Sponsors Link

12 Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda yang Perlu Dilakukan!

Seiring bertambahnya usia manusia, maka perubahan tentu akan terjadi dari mulai bayi, remaja, dewasa, hingga tua. Salah satu perubahan yang sangat terlihat adalah perubahan fisik, mulai dari tinggi badan, berat badan, kondisi kulit, kesehatan, bahkan perubahan warna rambut yang semulanya hitam menjadi putih. Namun, terkadang sebagian orang yang berusia muda pun sudah memiliki rambut putih atau yang biasa kita sebut uban.

ads

Rambut beruban di usia 20an tentu bukan menjadi keinginan sebagian orang, meski kelak ketika tua tetap akan beruban. Selain faktor usia, ada penyebab rambut beruban di usia 20an lainnya yaitu faktor genetika, stres, difisiensi vitamin, dan gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok. Efek semir rambut hitam juga dapat menyebabkan rambut beruban. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mencegah rambut beruban untuk menjaga penampilan agar tetap menarik. Berikut ini gayarambut.co.id akan menjelaskan 12 cara mencegah rambut beruban yang perlu dilakukan:

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Selain tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk perkembangannya. Namun, apabila gizi maupun nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik maka akan berpengaruh kepada tampilan rambut salah satunya tumbuhnya uban di usia muda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih makanan yang bernutrisi dan bergizi baik agar gizi yang diperlukan rambut terpenuhi dengan baik. Makanan yang baik untuk kesehatan rambut, misalnya wortel dan melon, serta makanan yang mengandung vitamin B12 seperti daging, ikan, telur, dan ayam.

2. Mengatur Pola Makan

Selain memilih makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk rambut, kita juga perlu mengatur pola makan dengan baik. Apabila pola makan kita buruk, maka juga akan turut berpengaruh pada kondisi kesehatan rambut. Oleh karena itu, melakukan diet secara ketat juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Kita perlu mengatur pola makan, tidak kurang, dan juga tidak berlebihan agar kesehatan rambut tetap terjaga mencegah tumbuhnya uban.

3. Berhenti Merokok

Salah satu penyebab tumbuhnya uban pada rambut adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok. Selain dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, meroko juga menyebabkan penuaan dini pada rambut, bahkan rambut menjadi rapuh dan rusak. Sehingga, perlu kita lakukan salah satu cara mencegah rambut beruban ini yaitu dengan cara berhenti merokok. Lakukan dengan niat yang kuat, agar bisa benar-benar berhenti merokok untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

4. Hindari Mewarnai Rambut

Beberapa hal yang harus diketahui sebelum mewarnai rambut adalah efek sampingnya, yaitu menyebabkan penuaan dini pada rambut salah satunya beruban. Oleh karena itu, perlu kita hindari mewarnai rambut untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak dan beruban. Namun, jika ingin menggunakan cat rambut sebaiknya pilih cara mewarnai rambut yang alami.

5. Pijatan Ringan

Cara memperlambat tumbuhnya uban salah satunya dengan melakukan pijatan ringan pada kulit kepala, yang akan membuat kepala menjadi nyaman dan tenang. Hal ini turut mempengaruhi kesehatan rambut, karena dengan pijatan ini membuat rambut menjadi lebih sehat. Terlebih jika menggunakan bahan-bahan alami untuk memijat rambut dan kulit kepala.

6. Merawat Rambut dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Selain itu, cara mencegah rambut beruban adalah dengan merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami karena bahan alami akan membantu pentumbuhan dan menyehatkan rambut. Pilihlah bahan-bahan alami untuk perawatan rambut, misalnya saja cara mengatasi uban dengan kulit kentang agar ciri-ciri rambut lepek tak terlihat dan rambut telihat lebih terawat tanpa uban.

7. Mencegah Stres

Salah satu penyebab munculnya uban pada rambut adalah dikarenakan stres. Sehingga, tak heran jika sebagian orang berusia muda telah memiliki uban karena tekanan pikiran yang ia alami dan menjadikannya stres. Oleh karena itu, cara mencegah rambut beruban adalah mencegah terjadinya stres berlebih dengan membuat pikiran lebih santai dan tenang. Bila perlu, sesekali lakukanlah resfreshing untuk menyegarkan pikiran agar tidak stres.

8. Menjaga Pola Tidur

Saat tidur, tak hanya tubuh dan pikiran saja yang beristirahat melainkan juga kulit kepala dan rambut. Sehingga, penting bagi kita untuk menjaga pola tidur yaitu dengan tidur yang cukup, untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, serta mencegah rambut beruban. Buatlah tidur menjadi berkualitas agar pola tidur terjaga dengan baik.

ads

9. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat ini terdiri dari menjaga pola makan, makan makanan bergizi, menjaga pola tidur dan mencegah stres, serta berhenti merokok. Selain itu, berolahraga juga penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang akan berdampak baik pula pada kesehatan rambut. Sehingga, menerapkan pola hidup sehat secara teratur juga akan menjaga kualitas rambut dan mencegah tumbuhnya uban.

10. Mengurangi Pemanasan Rambut Berlebih

Panas yang berlebi akan berdampak buruk pada kondisi rambut sehingga menjadi rusak. Salah satu penyebabnya adalah dengan keramas menggunakan air yang terlalu panas. Selain itu, penggunaan hair dryer juga memberikan panas pada rambut dan jika dilakukan terus menerus akan membuat rambut rusak. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi pemakian hair dryer dan keramas dengan air terlalu panas agar rambut sehat dan tak cepat tumbuh uban di rambut.

11. Pilihlah Shampo yang Tepat

Memilih shampo yang tepat itu penting untuk menjaga kualitas kesehatan rambut. Pilihlah shampo yang ringan kandungan kimianya dan bila perlu alami. Selain itu, pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut agar tidak membuat rambut menjadi rusak. Misalnya, jika jenis rambut Anda adalah rambut rontok, maka pilihlah shampo anti rontok. Dengan memilih shampo yang tepat, maka dapat menjadi cara mencegah rambut beruban.

12. Keramas Secara Bersih dan Teratur

Manfaat keramas setiap hari adalah untuk membuat rambut tetap terlihat bersih dan segar setiap hari, namun kurang baik untuk kesehatan kulit kepala karena setiap hari terkena shampo dan air yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu, lakukan keramas secara bersih dan teratur, tidak harus setiap hari yang terpenting teratur untuk mencegah kulit kepala yang kotor dan dapat menyebabkan rambut beruban.

Itulah 12 cara mencegah rambut beruban yang bisa dilakukan, apabila cara-cara tersebut diterapkan dengan benar dan teratur maka akan memperoleh hasil yang baik. Memilih bahan-bahan alamin juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Lakukan perawatan rambut secara rutin, tak hanya keramas yang bersih anda juga bisa menggunakan kondisioner untuk membuat rambut terlihat segar dan bersih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Rambut