Sponsors Link

6 Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Rambut Botak dan Panjang

Tahukah Anda, ternyata – selain bagus untuk kesehatan dan perawatan wajah – jeruk nipis juga sangat bagus digunakan pada cara mengikat rambut saat tidur. Hal tersebut didukung oleh kandungan jeruk nipis yakni vitamin C. Vitamin C ini akan bekerja untuk mencegah rambut rontok dan kebotakan. Selain itu, zat asam yang terdapat pada jeruk nipis akan menjaga rambut agar tetap berkilau dan lebat tanpa harus ke salon. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga akan membantu Anda menumbuhkan kembali rambut setelah mengalami kebotakan. Lalu, sebelum menggunakan jeruk nipis – kita terlebih dulu harus mengetahui cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut botak dengan benar, seperti dibawah ini:

ads
  1. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis

Langkah pertama tentang cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut botak adalah mempersiapka jeruk nipis terlebih dahulu. Irislah jeruk nipis menjadi beberapa bagian – irislah dengan ukuran kecil agar mudah diperas.  Setelah itu peras jeruk nipis di atas kepala Anda secara merata.

Diamkan selama 20 hingga 30 menit, hal ini agar nutrisi dari jeruk nipis dapat meresap pada kepala Anda. Setelah lewat 30 menit, bersihkan kepala hingga bersih menggunakan air hangat atau dengan menggunakan shampoo. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, gunakan jeruk nipis cukup 3 kali dalam seminggu.

2. Jeruk Nipis Sebagai Masker

Selain menggunakan jeruk nipis secara langsung, cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut botak lainnya adalah digunakan sebagai masker rambut. Untuk membuat masker rambut, campurkan jeruk nipis dengan minyak zaitun dan madu. Komposisinya adalah 1:1:3 dengan 1 buah jeruk nipis, 1 sendok madu dan 3 sendok makan minyak zaitun. Campurkan ke tiga bahan tersebut dalam wadah lalu oleskan pada kepala dan rambut Anda. Diamkan selama 30 menit – tutup dengan topi mandi atau topi bahan plastik – lalu bilas dengan air hangat.

3. Jeruk Nipis sebagai Shampo

Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut botak selanjutnya adalah digunakan sebagai shampo. Potong jeruk nipis ke dalam beberapa bagian. Setelah itu oleskan perasan jeruk nipis – taruhlah perasan tersebut di dalam wadah – pada kepala Anda mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut – dapat juga dilakukan bagi Anda yang memiliki kepala botak. Diamkan dan bungkus kepala Anda dengan topi mandi atau topi plastik selama 6 jam. Setelah 6 jam, bilas dan cuci kembali rambut Anda dengan bersih.

4. Menggunakan Jeruk Nipis Dengan Minyak Essensial

Cara lainnya adalah menggunakan campuran jeruk nipis dan minyak essensial. Anda dapat menggunakan minyak essensial seperti olive oil, coconut oil dan atau almond oil. Selain memberikan nutrisi, minyak essensial ini akan melembabkan kulit kepala Anda.

komposisinya adalah 2:3/4 dengan 2 sendok perasan jeruk nipis dan 3 atau 4 sendok minyak essensial. Campur dengan rata lalu oleskan pada kepala Anda. Diamkan dan bungkus dengan handuk yang telah direndam air hangat selama 1 jam. Setelah itu, cuci dan keramas efek rambut bayi tidak dicukur Anda hingga bersih.

5. Menggunakan Jeruk Nipis Dengan Yogurt

Selain berkhasiat untuk kecantikan, yogurt juga bermanfaat untuk rambut. Kandungan lactic acid pada yogurt bekerja untuk meng-ekfoliasi sel-sel kulit mati pada kepala Anda. Selain itu, lemak pada yogurt juga sangat bagus untuk kulit kepala. Cukup campurkan setengah jeruk nipis dengan 2 atau 3 sendok makan yogurt, lalu balurkan pada kulit kepala Anda selama 30 menit. Setelah itu, keramaslah seperti biasa untuk membersihkan kepala Anda.

6. Menggunakan Jeruk Nipis Dengan Lidah Buaya

Selain yogurt dan minyak essensial, lidah buaya dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk mengatasi kulit kepala atau rambut kaku setelah smoothing kusam dan kering. Karena lidah buaya dapat melembabkan, dan mencegah kulit kepala kering tanpa membuat kepala berminyak. Untuk menggunakannya, cukup campurkan satu sendok perasan jeruk nipis dengan satu sendok lidah buaya. Balurkan pada rambut Anda lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu keramaslah seperti biasa.

Itulah beberapa cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut botak agar Anda dapat menjaga kepala Anda agar tetap sehat. Gunakan secara teratur dan tidak berlebihan agar Anda dapat mendapatkan hasil yang efektif. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut