Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bawang Putih yang Mudah Untuk Dicoba

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut paling sering dihadapi setiap orang dan seringkali mengganggu kesehatan kulit kepala. Munculnya ketombe pada rambut dan kulit kepala bisa membuat anda merasa tidak nyaman. Mulai dari gangguan fisik seperti gatal-gatal pada kulit kepala, hingga masalah kepercayaan diri untuk tampil.

ads

Sebagai besar orang beranggapan ketombe muncul karena malas keramas atau tidak membilas rambut hingga bersih saat keramas. Ternyata ada beberapa penyebab ketombe lainnya yang perlu anda ketahui. Berikut adalah penyebab munculnya ketombe:

  • Kulit kepala yang kering.
  • Adanya iritasi dan kulit kepala yang berminyak.
  • Indikasi peradang kronis pada kulit kepala yang dikenal dengan Eskema atau eksim.
  • Infeksi jamur jenis malassezia.
  • Reaksi sensitif pada produk rambut sintetis yang tidak cocok.

Selain menjaga kebersihan rambut, anda juga juga memperhatikan makanan anda. Karena ada beberapa makanan penyebab ketombe yang harus anda perhatikan.

Jika menggunakan shampo untuk rambut berketombe belum ampuh, mungkin anda bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang diyakini mampu menghilangi masalah ketombe anda. Ada cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, anda juga bisa mencoba bahan alami lainnya yaitu bawang putih.

Pengobatan Ketombe dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih diyakini ampuh dan mampu mencegah muncul ketombe sejak dini. Bawang putih yang memiliki kandungan antibakteri juga ampuh untuk cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih hingga cara menghilangkan telur kutu.

Ketombe bisa menjadi masalah yang serius pada kesehatan kulit kepala anda. Jika tidak segera ditangani, dapat menimbulkan penyebab kulit kepala terkelupas seperti ketombe serta gangguan iritasi dermatis pada kulit kepala anda.

Berikut adalah beberapa racikan cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih dengan bahan alami lainnya yang bisa anda coba sendiri di rumah.

1. Campuran Bawang Putih dan Madu

Sama halnya bawang putih, madu juga mengandung antiseptik yang ampuh untuk menghilangkan ketombe yang biasanya ditimbulkan oleh jamur maupun bakteri. Selain itu, campuran ini juga ampuh sebagai cara mengatasi rambut rontok dan ketombe karena madu dan bawang juga mengandung antioksida yang dapat menyuburkan rambut anda.

Bahan:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok makan madu

Cara membuat dan pemakaian:

  1. Haluskan 5 bawang putih hingga berwujud pasta yang lembut.
  2. Campurkan bawang putih dengan 2 sendok makan madu, aduk hingga merata.
  3. Basahi rambut terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pasta bawang putih dan madu.
  4. Setelah rambut basah oleskan pasta bawang putih dan madu secara merata pada kulit kepala anda lalu diamkan selama 20 menit.
    Sponsors Link

  5. Setelah 20 menit, bilas rambut hingga sela-sela kulit kepala sampai bersih dengan keramas menggunakan shampo, pastikan tidak ada pasta yang tertinggal.

2. Campuran Bawang Putih dan Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang juga memiliki banyak manfaat dan seringkali dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Cuka Apel dapat membersihkan kulit kepala anda dari sel-sel kulit mati yang menumpuk yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Memadukan manfaat cuka apel dalam racikan bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih yang ampuh.

Bahan:

  • 3 siung bawang putih.
  • Secangkit cuka apel (secukupnya).

Cara membuat dan pemakaian:

ads
  1. Haluskan 3 siung bawang putih.
  2. Masukan  bawang yang telah dihancurkan ke dalam secangkir cuka apel.
  3. Diamkan campuran bawang putih dan cuka apel selama 3 jam.
  4. Setelah didiamkan, campuran siap untuk diaplikasikan pada rambut hingga merata.
  5. Bilas dengan keramas menggunakan shampo seperti biasa setelah pengaplikasian campuran cuka apel dan bawang putih hingga bersih.

3. Campuran Bawang Putih dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan salah satu bahan alami yang populer digunakan sebagai perawatan wajah dan rambut. Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak dan vitamin E yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala anda dan menurunkan faktor timbulnya ketombe. Dengan menambahkan minyak zaitun, anda bisa menciptakan racikan alami sebagai cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih yang membuat ketombe tidak akan balik lagi.

Bahan:

  • 20 siung bawang putih.
  • Minyak zaitun secukupnya.

Cara membuat dan pemakaian:

  1. Haluskan 20 siung bawang putih hingga lembut dan membentuk pasta (gunakan blender untuk mempermudah proses).
  2. Panaskan minyak zaitun.
  3. Taruh pasta bawang putih dalam sebuah wadah yang tahan minyak panas, lalu tuangkan minyak zaitun yang telah dipanaskan pada bawang putih.
  4. Tutup wadah dan biarkan minyak zaitun dan bawang putih larut dengan sendirinya selama 24 jam.
  5. Setelah racikan jadi, aplikasikan pada kulit kepala dengan cara dipijat-pijat keseluruh kulit kepala secara merata.
  6. Bilas rambut hingga kulit kulit kepala dengan bersih menggunakan shampo berkandungan ringan seperti shampo bayi.

4. Campuran Bawang Putih dan Lemon

Satu lagi bahan alami yang populer sebagai bahan perawatan kecantikan alami adalah buah lemon. Sama halnya bawang putih, lemon juga ampuh untuk menghilangkan ketombe serta gangguan rambut berminyak. Membuat campuran dengan lemon bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih semakin efektif.

Bahan:

  • 4 siung bawang putih.
  • 2-3 buah lemon.

Cara membuat dan pemakaian:

  1. Haluskan 4 siung bawang putih hingga berbentuk pasta.
  2. Peras buah lemon dan saring hasil perasan buah lemon.
  3. Campuran pasta bawang putih dengan jus lemon.
  4. Aplikasikan campuran bawang putih dan lemon pada kulit kepala hingga merata dan diamkan selama 30 menit.
  5. Setelah 30 menit, bilas rambut hingga kulit kepala dengan keramas menggunakan shampo sampai bersih.

Demikian beberapa langkah cara untuk menghilangkan ketombe dengan mudah dengan menggunakan bawang putih yang paling aman.

, , ,