Sponsors Link

5 Cara Menggunakan Minoxidil Untuk Rambut Rontok Terbukti Mujarab

Rambut rontok adalah keadaan yang memang membuat kaum wanita dan pria merasa resah. Baik itu cara membuat lem untuk rambut sambungan panjang maupun rambut pendek. Kerontokan juga akan membuat kita lebih waspada akan terjadinya kebotakan dan stress berkelanjutan. Untuk itu, perlu untuk merawat rambut dengan rutin dan menutrisi rambut agar lebih sehat. Ada banyak cara dalam merawat rambut, salah satunya dengan menggunakan masker rambut atau obat khusus rambut. Seperti minoxidil. Minoxidil merupakan produk yang dibuat khusus dalam mengatasi rambut rontok. Penasaran? Lalu, bagaimana cara menggunakan minoxidil tersebut? Berikut ini penjelasannya.

ads
  1. Memastikan kepala dalam keadaan kering. Kondisi ini sangat penting – karena sebelum menggunakan minoxidil, kulit kepala dan rambut harus dalam keadaan kering agar obat tersebut dapat bekerja dengan baik. Kondisi kepala yang kering akan memudahkan minoxidil terserap ke kulit kepala dan ciri-ciri akar rambut mati.
  2. Mengoles. Cara menggunakan minoxidil selanjutnya ialah mengoleskan minoxidil sesuai dengan dosis yang telah disarankan oleh dokter. Oleskan mulai dari tengah pada kulit kepala yang mengalami kerontokan atau botak. Tahap ini sangat perlu diperhatikan agar tempat yang tidak mengalami kerontokan, tidak mengalami efek samping.
  3. Tidak Keramas. Setelah mengoleskan minoxidil, cara menggunakan minoxidil yang perlu diperhatikan ialah tidak keramas. Mengapa demikian? Tahap ini memungkinkan agar minoxidil dapat menutrisi rambut dan kulit kepala Anda dengan baik. Setidaknya selama 4 jam jangan keramas atau cara mencuci rambut setelah diwarnai lalu anda bisa mengoleskan minoxidil agar kepala Anda ternutrisi dengan baik.
  4. Hindari hairdryer. Tidak menggunakan hairdryer untuk mengeringkan kepala Anda terlebih pada bagian yang telah diolesi minoxidil. Cara ini akan mengganggu dan ‘membatalkan’ kinerja minoxidil pada kepala Anda. Cukup diamkan dan keringkan dengan cara memakai kondisioner tresemme untuk rambut menepuk perlahan menggunakan handuk.
  5. Membersihkan tangan. Selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan minoxidil agar tidak terdapat kuman yang tertinggal. Karena kebersihan juga dapat mendukung kinerja minoxidil itu sendiri.

Selain itu, cara menggunakan minoxidil pun dapat dilihat dari pemakaian atau dosisi itu sendiri agar Anda tidak menggunakan minoxidil secara berlebihan atau dengan dosis yang kurang, seperti dibawah ini:

  • Pada minoxidil dengan jenis obat cair 2%, untuk pria sebanyak 1 ml dan 2 kali sehari, dan untuk wanita sebanyak 1 ml dalam 2 kali sehari.
  • Pada minoxidil cair 5%, cukup pada pria sebanyak 1 ml dalam 2 kali sehari.
  • Untuk minoxidil tipe busa 5%, pada pria dan wanita dengan dosis 1/2 tutup botol sebanyak 2 kali sehari (Pria) dan 1 kali sehari (Wanita).

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam memakai minoxidil, tidak menggunakan jenis obat ini agar Anda dapat mencegah dan menghindari efek samping yang berhaya seperti menggunakan Kortikosteroid dan retinoid topikal yang dapat meningkatkan penyerapan, obat penghambat simpatetik seperti guanethidine yang dapat meningkatkan resiko hipotensi ortostatik dan obat penurun tekanan darah karena akan meningkatkan efek aditif dari mknoxidil.

Dengan demikian, cara menggunakan minoxidil yang dapat Anda ketahui untuk dijadikan referensi. Untuk menggunakan minoxidil sebenarnya perlu meminta saran dokter agar Anda dapat mengetahui dosis yang tepat untuk Anda. Jaga kesehatan untuk masalah rambut Anda dan semoga artikel ini dapat membantu.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut