Sponsors Link

13 Cara Menggunakan Kuning Telur Untuk Rambut Kuat dan Sehat

Penampilan pada jaman sekarang adalah hal pertama yang akan dijadikan penilaian bagi setiap orang jika pertama kai bertemu atau biasa disebut dengan first impression. Rambut merupakan aset penting di dalam penampilan kita, maka tidak sedikit dari kaum hawa maupun kaum adam melakukan berbagai macam perawatan untuk menjaga keindahan dan kesuburan rambut.

ads

Akhir – akhir ini banyak orang yang sudah sadar akan bahaya dari perawatan yang memakai obat – obatan instant untuk menjaga kesehatan rambutnya, mereka lebih memilih perawatan secara alami. Umumnya perawatan alami jauh lebih murah dibandingkan dengan perawatan yang memakai obat – obatan. Menggunakan perawatan alami akan mendapatkan beberapa manfaat yang positif, antara lain yang pertama murah, yang kedua adalah terjauh dati resiko kanker yang disebabkan reaksi unsur – unsur kimia yang menumpuk di dalam tubuh, yang ketiga adalah mudah untuk mendapatkan bahan – bahan perawatannya. Baca cara menggunakan teh untuk rambut.

Manfaat Telur Bagi Rambut

Sebelum membahas tentang cara menggunakan kuning telur untuk rambut, sadarkah anda bahwa telur memiliki peran penting jika diaplikasikan di rambut. Selain menjadi santapan yang lezat, telur berguna untuk merawat rambut. Telur mengandung vitamin A, E, dan D, yang paling penting lagi adalah kandungan protein yang banyak ada di dalam telur, karena kandungan dari berbagai macam vitamin dan protein itulah telur sangat membantu untuk merawat rambut, disisi lain telur juga dapat melindungi rambut dari sinar UV yang disebabkan paparan matahari, jadi rambut tidak cepat terlihat kusam atau pudar. Jika anda ingin mengetahui penyebab rambut memiliki warna yang pudar, baca artikel penyebab rambut pirang.

Kuning Telur juga mengandung asam lemak dan sulfur, dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat dan mengembalikan kilau rambut yang pudar. Manfaat kuning telur yang lain adalah dapat menjadi konditioner atau pelembap, bagi rambut anda yang susah diatur. Jika anda memiliki rambut yang kering sehingga menyebabkan mudah rontok, kuning telur juga dapat membantu agar rambut menjadi lebih sehat sehingga tidak mudah rontok dan memiliki akar yang kuat. Baca juga cara merawat rambut panjang.

Perawatan Kuning Telur Untuk Rambut

Berikut akan dijelaskan beberapa cara menggunakan kuning telur untuk rambut :

  • Kuning telur dengan minyak zaitun
  1. Pecahkan  satu telur, pisah antara kuning dan putihnya, gunakan yang berwarna kuning saja, setelah itu campur kuning telur dengan minyak zaitun 1 sdm.
  2. Setelah semuanya tercampur, gunakan secara merata sampai ke permukaan kulit kepala dan di seluruh rambut, biarkan selama 15 menit agar semuanya meresap.
  3. Bilas menggunakan air biasa.
  4. Pemakaian  dua minggu sekali akan memperbaiki warna rambut dengan kemilau alami dan menghilangkan penyebab rambut rontok dalam beberapa bulan, perlu diingat bahwa perawatan alami harus sabar jika ingin memperoleh hasil yang maksimal. Baca manfaat minyak zaitun untuk rambut keriting.
  • Kuning telur dengan minyak kemiri

Minyak kemiri sangat terkenal dengan khasiat mampu memperlebat rambut terlebih lagi jika dipadukan dengan kandungan protein dan beberapa vitamin – vitamin yang terdapat di dalam kuning telur. Bagaimana cara mendapatkan minyak kemiri?

  1. Minyak kemiri pada saat ini dapat di dapatkan instant karena sudah banyak beredar yang menjual minyak kemiri dalam bentuk kemasan botol.
    Sponsors Link

  2. Namun jika anda tidak ingin membelinya anda dapat memperoleh minyak kemiri sendiri dengan cara ambil satu atau dua buah kemiri, tusuk dengan lidi dan bakarlah hingga nyala api dapat menempel di kemiri tersebut kurang lebih satu menit.
  3. Setelah kemiri dibakar, peraslah kemiri tersebut hingga mengelurkan minyak. Minyak tersebutlah yang bisa dipakai untuk tambahan bahan untuk kuning telur.
  4. Tidak perlu khawatir jika adonan tersebut berubah menjadi hitam, hal tersebut adalah karena efek dari kemiri yang hangus terbakar otomatis tetesan minyaknya akan berubah menjadi hitam. Baca efek samping minyak kemiri.
  5. Setelah bahan – bahan tersebut tercampur, oleskan pada seluruh rambut anda hingga ke permukaan kulit kepala anda, biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Gunakan ramuan ini 2 kali sebulan, dan tunggu hasil yang akan anda dapatkan.
  • Kuning telur dengan perasan jeruk nipis

Memiliki ketombe di kulit kepala adalah hal yang sangat menjengkelkan. Ketombe biasanya susha untuk dihilangkan jika rambut tersebut memiliki minyak berlebih. Penggabungan antara kuning telur dan perasan jeruk nipis akan dapat membantu menghilangkan ketombe dan menyeimbangkan minyak berlebih yang ada di kulit kepala, caranya adalah:

  1. Pecahkan satu telur, ambil kuningnya saja. Ambil satu jeruk nipis, peras hingga air di jeruk sudah habis, campurkan kedua bahan tersebut, oelskan pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 15 menit.
  2. Hal yang akan terjadi adalah kulit kepala anda akan terasa agak pedih karena efek jeruk nipis, tahan sebentar.
  3. Setelah 15 menit berlangsung, bilas menggunakan air biasa.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan masker rambut dengan bahan ini, karena hal yang ditakutkan adalah minyak yang seharusnya berfungsi sebagai pelembap rambut akan ikut berkurang juga, cukup gunakan hingga anda mendapatkan hasil yang seperti anda inginkan. Jika ingin digunakan untuk sesekali, sebaiknya gunakan sebulan sekali.

Beberapa poin cara menggunakan kuning telur untuk rambut diatas dianjurkan untuk membilas dengan air biasa bukan hangat, karena akan menyebabkan munculnya gumpalan – gumpalan yang dihasilkan kuning telur jika terkena air hangat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut