Sponsors Link

8 Cara Menentukan Belahan Rambut Pria Agar Tampak Rapi

Agar rambut kita selalu tampak rapih, biasanya menentukan cara belahan rambut adalah penunjang utamanya. Baik pada pria maupun wanita, belahan rambut yang dibuat dapat menjadikan rambut tampak lebih rapi dan membuat wajah menjadi lebih tegas. Menentukan belahan rambut cukup mudah, namun tetap harus disesuaikan dengan bentuk wajah kita, agar terlihat rapi dan sesuai.

ads

Belahan rambut biasanya sudah alami terdapat pada rambut pria maupun wanita. Namun, seiring dengan perkembangan trend gaya rambut saat ini, setiap potongan gaya rambut baru biasanya akan ikut merubah belahan rambut yang sebelumnya. Seperti trend rambut pomade pada pria yang cenderung banyak menggunakan belahan rambut pinggir yang extreme.

Jenis-Jenis Belahan Rambut Pada Pria

Sebelum kita membahas cara menentukan belahan rambut pria, sekedar informasi, terdapat beberapa jenis belahan rambut yang sering digunakan dan disesuaikan dengan jenis wajah. Berikut ulasanya:

  • Belahan Rambut Tengah

Sekitar tahun 90-an, para selebriti pria seperti Nick Carter salah satu anggota boyband Backstreet boys yang populer itu, pernah menyisir rambutnya dengan belahan tengah yang memberi kesan klasik. Umumnya, belahan rambut tengah ini memang cocok untuk berbagai bentuk wajah.

  • Belahan Rambut Diagonal

Belahan rambut seperti ini sering digunakan ketika pria akan menggunakan gaya rambut pomade pada tampilanya. Belahan rambut yang melintang ini, akan menimbulkan kesan yang sangat rapi pada rambut pria dan cocok digunakan untuk pria yang berwajah cenderung bulat atau kotak. Menggunakan belahan rambut diagonal, akan memberikan kesan tirus pada wajah.

  • Belahan Samping Normal

Belahan rambut samping sepertinya merupakan belahan rambut normal yang alami. Tanpa merapihkan rambut sekalipun, belahan rambut pinggir biasanya sudah terbentuk. Belahan samping ini ada yang mengarah ke kanan maupun ke kiri. Agar hasil belahan pinggir lebih natural, sebaiknya gunakan tangan untuk membentuk rambut dengan belahan samping ini.

  • Belahan Samping Extreme

Para pria yang menstylish rambutnya dengan model-model rambut zaman sekarang, juga cenderung menggunakan jenis belahan rambut samping yang extreme ini. Hampir sama dengan belahan rambut samping normal, namun lebih mengambil dari bagian sisi terdalamnya. Menggunakan belahan rambut ini, akan membuat kesan dramatis dan cocok digunakan pada acara-acara khusus.

  • Belahan Belakang

Jenis belahan rambut belakang, bisa dibilang membuat rambut menjadi tidak memiliki belahan. Belahan rambut ini memang sering digunakan oleh para pria. Mereka menggunakan wax atau pomade dan gel untuk menciptakan belahan ini. Sekilas, pria dengan belahan rambut tengah akan terkesan rambutnya selalu basah atau wet look.

Cara Menentukan Belahan Rambut Pria

Seorang pria yang menyukai gaya-gaya rambut yang sedang trend saat ini, biasanya akan mudah berganti-ganti gaya rambut saat merasa bosan. Namun, ada hal yang harus kita perhatikan sebelum mengubah tatanan rambut menjadi baru. Kita perlu memperhitungkan bagaimana bentuk wajah serta rambut kita dan kegunaan dari penataan rambut yang akan digunakan. Menata rambut baru, bisa jadi merubah belahan rambut kita.

Berikut ini cara menentukan belahan rambut pria yang akan merubah gaya rambutnya, agar tetap terlihat cocok dan keren:

  • Pastikan Gaya Rambut Sesuai Kondisi
Sponsors Link

Jika gaya rambut yang ingin kamu pilih adalah gaya rambut untuk sehari-hari, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi keseharian kamu. Misalnya, menggunakan gaya rambut baru nanti tidak akan menjadi masalah ketika pergi kerja atau menghadiri meeting, maka gaya rambut tersebut bisa dipilih. Pastikan memilih gaya rambut dengan belahan rambut pinggir saja, agar terkesan natural.

  • Meminta Saran Teman

Jika sebelum merubah gaya rambut , kamu memiliki belahan rambut pinggir atau tengah yang natural, sebaiknya minta saran teman tentang gaya rambut yang cocok untukmu. Gaya rambut tersebut sebaiknya tidak merubah belahan rambut yang memang sesuai bentuk wajah, namun tetap terkesan rapid an keren.

  • Pertimbangkan Belahan Rambut dan Bentuk Wajah

Sebelum memilih gaya rambut baru, pertimbangkan antara belahan rambut dengan bentuk wajah kamu. Jika kamu cenderung memiliki bentuk wajah bulat jangan memilih gaya rambut dengan belahan rambut tengah. Untuk bentuk wajah dengan rahang yang tegas dan tulang pipi meninggi, jangan memilih gaya rambut dengan belahan terlalu pinggir yang extreme. Belahan rambut pinggir yang tidak terlalu tengah dan tidak terlalu pinggir akan lebih cocok untuk dipilih.

  • Menyisir Rambut Dengan Rapi

Setelah memilih model rambut baru dengan belahan rambut yang sesuai postur wajah kamu, sisir rambut dengan rapi. Sisir rambut kamu kea rah depan, samping atau belakang atau bisa juga langsung ke bawah. Menyisir rambut pria pastinya lebih mudah dan lebih cepat rapi.

ads
  • Gunakan Produk Penata Rambut

Biasanya, agar rambut baru para pria terkesan rapi, mereka tidak cukup hanya dengan menyisir saja. Jangan lupa untuk menggunakan produk penata rambut yang cocok untuk kamu, seperti krim rambut, gel atau krim pomade untuk menunjang penampilan kamu.

  • Kuatkan dengan Hairspray

Mungkin penggunaan hairspray tidak wajib untuk para pria. Namun, jika ingin rambut baru dengan belahan rambut yang matching tersebut tidak mudah kehilangan bentuknya, kamu bisa menggunakan hairspray setelah menata rambut.

  • Gunakan Sisir

Untuk tatanan rambut sehari-hari, mungkin kamu tidak perlu selalu menggunakan hairspray atau gel setiap kali bersantai di rumah. Namun, rambut harus tetap rapid an untuk itu cukup gunakan sisir saja untuk merapihkan rambut dan merapihkan belahan rambut yang telah dibuat sebelumnya.

  • Gunakan Tangan

Rambut pria , sekalipun sudah menggunakan gaya rambut baru, tetap akan lebih mudah diatur dibandingkan rambut wanita. Jika sedang terburu-buru, kamu juga bisa merapihkan dan menentukan belahan rambut dengan menggunakan tangan, saat tidak ada sisir atau produk penata rambut sekalipun.

Menentukan belahan rambut pada pria, tergantung dari gaya rambut yang hendak dipilih, serta bentuk wajah dari pria tersebut. Perpaduan yang cocok, akan menampilkan rambut yang rapi dan menunjang penampilanya.

Kesalahan Menata Rambut Pria

Terkadang para pria cukup sulit menentukan gaya rambut baru, serta belahan rambut yang benar-benar sesuai untuk menunjang penampilanya. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Para pria juga cukup sering melakukan kesalahan dalam menata rambut, sehingga rambut mereka terkesan selalu berantakan, bahkan tidak memiliki belahan rambut. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan para pria dalam menata rambutnya, berikut ulasanya:

  • Terlalu Banyak Produk, Pria melakukan kesalahan dalam menata rambut, karena terlalu banyak menggunakan produk rambut. Salah satu produk rambut yang sering digunakan adalah krim pomade. Penggunaan pomade yang terlalu berlebihan malah akan membuat rambut berminyak dan lebih lepek. Sebaiknya, jadikan rambut lebih bervolume dengan melakukan blow dry saja.
  • Lupa Mengeringkan Rambut, Masih ada pria yang sering lupa mengeringkan rambut setelah keramas? Kebiasaan seperti ini akan membuat rambut yang sudah ditata rapi menjadi mudah berantakan. Sebaiknya, aplikasikan produk rambut dengan benar, yaitu saat kondisi rambut sudah kering agar tatanan rambut lebih tahan lama.
  • Terlalu Sering Dikeramas, Para pria yang sering mencuci rambut cukup sering, sebaiknya menghindari hal tersebut. Rambut yang dikeramas setiap hari sebetulnya akan rusak . Cara keramas yang benar adalah secara berselang minimal dua hari sekali, akan membuat rambut lebih sehat.
  • Tidak Menggunakan Kondisioner, Ketika keramas, para pria biasanya sering melewatkan penggunaan kondisioner. Padahal, kondisioner ini baik untuk mengangkat kutikula rambut. Sebaiknya, gunakan sampo serta kondisioner secara terpisah agar rambut jauh lebih sehat.
Sponsors Link

  • Menutupi Penipisan Rambut, Para pria juga sering mengalami masalah kerontokan rambut pada usia dini. Namun, jika sudah terjadi, mereka lebih memilih rambut mereka menjadi botak dan pitak dengan menambahkan sedikit hairline pada bagian kepala. Namun, cara ini salah dan membuat botak tersebut menjadi lebih terlihat. Cara yang benar adalah para pria harus mengatasi terlebih dulu masalah kerontokanya, sebelum menggunakan gaya rambut.
  • Lupa Untuk Memblow Dry, Blow dry biasanya memang lebih banyak dilakukan oleh para wanita, agar tampilan rambut menjadi lebih rapi dan ujung rambut lebih mengarah ke dalam. Para pria juga sebaiknya melakukan teknik ini, dengan cara mengeringkan rambut terlebih dulu, lalu gunakan hairdryer dan sisir rambut sesuai keinginan. Teknik ini juga bisa membuat rambut pria dengan belahan rambut apa saja, menjadi lebih bervolume.

Merawat rambut pria dengan lebih mudah, perhatikan tips ini:

  • Menghindari penggunaan produk rambut yang berlebihan dan terlalu banyak
  • Menentukan potongan rambut yang akan dipertahankan, agar lebih mudah menyisir dan menentukan belahan rambut
  • Konsultasikan soal penataan rambut, dengan penata rambut professional jika belum yakin dengan gaya rambut yang akan dipilih.

Sebagian pria saat ini juga suka berganti model gaya rambut, agar penampilanya terlihat lebih segar, lebih muda dan juga lebih rapi. Dengan mengetahui cara menentukan belahan rambut pria melalui model rambut yang dipilih, menata rambut akan jauh lebih mudah.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pria