Sponsors Link

21 Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas Dalam Sehari

Rambut lepek terkesan berantakan dan tidak terawat. Orang yang memiliki rambut lepek akan sering kesusahan ketika akan berangkat terburu-buru di pagi hari. Hal ini karena perawatan rambut lepek memang sangat rumit dan merepotkan. Rambut lepek mudah sekali berminyak, sehingga susah untuk diatur. Tidak bisa menggunakan sembarang model gaya rambut. Biasanya rambut lurus lebih dominan menjadi penyebab rambut lepek dibandingkan dengan model gaya rambut yang keriting, ikal dan seterusnya.

ads

Selain itu, beberapa kebiasaan buruk dalam perawatan rambut sebelum dicatok juga bisa menjadi faktor penyebab rambut menjadi lepek dan susah diatur. Namun hal-hal seperti ini tidak perlu Anda khawatirkan. Memiliki rambut yang lepek juga bisa memberikan tampilan yang kece dan trendy. Hal-hal dibawah ini adalah tips perawatan rambut untuk Anda sehari-hari yang memiliki rambut lepek tanpa harus keramas terlebih dahulu:

1. Memakai Kertas Minyak

Jika Anda memiliki kegiatan yang super duper sibuk, seringkali Anda kehabisan waktu untuk menata rambut dan mempersiapkan segala sesuatunya. Apalagi dengan sifat rambut yang lepek dan berminyak. Hal ini dapat Anda atasi secara segera dnegan memakai kertas minyak. Kertas minyak memang biasanya digunakan untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Tetapi sifat dari kertas yang mampu menyerap minyak ini dapat Anda gunakan untuk aplikasi pada rambut Anda yang juga lepek.

Cara memakai kertas minyak untuk mengatasi rambut lepek. Ambil beberapa lembar kertas minyak yang Anda butuhkan. Usapkan pada daerah rambut yang khususnya sangat lepek dan berminyak. Usapkan secara merata hingga rambut terkesan berkurang minyaknya. Lalu sisir rambut untuk meratakannya.

2. Menggunakan Bedak Bayi

Bedak bayi selain dikenal dengan baunya yang harum dan menyegarkan, ternyata bedak bayi memiliki sifat yang menyerap kelembaban. Banyak pula yang menggunakan bedak bayi ini sebagai bahan alternatif shampoo kering. Cara menggunakan bedak bayi pada rambut lepek. Taburkan beberapa bedak bayi pada telapak tangan Anda terlebih dahulu. Ratakan pada akar rambut. Usapkan secara merata hingga pada ujung rambut. Sisir rambut setelahnya.

3. Menggunakan Hair Spray

Selain menggunakan bedak bayi, Anda juga dapat memanfaatkan hair spray untuk meminimalisir kandungan minyak pada rambut lepek. Cara menggunakan hair spray untuk ciri-ciri rambut lepek. Sisir dan ratakan rambut terlebih dahulu. Semprotkan hair spray secara merata pada daerah rambut secukupnya. Jangan lupa tutupi daerah wajah dan mata untuk menghindari hamburan hair spray masuk ke daerah mata ataupun wajah Anda.

Artikel lainnya:

4. Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer mengandung kandungan alkohol yang memang dapat mengurangi kadar minyak. Sayangnya, penggunaan hand sanitizer yang berlebihan tidak akan bersifat baik pada rambut Anda. Penggunaan dalam jumlah yang banyak tentunya akan membuat rambut Anda menjadi sangat kering dan rusak. Namun, Anda boleh mencobanya sekali-kali dengan dosis yang tidak terlalu banyak, dan juga tidak terlalu sering. Cara menggunakan hand sanitizer untuk mengatasi rambut lepek. Ambil sedikit hand sanitizer pada telapak tangan. Usapkan pada daerah rambut yang berminyak secara merata. Ingat jangan menggunakannya terlalu banyak dan sering.

Sponsors Link

5. Memakai Tissue Basah

Seperti hand sanitizer, beberapa tissue basah memang dilengkapi dengan kandungan alkohol sehingga dapat mengurangi kadar minyak. Tetap saja penggunaan yang berlebihan akan membawa dampak buruk pada rambut. Cara menggunakan tissue basah pada cara mengatasi rambut berminyak atau yang dikenal rambut lepek. Ambil tissue basah dan usapkan pada daerah rambut yang lepek. Tepuk-tepukkan secara merata. Sisir dan ratakan rambut setelahnya.

6. Menggunakan Dry Shampoo

Dry shampoo lebih praktis dan hemat waktu dibandingkan dengan shampoo biasanya yang masih harus melakukan pembilasan rambut dengan air. Menggunakan dry shampoo untuk mengatasi rambut lepek Anda ini akan sangat efektif dan membantu Anda menghemat waktu merapikan rambut lepek Anda yang susah diatur. Cara menggunakan dry shampoo pada rambut lepek. Sisir dan rapikan rambut terlebih dahulu, luruskan rambut yang kusut. Semprotkan dry shampoo secara merata pada rambut mulai dari akar sampai ujung rambut. Ratakan menggunakan telapak tangan. Tunggu hingga dry shampoo mengendap dan terserap dalam rambut. Rapikan rambut kembali dan tata rambut Anda menggunakan sisir.

7. Memakai Paper Towel

Sponsors Link

Paper towel ini bisa dibilang merupakan cara yang paling sederhana dan tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Paper towel atau tisu kering dapat mengatasi rambut lepek Anda dengan mudah. Cara menggunakan paper towel untuk rambut lepek. Oleskan tisu kering pada daerah rambut yang kering. Biarkan tisu kering menyerap minyak berlebihan pada rambut. Gosok-gosokkan pada daerah rambut yang lepek secara merata hingga kandungan minyak menjadi berkurang. Atur dan tata rambut menggunakan sisir setelahnya.

Selain itu masih ada banyak dan masih banyak lagi cara untuk mengatasi rambut lepek tanpa keramas, sebagai berikut:

  1. Menguncir Rambut.
  2. Tidak Sering Mengeringkan Rambut.
  3. Tidak Banyak Memakai Vitamin Rambut.
  4. Tidak Menerapkan Kondisioner Pada Kulit Kepala.
  5. Tidak Menggunakan Produk Perawatan Rambut Setiap Hari.
  6. Tidak Membiarkan Rambut Lembab.
  7. Tidak Menutup Rambut Dalam Keadaan Basah.
  8. Mengecat Rambut.
  9. Mengubah Model Gaya Rambut.
  10. Tidak Sering Menyisir Rambut.
  11. Mengkonsumsi Banyak Vitamin B.
  12. Tidak Sering Memijat Kepala.
  13. Tidak Sering Menyentuh Daerah Rambut.
  14. Banyak Mengkonsumsi Air Putih.

Jadi itulah beberapa ulasan dari mengatasi rambut yang lepek tanpa harus anda melakukan keramas dengan langkah yang mudah untuk diatasi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut