Sponsors Link

3 Cara Menggunakan Alpukat untuk Rambut Kering dan Rusak Parah

Rambut yang kering dan rusak menjadi salah satu masalah rambut terberat yang banyak dialami banyak orang. Ini bisa menyebabkan ujung rambut bercabang, kusut dan kesehatan rambut yang memburuk meskipun sudah dikeramas secara rutin. Kondisioner yang biasa dijual belum cukup efektif untuk memperbaiki masalah ini karena hanya berperan sebagai melapisi rambut dengan silikon. Salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan rambut yang kering dan rusak adalah menggunakan bahan yang bisa melembabkan rambut dari dalam sekaligus memberi nutrisi seperti salah satunya adalah alpukat karena ada banyak khasiat alpukat untuk rambut.

Alpukat merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu mengembalikan kelembaban rambut dan mengatasi masalah rambut rusak dan berikut akan kami berikan beberapa cara menggunakan alpukat untuk rambut kering dan rusak yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Manfaat Alpukat Untuk Rambut

Alpukat merupakan buah yang tinggi akan asam amino lemak untuk melapisi batang rambut dan membantu mempertahankan kelembaban rambut. Minyak alami yang terkandung di dalam buah alpukat ini bisa menghidrasi hingga mendalam dan juga tahan lama.

Dalam buah alpukat mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, tembaga dan zat besi yang sangat bagus untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala selain juga bagus digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut dengan alpukat. Alpukat juga mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin E yang bisa mencegah kerusakan rambut karena radikal bebas.

Alpukat juga membantu mengisi folikel rambut serta merangsang pertumbuhan rambut baru dari folikel yang tidak aktif. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan alpukat untuk rambut kering dan rusak yang mudah dan efektif tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

1. Alpukat dan Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat peneratif yang sangat efektif untuk meresap jauh ke dalam batang rambut dan memperbaikinya dari dalam. Minyak kelapa juga berguna untuk mengurangi porositas rambut, mengatasi rambut kusut dan mengurangi kerusakan. Sedangkan alpukat berguna untuk membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, meminimalkan hilangnya kelembaban sekaligus mengurangi kerusakan rambut anda. Namun, cara ini sebaiknya tidak digunakan untuk ciri ciri rambut berminyak karena bisa membuat rambut semakin lepek.

  • Haluskan 1 buah alpukat matang hingga tidak menggumpal dan tambahkan dengan 2 sendok minyak kelapa kemudian aduk hingga rata.
  • Aplikasikan masker ini pada rambut serta kulit kepala dan pastikan lebih fokus pada ujung rambut karena area ini merupakan area rambut yang paling tua dan paling rusak.
  • Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas air dengan air dingin dan sampo serta akhiri dengan conditioner lalu keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu untuk hasil memuaskan.

2. Alpukat, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat pengkondisian yang sangat baik dan bisa menambah volume rambut anda sekaligus menambah kelembutan rambut di pertama pemakaian sehingga cocok digunakan sebagai masker rambut kering. Sedangkan madu merupakan humektan yang bisa membantu mengunci air di batang rambut untuk mencegah hilangnya kelembaban rambut. Ketika digabungkan bersama dengan alpukat, maka masker alami untuk rambut ini akan bekerja sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak.

Masukkan 1 daging buah alpukat, 2 sendok makan madu mentah dan 2 sendok minyak zaitun serta 2 hingga 3 tetes minyak esensial lavender ke dalam food processor lalu haluskan dan tidak menggumpal.

  • Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala serta fokus pada bagian ujung rambut.
  • Bungkus rambut dengan shower cap dan nyalakan blow dryer selama 15 menit.
  • Jika tidak memiliki blow dryer, maka anda bisa berjemur di bawah sinar matahari selama 30 sampai 45 menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dengan air dan sampo serta akhiri dengan conditioner.
  • Lakukan cara ini satu kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Alpukat dan Lidah Buaya

Dalam lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang ampuh untuk memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala untuk memastikan pertumbuhan rambut baru yang sehat sekaligus sebagai cara mengatasi rambut rontok. Sedangkan tambahan minyak kelapa dan madu serta alpukat akan bekerja sama untuk memperbaiki rambut dan pH rendah dari lemon bertindak untuk menyegel kutikula, menambah kilau dan juga meminimalisir rambut kusut.

  • Dalam mangkuk, campur 1 buah alpukat berukuran sedang dengan 2 sendok makan madu mentah, 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 ½ jus lemon dan 2 sendok teh minyak kelapa.
  • Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala lalu bungkus dengan shower cap dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan sampo lalu akhiri dengan conditioner.
  • Lakukan sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Beberapa cara menggunakan alpukat untuk rambut kering dan rusak yang sudah kami berikan di atas sangat praktis dan bahan bahannya juga mudah ditemukan. Pastikan untuk melakukan beberapa cara ini dengan teratur untuk hasil yang maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut