Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Rambut Pecah-Pecah Secara Alami dan Ampuh

Rambut pecah-pecah sangat mengganggu penampilan kita. Rambut terasa kering dan tidak nyaman untuk beraktifitas karena kulit kepala merasa tidak nyaman.  Sehingga kamu perlu mengetahui cara mengatasi rambut pecah-pecah yang akan diulas dalam artikel dibawah ini:

ads
  • Sering Keramas

Melakukan keramas pada rambut tidak selalu menyehatkan kulit kepala kamu apalagi bila dilakukan terlalu sering. Minyak alami yang diproduksi kulit kepala akan terganggu karena adanya pengeramasan ini. minyak rambut akan tercuci dan akan menghilang sehingga peran minyak dikulit kepala akan tidak terjalankan. Sebaiknya kamu melakukan keramas secara teratur dan terjadwal sehingga dapat membuat kulit kepala mendapatkan hasil yang diharapkan.

  • Memotong dengan model layer

Untuk rambut kamu yang memilik rambut pecah-pecah, sebaiknya dilakukan pemotongan rambut yang pecah-pecah agar memperbaiki penampilan rambut dan juga agar tidak melebar kebagian rambut yang lainnya. Cara pemotongan ujung rambut yang pecah-pecah dilakukan dengan model layer. Model layer dipilih agar  tidak memotong sekaligus

  • Melakukan perawatan dengan conditioner bisa menjadi pilihan

Rambut yang pecah-pecah memiliki nutrisi yang kurang menjadi masalah rambut sehingga kamu dapat memberikan nutrisinya dengan menggunakan conditioner maupun vitamin untuk rambut. Conditioner akan membuat rambut kamu menjadi lebih lembut dan juga lebih sejuk.

  • Lakukan perawatan trim

Salah satu cara perawatan rambut kamu yang pecah-pecah bisa dilakukan dengan melakukan perawatan pemotongan dengan trim. Untuk salon kecantikan biasanya sangat familiar. Trim yaitu teknik memotong ujung rambut saja. Dengan memotong ujung rambut, maka rambut akan terlihat tidak rusak nan pecah-pecah. Selain itu melakukan trim ini pun memperlambat menyebarnya kerusakan rambut yang lebih parah. Potong rambut dengan ujungnya saja.

  • Jangan menggunaakn hair dryer

Biasanya setelah keramas, rambut kamu basah dan akan cara mengeringkannya biasanya kamu menggunakan hair dryer maupun udara panas agar membuat rambut kamu menjadi kering. Namun udara panas yang diberikan sebenarnya bisa membuat rambut rusak. Rambut akan kering dan menjadi pecah-pecah. Sebaiknya hindari penggunaan hair dryer dan gunakan yang alami saja seperti menggeraikan rambut dan juga beri angin-angin. Kamu perlu mengetahui cara menggunakan hair dryer .

  • Sikat rambut sangat menentukan

Sikat rambut ternyata berpengaruh kepada kesehatan rambut kamu. Sikat rambut akan mempengaruhi struktur rambut karena banyak macam-macam sisir rambut. Seabiknya kamu memilih sikat rambut yang terbuat dari kayu karena sangat baik dalam menguraikan simpul rambut yang kusut dan meminimalisir kerusakan rambut seperti rambut yang pecah-pecah. Sikat rambut yang bukan terbuat dari kayu seperti plastik maka akan menghasilkan listrik statis yang dapat merusak rambut dan bila menggunakan sikat kayu maka tidak akan menimbulkan listrik statis. Hal ini dikarenakan struktur makroskopis dari kayu yang meredam listrik statis.

  • Menggunakan samphoo yang benar dan baik
Sponsors Link

Tidak semua shampo untuk memanjangkan rambut cocok dengan rambut kamu. Sebaiknya kamu memilih samphoo dengan derajat keasaman yang netral menuju basah. Berhati-hatilah dengan menggunakan samphoo yang tidak cocok dengan rambut kamu karena akan membuat rambut menjadi kering, mudah patah dan pecah-pecah. Bila rambut kamu sudah terlanjur pecah-pecah, maka sebaiknya kamu menggunakan samphoo yang mengandung minyak zaitun maupun gliserin. Selain itu kamu pun bisa menggunakan samphoo khusus yang mengandung minyak atau lanolin.

  • Pijatlah kulit kepala

Sudah kita ketahui dikulit kepala banyak beredar pembuluh darah karena akan mengedarkan oksigen ke kulit kepala. Lakukan pemijatan kepala kamu namun jangan terlalu keras, secukupnya saja. Hal ini akan membuat kulit kepala kamu mengalirkan darah dengan lancar sehingga produksi kelenjar lemak pun dapat berjalan dengan sangat baik sehingga membuat rambut yang pecah-pecah akan tersembuhkan .

  • Menggunakan Buah Alpukat
Sponsors Link

Cara alami tanpa menimbulkan efek samping yaitu menggunakan buah alpukat. Buah ini mengandung vitamin yang bermanfaat bagi rambut. Khasiatnya selain dapat memperbaiki rambut yang pecah-pecah juga dapat memperkuat akar rambut, mengontrol kelembaban dll. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan buah alpukat yang biasa dikonsumsi dan ambil daging buah alpukat kemudian haluskan dengan cara diblender ataupun ditumbuk menggunakan benda keras. Setelahnya kombinasikan dengan dua buah telur yang diambil bagian putihnya saja. Kemudian jadikan campurannya menjadi masker. Oleskan campuran ke rambut kamu secara merata dan diamkan beberapa menit. Kemudian bersihkan hingga benar-benar bersih dan rasakan khasiatnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara berulang-ulang.

  • Gunakan Bahan Alami

Rambut yang pecah-pecah salah satunya disebabkan karena kurangnya nutrisi sehingga kamu perlu memberikan nutrisi yang salah satunya menggunakan yoghurt, madu dan jeruk nipis. Ketiga bahan diatas berguna karena memiliki vitamin, dan zat yang baik bagi kesehatan rambut. Cara membuat vitamin rambut  cukup mudah yaitu dengan menyiapkan madu dua sendok makan, yoghurt sebanyak dua sendok dan juga satu buah jeruk nipis. Kemudian campurkan madu, yoghurt dan juga perasan jeruk nipis secara merata. Kemudian jadikan campuran tersebut masker. Oleskan keseluruh rambut secara merata agar mendapatkan hasil yang terbaik. Diamkan dan bersihkan secara merata. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sekali.

Demikianlah ulasan artikel mengenai cara mengatasi rambut pecah-pecah yang berguna bagi kamu, dan semoga bermanfaat bagi masyarakat luas, terimakasih.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut