Sponsors Link

28 Cara Mengatasi Rambut Patah dan Rontok Akibat Smoothing

Rambut merupakan salah satu aset berharga bagi wanita. Tak heran banyak orang berpendapat bahwa rambut merupakan mahkota wanita. Setiap wanita pastinya ingin mempunyai rambut yang bagus dan sehat. Dengan mempunyai rambut yang sehat dan bagus tentunya memberi kesan wanita menjadi terlihat lebih cantik. Selain menambah kecantikan rambut juga mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu melindungi kulit kepala sehingga dapat menghangatkan kepala. Tak sedikit pula wanita mempunyai rambut yang pecah-pecah atau bercabang sehingga pada akhirnya menyebabkan rambut mudah patah.

ads

Hal tersebut dapat disebabkan karena salah pemilihan sampo atau kekurangan nutrisi pada rambut. Kurangnya nutrisi pada rambut membuat rambut cenderung menjadi kering, rapuh dan bercabang sehingga rambut pun menjadi sangat mudah patah. Rambut yang mudah patah jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan mudah rontok bahkan jika terus dibiarkan hal terburuk yang akan terjadi yaitu ancaman kebotakan pada rambut. Untuk itu agar rambut tetap terjaga nutrisinya perlulah kita menjaga dan merawat rambut agar selalu sehat dan terlihat indah. Jika kamu merasa bingung bagaimana cara mengatasi rambut patah, berikut ini pembahasan 28 cara dari mengatasi rambut patah. Apa saja cara untuk mengatasi rambut patah dan rontok karena smoothing simak pembahasannya dibawah ini:

1. Gunakan minyak alami

Cara pertama untuk mengatasi masalah rambut patah yaitu menggunakan minyak alami. Minyak alami yang dapat digunakan untuk mencegah rambut patah beragam diantaranya yaitu minyak almond, minyak kelapa dan yang paling banyak digunakan yaitu minyak zaitun. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan message pada bagian rambut dengan merata supaya kelembaban rambut tetap terjaga. Lakukan pijat sekitar 30 hingga 60 menit, kemudian setelah selesai message bersihkan rambut.

Minyak yang digunakan dapat memilih salah satu minyak alami atau bisa dengan mencampurkannya. Selain dengan message ada cara lain yaitu hanya dengan mengoleskan ke seluruh bagian rambut lalu diamkan, lakukan cara ini di malam hari sebelum tidur kemudian diamkan hingga keesokan harinya dan bersihkan saat pagi hari. Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan cara tersebut secara rutin minimal dalam seminggu lakukan 1 kali agar kesehatan rambut tetap terjaga da rambut tidak akan mudah.

2. Menggunakan yoghurt dan pepaya

Selain minyak alami untuk mengatasi rambut mudah patah gunakanlah campuran antara buah pepaya dengan yoghurt. Buah pepaya mempunyai banyak manfaat untuk rambut diantaranya yaitu mengisi kebutuhan nutrisi rambut sehingga batang rambut dapat terpelihara. Cara penggunaan pepaya untuk cara mengatasi rambut patah yaitu dengan mengkombinasikannya dengan yoghurt. Buatlah campuran yoghurt dan buah pepaya untuk dijadikan masker rambut. Cara untuk membuatnya sangat mudah yaitu siapkan buah pepaya sebanyak 300gram dan siapkan 2 sdm yoghurt, kemudian hancurkan hingga halus setelah buah pepaya halus campurkan dengan 2 sdm makan yoghurt. Setelah selesai mencampurkan yoghurt dan pepaya oleskanlah pada rambut dengan merata jika perlu gunakanlah shower cup, setelah dioleskan diamkan hingga kering lalu bersihkan dengan air. Pepaya mempunyai manfaat untuk menghilangkan uban baca cara menghilangkan uban dengan biji pepaya.

3. Lidah Buaya

Cara lain untuk mengatasi rambut mudah patah yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal khasiatnya untuk rambut. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut patah yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya sebegai condisioner, sama halnya menggunakan condisioner biasa gunakan lalu diamkan kurang lebih sekitar 20 menit kemudian setelah 20 menit bersihkan dengan air dan sampo. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik agar rambut tidak mudah patah dan tetap sehat.

4. Menggunakan minyak gandum dan cuka apel

Sponsors Link

Selain kombinasi antara pepaya dan yoghurt ada kombinasi lain yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut mudah patah yaitu dengan mengkombinasikan minyak gandum dan cuka apel. Minyak gandum yang dikombinasikan dengan cuka apel memberikan khasiat diantaranya yaitu untuk masalah rambut bercabang, rambut kering dan rambut patah. Untuk membuatnya kamu hanya perlu menyiapkan 1 sdm minyak gandung dan sekitar setengah cangkir cuka apel. Sebelum menggunakannya terlebih dahulu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk merata. Setelah tercampur oleskan kombinasi minyak gandum dan apel cuka tersebut pada rambut secara merata, gunakanlah ketika rambut masih dalam keadaan agak basah setelah keramas lalu diamkan sekitar 15 menit dan bersihkan dengan air.

5. Menggunakan madu dan mayones

Mayones selain mempunyai rasa yang enak rupanya mempunyai khasiat untuk rambut. Kandungan asam lemak pada mayones sangat bagus untuk rambut yang kering dan juga mudah patah. Selian itu kandungan pada madu mempunyai banyak manfaat jika dijadikan manfaat masker madu untuk rambut. Dengan menggunakan kombinasi mayones dan madu akan membuat kelembaban rambut meningkat. Sama halnya dengan kombinasi cuka apel dan minya gandum, untuk membuat campuran madu mayones hanya dengan mencampurkan 1 sdm mayones dan 1 sdm madu. Oleskan campuran tersebut pada rambut secara merata lakukan setelah keramas maka diamkan sekitar 10 menit dan setelah 10 menit basuh lah dengan air hingga bersih.

6. Air Kelapa

ads

Air kelapa rupanya mempunyai khasiat untuk kesehatan rambut. Dengan menggunakan air kelapa maka kandungan nutrisi pada rambut akan tercukupi sehingga rambut tidak akan mudah patah ataupun rontok. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan membilas rambut dengan menggunakan air kelapa, kemudian tunggu hingga rambut mengering setelah kering bilaslah menggunakan air yang bersih. Selain membuat rambut lebih kuat kandungan air kelapa mempunyai khasiat membuat rambut menjadi hitam berkilau.

7. Telur

Cara lain untuk mengatasi rambut mudah patah yaitu dengan menggunakan telur. Kuning telur dapat dijadikan sebagai masker rambut dan mempunyai manfaat mengatasi rambut yang mudah patah. Cara membuat masker rambut dari telur yaitu pisahkan antara kuning dan putih telur, gunakan kuning telur saja dan campurkan dengan 3 sdm minyak zaitun dan juga madu.

Campurkan ketiga bahan tersebut dalam wadah hingga merata, setelah masker rambut selesai dibuat oleskan pada rambut secara merata. Diamkan rambut sekitar 60 hingga 90 menit dan gunakanlah shower cap. Setelah 60 hingga 90 menit cuci lah rambut dengan sampo hingga bersih, perlu diingat sampo yang digunakan untuk membersihkan masker rambut telur yaitu harus menggunakan sampo bayi. Telur juga mempunyai manfaat untuk menebalkan rambut baca cara menebalkan rambut dengan telur.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang sangat baik. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk kesehatan rambut. Cara menggunakan jeruk nipis untuk cara mengatasi rambut patah yaitu dengan langsung menggosokan jeruk nipis pada bagian rambut lakukan mulai dari akar rambut. Jika kamu tidak mau susah dapat dengan cara peras terlebih dahulu jeruk nipis lalu oleskan cairan jeruk nipis pada rambut. Jeruk nipis selain dapat mengatasi kulit kepala berminyak dan rambut rontok dapat juga mengatasi masalah ketombe.

9. Minyak Lavender

Minyak lavender sangat dikenal mempunyai khasiat yang ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Rupanya selain mengatasi masalah ketombe, minyak lavender juga dapat mengatasi masalah rambut mudah patah. Cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan sekitar 10 tetes minyak lavender pada rambut, lakukan secara merata pada seluruh bagian rambut lalu tunggu hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih.

10. Masker buah

Untuk mengatasi rambut yang mudah patah dapat menggunakan masker buah. Banyak sekali buah-buahan yang dapat dijadikan masker buah dan mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan rambut. Buah yang dapat dijadikan masker rambut diantaranya yaitu mangga, pepaya, semangka, alpukat, pisang, melon dan masih banyak lagi buah lainnya.

11. Lakukan creambath 

Creambath adalah cara lain untuk mengatasi rambut mudah patah. Creambath tidak hanya dapat dilakukan di salon dirumah pun bisa asalkan mempunyai krim creambath. Gunakan krim creambath yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Jika ingin melakukan creambath dirumah caranya yaitu oleskan krim creambath secara merata, pijat secara ringan kemudian balut rambut yang telah di oleskan krim oleh handuk hangat dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah 15 menit buka balutan handuk dan bilaslah dengan air bersih.

12. Vitamin rambut

Sponsors Link

Selain creambath lakukan juga penggunaan vitamin rambut, manfaat vitamin e untuk rambut yang terkandung pada sampo belum tentu dapat mencukupi kebutuhan nutri rambut. Bahkan bisa saja kandungan pada shampo mengandung berbagai zat kimia berbahaya oleh karena itu gunakanlah vitamin rambut untuk mengatasi masalah rambut mudah pata. Kamu dapat membeli vitamin rambut di toko-toko terdekat dan pastikan manfaat dari vitamin rambut itu sesuai dengan kebutuhan rambut. Dapat pula menggunakan vitamin rambut alami yaitu langsung menggunakan buah-buahan seperti alpukat, jeruk nipis, dll.

13. Kemiri

Kemiri sejak zaman dahulu dipercaya mempunyai khasiat untuk rambut. Hampir semua berbagai obat-obat untuk kesehatan rambut mengandung kemiri. Kemiri yang dapat digunakan untuk masalah rambut mudah patah yaitu menggunakan minyaknya, cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan menyimpan kemiri diatas wajan yang dipanaskan tunggu hingga lumer dan menjadi minyak. Kandungan protein dan mineral pada kemiri mempunyai manfaat memperkuat akar rambut. Selain mempunyai banyak khasiat perlu di ketahui efek samping minyak kemiri.

14. Potong rambut secara teratur

Memotong rambut secara teratur dapat menjadi solusi agar rambut tidak mudah patah. Memotong rambut bukan berarti harus langsung memotong rambut hingga pendek akan tetapi memotong bagian ujung rambut. Lakukan secara rutin sekitar 6 minggu sekali. Dengan memotong ujung rambut maka dapat mengatasi kerusakan pada rambut sehingga rambut tidak akan mudah patah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut agar tidak mudah patah. Hal terpenting dalam mengatasi berbagai masalah pada rambut yaitu gunakan produk rambut yang tepat karena bisa saja berbagai masalah pada rambut terjadi karena tidak cocoknya produk perawatan rambut yang kamu pilih. Selain itu tetap jaga asupan makanan dan lakukan berbagai perawatan rambut seperti creambat secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut