebut terdapat telur kutu yang menempel pada batang rambut, rambut yang terjangkiti kutu juga akan terasa gatal dan ingin menggaruk kepala secara terus-menerus, penderita juga biasanya akan merasakan ada pergerakan kecil di kepala yakni kutu yang sedang berjalan-jalan, dan yang terakhir adalah adanya ruam merah pada kepala, belakang telinga, dan juga leher akibat gigitan kutu.
  • Habitat parasit ini ada pada rambut manusia saja. Kutu ini tidak bisa hidup di rambut hewan pun tidak bisa pula mengkontaminasi hewan.
  • Semua manusia bisa saja dnegan mudah terjangkit parasit yang sangat mengganggu ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
  • Pada umumnya, terdapat 2 cara penularan parasit ini, yaitu melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung.
  • Penularan secara langsung bisa terjadi ketika rambut penderita bersentuhan dengan rambut yang belum terjangkiti kutu, entah secara sadar ataupun tidak sadar.

Dampak Negatif Kutu Pada Rambut 

Tentunya, banyak sekali masalah rambut yang terjangkiti pada kepala akan membuat rasa tidak nyaman penderitanya.  Kutu bisa menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan panas. Dalam kondisi yang parah, kulit rambut bisa iritasi dan menyebabkan rambut menjadi patah atau tidak sehat serta menimbulkan bau amis pada rambut tersebut. Berikut adalah beberapa masalah yang timbul jika seseorang menderita kutu rambut:

  • Menyebabkan Penyakit Kulit Pediculosis Kapitis

Pediculosis kapitis adalah iritasi yang menyebabkan rasa gatal di kepala. Rasa gatal di kepala disebabkan oleh air liur dari kutu tersebut. Itulah mengapa ketika rambut kita terdapat kutu, rasanya sangat gatal sekali. Tidak hanya itu, rambut juga akan lebih cepat kotor dan berbau karena kutu akan membuang kotorannya di kepala kita. Solusinya adalah sering-seringlah berkeramas minimal 2 hari sekali.

  • Koreng atau Luka di Kepala

Koreng di kepala diakibatkan karena terlalu sering menggaruk rambut sehingga kulit kepala akan terluka. Ditambah lagi banyaknya kuman dari kotoran kutu yang ada di kepala menyebabkan penderita penyakit ini seringkali mempunyai koreng di kepala.

  • Prestasi Menurun

Gatal yang terlalu sering menyebabkan penderitanya selalu ingin menggaruk kepala. Hal ini sangat mengganggu konsentrasi terutama konsentrasi belajar. Fokus yang terganggu inilah yang menyebabkan penderitanya tidak bisa menyerap informasi yang telah dipelajari sehingga menyebabkan prestasinya menurun. (baca juga:Cara Menghilangkan Ketombe)

  • Merasa tidak percaya diri

Kutu juga membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri karena mereka akan selalu menggaruk kepala mereka. Orang-orang sekitar juga akan lebih sering menjauhinya karena tidak ingin tertular kutu tersebut. Tidak hanya itu, penderitanya juga akan sering diolok-olok karena memiliki kutu di rambut.

Tips Menghilangkan Kutu Rambut

ads

Seseorang bisa mencegah rambutnya agar tidak menjadi tempat berkembangbiaknya kutu, yaitu dengan cara membiasakan diri untuk hidup bersih terutama kasur, tempat mandi, karpet, dan media lain yang memungkinkan kutu bisa menempel. Pilihlah pula shampoo yang tepat sesuai dengan jenis rambut, karena kesalahan dalam memilih shampoo juga bisa menjadi penyebab awal mula kutu. Dan yang paling penting adalah merawat dan menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit terutama kutu.

Untuk mengatasi kutu di rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang alami dan non alami. Cara yang alami adalah cara dengan mencampurkan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat kutu. Sedangkan cara non alami bisa menggunakan benda pembasmi kutu atau dengan obat kimiawi. Berikut cara untuk menghilangkan kutu di rambut:

  1. Masker Rambut Almond

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dilakukan dengan almond dipercayai memiliki kandungan yang bisa membuat rambut sehat. Almond juga bisa digunakan untuk menghilangkan  kutu di rambut dengan membuatnya seperti masker rambut. Berikut cara membuat masker dari kacang almond:

  • Rendam kurang lebih 10 biji kacang almond atau sesuaikan dengan banyak tidaknya rambut selama semalam.
  • Kupas kulit kacang almon dan haluskan. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan cobek atau blender hingga menjadi krim. Campurkan dengan perasan jeruk nipis atau lemon.
  • Oleskan krim tersebut di rambut kepala sampai rata, kemudian tunggu hingga 2 jam. Bilas dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini seminggu sekali. Kutu akan hilang dalam waktu 2 bulan.

Artikel Terkait:

  1. Masker Lemon

Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri stretococcus dan staphylococcus. Kulit kepala yang mulus dan licin (tidak terinfeksi kutu) memungkinkan bakteri tidak bisa menjangkiti kepala. Namun, bagi penderita kutu kulit kepala cenderung kasar dan lecet karena sering digaruk. Jika luka tersebut terinfeksi oleh bakteri maka akan menyebabkan infeksi. Impetigo memiliki resiko menular yang tinggi.  Lemon mempunyai senyawa asam yang tinggi. Dengan bantuan senyawa ini kutu rambut dapat diatasi. Cara membuatnya:

  • Peras 1 buah lemon ke dalam wadah kemudian balurkan ke rambut seperti menggunakan minyak rambut.
  • Pijat perlahan selama 10 menit kemudian diamkan selama 40 menit.
  • Bilas rambut dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan cuka.
  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai minyak yang berfungsi untuk kecantikan mulai dari kulit badan hingga mengencangkan muka. Minyak zaitun juga bisa menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan kutu yang ada pada rambut.

  • Bersihkan rambut, kemudian balurkan minyak zaitun di seluruh kepala menjelang tidur.
  • Tutupi kepala dengan shower cap.
  • Bilas dengan air bersih keesokan harinya
  1. Bawang Merah

Secara umum, impetigo dibagi menjadi dua macam yakni bulosa dan non bulosa. Impetigo bulosa yakni luka berupa kulit seperti melepuh dan berisi nanah, sedangkan non bulosa hanya ruam merah saja. Namun jangan salah, non bulosa justru lebih parah dibandingkan dengan bulosa. Gejala lain yang menyertai adalah demam dan membengkaknya kelenjar getah bening. Bawang merah mempunyai kandungan sulfur putih yang sangat bermanfaat untuk membasmi kutu rambut.

  • Haluskan 4-5 buah bawang merah hingga berbentuk krim.
  • Masukkan ke dalam kain lalu peras hingga mengeluarkan minyak.
  • Gunakan minyak tersebut pada rambut dan diamkan hingga 2 jam.
  • Tutup kepala menggunakan handuk hangat.
  • Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir kutu. Kutu yang terkena ramuan ini akan mati karena kepanasan. (baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut)
  1. Mayonaise

Biasanya hal ini terjadi ketika penderita tidur bersama dengan orang yang belum terjangkiti kutu atau duduk bersebelahan dengan penderita yang memungkinkan kutu merayap dari satu rambut ke rambut lainnya. Kemudian, penularan yang kedua melalui kontak tidak langsung. Kontak tidak langsung yang dimaksud disini adalah melalui media tertentu yang dipakai secara bersama-sama, misalnya sisir rambut. Selain untuk makanan, mayonaise juga ampuh untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya.

  • Oleskan mayonaise ke rambut seperti menggunakan masker rambut.
  • Diamkan hingga 6 jam agar mayonaise bekerja. Agar maksimal tutup kepala dengan shower cap dan handuk basah yang hangat.
  • Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir kutu. Kutu rambut akan berjatuhan dan anda terbebas dari kutu rambut.
  1. Minyak Kelapa

Ternyata kutu tidak hanya menyerang rambut saja. Namun, kutu juga bisa berkembang biak di rambut kemaluan. Hal ini bisa terjadi jika kutu tersebut merambat melalui media yakni handuk atau benda lain yang digunakan. Selain itu minyak kelapa sangat bagus sebagai cara agar rambut cepat panjang. Menggaruk secara terus-menerus rambut kemaluan karena rasa gatal yang ditimbulkan juga bisa menyebabkan infeksi pada kemaluan.

  • Balurkan minyak kelapa pada rambut kemudian tutup rambut menggunakan shower cap atau plastik.
  • Bersihkan rambut keesokan harinya dan sisir rambut menggunakan sisir kutu.
  1. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Sponsors Link

Perpaduan minyak kayu putih dengan jeruk nipis juga mampu menghilangkan kutu yang ada pada rambut. Minyak kayu putih mempunyai karakteristik yang hangat sedangkan jeruk nipis mempunyai senyawa asam, yang jika keduanya dicampur bisa digunakan untuk membasmi kutu.

  • Peras 2 jeruk nipis dan 6 sendok kayu putih. Aduk hingga kedua bahan tersebut merata.
  • Balurkan pada kepala seperti menggunakan minyak rambut dan diamkan hingga 2 jam.
  • Bilas dengan air sampai bersih.
  1. Daun Sirsak

Daun sirsak sudah banyak dikenal orang sebagai obat untuk segala macam penyakit. Daun sirsak juga sangat mudah ditemukan di kebun atau juga di pasar. Daun ini mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit  mulai dari penyakit yang parah hingga penyakit yang ringan. Caranya adalah rebus daun sirsak dengan air hingga mendidih. Kemudian saring air tersebut dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, siramkan air tersebut ke rambut secara bertahap sedikit demi sedikit. Lakukan cara ini secara teratur agar kutu rambut bisa hilang dengan cepat. (baca juga:Cara Menghilangkan Rambut Bercabang)

  1. Cuka

Siapa yang tidak kenal dengan bahan yang satu ini. Bahan ini bisa kita jumpai di dapur atau di pasar sebagai tambahan penyedap makanan. Cuka mempunyai kandungan asam asetat yang menyebabkan rasa asam dan bau yang sangat menyengat. Namun, asam asetat inilah yang bisa membasmi kutu rambut. Caranya sangat mudah hanya dengan mencampurkan cuka dengan air kemudian siramkan pada rambut. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Gunakan Obat Pembasmi Kutu

Banyak sekali di toko yang menjual obat pembasmi kutu. Seperti namanya, obat ini memang dikhususkan untuk membasmi kutu yang ada pada rambut. Harganya pun relatif murah sehingga bisa menjadi alternatif anda untuk menghilangkan kutu berserta telurnya. Caranya hanya dengan membalurkan obat tersebut di kepala, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara teratur dan kutu pun akan hilang.

  1. Mencuci Rambut Dengan Teratur

Mencuci rambut secara tertaur juga ditengarai bisa menghilangkan kutu rambut. Cara ini adalah cara yang mudah karena tidak membutuhkan ramuan apapun. Hanya dengan rutin mencuci rambut tiap 2 hari sekali maka kutu rambut akan berangsur hilang.

  1. Menggunakan Sisir Kutu

Sisir kutu atau yang biasa disebut dengan serit juga bisa menghilangkan kutu rambut beserta terlurnya secara cepat. Seperti namanya, sisir ini memang dibuat khusus untuk menghilangkan kutu di rambut. Sisir ini banyak dijual di pasar dan harganya juga murah. Sisir ini mempunyai gigi yang kecil dan rapat sehingga bisa menjatuhkan kutu yang ada di rambut. Penggunaannya pun mudah hanya dengan menyisir rambut menggunakan sisir tersebut kemudian kutu akan berjatuhan. Lakukan secara teratur agar kutu rambut cepat hilang.

  1. Masker Rambut Belimbing Wuluh
Sponsors Link

Belimbing wuluh berbeda dengan belimbing buah pada umumnya. Belimbing wuluh mempunyai bentuk yang kecil, hijau, dan rasanya sangat asam. Rasa asam inilah yang bisa membantu anda untuk menghilangkan kutu yang ada pada rambut. Caranya mudah hanya dengan mengiris belimbing tersebut kemudian gosok-gosokkan pada rambut secara merata, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. (baca juga:cara mengatasi rambut kering)

  1. Memotong Rambut

Memotong rambut bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kutu yang ada di kepala. Karena dengan memotong rambut, telur yang ada di rambut akan hilang dan kutu yang ada bisa terlihat dengan mudah. Dengan begitu kutu bisa dibasmi dengan cara menggunakan sisir kutu. Cara ini juga tidak menimbulkan efek samping dan tidak membutuhkan dana yang besar.

  1. Oleskan Kapur Ajaib Pada Rambut

Cara yang terakhir untuk bisa menghilangkan kutu di rambut adalah dengan menggunakan kapur ajaib. Kapur ajaib berbeda dengan kapur untuk papan tulis. Karena kapur ajaib khusus diproduksi untuk membunuh serangga termasuk kutu rambut. Caranya haluskan kapur ajaib kemudian balurkan ke kepala secara merata. Diamkan selama 2-3 jam untuk hasil maksimal. Lalu bilas dengan air bersih. Jangan menggunakan resep ini terlalu sering karena terdapat kandungan kimia yang berbahaya bagi kulit jika digunakan terlalu sering.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan kutu rambut yang ampuh secara alami dan non alami. Cukup terapkan salah satu perawatan yang ada di atas. Jika anda menggunakannya secara bertahap dan teratur, maka kutu rambut akan hilang dalam waktu 2-3 bulan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 15th, June 2017 / 09:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut