Sponsors Link

7 Cara Mengembalikan Rambut Setelah Di Sasak Seperti Semula

Rambut merupakan bagian tubuh yang sering kali disebut sebagai mahkota kepala karena pengaruhnya yang sangat besar terhadap bentuk wajah dan penampilan seseorang sehingga bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan dan penilaian orang lain maka rambut harus selalu dirawat dengan baik untuk menghasilkan kondisi yang baik dan terbebas dar berbagai masalah rambut.

ads

Proses perawatan rambut harus dilakukan sesuai dengan karakteristik rambut karena cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan merawat rambut yang memiliki karakter berminyak dan bercabang. Selain melakukan perawatan rambut, terkadang ada proses lainnya yang dilakukan untuk menghasilkan bentuk rambut tertentu dan disesuaikan menurut gaya rambut yang diinginkan. Salah satu proses yang sering dilakukan untuk menata rambut adalah dengan menyasaknya diantara teknik teknik lainnya seperti :

  • Teknik pilin atau lilitan
  • Teknik jalinan atau kepang
  • Teknik bockel
  • Teknik pusaran air
  • Teknik lekuk
  • Teknik pegas

Membuat Rambut Kembali Menjadi Awal

Sasak atau yang lebih dikenal dengan nama back – combing dalam istilah tata rambut merupakan teknik yang sangat dasar dari proses penataan rambut yang digunakan untuk menghasilkan berbagai macam model atau gaya rambut. Dengan teknik sasak rambut ini adakan dapat menata rambut menjadi beberapa gaya seperti rambut yang menjadi tampak mengembang, model rambut mohawk, sanggul sasak, gaya rambut sarang lebah, dan beberapa model rambut lainnya. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam proses menyasak rambut yakni.

  1. Bersihkan rambut dengan mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan berbagai macam kotoran dan efek produk penata rambut seperti minyak rambut.
  2. Dalam proses mencuci rambut gunakan shampo khusus yang dapat menjadikan rambut lebih mengembang.
  3. Sisir dan tata rambut hingga rapi agar proses menyasak dapat dilakukan dengan mudah.
  4. Sasak rambut secara perlahan satu persatu dengan bantuan tangan dan gunting sasak yang benar.

Cara menyasak rambut tersebut dapat dilakukan dirumah mapun di tempat penata rambut profesional seperti di salon. Gaya rambut dari hasil sasak terkadang hanya digunakan sementara dalam kondisi tertentu. Karena hanya bersifat sementara maka rambut hasil sasakan dan tatanan lainnya harus dikembalikan ke kondisi semula. Sehingga diperlukan cara mengembalikan rambut setelah di sasak yang tidak merusak kondisi rambut. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi rambut setelah di sasak.

  • Membersihkan rambut

Hal pertama yang dilakukan untuk mengembalikan rambut yang sudah disasak dan perlakuan lainnya dalam penataan rambut adalah membersihkan rambut dengan cara mencucinya secara benar. Gunakan shampo yang cocok dengan karakteristik rambut yang dimiliki dan lakukan secara perlahan dalam proses pencuciannya. Jika kondisi rambut masih belum bersih dari berbagai macam produk perawatan rambut yang digunakan saat menyasak maka lakukan pencucian dua kali.

Sponsors Link

Jangan lupa menggunakan konditioner untuk menjaga kelembaban rambut yang hilang saat proses pencucian rambut serta menghindari kondisi rambut yang kering. Cara mengembalikan rambut setelah di sasak dengan keringkan rambut secara manual menggunakan handuk secara perlahan dan angin anginkan agar kondisi rambut tidak rusak. Dengan mencuci dan menggunakan konditioner ini dan mengeringkan secara benar maka rambut akan kembali ke kondisi normal.

  • Menggunakan bedak bayi

Rambut yang disasak biasanya akan dibentuk dengan bantuan hairspray yang dapat membuat kondisi rambut menjadi kaku. Untuk menghilangkan kekakuan rambut dan mengembalikannya pada kondisi yang normal, cobalah untuk menamburkan bedak bayi pada seluruh bagian rambut. Penamburan bedak bayi tersebut dapat menyerap beberapa produk penataan rambut yang menyebabkan rambut menjadi kaku. Setelah penaburan, cobalah untuk menyisir rambut menggunakan tangga secara perlahan sampai semuanya merata dan kemudian bersihkan seluruh rambut dari bedak bayi tersebut.

  • Gunakan minyak kelapa dan olive oil
Sponsors Link

Mencuci rambut dengan keramas saja terkadang tidak akan cukup ampuh untuk mengembalikan kondisi rambut yang kusut dan kaku bekas proses menyasak dan penggunaan produk tata rambut lainnya. Cobalah untuk mengaplikasikan minyak kelapa atau coconut oil dan olive oil sebelum memulai keramas karena dapat mengembalikan kondisi rambut yang kaku serta kusut. Dalam proses penggunaannya, gunakan minyak kelapa atau coconut oil dan olive oil tersebut pada batang rambut dan tekan tekan menggunakan jari agar meresap dan berkerja dengan optimal. Sebelum membilas dengan keramas, diamkan rambut yang telah diaplikasikan coconut oil dan olive oil tersebut selama 20 menit.

Beberapa langkah tersebut yang dapat dilakukan sebagai cara mengembalikan rambut setelah di sasak secara mandiri di rumah. Karena proses menyasak dan teknik penataan rambut lainnya seringkali menyebabkan rambut mengalami kerusakan ketika gagal dalam proses pengembaliannya maka sebaiknya jangan terlalu sering untuk melakukan teknik menyasak pada rambut dan tekni penataan lainnnya. Meskipun rambut yang ditampilkan dengan berbagai gaya seperti model rambut bob, model rambut mohawk, model rambut pompadour, model rambut nungging, model rambut berponi, model rambut undercut, dan model lainnya dapat memberikan penilaian lebih terhadap penampilan seseorang namun alangkah baiknya kegiatan menata rambut yang cukup menyiksa rambut ini tidak dilakukan terlalu sering. Selain itu, rambut yang tampak indah secara natural dengan proses perawatan yang sangat baik dan selalu terlihat sehat, bersih, hitam berkilau, lebih dapat memberikan penilaian yang tinggi dari penampilan seseorang.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut