Sponsors Link

6 Cara Menggunakan Sisir Catok Agar Rambut Lurus Alami

Para wanita modern saat ini, sangat memperhatikan penampilan mereka tak terkecuali pada gaya rambut yang digunakan. Wanita modern selalu ingin mencoba gaya rambut baru, namun tetap memperhatikan segi keindahan dan kesehatan rambutnya sendiri. Pilihan rambut yang lurus tapi rapi adalah gaya rambut favorit mereka yang dianggap dapat digunakan dalam berbagai acara, serta menampilkan kesan yang girly.

ads

Tahukah Anda ladies, semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan kita bisa meluruskan rambut sendiri tanpa harus repot pergi ke salon. Cara meluruskan rambut biasanya dilakukan dengan smoothing atau rebonding. Namun, untuk menjadikan rambut seperti itu, terkadang membutuhkan waktu yang lama jika harus ke salon. Solusi untuk masalah ini adalah hadirnya ciri ciri akar rambut mati sisir catok rambut yang dapat meluruskan rambut dengan cepat juga dapat digunakan di rumah.

Sejarah Catokan Rambut

Alat catokan rambut elektrik yang populer hingga saat ini, ternyata memiliki sedikit cerita sejarah yang mungkin tidak banyak diketahui orang.  Alat pelurus rambut ternyata sudah digunakan sekitar 6.000 tahun yang lalu. Karena belum ada sentuhan teknologi yang mumpuni seperti sekarang, alat pelurus rambut di era tahun 1200an ini, dibuat dari batang dan perunggu panas.

Alat catok tersebut juga dapat digunakan sekaligus sebagai alat pengeriting rambut. Sayangnya, suhu panas yang hingga tidak terkendali menjadikan beberapa rambut wanita yang menggunakanya menjadi gosong. Alat catok ini juga dapat digunakan oleh pria dan wanita. Hingga pada akhirnya, munculah alat catok rambut dari besi, hasil gagasan Hiram S Maxim di tahun 1866 yang menjadi rambut rontok setelah keramas tahun resmi diciptakanya alat catokan rambut.

Alasan Harus Mencatok Rambut

rambut yang selalu tampil rapi dan lurus tentunya sangat penting untuk menunjang penampilan, baik bagi pria maupun wanita. Salah satu caranya adalah dengan mencatok rambut.  Berikut ini beberapa alasan mengapa rambut harus dicatok:

  • Mudah mengganti model rambut sesuai keinginan
  • Rambut lebih rapi dan tidak kusut
  • Tetap terkesan Up to date dengan tata rambut terkini
  • Hemat waktu dan biaya (tidak perlu ke salon)
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

mencatok rambut tidak hanya dilakukan oleh para wanita, sekarang ini para pria juga dapat mencatok rambutnya untuk penampilan model rambut blow permanen yang maksimal.

Kesalahan dalam Mencatok Rambut

Para wanita yang cukup sering menggunakan alat catok rambut (hair iron) untuk meluruskan rambut, sebaiknya mengetahui tentang beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan ketika mencatok rambut, sehingga membuat rambut menjadi rusak dan tidak sesuai keinginan. Kesalahan tersebut seperti :

  • Rambut Basah Langsung Dicatok

Jika rambut masih basah, sebaiknya jangan langsung dicatok menggunakan alat sisir catok yang saat ini banyak digunakan. Ketahuilah, bahwa rambut yang siap dicatok itu adalah jenis rambut yang sudah bersih dan tidak kotor (karena campuran cream atau alat kimia rambut) dan pastikan rambut dalam keadaan kering. Jika mencatok rambut ketika rambut basah, akan merusak bagian folikel rambut, yang membuat rambut rapuh.

  • Suhu Catokan Terlalu Panas

Alat seperti sisir catok ini digunakan dalam keadaan suhu yang panas, tapi bukan berarti digunakan untuk suhu yang sangat tinggi agar membuat rambut lurus. Suhu alat catok sebaiknya disesuaikan dengan tingkat ketebalan rambut. Rambut yang tipis sebaiknya menggunakan suhu model rambut wanita korea menengah saja.

  • Dilarang Menggunakan Heat Protector Serum
Sponsors Link

Ketika akan mencatok rambut, sebaiknya jangan mengaplikasikan heat protector  yang bisa membuat rambut menjadi terekspos suhu panas alat catok secara langsung. Vitamin rambut lebih baik diaplikasikan daripada heat protector serum.

  • Lupa Menyisir Rambut

Sebelum dicatok, sebaiknya gunakan vitamin rambut dan aplikasikan di rambut. Setelah itu, sisir rambut menjadi beberapa bagian dan pastikan tidak ada rambut yang berbelit agar mempermudah proses pencatokan.

  • Jangan Bersihkan Alat Catok

Maksudnya, hindari untuk membersihkan alat sisir catok secara langsung dengan cara dimasukan ke dalam air. Cara yang benar untuk membersihkanya adalah gunakan tisu atau kapas yang sudah dibasahi sedikit lalu bersihkan sisa-sisa vitamin rambut yang telah menempel, agar rambut tidak rusak.

Apa itu Sisir Catok Rambut

Sisir catok rambut adalah suatu alat kecantikan rambut, yang sekilas model rambut justin bieber bentuknya mirip sisir yang biasa kita gunakan di rumah. Namun, di bagian ujungnya terdapat sambungan kabel yang terhubung ke listrik untuk menjadikanya sisir catok rambut. Fungsi sisir ini tentunya sebagai pelurus rambut yang mudah digunakan. Sejak tahun 2016 lalu, Sisir catok ini mulai banyak digunakan oleh para wanita Indonesia, sebagai pengganti alat catok terdahulu yang juga banyak digunakan salon untuk meluruskan rambut.

Cara Menggunakan Sisir Catok Rambut

ads

Umumnya, Sisir catok rambut yang banyak diproduksi saat ini dilengkapi dengan siste listrik magnet agar tidak merusak kealamian rambut kita. Alat ini sepertinya lebih baik dari generasi catok yang dulu, yang kebanyakan menggunakan obat kimia serta logam panas yang malah akan merusak kealamian rambut. Berbagai jenis rambut dengan jenis bergelombang, ikal dapat diluruskan dengan sisir catok rambut yang menyusun partikel-partikel rambut.

Bagi Anda yang mungkin baru saja membeli produk sisir catok rambut, mungkin Anda masih agak bingung bagaimana cara menggunakanya. Sisir catok rambut umumnya mudah digunakan, yang terpenting alat tersebut harus terhubung dengan listrik agar bisa bekerja dengan maksimal. Adapun cara menggunakanya, berikut ulasan selengkapnya :

  • Tahap Persiapan Alat

Sebelum menggunakan alat sisir catok tersebut, lakukan model rambut jessica mila  beberapa tahap persiapan untuk hasil terbaik. Sebaiknya rambut dalam keadaan yang bersih, sudah bebas dari kotoran (seperti cream dan hairspray).

  • Kenali Jenis Rambut

Alat sisir catok rambut ini dapat diatur tingkat suhunya, maka penting untuk mengenali jenis rambut. Hindari penggunaan suhu panas yang terlalu berlebihan jika rambut cenderung rusak, rapuh atau rambut sedang dalam pewarnaan. Sebaliknya, untuk jenis rambut kaku dan normal baiknya menggunakan suhu panas yang rendah. Atur posisi alat tersebut sesuai kebutuhan.

  • Panaskan Alat Sisir Catok

Pastikan Anda sudah mengontrol suhu alat catok tersebut, dengan terlebih dulu menaikan suhu hingga alat catok menjadi panas dan siap pakai.

  • Semprotkan Vitamin Rambut

Untuk hasil yang lebih maksimal dan sehat, Anda gunakan vitamin rambut cara menguraikan rambut kusut terlebih dulu sebelum mulai mencatok rambut Anda. Gunakan vitamin rambut, khususnya untuk rambut kering.

  • Mulai Catok Rambut

Rambut kamu sudah siap dicatok. Lakukan catok dengan cara yang sama seperti kita sedang menyisir rambut dengan mudah. Sisir dapat digunakan secara berulang kali, hingga rambut menjadi lurus sesuai keinginan.

  • Tahap Penyelesaian

Setelah digunakan, jangan lupa untuk mematikan tombol on pada alat sisir catok tersebut, diamkan sebentar, lalu cabut kabel listriknya. Simpan kembali alat catok dalam kemasan atau di tempat khusus.

Agar Rambut Tetap Lurus Setelah Dicatok

Mencatok rambut dengan sisir catok rambut, tujuanya tentu untuk membuat tampila rambut terlihat lebih rusu sepanjang hari. Tapi, terkadang karena beberapa faktor, menjaga rambut tetap lurus rapi cukup sulit juga. Sebaiknya perhatikan beberapa hal ini agar rambut catok kamu selalu tampak rapi :

  • Berkeramas dengan Air Dingin

Jika berencana akan mencatok rambut, sebaiknya berkeramas rambut dengan menggunakan air dingin. Jika menggunakan air panas, hal itu akan membuat rambut menjadi lebih berminyak dan saat sudah dicatok, rambut akan kembali ke bentuk semula.

  • Coba Semprotkan Anti Frizz

Saat sudah dikeramas dan rambut dalam keadaan setengah kering, coba untuk menyemprotkan anti frizz, yaitu produk rambut yang memiliki manfaat untuk menghindarkan rambut kering dan kusut.

  • Blow Rambut

Pastikan rambut sudah dalam keadaan kering ketika akan dicatok, kemudian sisir blow rambut kamu. Lihat hasilnya, saat dicatok rambut akan lebih tertata.

Sponsors Link

  • Hindarkan Rambut dari paparan Matahari dan Angin

Rambut yang terlalu sering kena angin akan sangat mudah kusut dan sulit untuk kembali ke bentuk semula. Sama hal nya dengan rambut yang sering terpapar sinar matahari yang mudah lepek.

  • Gunakan Serum

Jika sebelum catok , kamu menggunakan vitamin rambut agar hasilnya maksimal, maka setelah dicatok gunakan serum rambut agar menjaga rambut tetap lurus seharian.

  • Jangan Sisir Rambut Terlalu Sering

Terlalu sering menyisir rambut yang sudah lurus karena justru akan membuat rambut lebih berminyak karena sisir menggesek bagian kulit kepala.

Merek Sisir Catok Rambut Terbaik

Lebih mudahnya untuk mencatok rambut sendiri di rumah, dengan menggunakan alat sisir catok seperti saat ini, memungkinkan bermunculanya beberapa merek sisir catok yang tentunya memiliki kualitas terbaik. Berikut ini beberapa merek pelurus rambut yang banyak digunakan:

  • Instyler 2 in 1
  • Miropure 2 in 1 Ionic Hair Starightener Brush
  • Apalus Hair Straightener Brush
  • Magnifeko Hairpro Magic Comb
  • Sonar Fast Hair Straightener
  • Philips EasyShine Ionic Stylish Brush

Untuk mendapatkan beberapa pilihan merek alat pelurus rambut seperti diatas, kamu bisa membelinya di toko kecantikan, supermarket, mall terdekat hingga toko online terpercaya. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan berbeda-beda, dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

 

, , , ,




Oleh :
Kategori : Model Rambut