Sponsors Link

19 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Memiliki rambut yang indah dan sehat tentu menjadi idaman hampir semua orang. Bukan hanya bagi orangtua saja, namun orang-orang berusia muda juga menginginkan hal yang sama. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang selalu mengupayakan berbagai macam perawatan bagi rambut mereka, meskipun hal ini kerap membutuhkan biaya yang cukup besar. Berbagai produk perawatan rambut bisa saja digunakan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan terawat, sebab di luar sana ada banyak jenis perawatan yang bisa dibeli dan dipilih sesuai dengan kebutuhan rambut itu sendiri. Hal ini akan membuat perawatan rambut menjadi lebih mudah dan murah, sebab bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus mendatangi salon dan mengeluarkan biaya perawatan yang besar.

ads

Melakukan cara menebalkan rambut dengan teratur, akan membuat kita bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut itu sendiri. Hal ini akan membuat rambut bisa tumbuh dengan sehat dan tidak mengalami kerusakan. Merawatnya sejak awal tentu akan jauh lebih baik, daripada memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat perawatan yang tidak tepat. Ada banyak jenis perawatan rambut yang bisa dilakukan, seperti: masker rambut, creambath, memberikan tonik, memberikan serum, dan berbagai jenis perawatan lainnya. Namun adakalanya berbagai perawatan ini tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi pada rambut, terutama berbagai masalah yang terbilang cukup parah dan membutuhkan penanganan yang lebih serius, seperti masalah rambut tipis yang banyak diderita oleh sebagian orang.

Penyebab Rambut Tipis

Masalah rambut tipis bisa saja terjadi pada siapapun, baik itu orangtua ataupun orang-orang yang masih berusia muda. Tingkat keparahan rambut tipis ini juga akan sangat tergantung pada banyak hal dan berbeda-beda untuk setiap orang. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami penyebab terjadi rambut tipis terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil tindakan perawatan untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini akan mencegah terjadinya tindakan yang kurang tepat, sehingga manfaat maksimal bisa didapatkan dari tindakan perawatan yang dilakukan. Perawatan yang spesifik dan tepat pada permasalahan rambut, tentu akan mengatasi masalah rambut dengan tuntas dan sesuai dengan harapan.

Ada banyak penyebab terjadinya rambut tipis, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

  • Faktor keturunan

Ada banyak perwatan rambut yang kerap dijadikan pilihan oleh banyak orang, dan pada umumnya semua produk ini memiliki bahan kimia yang terbilang cukup keras, meskipun ada beberapa produk yang cukup ramah pada kulit kepala dan juga rambut. Apalagi salah satu faktor yah adalah dari memang ada keluarga yang memang mengalami penipisan pada rambut, jadi mungkin anda bisa terkena juga. (baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

  • Penggunaan Produk Perawatan Rambut Berbahan Kimia

Beberapa produk yang kerap digunakan dan mengandung bahan kimia yang keras, seperti: produk pengeriting rambut, produk pelurus rambut, shampo, bleaching, produk cat rambut, serta berbagai produk lainnya. Jika produk-produk ini digunakan dalam waktu yang cukup lama dan dalam jumlah yang terlalu berlebihan, maka bisa saja rambut rusak dan menjadi tipis.

  • Penggunaan Peralatan Penataan Rambut yang Terlalu Panas

Bukan hanya produknya saja, namun berbagai peralatan yang digunakan untuk menata rambut juga bisa merusak rambut itu sendiri dan membuatnya menjadi tipis. Hampir semua peralatan ini akan menggunakan listrik dan panas yang tinggi, sehingga jika digunakan terlalu sering dapat membuat rambut menjadi rusak dan bahkan tipis. Beberapa peralatan yang kerap digunakan dan bisa membuat rambut tipis, seperti: hair dryer, alat pencatok, alat pengeriting, dan berbagai peralatan lainnya. (baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam)

  • Kurang Nutrisi

Rambut yang kurang nutrisi juga bisa mengalami kerusakan, bahkan dalam tingkat yang parah sekalipun. Jika kurang nutrisi, biasanya rambut akan mengalami berbagai masalah, seperti: rambut kering, bercabang, rontok, dan bahkan mengalami penipisan. Semua ini akan membuat rambut menjadi tipis dan tidak sehat.

  • Rambut Rontok

Selain berbagai hal di atas, rambut rontok juga menjadi salah satu penyebab rambut tipis dan rusak. Kerontokan ini bisa saja diakibatkan oleh banyak hal, seperti: kerontokan rambut akibat melahirkan dan menyusui, kerontokan rambut akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan rokok, kerontokan rambut akibat kurangnya nutrisi pada rambut, kerontokan akibat menderita penyakit tertentu (kanker, typus, dan yang lainnya). Berbagai masalah yang menjadi penyebab rambut tipis ini, bisa saja membuat rambut menjadi benar-benar rusak parah. Untuk itu, dibutuhkan penanganan yang tepat sejak awal, agar rambut bisa menjadi sehat dan tebal kembali.

Menebalkan Rambut Dengan Cara yang Tepat

Jika penyebab masalah rambut tipis telah dipahami dengan baik sejak awal, maka akan lebih mudah untuk melakukan tindakan yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Hal ini akan mempermudah proses pemulihan dan penebalan kembali rambut tersebut, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tebal dengan cepat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menebalkan rambut, mulai dari cara-cara yang menggunakan bahan-bahan alami, hingga melakukan perawatan medis yang tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun dalam kondisi rambut yang tipis (akibat kerusakan) parah, melakukan tindakan medis atau bantuan salon profesional tentu akan lebih tepat. Tapi jika masalah rambut masih dalam batas kerusakan yang ringan, maka berbagai perawatan yang dilakukan di rumah juga bisa membantu mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa cara menebalkan rambut dengan cepat, yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut tipis:

1. Teh Hijau

Sponsors Link

Khasiat yang terdapat di dalam teh hijau, tentu tidak perlu diragukan lagi. Sejak lama tanaman yang satu ini dikenal ampuh dan bisa memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Teh hijau juga bisa diandalkan untuk membuat rambut menjadi lebih tebal, sebab kandungan antioksidan dan juga vitamin di dalamnya bisa mengatasi masalah kerusakan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Rambut akan tumbuh lebih tebal dan lebat dari sebelumnya.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan teh hijau:

  • Ambil dua sendok makan teh hijau kering atau dua kantong teh hijau yang telah siap seduh. Masukkan ke dalam mangkuk kecil, lalu seduh dengan 150 ml air panas.
  • Tutup mangkuk dan biarkan teh terendam di dalamnya semalaman. Keesokan harinya, ambil air teh tersebut dan cacapkan pada bagian pangkal rambut secara merata.
  • Biarkan teh meresap ke akar rambut (sekitar 30 menit), lalu cuci dan bilas rambut seperti biasanya.
  • Lakukan langkah ini secara teratur 2-3 kali dalam seminggu, agar rambut menjadi lebih tebal dan sehat dari sebelumnya. (baca juga: Tips Membuat Masker)

Baca juga:

2. Santan Kelapa

Santan kelapa kaya akan protein dan juga vitamin, sehingga sangat bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan membuatnya tumbuh menjadi lebih kuat dan sehat. Bukan hanya itu saja, santan juga akan mengatasi rambut kering dan membuat rambut menjadi lebih lentur dan lembut dari sebelumnya. Santan bisa memberikan banyak nutrisi bermanfaat bagi rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru, sehingga rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan santan kelapa:

  • Parut ½ butir kelapa dan ambil pati santannya. Tidak perlu menambahkan banyak air untuk mengambil santannya, cukup campurkan parutan kelapa dengan 6 sendok makan air bersih, lalu remas-remas hingga pati santannya keluar.
  • Saring santan dengan menggunakan saringan yang rapat atau kain kasa, agar patinya bisa keluar semua. Lalu gunakan santan ini sebagai cem-ceman pada kulit kepala dan juga rambut dengan merata.
  • Pijat lembut rambut dan kulit kepala, agar santan bisa terserap dengan sempurna, lalu diamkan selama 30 menit.
  • Bilas rambut dengan menggunakan air dingin, sehingga sisa santan benar-benar hilang dan bersih dari rambut serta kulit kepala.
  • Santan akan membuat pertumbuhan rambut baru jadi lebih cepat, dan menutrisi rambut lama sehingga menjadi lebih sehat dan kuat. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu, agar rambut bisa tumbuh lebih tebal dan sehat. (baca juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Lidah Buaya)

3. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Ada banyak jenis rambut, termasuk berbagai masalah yang juga kerap terjadi pada rambut itu sendiri. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan banyaknya jumlah produk perawatan rambut yang beredar di pasaran. Ada banyak sekali produk perawatan rambut yang mudah kita temui, mulai dari produk berharga murah hingga produk perawatan yang termahal sekalipun. Hal ini seharusnya menjadi keuntungan tersendiri, sebab ada banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan rambut yang sehat. Namun tak jarang juga menjadi masalah, sebab jumlah yang banyak ini justru membuat kita kebingungan dan pada akhirnya membeli produk yang tidak sesuai bagi rambut.

  • Produk perawatan yang tidak tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambut, bisa saja merusak rambut dan membuatnya menjadi tipis.
  • Penggunaan shampo yang terlalu keras, berbagai produk perawatan yang terlalu sering juga bisa merusak rambut dan membuatnya rontok.
  • Untuk itu, selalu kenali dengan baik jenis rambut dan gunakan hanya produk perawatan yang sesuai dengan rambut itu sendiri.
  • Hal ini akan membantu rambut lebih sehat dan ternutrisi dengan baik, sehingga rambut lebih tebal dan tidak mengalami kerusakan.
  • Hindari juga penggunaan berbagai produk perawatan rambut yang berbahan kimia keras dan bisa merusak rambut dan membuatnya menjadi tipis. (baca juga: Cara Bleaching Rambut)

Baca juga:

4. Daun Seledri

ads

Bukan hanya menjadi penyedap makanan, daun seledri juga bisa menjadi bahan utama dalam cara menebalkan rambut. Daun seledri memiliki kandungan antioksidan serta vitamin E yang bisa menutrisi kulit kepala, sehingga rambut yang baru bisa tumbuh dengan lebih baik dan lebih tebal dari sebelumnya.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan daun seledri:

  • Ambil setengah ons daun seledri, cuci hingga bersih dan buang bagian akarnya. Potong-potong daun seledri hingga menjadi kecil, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
  • Tidak perlu menambahkan banyak air ke dalam blender, sebab daun seledri akan mudah lunak dan menjadi lumat.
  • Cuci rambut seperti biasanya dengan menggunakan shampo, sebelum menerapkan daun seledri ini, lalu keringkan dengan menggunakan handuk.
  • Ambil daun seledri yang telah halus, lalu cacapkan pada rambut dan juga kulit kepala hingga merata. Pijat rambut serta kulit kepala dengan lembut, lalu bungkus dengan menggunakan handuk.
  • Biarkan rambut selama 30 menit, agar daun seledri dapat meresap dengan sempurna pada rambut dan kulit kepala. Bilas kembali rambut hingga bersih dan tidak perlu menggunakan shampo pada tahap ini.
  • Keringkan rambut dengan menggunakan handuk. Lakukan hal ini 3-4 kali dalam sepekan, agar rambut menjadi tebal dalam waktu yang cepat. (baca juga: Cara Menghilangkan Gatal di Kepala)

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E dan juga antioksidan, sehingga tak heran jika minyak yang satu ini menjadi begitu populer dan banyak digunakan di dalam dunia kecantikan. Minyak zaitun bisa menyuburkan rambut dan membuatnya menjadi lebih tebal dari sebelumnya. Gunakan minyak zaitun yang murni, sehingga manfaatnya bisa maksimal bagi pertumbuhan rambut.

  • Ambil tiga sendok minyak zaitun, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala dengan merata. Pijat lembut kulit kepala, lalu tutup dengan handuk hangat agar meresap dengan sempurna.
  • Biarkan rambut hingga 30 menit, lalu cuci dengan menggunakan air dingin. Gunakan shampo yang lembut, agar nutrisi rambut tidak hilang akibat shampo yang terlalu keras.
  • Keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu, agar rambut menjadi lebih sehat dan tebal dalam waktu yang cepat.

Baca juga:

6. Madu Murni

Menggunakan madu murni untuk menyehatkan rambut tentu bukan hal yang baru lagi, sebab madu dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang kaya vitamin. Bukan hanya itu saja, madu juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan terawat. Gunakan madu murni untuk menebalkan rambut, sebab kandungan nutrisi dalam madu ini masih alami dan belum tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan madu:

  • Ambil 4 sendok makan madu murni dan taruh di dalam mangkuk kecil agar lebih mudah digunakan. Oleskan madu dengan merata pada rambut dan juga kulit kepala.
  • Pijat lembut rambut dan kulit kepala, agar madu bisa meresap dengan sempurna. Bungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat, dan diamkan selama 30 menit agar rambut ternutrisi dengan baik.
  • Cuci rambut dengan menggunakan air bersih, dan gunakan shampo yang lembut agar nutrisi pada rambut tidak hilang. Keringkan dengan cara alami dengan menggunakan handuk kering.
  • Cara ini bisa digunakan untuk menebalkan rambut, terutama jika dilakukan dengan teratur, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. (baca juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)

7. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini kaya akan nutrisi dan vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut. Lidah buaya akan memberikan nutrisi yang baik untuk menyehatkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang sehat. Gel lidah buaya yang dingin dan kaya akan vitamin ini, akan membuat rambut menjadi lebih sehat.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan lidah buaya:

  • Ambil sapotong daun lidah buaya, lalu iris bagian tepinya (yang berduri), agar getah lidah buaya bisa disingkirkan.
  • Getah lidah buaya ini bisa membuat kulit kepala gatal, sehingga lebih baik membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan pada rambut.
  • Potong lidah buaya masing-masing sepanjang 5 cm, lalu belah bagian tengahnya hingga gelnya terlihat.
  • Gunakan parutan keju untuk memisahkan gel dari kulit lidah buaya, parut bagian gel dan tampung di dalam mangkuk kecil.
  • Cacapkan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata, lalu pijat dengan lembut agar gel meresap dengan baik pada rambut dan kulit kepala.
  • Tunggu hingga meresap (sekitar 30 menit), lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tebal dari sebelumnya. (baca juga: Cara Menata Rambut Panjang)

Baca juga:

8. Minyak Kemiri

Buah yang kaya akan protein alami ini sangat berkhasiat untuk menyehatkan rambut dan membuatnya lebih indah dan hitam. Bukan hanya itu saja, kemiri juga bisa membantu pertumbuhan rambut baru menjadi lebih maksimal. Untuk merawatan rambut tipis dan menebalkannya, gunakan minyak kemiri murni atau akan lebih baik jika membuatnya sendiri di rumah.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan minyak kemiri:

  • Ambil 10 butir kemiri yang telah tua dan dikupas dari kulit tebalnya. Potong-potong kemiri dan upayakan untuk untuk membuatnya dalam ukuran yang sama, agar bisa matang dengan merata saat disangrai.
  • Sangrai kemiri dengan api kecil, hingga kemiri matang dan berubah warna menjadi hitam kecoklatan. Upayakan untuk menyangrai kemiri hingga minyaknya keluar, agar lebih mudah untuk dihaluskan.
  • Tumbuk kemiri hingga halus dan minyaknya keluar. Pisahkan minyak dengan ampas kemiri dengan menggunakan saringan kecil, lalu masukkan minyak kemiri ini dalam wadah / botol kecil agar bisa digunakan berulangkali.
  • Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan juga rambut secara merata. Biarkan hingga meresap (sekitar 30 menit), lalu cuci rambut dengan menggunakan shampo yang lembut.
  • Pastikan minyak kemiri bersih dengan sempurna, agar kulit kepala dan rambut tiak berminyak dan terasa lengket. Gunakan minyak kemiri ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, agar rambut menjadi lebih sehat dan tebal. (baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut Botak)

9. Lengkapi Gizi dan Vitamin A Dengan Baik

Sponsors Link

Di antara sejumlah penyebab rambut tipis yang diderita oleh banyak orang, faktor keturunan menjadi salah satu yang paling sering menjadi penyebabnya. Seseorang bisa saja hanya memiliki rambut yang tipis dan tidak tebal, karena mewarisi gen tersebut dari kedua orangtuanya. Kondisi rambut yang tipis akibat faktor gen ini, biasanya akan dialami oleh seseorang sejak masih bayi. Namun jika tidak ditangani dengan baik sejak awal, maka masalah rambut tipis ini bisa saja dialami oleh orang tersebut hingga berusia dewasa.

Inilah yang harus di perhartikan dalam menjaga rambut anda supaya lebat dalam memperhatikan vitamin A sebagai berikut:

  • Rambut yang sehat tentu harus didukung dengan asupan nutrisi yang cukup baik dari tubuh. Hal inilah yang kerap dilupakan, sehingga berbagai masalah pada rambut bisa terjadi, termasuk rambut tipis.
  • Untuk tumbuh sehat dan tebal, rambut membutuhkan asupan protein serta vitamin A yang cukup.
  • Berbagai kebutuhan ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yamg tepat. Produk kacang-kacangan, daging merah, serta telur, bisa menjadi sumber protein alami bagi rambut.
  • Sedangkan vitamin A dapat diperoleh dari konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika smeua ini dikonsumsi dalam takaran yang cukup, maka kesehatan rambut akan terjaga dengan baik dan rambut akan tumbuh sehat dan tebal.

10. Wortel

Knadungan vitamin A di dalam wortel begitu tinggi, sehingga sayuran yang satu ini banyak dipilih dan menjadi salah satu sayuran yang paling populer. Wortel juga bisa menutrisi rambut menjadi lebih sehat dan tebal, sehingga rambut menjadi lebih indah. Selain dikonsumsi secara langsung, wortel juga bisa diterapkan secara langsung pada rambut.

Berikut langkah-langkah membuat rambut lebat dengan menggunakan wortel:

  • Ambil 3 buah wortel berukuran segar, cuci bersih dan kupas. Parut wortel dengan mengunakan parutan keju, lalu peras airnya dan saring dengan menggunakan saringan teh.
  • Gunakan air perasan wortel ini sebagai cem-ceman pada rambut dan juga seluruh kulit kepala.
  • Setelah air wortel merata pada rambut, pijat kulit kepala dan rambut dengan lembut, sehingga meresap dengan baik.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan langkah ini 2-3 kali dalam seminggu, agar rembut tebal dan sehat.

Cara lainnya yang bisa anda gunakan dan lakukan untuk melebatkan rambut anda yang lainnya bisa anda gunakan dengan langkah yang sama dengan diatas, namun berbeda bahannya sebagai berikut:

  1. Minyak kelapa.
  2. Sering keramas.
  3. Memijatkan kepala saat keramas.
  4. Makan makanan yang mengandung vitamin B kompleks.
  5. Menggunakan serbuk daun bunga sepatu.
  6. Menggunakan masker rambut alami (pepaya, dan alpukat).
  7. Menggunakan kopi hitam dan teh hitam.
  8. Menggunakan lemon dengan campuran lidah buaya.
  9. Menggunakan air teh hijau dioleskan rambut anda.

Menebalkan rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah serta menggunakan berbagai bahan yang alami. Pilih cara yang tepat dan lakukan dengan teratur, agar rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 08:01 Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut