Sponsors Link

18 Cara Memotong Rambut Model Bob Untuk Semua Bentuk Ukuran

Rambut merupakan mahkota kepala yang bukan hanya bermanfaat untuk melindungi kepala dari berbagai perubahan cuaca dan kondisi lingkungan yang tidak baik namun juga memiliki fungsi yang sangat berkaitan dengan penampilan seseorang. Memiliki rambut yang indah, wangi, berkilau, tidak bercabang, tidak berminyak, mudah di tata, dan tidak mengalami berbagai macam masalah rambut merupakan keadaan ideal yang diinginkan oleh hampir semua orang terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilannya.

ads

Untuk mendapatkan kondisi rambut yang ideal tersebut, proses perawatan rambut harus dilakukan secara benar dan harus disesuaikan dengan karakteristik dari setiap rambut yang dimiliki. Proses perawatan rambut harus dipilih dengan benar karena cara merawat rambut berminyak dan lepek akan berbeda dengan cara merawat rambut kering dan mengembang begitu juga cara merawat rambut panjang akan berbeda pula dengan cara merawat rambut yang pendek.

Selain kesesuaian dengan karakteristik rambut, proses perawatan rambut juga dibagi menjadi dua yakni yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah dan yang harus membutuhkan para tenaga ahli yang ada di salon kecantikan. Beberapa proses merawat rambut yang dilakukan sendiri misalnya seperti mencuci rambut, melakukan perawatan rambut sederhana denang bahan alami, menggunakan produk perawatan rambut yang bisa dilakukan sendiri. Untuk proses perawatan rambut yang harus dilakukan dengan bantuan para ahli rambut di salon kecantikan diantaranya seperti bleaching, smoothing, rebounding, dan lain sebagainya.

Selain melakukan perawatan rambut, untuk dapat mendukung penampilan dan bentuk wajah yang sesuai maka penataan rambut juga harus dilakukan dengan benar serta up to date atau mengikuti jamannya. Dalam artikel kali ini, gayarambut.co.id akan membahas bagaimana cara memotong rambut model bob. Dengan ahli tata rambut yang profesional maka dapat dengan mudah memilih berbagai macam model rambut bob yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Model rambut bob panjang

Model rambut bob panjang merupaka salah satu model rambut dari gaya rambut bob yang berkembang dan dikhususkan untuk mereka yang menyukai serta memiliki rambut berukuran panjang. Beberapa model rambut bob yang panjang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Asymmetrical Long Bob, merupakan model rambut bob panjang yang telihat ditata tidak simetris dan terlihat tidak sama panjang bagian satu dengan lainnya.
  2. Bob with Soft Layer, model rambut bob ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki kondisi rambut sangat tipis karena dapat memberikan ilusi rambut yang lebih bervolume.
  3. Blunt Bob, salah satu model rambut bob panjang yang paling diminati dan berbeda teknik penguntingannya dengan model bob lainnya.
  • Model rambut bob pendek

Model rambut bob pendek merupakan model rambut bob yang muncul pada awalnya namun masih tetap digunakan serta populer hingga saat ini. Beberapa model rambut bob pendek diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bob Ukuran Leher Rata, model rambut bob yang panjangnya sampai batas leher dan terlihat sederhana. Meskipun simple, model rambut bob ini mampu memperlihatkan kecantikan pemiliknya.
  2. Bob Ukuran Sedagu, dari namanya pasti sudah dapat menebak bahwa model rambut bob ini merupakan model rambut bob pendek dengan ukuran sampai dagu satu setara dagu.
  3. Bob Bentuk Rambut Pria, model rambut bob ini lebih sering digunakan oleh mereka yang tomboy karena memang bentuknya lebih mengarah pada potongan rambut pria.

Rambut model bob merupakan jenis rambut yang terlihat sederhana dan lebih banyak diterapkan pada rambut pendek. Model rambut bob ini cocok untuk wanita yang memiliki mata yang indah dan hidung yang bagus. Cara memotong rambut model bob yakni dengan melalui langkah langkah yang dijelaskan dibawah ini.

Sponsors Link

Memotong rambut model bob miring (Angled Bob)

Memotong rambut model bob miring (Angled Bob)Cara memotong rambut model bob miring atau angled bob ini tidak dapat dilakukan sendiri dirumah dan harus dengan bantuan orang lain dengan beberapa peralahan sederhana seperti gunting yang tajam dengan ukuran sedang, dua buah ikat rambut, sisir, dan cermin tentunya. Model rambut miring ini cocok untuk jenis rambut yang panjang. Langkah yang harus dilakukan untuk memotong model rambut bob ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan rambut

Sebelum memulai memotong rambut agar lebih mudah nantinya maka persiapkan kondisi rambut sehingga dalam keadaan yang baik dengan cara mencuci rambut sampai bersih dan kemudian mengeringkannya. Dalam proses pengeringan gunakan hair dryer agar lebih cepat namun jika tidak ada cukup gunakan handuk besih dan lembut. Gunakan shampo untuk membantu membuat rambut lebih bersih.

  1. Bagi dan tata rambut
ads

Langkah selanjutnya adalah dengan membagi bagian belakang dari rambut dan menata rambut tersebut menjadi empat bagian yang rapi dan lurus. Belahan yang berada pada bagian vertikal harus terlihat lurus dan tepat di tengah kepala. Sedangkan belahan yang horisontal harus berada diatas batas rambut kurang lebih sekitar 2,5 cm. Sisi rambut yang bawah dibagi menjadi dua dan diletakkan pada bagian samping di sela kuping bagian atas.

  1. Langkah selanjutnya

Setelah rambut sudah dipersiapkan dengan benar serta ditata dalam kondisi yang pas maka langkah selanjutnya adalah langkah utama untuk memotong model rambut bob yang diantaranya dijelaskan dibawah ini:

  • Pegang rambut sebagian dan buka kearah samping hingga terlihat bagian leber terbuka dengan sudut 45 derajat dari leher. Ukuran sudut 45 derajat dari leher tersebut didapatkan dengan cara membagi bagian horisontal dan vertikal.
  • Lakukan pada bagian sishkan sebelah kiri terlebih dahulu dan mulai potong bagian kanan dahulu jika posisi memegang anda tidak kidal.
  • Lakukan pemotongan dengan mengikuti pola sudut 45 derajat yang dibentuk oleh jari pada semua bagian baik kiri maupun kanan. Garis pedoman tersebut harus diikuti dengan benar agar dapat telihat merata.
  • Lakukan proses selanjutnya pada bagian rambut lain yang sebelumnya dikesampingkan pada bagian atas kuping.
  • Potong semua rambut belakang tersebut hingga hasilnya merata dan telihat gaya atau model rambut bobnya.

Memotong model rambut bob nungging

Sama halnya dengan cara memotong rambut model bob miring yang disebutkan diatas, pemotongan rambut bob nungging atau stacked bob juga tidak dapat dilakukan sendiri dirumah serta perlu bantuan orang lain meskipun alatnya cukup sederhana. Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memotong rambut model bob nungging tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan rambut

Agar lebih mudah dnantinya ketika akan memotong rambut model bob nungging ini maka kondisikan rambut dalam keadaan yang baik dan terbebas dari berbagai macam hal yang dapat menganggu proses pemotongan seperti kotoran dan bau pada rambut. Proses persiapannya adalah dengan cara mencuci rambut sampai bersih dan kemudian mengeringkan rambut tersebut. Proses pengeringan rambut yang telah dicuci bersih menggunakan shampo tersebut adalah dengan mengunakan hair dryer agar lebih cepat prosesnya. Namun jika tidak alat pengering rambut tersebut maka cukup gunakan handuk besih dan lembut. Penggunaan shampo dalam hal ini harus diperhatikan dan disesuaikan menurut karakteristik rambut masing masing.

  1. Bagi dan tata rambut

Langkah selanjutnya masih dalam proses pemotongan rambut model bob nungging ini adalah dengan membagi bagian belakang dari rambut yang hampir sama dengan proses ketika membagi rambut untuk memotongnya dengan model bob miring. Rambut tersebut harus dibagi menjadi empat bagian yang rapi dan lurus. Belahan pada bagian vertikal harus terlihat lurus dan tepat di bagian tengah kepala. Belahan horisontal harus berada sekitar 2,5 cm diatas batas rambut. Untuk mendapatkan kondisi tersebut maka lakukan langkah berikut ini.

  • Sisirlah rambut kearah belakang hingga tertata rapi.
  • Belah bagian belakang rambut menjadi dua bagian tepat ditengah dan sisakan satu layer rambut yang tidak terbelah.
  • Bagian rambut yang disisihkan tadi, jepitkan pada bagian kuping atas atau ikat dengan gelang rambut.
  • Lakukan penataan sampai benar benar hanya terlihat satu layer yang ditinggalkan tadi saja.
  • Buatlah tiap layer lanjutan setelah layer sebelumnya terpotong.
Sponsors Link

  1. Langkah utama memotong rambut model bob nungging

Setelah rambut ditata sedemikian rupa maka tibalah saat yang disebut sebagai langkah utama untuk memotong rambut model bob nungging tersebut. Untuk memotong rambut model bob nungging ini diperlukan beberapa tahapan yang dijelaskan dibawah ini.

  • Ambil rambut pada bagian yang sama sesuai dengan tulang tulang opkspital.
  • Potong bagian rambut setiap layernya sampai ke tulang opkspital dan usahakan merata sedikit demi sedikit.
  • Tulang okspital ini terlihat seperti tonjolan pada bagian belakang dan kemudian tarik garis lurus ke arah telingga sebagai garis bantu semu.
  • Angkat setiap bagian rambut yang akan dipotong dengan sudut 90 derajat. sudut 90 derajat ini dapat diperoleh dengan mengangkat bagian rambut sampai tegak lurus dengan kepala.
  • Lakukan pada setiap layer layer baru dan rapikan bagian bawah dari potongan bob ini hingga terlihat natural dan sesuai.

Itulah beberapa langkah atau cara memotong rambut model bob yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain dirumah. Berbeda dengan cara memotong rambut sendiri model layer, memotong rambu model bob ini agar hasilnya lebih baik maka bagi yang memang tidak memiliki keahlian untuk memotong rambut percayakan pemotongan rambut model bob ini para para ahli tata rambut yang ada di salon salon kecantikan karena mereka lebih tahu proses pemotongan rambut secara profesional.

, , ,
Oleh :
Kategori : Model Rambut