Sponsors Link

22 Cara Menata dan Mengatur Rambut Kering

Cara Menata dan Mengatur Rambut KeringRambut kering tidak hanya menandakan bahwa rambut kita tidak sehat, tetapi rambut kering juga sulit ditata. Seseorang yang memiliki kegiatan di luar ruangan pasti akan sering mengalami permasalahan rambut yang satu ini. Kering, kusam, bercabang sehingga susah ditata. Rambut yang susah ditata seperti ini juga membatasi model gaya rambut yang diinginkan. Sehingga biasanya menggunakan gaya rambut umum, seperti kuncir dua, head bun dan seterusnya.

ads

Rambut yang kering memang terkesan tidak sehat dan tidak terawat. Sehingga, untuk merawatnya pun harus dengan cara dan metode yang khusus, seperti memberikan minyak rambut secara rutin, tidak menggunakan hair dryer terlalu sering dan lain sebagainya. Namun ketika dengan berbagai macam metode perawatan masih tidak ada efek perubahan, Anda tidak perlu risau. Karena ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat rambut kering Anda mudah ditata. Di bawah ini adalah cara – cara yang dapat Anda lakukan agar rambut kering Anda mudah ditata mulai dari sekarang

1. Memilih Shampoo dan Conditioner Yang Sesuai

Shampoo dan conditioner adalah dua produk perawatan rambut yang bersifat fundamental sekali, dimana setiap orang pasti memiliki dan menggunakannya. Sayangnya, tidak semua orang menggunakan shampoo dan conditioner ini sesuai dengan fungsinya. Lalu bagaimana menggunakan shampoo dan conditioner sesuai dengan fungsinya? Kuncinya yakni satu. Pilihlah jenis shampoo dan conditioner yang sesuai dengan tipe dan sifat rambut yang Anda miliki. Shampoo dilengkapi dengan conditioner yang dibuat dengan berbagai varian dan komposisi yang sesuai dengan berbagai tipe dan jenis rambut. Rambut berminyak, rambut kering dan rusak, rambut rontok, rambut kusam, rambut berketombe dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesuaikan dengan jenis rambut Anda untuk mulai merawat rambut kering Anda tersebut sehingga mudah ditata.

2. Jangan Malas Keramas

Keramas memang sangat perlu dan harus dilakukan secara rutin. Keramas dapat mengembalikan kondisi rambut yang telah terkontaminasi seusai melakukan aktivitas diluar ruangan, sehingga menghasilkan rambut yang lepek, kering dan kusam. Bagi para Pria mungkin cara yang kedua ini tidaklah perlu. Karena banyak dari mereka yang melakukan keramas sekalian dengan mandi. Namun pernahkah Anda mendengar, bahwa terlalu sering keramas juga dapat mengakibatkan rambut rusak? Jadi untuk Anda, janganlah malas melakukan keramas, namun jangan pula terlalu sering.

3. Pilih Masker Rambut Yang Sesuai

Menggunakan masker rambut sangat penting untuk kesehatan rambut. Manfaat masker rambut diantaranya menjaga kesehatan dan kualitas rambut, menjaga dari kerusakan rambut, membuat rambut menjadi lebih lembut dan bernutrisi, mencegah rambut bercabang dan membuat rambut lebih mudah diatur. Pilihlah masker rambut yang sesuai untuk cara menata rambut kering, rusak, kusam dan rontok parah. (baca juga: Masker Rambut Untuk Rambut Rontok)

4. Gunakan Produk Styling Rambut Yang Sesuai

Ada banyak sekali produk styling rambut untuk perawatan rambut kering. Sehingga, pilihlah produk styling rambut yang juga sesuai dengan tipe rambut kering milik Anda. (baca juga:Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering)

Artikel Terkait:

5. Sering Melakukan Hairspa dan Creambath

Sponsors Link

Creambath memiliki fungsi melembabkan rambut karena perannya yang mengaktifkan kelenjar minyak pada rambut. Hal ini dapat membantu mengatasi rambut kering dan rusak. Sedangkan hairspa, berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan nutrisi rambut.

6. Jangan Sering Menggunakan Hair Dryer dan Blower

Rambut yang kering tidak bisa bersentuhan dengan sesuatu yang bersuhu tinggi atau panas lagi. Dikenai sesuatu yang panas malah akan membuat rambut semakin rusak dan kering. Sehingga ketika Anda memiliki cara menata rambut kering, jangan pernah terlalu sering menggunakan hair dryer ataupun blower untuk mengeringkan maupun menata rambut. Jikapun diharuskan, jangan memakai suhu yang tinggi ketika menggunakannya. (baca juga: Obat Penyubur Rambut Alami)

7. Gunakan Vitamin dan Produk Khusus

Selain melakukan hairspa, memberi asupan nutrisi pada rambut juga dapat dilakukan dengan memberi vitamin khusus. Vitamin tidak hanya berfungsi untuk menutrisi rambut, namun juga untuk melindungi rambut dari serangkaian gangguan dan ancaman pada rambut. Anda pun bisa menggunakan vitamin rambut saat sebelum menggunakan hair dryer atau blower yang mengeluarkan suhu tinggi untuk melindungi rambut Anda

8. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Selain perawatan dari luar, Anda pun juga harus merawat rambut Anda dari dalam yaitu dengan menjaga asupan nutrisi dalam tubuh Anda. Makanan bernutrisi yang menunjang untuk kesehatan rambut Anda adalah makanan – makanan yang mengandung protein, kalsium, omega-3 dan serat. Konsumsi pula air putih yang cukup setiap harinya.

9. Menjaga Asupan Gizi Rambut

Jaga asupan gizi dan nutrisi rambut dengan sering menggunakan vitamin rambut, masker rambut, conditionerm minyak rambut dan melakukan hair spa. (baca juga: Alat Blow Rambut)

10. Gunakan Produk Yang Kaya Vitamin E

ads

Vitamin E sangat berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut Anda. Gunakan produk perawatan rambut yang kaya vitamin E seperti minyak zaitun dan lain sebagainya.

11. Jangan Menggunakan Bahan Yang Mengandung Banyak Alkohol

Bahan – bahan kimia seperti alkohol yang terdapat dalam berbagai macam produk perawatan rambut juga akan menyebabkan untuk cara menata rambut kering dan rusak. Hindari bahan – bahan kimia yang berbahaya seperti alkohol dan pilihlah produk perawatan rambut yang sehat dan dapat menutrisi rambut Anda dengan baik.

12. Gunakan Produk Yang Mengandung Keratin

Keratin sangat dikenal dengan khasiatnya mengatasi rambut yang kering dan rontok parah. Gunakan minyak atau vitamin rambut yang mengandung keratin untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Cara menggunakan keratin pada rambut:

  • Cuci rambut Anda terlebih dahulu
  • Tunggu beberapa saat hingga rambut menjadi setengah kering
  • Gunakan krim rambut untuk membuat rambut mudah meresap dan lembut ketika diberi keratin
  • Usapkan keratin secara merata pada permukaan rambut
  • Tunggu beberapa saat hingga keratin benar-benar meresap dalam rambut
  • Bersih dan bilas rambut menggunakan air bersih
  • Keringkan rambut dan beri vitamin rambut setelahnya

13. Perhatikan Kondisi Rambut

Ketika Anda ingin menata rambut, perhatikan kondisi rambut Anda terlebih dahulu. Jika rambut Anda keriting, maka gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan model gaya rambut yang Anda inginkan. Begitupula jika rambut Anda lurus, dan seterusnya.

14. Ketahui Jenis Rambut

Ketahui pula jenis rambut Anda. Ada beberapa jenis rambut yang tidak sesuai dengan model gaya rambut x dan malah sesuai untuk model gaya rambut y dan seterusnya.

15. Beri Efek Bervolume Pada Rambut

Rambut kering akan sangat cocok memiliki rambut yang bervolume atau terkesan berisi. Berikut adalah cara untuk membuat rambut kering Anda menjadi bervolume:

  • Cuci rambut terlebih dahulu
  • Tunggu beberapa saat hingga kering
  • Gunakan produk styling rambut seperti krim rambut, mousse untuk mulai membentuk rambut dan membuatnya terkesan bervolume
  • Saat pembentukan volume rambut, buat rambut Anda menjadi lebih menonjol

16. Gunakan Blow Dry (Tanpa Suhu Panas)

Menggunakan blow dry untuk menata rambut sudah biasa. Selain membuat penataan rambut menjadi lebih mudah, blow dry juga dapat menghasilkan model-model gaya rambut yang beragam. Misal untuk rambut keriting, Anda dapat menggunakan blow dry ini untuk membuat rambut Anda menjadi terkesan lurus. Caranya adalah:

  • Cuci rambut terlebih dahulu.
  • Tunggu beberapa saat hingga mengering.
  • Sisir dan atur rambut seperti biasa.
  • Sembari menyisir, gunakan blow dry (dengan suhu sedang dan tidak panas) pada rambut bagian bawah.
  • Gunakan vitamin rambut khusus atau produk pelindung panas sebelum menggunakan blow dry jika takut suhu panas akan merusak rambut kering Anda.

17. Jangan Ragu Memangkas Rambut Yang Rusak

Sponsors Link

Menggunakan beberapa tips dan cara diatas mungkin dapat meminimalisir kondisi rambut kering Anda. Namun jika rambut kering Anda tetap saja tidak bisa diperbaiki, jangan ragu untuk memangkas rambut tersebut. Rambut sehat dan alami Anda akan tumbuh setelahnya.

18. Potong Rambut

Beberapa rambut mengalami kekeringan, kusam dan mudah rontok akibat model gaya rambut yang tidak sesuai. Ada yang rambutnya terlalu panjang, sehingga akar rambut tidak kuat menopang dan berakhir rontok parah, dan seterusnya. Jangan ragu untuk memotong rambut dan mengubah gaya rambut Anda jika rambut sudah mulai menjumpai berbagai macam persoalan.

Artikel lainnya:

19. Gunakan Hair Toner

Gunakan hair toner tepat sebelum memulai menata rambut Anda. Hair toner tidak hanya melembabkan rambut Anda ketika beraktifitas diluar ruangan, namun juga dapat membuat rambut Anda menjadi lebih segar. (baca juga: Cara Menipiskan Rambut)

20. Gulung Rambut Terlebih Dahulu

Menata rambut kering agar terlihat rapi dapat Anda lakukan dengan menggulungnya terlebih dahulu disaat rambut masih setengah kering. Seusai keramas dan rambut masih kering sedang, gulung rambut sembari mengeringkannya menggunakan blower (dengan suhu sedang). Gunakan vitamin rambut khusus pelindung panas sebelumnya. Cara ini juga dapat Anda lakukan ketika akan membuat rambut Anda bervolume. (baca juga: Cara Menggunakan Vitamin Rambut)

21. Pilih Gaya Rambut Yang Pas

Pilihlah gaya rambut yang pas dan sesuai dengan model dan tipe rambut Anda. Memiliki rambut yang tidak sesuai dapat juga menjadi penyebab adanya rambut menjadi kering dan rusak. (baca juga: Cara Menggunakan Alat Cukur Rambut)

22. Berkonsultasi Pada Salon

Ada perlunya jika Anda sering berkonsultasi dan meminta saran kepada ahli rambut tentang kondisi dan permasalahan rambut kering yang sedang Anda alami. Apa model rambut yang sesuai, bagaimana cara merawat dan menata rambut kering Anda setiap harinya, dan seterusnya. (baca juga: Cara Membuat Vitamin Rambut)

Itulah beberapa sekilas tentang menata rambut untuk yang kering dengan beberapa cara dan langkah yang mudah untuk diikutin dengan gampang, selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut