Sponsors Link

15 Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Sehat dan Bersinar

Tak hanya nikmat untuk diolah sebagai bahan makanan, madu juga memiliki khasiat untuk perawatan ataupun mengatasi permasalahan wajah dan rambut. Pada pembahasan kali ini, gayarambut.co.id akan membahas mengenai cara menggunakan madu untuk rambut. Bahan alami seperti madu ini memang sangat direkomendasikan untuk dicoba karena aman untuk digunakan. Sebelum kita masuk ke cara penggunaan, alangkah baiknya kita tahu zat apa saja yang terkandung dalam madu hingga manfaatnya. Zat yang terkandung dalam madu itu sendiri antara lain Glukosa, Fruktosa, Karbohidrat, Maltosa, Sukrosa, Enzim invertase, Enzim diatase, dan Zat warna yang bervariasi.

ads

Madu bisa digunakan untuk perawatan sehari-hari dan juga atasi permasalahan rambut, misalnya untuk membantu menumbuhkan rambut, untuk mengatasi rambut kering, untuk mengatasi rambut rontok dan rusat, serta untuk merawat rambut agar sehat dan bersinar setiap hari. Hal ini dikarenakan madu memiliki kemampuan untuk melembabkan rambut, menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok dan rusak, sehingga mampu merawat rambut menjadi berkilau dan bercahaya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu dilakukan cara penggunaan yang tepat sesuai kebutuhan kita. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan madu untuk rambut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rambut kita:

1. Cara Menggunakan Madu untuk Tumbuhkan Rambut

Cara menggunakan madu untuk rambut agar tumbuh dengan baik, terlebih jika mengalami kebotakan sehingga patut mencoba cara yang satu ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara keramas rutin menggunakan madu dan membuatnya menjadi masker. Manfaat masker madu untuk rambut adalah untuk menutrisi rambut dengan zat-zat dalam madu yang mampu menumbuhkan rambut. Pembuatannya pun sangatlah mudah, yaitu bisa dengan cara membuat masker madu yang dicampur dengan air, dan bisa juga dicampur dengan minyak zaitun. Dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

  • Langkah-langkah pembuatannya sangatlah mudah, ambil 2 sdm madu lalu campurkan dengan 3 sdm minyak zaitun  dan aduklah hingga merata.
  • Setelah masker madu dan zaitun selesai dibuat, Anda bisa langsung mengaplikasikannya ke rambut dengan cara mengoleskan pada bagian rambut hingga kulit kepala.
  • Pijat secara lembut untuk membantu masker ini meresap dengan baik ke dalam rambut dan kulit kepala.
  • Setelah itu, diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga masker madu tersebut meresap dan bekerja lebih maksimal.
  • Kemudian, bilas rambut dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melakukannya rutin seminggu sekali.

Apabila tidak mempunyai minyak zaitun di rumah, Anda tetap bisa membuat masker madu dengan campuran air. Caranya adalah campurkan 1/2 liter air dengan 5 sdm madu lalu aduk hingga air dan madu menyatu. Setelah itu, balurkan pada rambut hingga kulit kepala secara merata dan pijat secara lembut. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal. Selain menggunakan masker, kita juga bisa keramas dengan menggunakan madu untuk hasil yang maksimal. Caranya adalah campurkan shampo secukupnya dengan 1 sdm madu lalu aduk hingga menyatu. Setelah itu, lakukan keramas dengan menggunakan campuran madu dan shampo tersebut. Keramaslah 2-3 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Kering

Penyebab rambut kering bisa datang dari faktor lingkungan, penggunaan alat elektronik seperti hair dryer dan catok, produk perawatan tidak cocok, kurang vitamin dan nutrisi, serta perawatan rambut yang salah. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan madu. Cara menggunakan madu untuk rambut kering juga cukup mudah, yaitu dengan membuat masker madu dari campuran madu dengan bahan lainnya seperti minyak zaitun, cuka apel, dan alpukat. Apabila ingin menggunakan campuran madu dengan minyak zaitun maka Anda bisa lakukan seperti cara sebelumnya. Dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Sedangkan, jika ingin menggunakan campuran madu dengan cuka apel maka caranya adalah campurkan 2 sdm madu dengan 2 cangkir air putih.
  • Selain itu, bisa juga mencampurkan madu dengan alpukat caranya adalah haluskan buah alpukat matang lalu campur dengan madu secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Cara pemakaian masker tersebut sama, yaitu pertama bersihkan rambut dengan air dingin, lalu peras air pada rambut, balurkan masker ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala, pijat selama 10 menit.
  • Kemudian, tutup dengan showercap dan diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih dan tunggu hingga kering dengan sendirinya. Untuk hasil yang maksimal maka lalukan cara ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Rontok

Penyebab pitak di kepala salah satunya adalah karena mengalami kerontokan rambut. Oleh karena itu, perlu dilakukan cara untuk mengatasi permasalah rambut rontok ini. Salah satunya dengan menggunakan madu yang dibuat menjadi masker dengan cara mencampurkan madu dengan bahan-bahan alami lainnya, misalnya jus lemon, minyak jojoba, biji fenugreek, daun kembang sepatu, bawang dll.

Setelah mencampurkannya dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan, gunakan masker alami ini seperti menggunakan masker pada cara sebelumnya. Menggunakan madu untuk benar-benar mengatasi rambut rontok memang tidaklah maksimal hal ini dikarenakan madu hanya bersifat mengurai terjadinya kerontokan rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka bisa menggunakan obat rambut rontok dan lakukan perawatan rutin dengan madu.

Sponsors Link

4. Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Rusak

Cara mengatasi rambut pecah-pecah dan rambut rusak bisa dengan menggunakan bahan alami seperti madu. Hampir sama seperti penjelasan sebelumnya, yaitu madu dibuat menjadi masker dengan bahan campuran lainnya.  Dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

  • Cara menggunakan madu untuk rambut rusak adalah dengan mencampurkan 3 sdm madu dengan 1 butir putih telur lalu aduk hingga menyatu dan merata.
  • Setelah itu, balurkan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala dengan cara memijat secara perlahan agar masker meresap.
  • Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih dan gunakan shampo agar lebih bersih serta wangi.

5. Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Sehat dan Bersinar

Penyebab rambut kusam mulai dari terpapar cahaya matahari hingga karena tidak pernah keramas. Oleh karena itu, untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan bersinar maka perlu dilakukan keramas secara rutin jika perlu setiap hari apabila kondisi rambut mudah berminyak dan sering terkena polusi serta panas matahari. Manfaat keramas setiap hari adalah untuk membuat rambut terlihat segar, sehat, dan berkilau atau tidak kusam.  Dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

  • Untuk hasil maksimal maka 2 sampai 3 kali dalam seminggu bisa Anda coba keramas dengan menggunakan madu. Caranya sangat mudah, cukup campurkan 1 sdm madu dengan shampo secukupnya.
  • Lalu, balurkan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala yang telah dibasahi.
  • Pijat secara perlahan diamkan sejenak selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Demikian ulasan tentang bagaimana menggunakan madu untuk beberapa jenis rambut yang anda inginkan sesuai masalah rambut anda.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut