Sponsors Link

25 Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Walaupun bukan seorang raja, setiap orang ternyata bisa mempunyai mahkota. Rambut adalah mahkota setiap orang. Mahkota pun perlu dirawat dan dijaga. Rambut ini pun menjadi cerminan diri penampilan hingga status sosial, untuk itu perawatan dalam rambut itu perlu. Namun terkadang masih banyak masalah-masalah yang timbul karena kurangnya pengetahuan kita untuk merawatnya, menjaganya, dan yang lebih parah lagi yaitu salah langkah. Salah satu masalah rambut yaitu melepasnya akar sehingga membuat kerontokan rambut.

ads

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab kerontokan rambut bisa bermacam-macam, mulai dari baru sembuh dari sakit, menjalani pengobatan tertentu, berhenti mengonsumsi pil KB, perawatan yang salah, gaya hidup yang salah, hingga makanan yang salah. Paparan terik matahari dalam jangka waktu yang lama bisa membuat rambut-rambut kamu rontok apalagi yang mempunyai  gaya rambut panjang wanita sehingga sebaiknya bagi yang sering berkegiatan dibawah terik matahari maupun sering berjalan siang hari lebih baik menggunakan pelindung terik matahari seperti payung, topi maupun krim pelindung.

Berbagai produk ditawarkan dalam mencegah kerontokan rambut, namun beberapa produk masih memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh maupun sebagian orang. Efek sampingnya bisa bermacam-macam dari yang ringan hingga berat seperti semakin banyak rambut yang rontok, gatal pada kulit kepala hingga paling parah yaitu kebotakan. Sehingga diperlukan cara yang diperlukan dalam mencegah rambut rontok agar siapapun yang menggunakannya akan aman dan lancar dalam pemakainnya sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Cara-cara alami merupakan cara yang dapat digunakan agar tidak ada efek samping terjadi pada kamu.

Merawat Rambut Rontok

Ternyata cara-cara alami pun banyak yang bisa dilakukan dimana saja maupun dirumah dan juga bahan-bahannya mudah ditemukan. Dibawah ini akan diulas berbagai cara alami mengatasi rambut rontok mulai dari buah-buahan, tanaman hingga cara yang dipraktikkan untuk pengaplikasiannya. Dengan mengetahui hal itu kamu bisa mengetahui cara alami yang tidak menimbulkan efek samping dan dapat dilakukan, sebagai berikut:

  • Kulit apel

Untuk cara pertama yang akan disarankan dalam cara alami mencegah rambut rontok yaitu produk buah-buahan. Buah-buahan ternyata bisa mencegah kerontokan pada rambut. Salah satu buah-buahan yang dimaksud adalah apel. Namun yang digunakan bukan daging buahnya melainkan bagian kulitnya. Kulit apel dipercaya mengandung zat penguat akar rambut sehingga mencegah kerontok pada akar rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan melakukan penghancuran kulit apel dengan cara diblender kemudian jadikan sebagai masker rambut. Kulit apel tersebut dibalurkan ke rambut secara merata. Diamkan masker rambut tersebut dan coba rasakan sensasinya.  Setelalah itu rambut dicuci bersih hingga tidak ada bekas masker yang tertinggal  .

  • Bawang merah

Cara yang satu ini adalah menggunakan bahan-bahan dapur rumah yaitu menggunakan bawang merah. Bawang merah yang mudah sekali ditemukan di pasar tradisional maupun modern serta biasanya digunakan untuk bumbu masakan memberikan aroma yang menyebar dan menyengat ternyata dapat bermanfaat bagi rambut kamu.  Cara penggunaannya cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja yaitu dengan membuat larutan bawang ini sebagai masker. Pada awalnya bawang ditumbuk hingga halus kemudian diberi air sedikit agar agak basah dan selanjutnya balurkan secara rata dan rutin . terakhir, jangan lupa untuk membersihkan masker bawang merah tersebut hingga bersih dan pastikan tidak ada aroma bawang merah yang tertinggal, karena aromanya sungguh menyengat. bisa juga lakukan dengan cara menghilangkan bau pada rambut

  • Daun seledri

Ternyata dedaunan pun bisa mencegah rambut rontok. Namun, daun yang digunakan tidak sembarang karena daun digunakan adalah daun seledri. Dari beberapa penelitian membuktikan bahwa daun seledri mengandung vitamin A dan vitamin B serta zat besi yang menurut beberapa penelitian dapat menguatkan akar rambut yang mencegah kerontokan. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan air rebusan daun seledri kemudian dijadikan sebagai masker rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan daun teh tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Kentang

Bahan alami yang kesekian ini mudah ditemukan dimana saja, yaitu kentang. Kentang ternyata dipercaya juga dalam mencegah kerontok rambut dan memperkuat akar. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara menyediakan kentang secukupnya, lalu coba kupas kulit kentang tersebut kemudia bersihkan permukaannya. Setelahnya dilakukan pemarutan agar kentang menjadi halus dan mudah diusapkan. Lalu lakukan pengusapan kentang ke rambut hingga kulit kepala kamu. Kemudian coba diamkan hingga beberapa menit. Setelah kamu rasakan cukup makan bersihkan masker kentang tersebut dan cuci rambutmu hingga bau kentang benar-benar menghilang . Coba lakukan cara ini dengan rutin dan benar agar khasiatnya terasa.

  • Gaya hidup

Cara alami yang satu ini dilakukan dengan pendekatan gaya hidup. Sudah hal yang pasti tubuh yang sehat dapat membentuk rambut yang sehat pula. Dari gaya hidup yang baik, maka sistem yang bekerja di dalam tubuh akan baik pula mulai dari peredaran darah, produksi hormon hingga respon dari luar. Apabila Kamu rutin melakukan perawatan diatas namun tanpa memperhatikan gaya hidup sehat maka bagaikan gali lubang dan tutup lubang, sehingga harus saling mendukung. Gaya hidup yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga ringan . Untuk makanan kamu bisa mengkonsumsi yang kaya akan protein. Makanan yang kaya akan protein adalah daging, ikan, telur dan lainnya.

  • Pemijatan

Cara alami secara terapis dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan pemijatan yang lembut dan baik kepada kepala kamu. Dengan adanya kegiatan tersebut maka akan membantu dalam memperlancar sirkulasi darah serta membantu folikel rambut kamu agar tetap aktif. Pemijatan pada kepala juga bisa menggunakan minyak alami maupun buatan seperti dengan minyak lavender, minyak wijen dan minyak lainnya. Untuk mendapakan pemijatan yang baik dan benar, sebaiknya dilakukan dengan pemijat maupun bantuan yang paham dengan hal itu. karena area yang dipijat adalah daerah kepala dan cukup rawan dengan benda keras, maka lakukan pemijatan secara perlahan dan tidak terlalu keras. Kamu juga bisa melakukan cara mengatasi kulit kepala berminyak .

  • Tomat
Sponsors Link

Tomat ternyata dapat juga digunakan dalam mencegah rambut rontok. Dalam kandungan tomat terdapat kandungan antioksidan yang dipercaya bermanfaat bagi rambut. Kemudian buah tomat disini secara penggunaan singkatnya digunakan dengan membuatnya sebagai masker. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan menghancurkan tomat hingga halus kemudian untuk hasil yang maksimal coba kamu tambahkan dengan minyak zaitun dan larutan/jus dari lidah buaya. Setelah itu maka kamu dapat mengusapkan rambut kamu secara merata sebagai masker sekaligus diiringi dengan pemijatan. Lalu diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan keramas hingga benar-benar bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

  • Gingseng

Cara mencegah rambut rontok secara alami kali yang dapat kamu gunakan kali ini adalah gingseng. Gingseng memang sangat banyak khasiatnya yang sudah terkenal dari Negeri Cina. Selain berkhasiat dalam alat vital pria, tanaman gingseng ini dapat digunakan untuk mencegah kerontokan rambut. Cara penggunaannya cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Sediakan gingseng yang bisa kamu dapatkan dipasar maupun bisa kamu tanam, setelahnya hancurkan hingga menjadikan gingseng seperti masker. Kemudian usapkan kepada rambut kamu secara merata dan diamkan beberapa menit. Setelahnya bersihkan rambut kamu dan cuci hingga bersih. Jangan sampai gingseng yang ada masih meninggalkan aroma gingseng .

  • Mangga

Cara alami dalam pencegahan kerontokan rambut yaitu dengan cara memanfaatkan buah. Buah disini dapat dimanfaatkan dengan menyediakan buah mangga kemudian blender ataupun haluskan mangga tersebut. untuk memudahkan, bisa juga kamu potong kecil-kecil dahulu agar mudah dihaluskan/dihancurkan. Untuk melakukan pemblenderan, berikan satu sendok makan yoghurt maupun dua butir telur. Bagian telur yang digunakan adalah bagian putih telurnya. Bisa juga lakukan cara merawat rambut dengan telur. Kemudian blender kombinasi tersebut kemudian saring larutannya agar terpisah dengan serat-serat kasar yang ikut terblender. Kemudian ambil serat-serat kecilnya dan kamu oleskan rambut hingga ke kulit kulit kepala sekaligus lakukan pemijatan ringan agar otot-otot mengendur dan pori-pori terbuka untuk siap menerima masker tersebut. Cukup diamkan dari 10 hingga 15 menit. Setelahnya, kamu bisa membersihkannya dengan keramas. Lakukan hal ini secara berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal .

  • Sarapan

Terkadang karena terlalu dan cukup sibuk, biasanya pada pagi hari kita melewatkan momen untuk sarapan karena ingin cepat-cepat pergi ke kantor apalagi bila telat bangun. Alhasil sarapan pun menjadi agenda yang digabung bersamaan dengan makan siang. Padahal sarapan sangat baik tubuh kita terutama makanan-makanan yang kaya akan protein dan serta sheingga memperkuat rambut kita pula sehingga mencegah kerontokan rambut.  Mulai dari sekarang bila jarang sarapan, maka sebaiknya kamu menyempatkan waktu maupun menyediakan tempat makanan khusus agar bisa dibawa dan dimakan kapan saja. Sarapan pun membuat pikiran kamu tenang karena tubuh tidak kekurangan energi sehingga mengurangi tingkat kestressan kamu dan mencegah rambut rontok.

  • Lidah buaya
ads

Cara pertama yang disarankan yaitu menggunakan lidah buaya. Tanaman ini pasti sudah terkenal khasiatnya untuk rambut, ditambah lidah buaya ini dapat mengatasi rambut rontok secara alami dan khasiat ini pun sudah terkenal sejak dulu kala. Pada lidah buaya terkandugn vitamin dan mineral yang berfungsi dalam merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, kemudian memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak dan nilai tambahnya lagi mampu meningkatkan pigmen warna pada rambut sehingga menjadi lebih hitam.  Cara penggunaannya cukup mudah dengan menyediakan terlebih dahulu beberapa lidah buaya yang segar kemudian belahlah menjadi dua bagian dan terlihat dagingnya. Lalu ambillah gel yang ada didalamnya. Lalu langsung oleskan gel lidah buaya tadi ke seluruh kulit kepala dan diamkan selama sekitar 30 menit hingga mengering. Setelahnya bersihkan dengan membilas rambut dengan air dingin hingga bersih secara sempurna.

  • Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Cara penggunaannya cukup mudah dilakukan yaitu dengan menyiapkan handuk ataupun kain lap halus. Kemudian kamu dapat menutup kepala kamu dengan handuk tersebut yang terlebih dahulu sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu kamu harus memijat-mijat kulit kepala agar otot-otot lentur dan bisa menerima airnya. Setelah kurang lebih setengah jam, langsung bersihkan dan bilas dengan air dingin .

  • Kemiri

Kemiri merupakan bahan dapur yang cukup terkenal dengan kandungan minyaknya yang menjadikan makanan cukup sedap. Kandungan kemiri memiliki minyak sebanyak 66 % beserta zat besi, kalium, kalsium dan lain-lain. Pada beberapa kasus, sudah menjadi konsumsi publik minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut khususnya jenggot. Minyak ini pun bisa juga dipakai dalam mengatasi rambut yang rontok secara alami. Cara penggunaannya cukup mudah dan dapat kamu lakukan dirumah sebagai berikut : ambil kermiri secukupnya yang ada, kemudian coba kamu sangrai ataupun haluskan hingga minyak yang terkandung keluar. Kemudian tampung air tetesannya atau minyaknya dan oleskan kepada seluruh bagian rambut, rambut diusahakan terlebih dahulu dalam kondisi bersih. Kemudian diamkan selama satu sampai dua jam dan setelahnya bersihkan dengan membilasnya. Bila merasa membutuhkan waktu  atau susah, minyak kemiri pun bisa dibeli di toko-toko terdekat.

  • Santan

Perasan daging kelapa bisa menjadi cara mencegah rambut rontok secara alami. Ya, daging kelapa yang bila diperas akan menghasilkan  cairan berupa santan. Santan kelapa banyak mengandung mineral amin yang ditemukan oleh rambut. Tak herann, bila minyak kelapa pun bisa dijadikan sumber nitrisi bagi rambut yang digunakannya dengan mengoleskan ke rambut. Kelapa mengandung protein,zat besi, kalsium dan lain-lain. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyediakan air santan yang sudah siap pakai sebanyak 1 gelas ataupun sesuai kebutuhan, terlebih dahulu bersihkan rambut dengan keramas hingga kotoran menemple tertanggalkan kemudian santn tadi coba dioles dan dipijat ke seluruh kulir kepala dan diamkan selama1 jam. Setelahnya bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan intensif. Selain santan, kamu juga bisa melakukan  cara membuat minyak kelapa.

  • Yoghurt

Pernahakah kamu mendengar yogurt? Ya, yogurt merupakan produk olahan dari susu. Susu dilakukan pengasaman dan jadilah yogurt. Produk ini berguna dalam menyehatkan sistem pencernaan kamu karenasifat aamnya itu. kandungannya yaitu serat, asam folat, mineral alami dan probiotik. Ternyata selainbermanfaat untuk pencernaan, yogurt bisa digunakan secara mudah untuk menyehatkan rambut karena dapat memperkuat akar rambut, memperbaiki sel rusak, dan memberikan nutri. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan madu dan yogurt secukupnya kemudian dioleskan kepada bagian dambt hingga akar dan kulit kepala secara emrata. Kemudian diamkan selama satu hingga dua jam. Setelahnya kamu dapat membilasnya dengan air dingin hingga bersih

  • Pakai Rempah Jahe, Bawang, Dan Nipis

Untuk cara yang kesekian ini, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dapur rumah. Bahan yang bisa kamu gunakan yaitu rempah-rempah yang biasanya untuk memasak yaitu bawang, jahe dan jeruk nipis. Bahan perawatan rambut ini sudah sangat manjur dari dahulu kala, pasti kamu pernah melihat ibu maupun nenek kamu menggunakannya. Beberapa percobaan membuktikan bahwa waktu yang diperlukan hanya 3 menit agar rambut kamu tidak rontok dan sehat.

  • Minyak Essensial

Rambut yang rontok ternyata bisa dicegah dengan menggunakan minyak essensial. Minyak essensial adalah minyak yang berasa dari tumbuh-tumbuhan. Minyak essensial ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan beberapa kandungan lainnnya yang dapat memberikan nutrisi bagi rambut dan memperkuat akarnya. Minyak essensial bisa kamu beli di toko-toko terdekat maupun dibuat dirumah. Beberapa minyak essensial yang sering dipakai yaitu minyak jelapa, minyak lavender, minyak zaitun, dan minyak wijen. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan memijatkan minyak di kulit kepala secara merata. Kemudian diamkan selama satu smapai dua jam dan bersihkan dengan membilasnya dengan air dingin.

  • Buah Alpukat
Sponsors Link

Untuk perawatan yang satu ini, kamu bisa menggunakan jus kebanyakan  orang yaitu buah alpukat. Buah yang satu ini dapat kamu gunakan sebagai masker rambut kamu karena sudah terbukti mengandung protein yang bisa memberi nutrisi kekuatan pada rambut kamu ditambah juga bisa merangsang pertumbuhan rambut yang ada. Untuk penggunaannya cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja, kamu perlumenyediakan buah alpukat kemudian menghaluskannya. Yang dihaluskan yaitu daging buahnya. Kemudian setelah halus, usapkan secara merata pada rambut kepala hingga akar rambut kamu. Setelahnya diamkan selama 20 menit dan berihkanlah dengan keramas .

  • Bawang Putih

Untuk cara yang kesekian ini, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dapur rumah. Bahan yang bisa kamu gunakan yaitu rempah-rempah yang biasanya untuk memasak yaitu bawang putih. Bahan perawatan rambut ini sudah sangat manjur dari dahulu kala, pasti kamu pernah melihat ibu maupun nenek kamu menggunakannya. Beberapa percobaan membuktikan bahwa waktu yang diperlukan hanya 3 menit agar rambut kamu tidak rontok dan sehat. Cara dalam pemakaiannya adalah haluskan bawang secukupnya kemudian tunggu beberapa menit dan langka terakhir adalah bersihkan dengan cara keramas hingga bersih dan aroma bawang menghilang .

  • Jahe

Cara yang kesekian ini masih berkaitan dengan bumbu dapur rumah. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut.bahannya adalah jahe. Bahan ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut yang dapat mencegah kerontokan rambut. Cara yang digunakan yaitu dengan menyediakan parutan jahe, kemudian mengkombinasikan jahe dengan minyak wijen lalu mengoleskan larutan ini dirambut kepala kamu. Diamkan hingga kurang lebih dari sepuluh menit dan setelahnya bersihkan hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa jahe yang membuat rambut kamu bewarna kuning .

  • Protein

Untuk cara yang satu ini tidak langsung diterapkan secara fisik, namun pengaplikasiannya dengan cara dikonsumsi. Ya, protein. Protein sangat bermanfaat bagi rambut karena protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Khasiatnya yaitu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan. Cara penggunaannya tidak dihaluskan maupun dioleskan, namun kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein cukup tinggi seperti ikan,daging maupun telur. Sebaiknya kamu menkonsumsi protein dengan teratur .

  • Vitamin B12

Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi seperti protein, yaitu vitamin. Dengan mengkonsumsi vitamin dapat berguna dalam mencegah rambut yang rontok dan menjaga sel-sel rambut yang dapat membuat kulit kepala semakin kuat mencengkram akar rambut. Vitamin ini pun dapat sekaligus membentuk sel darah merah dalam tubuh yang berguna dalam menyediakan oksigen bagi tubuh sehingga tidak gampang lelah. Untuk sumber vitamin B12 berasal dari daging, telur, unggas dan jenis makanan lainnya. Selain itu kamu bisa juga merasakan manfaat vitamin E untuk rambut

  • Minyak Lavender

Tanaman lavender yang biasanya digunakan dalam mengusir serangan nyamuk ternyata dapat berkhasiat dalam mencegah kerontokan rambut. Lavender dipercaya berkhasiat dalam meningkatkan pertumbuhan pada akar rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyedakan tanaman lavender dan mengekstrak minyak yang dihasilkan dari tanaman ini, kemudian lakukan pemijatan kulit kepala dan rambut menggunakan minyak ini hingga lebih kurang lima belas menit, kemudian jangan lupa untuk membersihkannya dengan melakukan keramas. Lakukan hal ini secara rutin setiap dua minggu sekali.

  • Sisir Rambut Saat Kering

Setelah mandi, biasanya kamu akan segera berpakaian hingga menata rambut kamu dengan menyisir. Ternyata cara seperti dapat meningkatkan potensi kerontokan rambut kamu. Dalam keadaan rambut basah, rambut berada pada keadaan yang mudah patah. Untuk menyisir pun sebaiknya digunakan sisir yang memiliki gerigi jarang agar tarikan sisir tidak terlalu kuat. Beberapa macam-macam sisir rambut yang patut diketahui.

Demikianlah ulasan mengenai cara alami mencegah rambut rontok agar dapat kamu aplikasikan dikehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat, terimakasih!

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut