Sponsors Link

13 Cara Memperbaiki Rebonding yang Gagal dengan Mudah

Rebonding rambut merupakan teknik pelurusan rambut yang menjadi pilihan para wanita atau pria yang ingin memiliki rambut lurus secara permanent. Rebonding sering disebut sama dengan teknik smoothing. Padahal, keduanya perbedaan rambut smoothing dan rebonding ini memiliki perbedaan yaitu pada jenis bahan pelurus rambut yang digunakan. Dengan melakukan rebonding rambut, maka hasilnya rambut kamu yang tadinya ikal atau bergelombang akan menjadi tampak lurus dan lebih rapi.

ads

Walaupun rebonding ini bisa menyebabkan rambut rontok setelah rebonding  dan dapat membuat tampilan rambut kamu lurus, tapi kamu harus mempertimbangkan efek samping yang bisa dialami rambut kamu pasca rebonding. Penggunaan bahan kimia yang diterapkan pada rambut selama proses rebonding, rupanya dapat berisiko membuat rambut rusak, bahkan rambut rebonding kamu bisa gagal. Bukanya menjadi lebih lurus, rambut malah mulai mengalami kerusakan yang tidak boleh dibiarkan. Jika begitu, perlu cara memperbaiki rebonding yang gagal.

Ciri- Ciri Rambut Rebonding yang Gagal

Seperti kita ketahui, bahwa resiko dari melakukan rebonding adalah rambut menjadi kurang sehat, cenderung rusak bahkan bisa berbahaya untuk rambut kita jika dibiarkan. Jika kamu mengalami rebonding yang gagal, sebenarnya rambut kamu tidak akan bisa dibuat menjadi normal kembali. Pasalnya zat kimia sudah menempel di seluruh rambut. Namun, kamu jangan khawatir, setidaknya kamu perlu mengenali ciri-ciri rambut gagal setelah di rebonding seperti berikut ini:

  • Rambut Masih Keriting Setelah Rebonding

Kita sudah mengetahui bahwa rebonding ini dapat meluruskan rambut secara permanent (dalam jangka waktu lama) dibandingkan smoothing. Oleh sebab itu, jika setelah di rebonding rambut malah terlihat kembali keriting, menjadi kering, hal tersebut menandakan bahwa rambut rebonding kamu gagal. Namun bisa diatasi dengan cara meluruskan rambut dengan kapur sirih dan attack yang mudah.

  • Rambut Pecah-Pecah dan Kering

Proses rebonding yang gagal juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan tampak pecah-pecah. Hal ini bisa terjadi, kemungkinan karena crem yang dioleskan pada rambut kamu itu sebenarnya kurang cocok. Selain itu, alat pelurus rambut yang kurang panas juga bisa menjadi penyebabnya.

  • Rambut jadi Rontok

Masalah rambut rontok adalah masalah yang sering ditemui pada rambut yang sudah mengalami rebonding. Namun, penyebab utamanya adalah saat proses rebonding, penggunaan cream terlalu berlebihan terutama di bagian pangkal rambut. Cream yang tidak cocok dengan rambut juga bisa menyebabkan kerontokan.

  • Rambut Tampak Mengembang

Setelah di rebonding, seharusnya rambut kita menjadi tampak lebih lurus dan lebih tipis dibandingkan sebelumnya. Namun, jika setelah rebonding rambut malah terlihat semakin mengembang dan bahkan cenderung kembali seperti semula, ini merupakan ciri rebonding yang gagal. Penyebabnya bisa saja karena cream yang digunakan kurang maksimal baik dari segi kecocokan dengan rambut maupun banyaknya cream yang digunakan.

Beberapa masalah rambut di atas bisa dijadikan sebagai ciri-ciri rambut rebonding yang gagal. Dengan begitu, cara mengembalikan rambut asli setelah rebonding yang kamu bisa mencobanya untuk memperbaiki kerusakan rambut tersebut.

Cara Memperbaiki Rebonding yang Gagal

Jika setelah rambut kamu di rebonding ternyata hasilnya kurang sesuai dengan harapan, apalagi menyebabkan beberapa ciri-ciri rambut rebonding gagal, sebaiknya segera melakukan tindakan perawatan untuk membuat kerusakan atau gagal akibat rebonding ini menjadi berkurang. Selain dari ciri-ciri yang muncul, memperbaiki rambut rebonding gagal juga dapat menggunakan beberapa bahan alami. Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki rebonding yang gagal:

Sponsors Link

  • Rebonding Ulang

Jika setelah di rebonding, rambut mengalami perubahan kondisi dari lurus menjadi keriting kembali secara perlahan, cara memperbaikinya adalah dapat dengan mengulangi proses pelurusan atau rebonding tersebut dalam waktu seminggu kemudian, setelah rambut kamu direbonding yang pertama kalinya.

  • Menggunakan Masker Rambut

Jika kondisi rambut setelah di rebonding menjadi rusak, patah dan kering, maka cara memperbaiki rebonding yang gagal ini dengan mengaplikasikan masker rambut khusus untuk menjaga kekuatan rambut dan melembutkan rambut. Gunakan masker rambut terbaik yang sering direkomendasikan agar hasilnya maksimal.

  • Gunakan Hair Tonic dan Hair SPA

Setelah proses rebonding selesai, ada juga yang hasil akhirnya menyebabkan rambut rontok yang cukup parah. Untuk mengatasinya, cara memperbaiki rebonding yang gagal seperti ini dengan melakukan perawatan khusus seperti masker rambut untuk rambut rontok atau gunakan hair conditioner terbaik.

ads
  • Lakukan Teknik Smoothing

Setelah proses rebonding selesai, ada juga yang hasil akhirnya membuat rambut malah menjadi mengembang. Untuk cara memperbaiki rebonding yang gagal tersebut dengan penggunaan teknik pelurusan rambut lainya seperti Smoothing di salon secara langsung, untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih rapi tanpa mengembang.

Selain itu, cara memperbaiki rebonding yang gagal juga dapat diatasi dengan penggunaan bahan alami, seperti Madu, Yoghurt , Minyak zaitun dan lain sebagainya. Berikut ulasan selengkapnya:

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang memiliki tekstur seperti lendir, namun permukaanya lebih jernih, ternyata dapat membantu mesalah kehilangan protein pada rambut kamu.  Manfaatnya bukan saja untuk rambut sendiri tetapi rambut orang lainya juga.

  • Konsumsi Pisang

Buah pisang yang banyak kandungan vitaminya ini, seperti vitamin A,B,C,D dan E ternyata memiliki manfaat untuk membuat rambut lebih kuat dan lembut dari akar hingga batang. Perawatan dengan  bahan alami pisang atau masker rambut yang mengandung buah pisang akan membantu perbaiki rambut rebonding yang gagal.

  • Gunakan Yoghurt

Begitu juga dengan yogurt yang banyak kandungan vitamin serta kandungan utama seperti anti jamur dan anti bakteri. Rambut yang telah di smoothing namun bermasalah, terutama masalah ketombe rambut, sangat ampuh jika menggunakan yogurt sebagai masker rambut atau bahkan dikonsumsi langsung.

  • Madu

Madu juga merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan ini dapat membuat rambut yang bermasalah atau rusak karena rebonding menjadi lebih halus dan lembut, membuat rambut serta kulit kepala lebih sehat dan membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat.

  • Menggunakan Alpukat

Alpukat juga salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin tinggi seperti vitamin C, B5, B6, folat serta E yang ternyata dapat menjadikan rambut lebih lembut dan lembab, tanpa harus kehilangan kilau alami dari rambutnya tersebut. Folikel rambut yang rusak akan diperbaiki sehingga rambut rebonding menjadi anti rontok.

  • Minyak Zaitun

Untuk mengambil manfaat dari minyak zaitun untuk perawatan rambut kamu, maka campurkan 1 sendok madu dengan minyak zaitun. Kemudian coba untuk balurkan ke area rambut secara menyeluruh dan biarkan hingga 1 jam.  Setelah itu bilas dengan air bersih.

  • Hindari Mencuci Rambut Sering

Saat mengalami kegagalan rambut setelah di rebonding, sebaiknya kamu jangan terlalu sering untuk mencuci rambut. Mencuci rambut dengan sering, dikhawatirkan dapat membuat rambut mengalami kerusakan yang lebih parah setelah di rebonding.  Ketahui juga perbedaan rebonding dan ion rambut yang sering dianggap sama.

  • Gunakan Shampo dan Kondisioner Berkala

Ini adalah cara memperbaiki rebonding yang gagal dengan cukup mudah, yaitu menggunakan shampoo dan kondisioner setiap hari. Selain aman untuk anak-anak, penggunaanya secara berkala juga dapat melembutkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau, walaupun mengalami rebonding gagal.

  • Gunakan Vitamin untuk Rambut

Cara memperbaiki rambut rebonding yang gagal dan cukup mudah adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Gunakan setiap kali kamu selesai mencuci rambut dengan shampoo. Dengan vitamin, rambut kamu yang sedang rusak atau patah akan kembali lembut dan lembab alami. Gunakan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

Sponsors Link

Tips Hindari Kegagalan Rebonding

Rebonding yang gagal sebenarnya dapat dihindari agar tidak membuat rambut menjadi rusak. Namun, jika rambut sudah terlanjur rusak , seperti kering di bagian ujungnya maka rambut bisa dipotong di bagian yang sudah rusak atau kondisioner pelurus rambut . Sebaiknya pastikan bahwa rebonding yang akan dijalani bisa berhasil membuat rambut lurus permanent tentunya dengan beberapa tips berikut ini:

  • Pilih merek cream rebonding atau merek perawatan rambut yang sudah cukup dikenal dan banyak digunakan oleh penata rambut professional dengan hasil yang maksimal
  • Cek apakah produk tersebut sudah terdaftar resmi di BPOM dengan memiliki nomor registrasi resmi yang biasanya tertera pada kemasan.
  • Sebaiknya, pilih cream rebonding yang bebas kandungan ammonia. Amonia ini ternyata memiliki efek jangka panjang yang cukup berbahaya bagi manusia. Cek apakah cream rebonding yang digunakan baunya menyengat, lalu cek bagian kandungan bahan-bahan di kemasanya.
  • Jika rambut rebonding kembali mengembang, kamu bisa mencatok rambut sendiri. Agar lebih lurus maksimal, oleskan terlebih dulu hair oil atau hair spa dan masker rambut khusus.

Kondisi rambut rebonding memang memiliki efek samping yang kurang baik pada rambut. Rambut akan rentan terhadap kerusakan rambut yang berbahaya untuk kesehatan rambut yang awalnya memang tidak bermasalah. Untuk itu, menangani masalah rambut dengan cara memperbaiki rebonding yang gagal paling mudah dengan perawatan alami dan perawatan rambut yang direkomendasikan.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut