Sponsors Link

8 Cara Menggunakan Serum Rambut yang Benar dan Tepat

Rambut merupakan mahkota kepala yang sangat memberikan pengaruh terhadap bentuk wajah serta mempengaruhi penampilan seseorang. Dengan fakta yang seperti dijelaskan tersebut menjadikan perawatan rambut merupakan hal yang sebaiknya harus dilakukan dengan benar. Perawatan tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi rambut agar sehat dan mudah ditata serta menghindarkan dari berbagai macam masalah rambut. Berbagai jenis perawatan dilakukan menyesuaikan dengan karakteristik dari rambut, cara merawat rambut yang mudah berminyak akan berbeda dengan cara merawat rambut yang kering dan mengembang. Dalam proses perawatan tersebut, ada beberapa produk yang dapat digunakan guna mendapatkan hasil rambut yang diinginkan. Produk produk tersebut dapat digunakan sendiri maupun membutuhkan bantuan para ahli tata rambut di rumah kecantikan.

ads

Salah satu produk yang dapat digunakan untuk merawat rambut adalah serum sambut. Namun dalam penggunaannya, serum rambut merupakan produk perawatan rambut yang munkin tidak sering digunakan diantara produk perawatan rambut lainnya seperti shampo, vitamin rambut, dan konditoner. Kurang populernya penggunaan serum rambut mungkin karena memang belum banyak yang mengetahui apa sebenarnya serum rambut serta manfaatnya. Serum rambut merupakan sebuah cairan yang terbuat dari konten berbasis siikon, asam amino, dan ceramide. Kandungan silikon pada serum rambut akan berfungsi seperti masker pada kepala. Selain itu ada berbagai macam manfaat yang bisa diberikan dari penggunaan serum rambut. Manfaat serum rambut tersebut diantaranya adalah :

  1. Melindungi rambut dari sinar UV yang datang dari paparan sinar matahari`
  2. Mencegah rambut rusak akibat pemakai alat pengering rambut yang terlalu sering.
  3. Memberikan kesan lurus serta melembabkan rambut.
  4. Mengatasi berbagai macam kerusakan pada rambut.
  5. Sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering.
  6. Membantu proses pertumbuhan rambut dan mengembalikan kemampuan regenerasinya.

Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan serum rambut diatas baru bisa dirasakan bila serum rambut digunakan dengan benar. Penggunaan yang benar dari serum rambut akan sangat mempengaruhi hasil atau manfaat pada rambut. Untuk itu, perlu pemahaman terkait dengan penggunaan serum rambut. Berikut beberapa cara menggunakan serum rambut yang benar.

  • Pililah serum rambut yang sesuai

Dipasaran, serum rambut yang dijual terbagi menjadi dua macam yakni serum rambut dengan basis silikon dan serum rambut berbasis organik. Pemilihan serum rambut sangat penting karena dalam penggunaannya, serum rambut yang salah dipilih bisa jadi menimbulkan permasalahan baru pada rambut. Untuk membantu dalam proses pemilihan serum rambut, anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter kecantikan yang biasa anda gunakan.

  • Mencuci rambut dengan shampo

Sebelum menggunakan serum rambut, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah melakukan pencucian rambut menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Cara keramas yang benar untuk rambut kering dan jenis rambut lainnya diperlukan untuk menghilangkan kotoran pada rambut seperti sisa kulit kepala, debu, rambut rontok, dan sebagainya. Proses ini dimaksudkan agar semua kotoran terutama yang berada dikulit kepala dapat hilang. Hal tersebut diperlukan supaya kotoran yang ada tidak menganggu proses penggunaan serum rambut.

  • Gunakan serum rambut dengan benar.

Berbeda dengan cara penggunaan produk perawatan rambut lainnya seperti vitamin rambut, minyak rambut, konditioner, dan beberapa produk lainnya yang mengharuskan untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Dalam penggunaan serum rambut, kondisi rambut yang masih basah merupakan keadaan paling ideal untuk mengoleskan serum pada rambut. Gunakan sisi khusus berbentuk dayung untuk meratakan serum rambut ke seluruh bagian kulit kepala. Dalam proses penggunaanya serum rambut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang harus diperhatikan tersebut diantaranya seperti :

Sponsors Link

  1. Jangan gunakan ujung jari untuk menerapkan serum rambut dan meratakannya sampai ke seluruh bagian rambut.
  2. Kandungan silikon dalam basis serum rambut dapat memberikan efek buruk pada otak apabila digunakan terlalu berlebihan dan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  3. Jangan gunakan serum rambut ke kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut bermiyak, lepek, dan menjadi susah untuk diatur.
  4. Selalu gunakan serum rambut dapat kondisi rambut yang masih basah serta perhatikan jumlah serum yang digunakan agar tidak berlebihan.
  5. Perhatikan kondisi rambut apakah menjadi lebih baik dari sebelumnya atau tidak, jika ditemukan kondisi rambut yang mengalami kekeringan maka segera hentikan penggunaan serum rambut.

Berbagai macam hal tersebut perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh pada efektifitas serum rambut. Pemakainan serum rambut yang abai terhadap penjelasan diatas dapat menyebabkan konidis rambut semakin lebih parah.

  • Biarkan serum menjadi mengering

Setelah semua langkah dilakukan dan dilewati sebagai cara menggunakan serum rambut yang disebutkan diatas. Langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan serum rambut sampai mengering. Setelah serum rambut kering dan tersebar merata maka selanjutnya adalah menyisir rambut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam langkah ini adalah jangan pernah mengeringkan rambut yang sudah diaplikasikan dengan serum rambut menggunakan hair dryer dan biarkan saja mengering secara alami.

Berbagai langkah yang harus dilakukan dan dipahami sebagai cara menggunakan serum rambut yang benar haruslah dipraktekan dalam kehidupan masyarakat sehari hari. Dalam proses penggunaan serum rambut selalu pastikan bahwa anda telah berkonsultasi dengan dokter kecantikan.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut