Sponsors Link

7 Cara Menggunakan Seledri Untuk Rambut Terawat dengan Sehat

Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia yang sangat mempengaruhi bentuk wajah serta penilaian terhadap penampilan seseorang. Anggapan tersebut berkembang dan memunculkan istilah di masyarakat bahwa rambut merupakan mahkota kepala. Istilah mahkota dalam ungkapan tersebut mengambarkan bahwa rambut merupakan bagian terpenting dalam kepala yang dapat menunjukkan kualitas dan penampilan seseorang dimata orang lain.

ads

Kondisi rambut yang tertata rapi, bersih, berbau wangi, dan tidak mengalami masalah rambut apapun merupakan keinginan semua orang terutama para kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilannya. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan sebuah usaha dalam proses perawatan maupun penataan rambut. Proses perawatan rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan perawatan rambut berminyak sehingga setiap langkah perawatan yang dilakukan harus memperhatikan kondisi rambut.

Beberapa proses perawata yang biasa dilakukan terhadap rambut diantaranya seperti mencuci rambut, memberikan nutrisi pada rambut, dan penggunaan produk yang dapat menjadikan rambut menjadi lebih sehat. Selai produk yang banyak dijual dipasaran, ada beberapa bahan alami disekitaran kita yang dapat digunakan dalam proses perawatan rambut secara alami tanpa efek samping berbahaya. Seledri merupakan salah satu tanaman atau sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat terhadap rambut antara lain adalah

1. Penyubur rambut

kandungan nutrisi pada daun seledri yang melimpah dapat memberikan khasiat untuk membantu membuat rambut menjadi subur. Daun seledi adalah tanaman penyubur rambut yang cukup efektif dan juga mudah dalam penggunaanya.

2. Menghilangkan bau pada rambut

Daun seledri memiliki kandungan minyak atsiri dengan bau khas dedaunan yang menyegarkan. Khasiat daun seledri dari kandungan minyak atsirinya tersebut untuk rambut adalah mampu membantu menghilangkan bau pada rambut.

3. Menghitamkan rambut

Daun seledri adalah salah satu cara menghitamkan rambut secara alami melalui kandungan vitamin, mineral yang ada didalam daun tersebut.

4. Menutrisi rambut

Daun seledri merupakan dedaunan dari tanaman seledri yang memiliki kandungan seperti vitamin K, kalium, folat, serat, kalsium, dan zat antioksidan yang dapat membantu menutrisi rambu sehingga menyebabkan rambut selalu tampak lebih sehat dan terawat.

5. Menghilangkan ketombe

Mengoleskan daun seledri pada rambut dapat membantu menghilangkan kotoran di rambut agar tidak mengendap terutama untuk kotoran sel kulit kepala yang mati. Sehingga, cara menggunakan seledri untuk rambut merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Langkah-langkah Penggunaan Seledri Untuk Rambut

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari daun seledri dapat dijadikan salah satu alternatif bahan alami perawatan rambut untuk mengantikan produk perawatan rambut dengan bahan kimia yang bisa jadi berbahaya untuk kesehatan rambut maupun kesehatan tubuh secara umum. Untuk dapat memanfaatkan seledri sebagai produk perawatan rambut yang optimal maka cara penggunaannya pun harus benar. Berikut cara menggunakan seledri secara benar untuk rambut yang dapat dicoba dirumah dengan mandiri:

Sponsors Link

  • Membuat masker rambut alami dari seledri.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memanfaatkan seledri sebagai bahan alami perawatan rambut adalah dengan membuat masker rambut alami. Masker rambut alami ini dibuat dari daun seledri segar yang diproses dengan cara sebagai berikut.

  1. Siapkan 5 – 7 batang daun seledri yang sudah dibersihkan dan beberapa ml minyak kemiri.
  2. Seledri yang sudah dibersihkan dengan air mengalir kemudian ditumbuh sampai halus.
  3. Campurkan daun seledri halus tersebut dengan 3 – 4 sendok makan minyak kemiri dan aduk sampai tercampur merata.
  4. Masker rambut alami dari campuran daun seledri dan minyak kemiri siap digunakan.
  5. Dalam penggunaanya, selalu buatlah masker rambut alami ini secara mendadak dan baru karena akan bau bila harus disimpan lebih dari satu hari.
  • Membersihkan rambut dari kotoran

Sebelum menggunakan masker rambut alami dari daun seledri, langkah selanjtunya yang harus dikerjakan adalah melakukan pencucian rambut menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Cara keramas yang benar untuk rambut kering dan jenis rambut lainnya diperlukan untuk menghilangkan kotoran pada rambut seperti sisa kulit kepala, debu, rambut rontok, dan sebagainya. Setelah rambut bersih jangan lupa untuk mengeringkannya hanya dengan handuk dan tidak menggunakan hair dryer.

Sponsors Link

  • Mengaplikasikan daun seledri kepada rambut.

Langkah utama sebagai salah satu cara menggunakan daun seledri untuk rambut adalah dengan mengaplikasikan pada rambut. Oleskan beberapa bagian masker rambut alami dengan kandungan daun seledri dan minyak kemiri tersebut langsung ke rambut yang sudah bersih serta sedikit kering. Dalam pengolesan, cobalah untuk menekan nekan kepala untuk membantu masuknya nutrisi dan kandungan baik dari daun seledri ke dalam rambut.

Setelah semua masker alami merata di rambut, gunakan shower cap dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah didiamkan, bilas rambut dengan menggunakan air bersih dan jangan mengaplikasikan shampo lagi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal serta maksimal, lakukan perawatan rambut mengunakan masker rambut dari cara menggunakan seledri untuk rambut dan minyak kemiri beberapa kali dalam seminggu.

Beberapa cara menggunakan seledri untuk rambut tersebut dapat dicoba secara mandiri dirumah untuk mengetahui secara langsung hasil yang akan didapatkan serta menjadi alternatif pilihan lain diantara berbagai macam produk perawatan rambut dengan kandung bahan kimia yang memiliki efek samping bagi kesehatan rambut serta kesehatan tubuh sendiri.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut