Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Rambut Kaku, Kering dan Susah diatur

Untuk sebagian orang, rambut adalah hal yang sangat penting untuk dirawat dan ditata dengan sedemikian rupa, terutama bagi mereka yang selalu ingin tampil baik dan rapi di depan umum. Wanita selalu identik dengan rambut panjang yang terurai dengan indah, sebab dengan hal ini mereka akan terlihat lebih feminin. Demi mendapatkan rambut yang indah dan panjang, beberapa orang bahkan akan menerapkan berbagai cara agar rambut cepat panjang dan sehat. Hal ini sah-sah saja, selama menggunakan berbagai cara yang sehat dan alami pada rambut tersebut.

ads

Rambut memiliki daya tarik tersendiri di dalam penampilan kamu, itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk selalu menjaganya dengan baik. Untuk kamu yang suka tampilan rambut hitam alami, kamu bisa mengikuti cara menghitamkan rambut berikut ini, agar rambut kamu lebih hitam dan berkilau. Namun jika kamu menyukai tampilan rambut yang lebih berani dan terlihat penuh semangat, maka kamu bisa juga mencoba model rambut ombre yang belakangan ini sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Model dan warna rambut yang tepat sejak awal, akan membuat penampilan kamu lebih baik dan terlihat berbeda. Namun, bagaimana jika ternyata kamu justru memiliki rabut yang kaku dan cukup sulit untuk ditata?

Atasi rambut kaku dengan cara yang tepat

Di antara sejumlah masalah rambut yang kerap menghampiri banyak wanita, rambut kaku menjadi salah satu yang paling menjengkelkan. Bukan tanpa alasan hal seperti ini terjadi, sebab pada dasarnya rambut yang kaku memang sangat sulit ditata, bahkan meski telah menggunakan aksesoris rambut sekalipun. Jika sudah begini, bisa saja penampilan kamu menjadi berantakan dan tidak maksimal, terutama jika ternyata rambut kaku kamu terbilang cukup parah dan sulit diatasi.

Rambut yang kaku akan terlihat buruk dan kering, sehingga lebih sulit ditata, sebab rambut ini tidak lentur dan lembut. Namun tidak perlu ke salon dan melakukan perawatan khusus, sebab kamu juga bisa mengatasi sendiri rambut kaku ini dengan cara yang mudah dan alami di rumah.

Berikut ini adalah  12 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi rambut kaku:

1. Keramas Secara Teratur Dengan Shampo Lembut

Meski jarang, namuna da saja orang yang malas keramas dan membersihkan rambutnya. Hal ini bukan hanya akan membuat rambut kotor, namun membuatnya kaku dan sulit ditata. Keramaslah secara teratur setidaknya 3 kali dalam sepekan. Pilih dan gunakan shampo yang lembut dan tidak mengandung berbagai bahan kimia yang keras pada rambutmu, sehingga rambut bersih dan lembut. (baca juga: Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah)

2. Gunakan Kondisioner

Jika rambutmu termasuk ke dalam kategori yang mudah kering, maka shampo saja tidak akan cukup untuk merawat dan membersihkannya. Gunakan juga kondisioner setiap kali keramas, sehingga rambutmu akan lebih lembut dan lentur. Kondisioner juga akan mengatasi berbagai masalah rambut sekaligus, seperti rambut kaku dan kering, bahkan rambut yang rapuh juga.

Artikel lainnya:

3. Gunakan Sarung Bantal yang Lembut

Sponsors Link

Kamu akan tidur selama beberapa jam dalam semalam, dan selama itu kamu akan meletakkan kepala kamu pada sebuah bantal. Sangat penting untuk mencermati sarung bahan sarung bantal yang kamu gunakan, sebab hal ini bisa saja membuat penampilan rambut kamu berantakan di pagi hari sesaat setelah kamu bangun tidur. Pilih sarung bantal dengan bahan yang lembut seperti satin, sehingga tidak terjadi gesekan keras pada rambutmu selama kamu tidur, sebab gesekan ini bisa merusak bagian luar rambut dan membuatnya kering dan kaku. (baca juga: Model Rambut Pria Berponi)

4. Creambath

Jika rambut kamu termasuk jenis yang mudah kering dan kaku, maka kamu bisa creambath rambut kamu agar lebih lembut dan mudah diatur. Bukan hanya itu saja, creambath juga akan membuat rambut lebih sehat, sehingga penampilan kamu akan lebih baik dari sebelumnya. Pilih dan gunakan cream khusus yang bisa mengatasi rambut kaku dengan baik.

5. Gunakan Payung atau Topi Saat di Luar Ruangan

Hindari paparan sinar matahari langsung, sebab hal ini akan merusak rambut dan membuatnya kering dan kaku. Selalu gunakan payung atau topi yang lebar untuk cara mengatasi rambut kaku melindungi rambutmu, jika kamu melakukan aktifitas di luar rumah pada siang hari yang terik.

6. Gunakan Minyak Kemiri

ads

Selain menghitamkan rambut, minyak kemiri juga ampuh mengatasi rambut kaku. Cukup ambil dua sendok makan minyak kemiri, lalu terapkan pada rambut sesaat sebelum keramas. Gunakan minyak ini sebagai cem-ceman dan biarkan hingga 15 menit, sebelum akhirnya kamu keramas seperti biasa. (baca juga: Model Rambut Pria Untuk Wajah Bulat)

7. Hindari Handuk yang Kasar 

Cara kamu merawat rambutmu, tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan rambut itu sendiri. Selalu gunakan handuk yang bersih dan berbahan lembut pada rambutmu, agar bagian terluar rambut tidak rusak akibat gesekan handuk yang terlalu keras. Hindari juga menggosok rambutmu terlalu keras saat mengeringkannya setelah keramas, sebab hal ini bisa membuatnya rusak dan kering.

Artikel lainnya:

8. Santan Kelapa

Santan murni yang dihasiolkan dari parutan kelapa juga bisa melembutkan rambutmua dengan mudah dan cepat. Parut setengah butir kelapa dan peraslah santannya dengan menambahkan 3 sendok makan air terlebih dahulu. Gunakan santan ini sebagai cem-ceman sebelum keramas, agar rambutmu senantiasa lembut dan lentur.

9. Masker Rambut

Untuk mengatasi rambutmu yang kaku, kamu juga bisa mengandalkan masker rambut. Ada banyak varian masker yang bisa kamu pilih dan gunakan pada rambutmu, sehingga rambutmu lebih lembut dan tidak kaku lagi. (baca juga: Cara Membuat Rambut Keriting)

10. Gunting Rambut Secara Berkala

Rambut kaku juga kerap terjadi pada ujung rambut, terutama jika rambutmu cukup panjang. Untuk mengatasi ini, guntinglah rbutmu secara teratur, setidaknya sekali dalam 8-10 minggu. Hal ini akan membantu rambut tetap sehat dan tidak bermasalah.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi rambut dan kamu bisa menggunakan ini sebagai pelembut untuk mengatasi rambut kaku. Terapkan 3 sendok makan minyak zaitun pada rambutmu sebelum keramas, lalu pijat lembut agar meresap dengan baik pada rambut. Biarkan 15 menit, lalu keramaslah dengan shampo seperti biasanya. Minyak yang kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan ini, akan membuat rambutmu lentur dan tidak kaku.

12. Hindari Panas yang Terlalu Tinggi

Dalam menata rambut, penggunaan alat penata rambut tentu menjadi hal yang kerap bersifat wajib untuk sebagian orang. Jika kamu juga terbiasa menggunakannya, maka cobalah untuk menggunakan panas yang tidak terlalu tinggi, sehingga alat penata rambut ini tidak akan merusak rambutmu dan membuatnya menjadi kaku.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut kaku, sehingga rambutmu lebih lembut dan mudah ditata. Pilih cara yang paling tepat, agar lebih mudah dan cepat mengatasi masala rambutmu yang kaku.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 02:31 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut