Sponsors Link

22 Cara Mengatasi Bau Rambut Terbukti Ampuh

Rambut merupakan hal yang menarik perhatian. Sehingga sebagian orang rela merogoh kocek hanya untuk memberikan perawatan rambut yang terbaik. Masalah rambut sangat banyak yang dialami, salah satunya yaitu bau rambut yang tak sedap. Terkadang karena sering beraktifitas, banyak keringat maupun kotoran yang menempel sehingga menimbulkan bau yang tak sedap.  Beberapa penyebab dari bau rambut bisa bermacam-macam seperti kamu jarang membersihkannya karena terasa sibuk dan merasa tak perlu membersihkan rambut sehingga kotoran akan menumpuk.

ads

Untuk keringat dari kulit kepala yang timbul pun menimbulkan bau tak sedap. Penyebab lainnya yaitu karena kamu mencuci rambut tidak teratur dan tanpa menggunakan sampo. Mencuci rambut dengan air saja tidak cukup karena tidak dapat mengangkat kotoran, gunakan sampo atau sabun rambut untuk mengangkat minyak dan kotoran yang ada. Rambut yang basah juga menjadi penyebab bau rambut seperti ketika setelah mati, memakai penutup kepala basah dan berbaring dalam keadaan rambut basah .

Perawatan Rambut untuk Bau Apek

Dalam hal ini kamu pun harus tahu langkah yang tepat dalam menghilangkan bau rambut tak sedap yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja sehingga mendapatkan perlakuan yang pas bagi rambut kamu, maka akan diulas beberapa cara menghilangkan bau pada rambut, sebagai berikut:

  • Jeruk

Ternyata jeruk dapat menjadi cara dalam cara mengatasi bau rambut kamu. Jeruk kaya mengandung vitamin C yang dapat membunuh bakteri di kepala karena sifat asamnya. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengiris atau tumbuk kulit jeruk kemudian peras. Air yang diperoleh untuk mencuci rambut dan menghilangkan bau yang tak sedap di rambut .

  • Tomat

Tomat dapat menjadi cara dalam menghilangkan aroma yang tak sedap. Daging tomat pun memiliki ph yang cukup tinggi sehingga menambah efektifitas menghilangkan bau tak sedap. Cara penggunaannya yaitu dengan menghaluskan tomat dengan cara dihaluskan melalui pemblenderan. Kemudian jadikan sebagai masker rambut dan diamkan hingga 30 menit dan cuci rambut sampai bersih.

  • Minyak lavender

Minyak lavender bisa menjadi cara dalam cara mengatasi bau rambut tak sedap. Minyak ini memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mencegah infeksi pada kulit kepala. Minyak lavender diusapkan secara merata dan dipijat dirambut dan kulit kepala. Kemudian diamkan beberapa menit dan bersihkan hingga tak ada minyak yang tertinggal.

  • Baking Soda

Baking soda ternyata dapat juga menjadi solusi ampuh yang dapat digunakan sebagai penghilang bau tak sedap dikepala. Cara penggunaan baking soda ini yaitu dengan cara mengoleskan soda kerambut secara merata dan cuci hingga bersih. Setelah itu diamkan agar baking soda menyerap ke kulit kepala. Kemudian bilas hingga bersih benar.

  • Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial ternyata dapat menghilangkan bau tak sedap. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan secara merata minyak ke rambut kotoran-kotoran akan terangkat dan lakukan pijatan. Setelah itu bersihkan dengan melakukan keramas. Kamu juga dapat melakukan  cara merawat rambut dengan minyak zaitun.

  • Tea Tree oil
Sponsors Link

Minyak yang satu ini yaitu minyak dari pohon teh. Tea tree oil ini mengandung sifat antimikroba yang dapat menimbulkan bau tak sedap pada rambut yang akan menyebabkan infeksi kulit kepala.  Caranya cukup mudah yaitu oleskan minyak kepada rambut, diamkan dan bersihkan hingga tak ada minyak tersisa dikepala. Selain menghindari bau tak sedap, minyak ini dapat mengurangi masalah rambut berminyak, dan ketombe .

  • Daun Mimba

Daun nimba adalah daun dari spesies Azadirachta indica A yang dapat menghasilkan minyak. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu bisa kamu campurkan dengan sampoo kemudian oleskan secara merata ke rambut kepala. Lalu diamkan beberapa saat dan cuci bersih. Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meneteskan minyak di kulit kepala dan pijat agar meresap. Kemudian biarkan selama semalam. Setelah itu kamu bisa keramas esoknya.

  • Aloe Vera

Aloe vera atau yang disebut lidah buaya dapat digunakan dalam menghilangkan bau tak sedap. Bahan ini dapat menjaga kelembaban kulit rambut serta mencegah rambut rontok juga. Cara penggunaannya jadikan sebagai masker kemudian oleskan secara merata dirambut kepala kamu. Diamkan dan kemudian cuci bersih. Untuk hasil yang maksimal dapat dilakukan seminggu sekali .

  • Alkohol
Sponsors Link

Alkohol yang biasanya terdapat dirumah dapat menghilangkan penumpukan kotoran yang ada dikepala dan menghilangkan bau tak sedap. Hal ini juga akan meningkatkan pertumbuhan rambut.  Cara penggunaannya cukup oleskan alkohol kepada rambut kamu hingga merata. Pijat-pijat agar kotoran kepala akan terangkat bersamaan dengan larutan alkohol.

  • Madu dan kayu manis

Madu yang dipadukan dengan kayu manis dapat dijadikan cara dalam menghilangkan bau tak sedap. Campuran ini dijadikan masker dan akan diaplikasikan kepada rambut karena memiliki manfaat masker madu untuk rambut. Campuran ini memiliki sifat antibakteri dan jamur sehingga dapat menghilangkan bau. Selain dijadikan masker, kamu dapat mengkonsumsi satu sendok makan madu dengan dicampurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis untuk memperkuat sistem tubuh.

Selain itu ada juga beberapa cara untuk mengatasi rambut yang bau yang bisa anda ketahui sebagai berikut:

  • Menjaga kulit kepala agar selalu kering dan dingin
  • Jaga makanan yang sensitif
  • Banyak minum air Putih
  • Rajin keramas
  • Menggunakan dry shampoo
  • Menggunakan parfum
  • Menggunakan essential oil
  • Gunakan hairmist
  • Gunakan hair dryer dengan udara dingin
  • Homemade Oil Treatment
  • Memperhatikan alat perawatan rambut
  • Perawatan dengan cuka sari apel

Demikianlah, ulasan mengenai cara mengatasi bau rambut tak sedap, beberapa cara tersebut dapat kamu lakukan dan bila ada efek samping sebaiknya kamu konsultasikan kepada pakar terkait agar khasiatnya terasa. Semoga dapat kamu aplikasikan dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi siapa saja yang peduli dengan kesehatan rambut, terimakasih.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut