Sponsors Link

10 Cara Menggunakan Hair Tonic yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Hair TonicSudah barang tentu, rambut adalah mahkota tiap orang. Melalui rambut pulalah, kecantikan seseorang dapat dinilai dari hal itu. sehingga beberapa kalangan rela merogoh kocek dalam-dalam demi merawat rambut agar menjadi lebih baik dan mengesankan. Berbagai cara bisa ditempuh seperti merubah bentuk, memberi nutrisi hingga menambah rambut. Karena rambut itu sangat penting, maka berbagai perawatan pun dilakukan untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat dan hitam. Salah satu dari berbagai perawatan yaitu memberikan rambut nutrisi berupa vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan juga memberikan kecantikan pada rambut.

ads

Pemberian vitamin untuk rambut bisa dilakukan dengan pemakaian hair tonic. Hair tonic merupakan metode dalam pemberian nutrisi yang tepat dalam masalah rambut kepala kamu. Hair tonic mengandung nutrisi yang baik untuk kulit rambut maupun akar rammbut. Pemakaian hair tonic yang terawat dapat memberikan kesehatan yang tahan lama.

Manfaat hair tonic, beberapa manfaat hair tonic sebagai berikut:

  • Menyuburkan rambut

melalui nutrisinya maka rambut akan mendapatkan nutrisi yang dapat menignkatkan volume rambut. Maka rambut akan tumbuh subur dan terlihat tebal .

  • Mengatasi rambut rontok

Rambut yang diberikan hair tonic akan mendapatkan nutrisi dan menjadikan akar rambut kuat untuk menopang rambut sehingga rambut pun menjadi kuat dan tak mudah rontok. Karena dengan nutrisinya pun, rambut yang mudah patah dan cara mengatasi rambut kering serta pecah-pecah akan jarang dialami karena nutrisi yang berasal dari hair tonic ini.

  • Memanjangkan rambut

Meningkatnya volume rambut karena sel membelah menjadi manfaat yang pasti dirasakan. Hair tonic mengandung vitamin dan juga nutrisi yang bagik bagi rambut

  • Membersihkan rambut dan kulit kepala

Tak hanya dapat menyehatkan, namun rambut dan kulit kepala akan menjadi bahan alami ampuh dalam membersihkand an menghilangkan ketombe yang berasal dari kulit kepala. Alhasil, rambut akan beriklau dan bebas kusam tanpa terlihat adanya ketombe yang akan membuat aktifitas kamu akan berjalan dengan lancar .

Perawatan Rambut dengan Hair Tonic

Hair tonic dipasaran banyak tersedia dalam berbagai bentuk, namun manfaatnya tetaplah sama, yang membedakan hanya mana yang paling kamu suka dan mudah dalam penggunaan hair tonic itu. Untuk cara penggunaan hair tonic, anda bisa menggunakannya dengan beberapa bentuk yang dapat kamu lakukan, beberapa bentuk yang dapat kamu gunakan untuk hair tonic adalah sebagai berikut !

  • Digunakan sebagai shampoo

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan hair tonic yaitu dengan menggunakannya sebagai sampoo. Terkadang beberapa produk hair tonic yang tersedia di pasaran akan menawarkan produknya sebagai sampoo. Pemakaian seperti ini sering digunakan karena mudah untuk diaplikasikan sebagai hair tonic.Cara pemakaian dengan sampoo sama penggunaannya seperti sampoo biasa ehingga akan mendapatkan fungsi ganda. Selain dapat merasakan manfaat dari hair tonic, maka akan mendapatkan khasiat sampoo sendiri seperti membersihkan rambut kamu dari debu maupun kotoran yang menempel serta membersihkan dari ketombe yang ada di kulit kepala.

  • Digunakan sebagai conditioner

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan hair tonic yaitu dengan menggunakannya sebagai conditioner. Kondisioner biasanya digunakan dalam memberikan nutrisi rambut sertaa membuat permukaan rambut menjadi lebih lembut. Hal ini akan membuat rambut menjadi lebih sejuk. Melalui penggunaan hair tonic juga, maka rambut akan mendapatkan manfaat ganda dari kondisioner dan juga dari hair tonic. Cara penggunaannya sama dengan kondisioner biasa yaitu digunakan setelah dilakukan keramas.

Sponsors Link

  • Digunakan sebagai vitamin

Kamu juga dapat menggunakan hair tonic bukan sebagai sampoo maupun kondisioner, yaitu digunakan sebagai vitamin maupun serum, cara pemakaiannya pun akan berbeda dengan cara kondisioner dan sampoo. Untuk penggunaannya sebagai vitamin maupun serum dilakukan setelah kamu melakukan keramas dan mengoleskan serta memijat dengan vitamin maupun serum ini. untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan pada artikel dibawah ini. Kamu juga harus mengetahui manfaat vitamin E untuk rambut.

Berbeda dengan penggunaannya yang sebagai conditioner, cara pemakaian hair tonic ini adalah sebagai serum rambut atau vitamin rambut. Yang harus anda lakukan dalam hal ini ialah anda gunakan hair tonic tersebut setelah keramas dan gunakan untuk kulit kepala anda. Dalam pemakaiannya, sebaiknya anda pijat kulit kepala anda agar penyerapan nutrisi hair tonic akan lebih baik.

Berbagai cara dapat kamu gunakan untuk menggunakan hair tonic seperti yang dijelaskan diatas tadi, namun dari ketiga tadi terkadang cara penggunaan sebagai vitamin masih banyak yang belum mengetahui sehingga kali ini akan dibahas artikel mengenai cara menggunakan hair tonic sebagai vitamin yang dapat kamu aplikasikan dimana saja, cekidot !

  • Bersihkan rambut dengan keramas
ads

Langkah awal yang dilakukan dala cara menggunakan hair tonic yaitu bersihkan terlebih dahulu rambut kamu. Rambut kamu pasti memiliki kotoran maupun debu yang menempel sehingga dapat memberikan hasil hair tonic yang tidak maksimal. Kamu dapat melakukan keramas terlebih dahulu dengan menggunakan sampoo kesayangan. Namun akibat terlalu sering keramas akan berbahaya. Sebaiknya menggunakan sampoo yang memiliki derajat keasaman netral menuju basah. Tidak semua sampoo akan cocok untuk rambut setiap orang sehingga kamu perlu jeli dalam memilih produk sampoo dalam membersihkan rambut cantik kamu. Sambil melakukan keramas coba kamu pijat-pijat kulit kepala kamu agar otot-otot tidak akan menegang dan juga pori-pori terbuka. Keramas dan pemijatan ini berguna dalam membukanya pori-pori sehingga hair tonic akan mudah diserap oleh kulit kepala.

  • Hindari pengeringan dengan udara panas

Setelah melakukan keramas, sudah pasti rambut kamu akan basah. Rambut yang basah sebaiknya dikeringkan karena bila tidak, akan melekat debu dan kotoran dari udara. Pengeringan rambut bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan hair dryer agar cepat. Namun, ingat bahwa prinsip hair dryer yaitu menggunakan udara panas agar cepat kering, dan udara panas tidak baik bagi rambut karena panasnya akan membuat rambut menjadi kering dan kusut, bila dilakukan secara berlebihan. Sebaiknya lakukan secara alami dengan  memberikan rambut angin-angin agar airnya akan menguap maupun jatuh. Ketika rambut dalam keadaan basah pun hindari rebahan-rebahan yang akan membuat rambut basah kamu tertekan, hal ini membuat rambut menjadi kusut.

  • Rambut jangan digosok

Cara lain dalam melakukan pengeringan biasanya dilakukan dengan kain atau handuk. Cara ini tidak memiliki efek samping seperti yang dihasilkan oleh hair dryer dengan udara panas. Namun untuk pengeringan dengan penggunaan handuk ini sebaiknya dilakukan tidak dengan digosok-gosok namun dengan menepuk-nepuk rambut. Rambut yang digosok akan menimbulkan rambut yang kusut. Boleh digosok-gosok namun usahakan jangan terlalu keras karena sangat bersemangat. Lakukan penggosokan dari ujung rambut hingga kulit kepala. Usapkan ke seluruh rambut. Setelahya pastikan rambut dan kulit kepala pun benar-benar kering. Pemilihan handuk pun perlu diperhatikan karena ada yang mudah menyerap air ada yang tidak mudah menyerap.

  • Beri hair tonic

Setelah membersihkan kulit kepala maka langkah selanjunya adalah kamu bisa memberikan hair tonic kepada rambut kamu. Pemberian hair tonic memang harus dilakukan dalam kondisi kulit kepala bersih. Tuangkan hair tonic pada telapak tangan kamu kemudian usapkan ditelapak agar tak terlalu menggumpal. Setelah yakin, maka lakukan pengusapan pada rambut kamu dan juga kulit kepala. Lakukan secara merata agar penyerapan pada kulit kepala berlangsung dengan lancar.

  • Oleskan dengan mengikuti garis kepala

pengolesan pada rambut pun sebaiknya mengikuti garis kepala agar terjadi penyerapan yang lancar juga. Setiap orang memiliki garis kepala yang berbeda-beda. Garis kepala biasanya mengikuti pola rambut yang ada dikepala kita. Sehingga kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu garis kepala kamu agar mengetahui bagaimana pengolesan hair tonic ini. metode ini adalah pilihan sehingga kamu berhak menggunakan metode ini karena pada dasarnya hair tonic dioleskan secara merata kepada rambut.

Sponsors Link

  • Lakukan pemijatan ringan

setelah kamu yakin telah melakukan pengolesan rambut dengan hair tonic dari ujung rambut hingga kulit kepala seluruhnya. Maka sebaiknya kamu melakukan pemijatan pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya pemijatan dilakukan dengan ujung jari kamu, jangan menggunakan ujung kuku karena akan melukai kulit kepala kamu dan membuat rambut rusak. Pemijatan dilakukan dengan menekan-nekan dan jangan terlalu keras menekannya karena bisa membuat kepala kamu pusing. Pemijatan bertujuan dalam meregangkan otot-otot kepala kamu dan juga membuka pori-pori di kepala agar hair tonic dapat diserap secara maksimal. Sehingga dari awal hingga sekarang ada dua proses dalam memudahkan penyerapan yaitu saat keramas dan juga saat sekarang ketika kamu melakukan pemijatan kulit kepala .

  • Diamkan 2-3 menit

setelah memberikan hair tonic dan melakukan pemijatan. Mari diamkan selama 2-3 menit agar terjadi penyerapan. Perlu diperhatikan sebaiknya kamu menjaga rambut kamu dari gangguan luar yang dapat merusak hair tonic tadi. Hindari seperti angin kencang maupun sesuatu yang dapat mengacak rambut kamu tersebut. cara yang bisa kamu lakukan yaitu menutup rambut kamu dengan penutup sehingga gangguan dari luar akan tidak terjangkau.

Demikianlah, cara menggunakan hair tonic yang bisa kamu aplikasikan agar melakukannya secara baik dan benar sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Mulai sekarang kamu akan memiliki rambut yang sehat, kuat dan cantik, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat kamu bagikan kepada teman terdekat, terima kasih !

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut