Sponsors Link

22 Cara Menggunakan Teh Untuk Rambut Kembali Normal dan Sehat

Perawatan rambut merupakan suatu aktifitas wajib yang harus dilakukan terutama untuk wanita dalam menjaga penampilan serta kecantikan dan daya tariknya. Hal ini dikarenakan rambut merupakan mahkota kepala yang sangat mempengaruhi bentuk kepada dan penampilan seseorang. Adanya berbagai masalah rambut yang muncul dapat menyebabkan penurunan penampilan dan rasa yang tidak nyaman pada kepala.

ads

Rambut yang bersih, wangi, mudah ditata, dan tidak rontok merupakan kondisi yang diidam idamkan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang sangat mengutamakan penampilan. Namun ternyata, setiap dari kita memiliki karakteristik rambut yang berbeda dan tidak sama satu sama lain. Untuk mendapatkan kondisi rambut yang disebutkan tersebut, perlu proses dan cara perawatan rambut yang disesuaikan dengan karakteristik rambut.

Dalam proses perawatan rambut, kita telah mengenal berbagai macam produk dan cara merawat rambut yang sering dilakukan sendiri maupun dengan bantuan para ahli tata rambut di salon. Dalam pemilihan cara perawatan dan produk perawatan haruslah disesuaikan dengan kondisi rambut. Cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan cara merawat rambut yang berminyak, lepek, rambut rontok, dan rambut yang bercabang.

Perawatan Rambut Dengan Teh 

Selain melakukan perawatan dengan produk perawatan yang sudah tersedia di pasara, ada cara alternatif yang dapat dilakukan yakni menggunakan bahan alami. Bahan alami yang digunakan pada rambut bersifat sebagai pendukung perawatan yang tidak memiliki efek samping berbahaya seperti produk berbahan kimia. Teh merupakan salah satu bahan alami yang dikenal lama memiliki manfaat untuk kesehatan rambut seperti manfaatnya sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut botak.

Selain bermanfaat sebagai penumbuh rambut, teh dikenal juga mimiliki berbagai manfaat lainnya yang sangat berguna untuk proses perawatan rambut seperti manfaat teh sebagai salah satu cara menghitamkan rambut beruban, menebalkan rambut, mengatasi rambut rontok, dan berbagai manfaat lainnya. Untuk dapat memperoleh manfaat yang disebutkan tersebut, maka cara penggunaan teh sebagai bahan perawatan rambut alami harus dilakukan dengan benar. Berikut cara menggunakan teh untuk rambut yang disesuaikan dengan manfaatnya.

  1. Penggunaan teh untuk pewarna pirang alami

Penggunaan yang tepat untuk memberikan warna pirang pada rambut dengan teh hitam dan kopi adalah melalui beberapa cara sebagai berikut :

  • Seduh teh dan kopi pada gelas atau wadah yang berbeda dengan kondisi yang pekat.
  • Campurkan kedua cairan tersebut dan diamkan beberapa waktu hingga dingin.
  • Gunakan cairan tersebut secara perlahan ke rambut dan lakukan peremasa serta perataan cairan tersebut menggunakan tangan.
  • Setelah selesai tutupi rambut dengan shower cap lalu diamkan kurang lebih setengah jam dan bilas setelahnya.
  • Lakukan proses ini seminggu dua kali hingga kamu mendapatkan hasil warna yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, teh hitam dan kopi bisa menjadi masker rambut untuk rambut rontok.
  1. Penggunan teh untuk penumbuh rambut

Manfaat lain dari teh hijau adalah sebagai bahan alami penumbuh rambut. Cara menggunakan teh untuk rambut yang sulit tumbuh haruslah secara benar. Penggunaan teh untuk penumbuh rambut yang botak yang benar adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Gunakan teh hijau murni bukan dalam kemasan kantong.
  • Rebuslah sejumlah teh hijau dalam air mendidih sampai cairan menjadi cukup pekat dan kental, kemudian tunggu sampai dingin sebelum digunakan.
  • Bersihkan rambut dari kotoran melalui keramas dan keringkan.
  • Aplikasikan cairan rebusan teh hijau tersebut ke rambut yang botak dan tunggu beberapa saat.
  • Bilas rambut dari sisa cairan sampai bersih, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.
  1. Penggunaan teh untuk penghitam rambut beruban

Rambut beruban merupakan kondisi yang dapat menyebab warna rambut menjadi berubah putih dan menjadikan rambut terlihat rusak serta tidak sehat. Teh dapat membantu menghitamkan rambut beruban secara alami dengan cara penggunaan sebagai berikut :

  • Gunakan teh hijau murni bukan dalam kemasan kantong.
  • Rebuslah sejumlah teh hijau dalam air mendidih sampai cairan menjadi cukup pekat dan kental, kemudian tunggu sampai dingin sebelum digunakan.
    Sponsors Link

  • Bersihkan rambut dari kotoran melalui keramas dan keringkan.
  • Aplikasikan secara merata cairan rebusan teh hijau tersebut ke rambut yang botak dan kemudian gunakan shower cap.
  • Diamkan kurang lebih 30 menit.
  • Bilas rambut dari sisa cairan sampai bersih, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.
  1. Penggunaan teh untuk membuat rambut tebal

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh, terutama teh hijau, dapat digunakna untuk mengatasi masalah rambut tipis. Cara menggunakan teh untuk rambut yang tipis adalah sebagai berikut :

  • Seduh 2 kanting teh hijau dalam secangkir air panas,
  • Biarkan cairan tersebut mengendap semalaman.
  • Gunakan cairan tersebut langsung ke rambut setelah rambut dibershinkan
  • Biarkan hingga 30 menit agar cairan tersebut dapat meresap dengan baik.
  • Pijat lembut kulit kepala, lalu bilas dengan menggunakan air dingin agar teh hijau ini dapat menjadikan rambut tampak lebih tebal dan hitam secara alami.
  • Lakukan proses perawatan ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari teh terhadap rambut diatas dapat dicoba dirumah sebagai salah satu alternatif kegiatan perawatan rambut yang hemat dan alami.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut