Sponsors Link

24 Cara Mengatasi Rambut Kusut Alami

Rambut sangat mencerminkan penampilan seseorang. Namun apa jadinya bila sesuatu yang dibanggakan memiliki masalah seperti kekusutan? Rambut kusut sangat sering dialami setiap orang, terutama pada cuaca yang teriik. Rambut kusut ini terjadi karena kelembaban pada rambut menguap melalui kutikula rambut yang terangkat karena terasa panas, dan terakhir menghasilkan helai rambut yang mengembang dan akan memiliki  ciri-ciri rambut rontok . Beberapa faktor yang menjadi penyebab bisa bermacam-macam mulai dari bahan perawatan rambut hingga gaya hidup yang ada.

ads

Faktor Penyebab Rambut Kusut

Beberapa hal yang menjadi penyebab rambut kusut yaitu mandi dengan air panas, Terlalu sering menggunakan alat penata rambut, Diet yang salah, Pengering rambut yang salah, Rambut diikat terlalu kencang, Terlalu sering menggaruk kepala, Akibat Terlalu Sering Keramas, Menyisir rambut mulai dari atas ke bawah, Merokok dan stress. Dengan banyaknya penyebab, maka diperlukan cara untuk mengatasinya yang aman dan tidak memiliki efek samping agar tidak ada masalah lain yang timbul.

Merawat Rambut Kusut

Disini akan dibahas artikel mengenai cara mengatasi rambut khusus yang bisa kamu terapkan, cekidot !

  1. Air Berkarbonasi
    Salah satu cara untuk mengatasi rambut kusut adalah dengan menggunakan air berkarbonasi. Air berkarbonasi dapat mengobati kekusutan karena memiliki ph yang cukup rendah sehingga melemaskan rambut hingga dapat dibentuk. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan membilas rambut kamu dengan air berkarbonasi kemudian bersihkan rambut dengan mencuci hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara berulang-ulang .
  2. Cuka Sari Apel
    Cuka sari apel ternyata memiliki kandungan asam yang dapat memberikan kemulusan dari kekusutan yang dapat mengobati rambut kusut kamu. Untuk penggunaannya kamu bisa mencampurkan air cuka sari apel dengan air tawar dalam jumlah yang sama besar. Untuk frekuensi penggunaannya kamu bisa melakukannya setiap dua hingga empat kali seminggu . cara lainnya yaitu bisa kamu lakukan dengan mengambil air dengan kapas kemudian peras kapas diatas kepala hingga airnya akan mengenai rambut kamu. Setelahnya kamu bisa melakukan keramas dengan cuka tersebut. kemudian bersihkan hingga bersih .
  3. Melakukan Dengan Bir
    Bir ternyata bisa dalam mengobati rambut kusut karena bir mengandung berbagai gizi seperti nutrisi, mineral, vitamin, antioksidan serta asam amino. Dengan adanya kandungan tersebut dapat mengobatai rambut yang kusut. Pemilihan bir yang baik adalah yang memiliki warna agak gelap. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan membalurkan bir kepdaa seluruh rambut hingga merata kemudian diamkan rambut beberapa menit dan setelah itu bersihkan dengan keramas hingga bersih.untuk frekuensi perawatan lakukan setiap dua minggu sekali. Untuk perawatan yang maksimal, kamu bisa memberi kombinasi antara bir, sampo dan kondisioner .
  4. Menggunakan Alpukat
    Alpukat disini akan dijadikan sebagai masker dan akan memberikan pengobatan terhadapat rambut kamu yang kusut. Alpukat mengandung  manfaat vitamin E untuk rambut yang bermanfaat dalam mengobati kekusutan rambut. Lemak yang dikandung alpukat pun dapat mengobati hal itu. Cara penggunaannnya cukup mudah yaitu dengan menghancurkan buah alpukat yang kemudian dipadukan dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian diamkan rambut kamu hingga 30 menit dan selanjutnya coba bilas hingga bersih. Selain itu coba kamu padukan dengan kondisioner agar rambut kamu terasa lembut. Kombinasi selain dengan minyak zaitun bisa kamu gunakan dengan mencampurkan tahu susu. Kemudian kamu jadikan sebagai masker rambut yang akan dibalurkan ke seluruh rambut kamu.
  5. Pisang
    Sponsors Link


    Pisang ternyata dapat mengobati rambut yang kusut. Pisang mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat menjaga kelembaban serta melunakkan dan menambahkan kilau pada rambut serta mencegah dan memperbaiki rambut bercabang. Cara penggunaaannnya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan satu buah pisang hingga tidak ada gumpalan padanya. Kemudian tambahkan adonan dengan dua sendok minyak zaitun dan dua sendok madu. Lalu oleskan adonan kepada rambut secara merata dan diamkan hingga 30 menit. Gunakan juga kondisioner agar rambut kamu semakin lembut .
  6.  Santan kelapa
    ads

    Santan Kelapa ternyata mengandung protein yang bermanfaat bagi kelembaban rambut yang dapat melembutkan rambut kusut kamu. Cara mendapatkan santan bisa kamu beli dipasaran atau memeras daging kelapa. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menempatkan dua sendok makan santan pada panci kemudian panaskan larutan tersebut. Hangatkan jangan sampai mendidih karena akan merusaknya.. lalu oleskan larutan santan pada rambut kmau hingga merata dan diamkan selama semalam. Larutan yang hangat akan membuat penyerapan semakin efektif. Paginya coba bilas rambut kamu dengan sampoo dan biarkan kering secara alami. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Kamu juga bisa melakukan cara  cara membuat minyak kelapa .
  7. Minyak Zaitun
    minyak yang satu ini dapat digunakan dalam mengobati rambut yang kusut karena memberikan kelembaban pada rambut dan kulit rambut. Alhasil, rambut akan halus dan tidka kusut lagi. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu memanaskan terlebih dahulu minyak yang ada kemudian oleskan pada rambut kamu secara merata. Kemudian bungkus rambut kamu dengan topi mandi agar menjaga suhu sehingga meningkatkan penyerapan ke kulit rambut. Lakukan keramas hingga bersih agar aroma dan minyak tak ada yang tertinggal. Untuk perawatan yang maksimal lakukan hingga tiga kali seminggu.
  8. Telur
    Telur dapat digunakan dalam mengatasi rambut yang kusut. Telur yang terdiri dari bagian kuning dan putih telur memiliki peran masing-masing. Bagian kuning telur berguna dalam menjaga kelembaban serta putih telur dapat membunuh bakteri dan menghilangkan minyak yang berlebihan. Cara penggunaannya yaitu dengan mengocok satu butir telur kemudian kombinasikan dengan minyak zaitun sebanyak satu sendok teh. Minyak zaitun juga menjaga kelembaban rambut. Kemudian larutan dioleskan secara merata dan diamkan selama setengah jam. Lalu bilas dan cuci secara merata .
  9. Mayones
    Mayones yang merupakan produk dari bahan telur memberikan manfaat dalam mengatasi rambut yang kusut. Rambut dapat kuat dan memperoleh lapisan pelindung untuk menjaga kelembaban. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengambil setengah botol mayones kemudian dicampurkan juga dengan minyak zaitun, kuning telur dan juga satu sendok makan jus lemon. Lalu campurkan hingga merata. Kemudian oleskan adonan kepada rambut hingga merata dan diamkan sekitar satu jam setengah. Kemudian cuci rambut sampai bersih .
  10. Lemon
    Untuk lemon ini dapat digunakan dalam mengatasi rambut kusut karena mengandung vitamin dan mineral. Untuk cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan air lemon dengan madu. Lalu encerkan dengan secangkir air. Kemudian oleskan kepada rambut yang baru dibersihkan dari kotoran. Diamkan 10 hingga 15 menit lalu cuci rambut hingga bersih. Untuk perawatan yang maksimal lakkukan hingga 2 kali seminggu .
  11. Es Batu
    Es batu dapat mengatasi kekusutan rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan menggosok es batu pada helaian rambut yang cukup kusut dan terlihat tersimpul. Cara ini dapat menghilangkan kekusutan. Lakukan secara berulang-ulang
  12. Baking Soda
    Untuk baking soda ini, ternyata dapat berkhasiat mengatasi rambut kusut. Karena dapat membersihkan debu yang menumpuk dan membuat rambut kusut. Cara penggunaannya yaitu dengan cara mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 3 sendok makan kondisioner dan campurkan secara merata. Lalu oleskan kepada rambut kamu dan diamkan selama 5 menit. Setelahnya coba kamu sisir bergerigi renggang atau lebar pada rambut yang lembab. Kemudian, cuci rambut hingga benar-benar bersih.
  13. Gunakan Sisir Kayu
    Ternnyata sisir dapat berpengaruh dalam rambut yang kusut. Sisir yang terbuat dari kayu sangat baik dalam menguraikan simpul rambut yang kusut dan meminimalisir kerusakan rambut. Untuk sisir yang terbuat dari plastik maka akan timbul gesekan statis dan akhirnya rambut semakin kusut. Namun untuk sisir kayu tidak akan menimbulkan gesekan statis sehingga kekusutan rambut bisa dikurangi
  14. Homemade Oil Treatment
    Sponsors Link


    Minyak essensial memang sudah banyak digunakan dalam mengobati masalah rambut seperti rambut yang kusut. Untuk perawatan ini dapat kamu gunakan beberapa minyak almond, minyak kelapa dan juga minyak jojoba. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 2 sendok makan minyak essensial seperti minyak almond, kelapa, jojoba dan zaitun. Kemudian campurkan seluruh bahan tadi dan panaskan. Pastikan minyak tidak terlalu panas. Kemudian pijat lembut rambut dan bungkus dengan minyak. Diamkan 30 menit. Dan bersihkan secara total agar tidak ada minyak yang tertinggal.
  15. Air Beras dan Madu
    Ya benar, ternyata air beras dapat digunakan dalam mengobati rambut yang kusut. Kemudian rambut ini dapat terlihat mengkilau dan mempertahankan kelembaban setelah digunakan air beras. Untuk cara penggunaanya yaitu dengan mencampurkan 1 cangkir air beras dan 2 sendok teh madu secara merata. Kemudian oleskan rambut secara merata dan diamkan dari 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih .

Beberapa cara lain yang dapat kamu gunakan dalam mengatasi rambut khusus sebagai berikut :

  1. Lakukan dalam keadaan rambut lembab atau basah.
  2. Pisahkan rambut dalam merawat, bukan menarik
  3. Gunakan peralatan yang tepat
  4. Sisir mulai dari ujung rambut
  5. Gunakan kondisioner
  6. Gunakan beberapa macam sisir
  7. Bagi rambut menjadi beberapa bagian
  8. Gunakan sarung bantal berbahan satin
  9. Hindari membeli sampo yang mengandung sulfat dan silikon

Demikianlah ulasan artikel ini dalam cara mengatasi rambut kusut yang bisa kamu aplikasikan secara mudah dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, semoga bermanfaat, terimakasih !

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut