Sponsors Link

14 Cara Membuat Rambut Lembab dan Lembut Supaya Rambut Tetap Sehat

Ladies, rambut adalah mahkota bagi wanita yang sangat indah. Oleh karena itu, kita sebagai wanita wajib menjaga kesehatan rambut agar tetap indah. Rambut yang lembab dan lembut bisa kita dapatkan dengan tips yang dianjurkan oleh dokter. Tips agar rambut lembap dan lembut versi gayarambut.co.id,  sebagai berikut:

ads
  1. Shampo Rambut

Kamu bisa memilih shampo sesuai jenis rambut, berikut ini cara memilih shampo:

  • Kenali jenis rambut, langkah awal saat memilih shampo, tidak semua shampo untuk mengatasi rambut bau cocok dengan jenis rambutmu.
  • Pilih Shampo, kamu wajib memilih shampo sesuai kebutuhan rambut. Jika rambut normal, pilih shampo berlabel hydrating atau moisturizing. Jika tipe rambut berminyak, hindari shampo yang berlabel moisturizing, hydrating, dan smoothing.

Shampo yang mahal belum tentu sesuai dengan jenis rambut, jadi kita harus lebih teliti dalam memilih shampo.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Ladies, kita wajib menjaga kesehatan rambut mulai dari kegiatan sehari-hari. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjaga kesehatan rambut:

  • Tidur teratur, tidur memiliki efek yang besar untuk kesehatan kita, termasuk rambut kering setelah keramas. Biasakan tidur 7 jam dan hindari begadang.
  • Minum air sesuai anjuran dokter, air mengandung mineral yang baik untuk tubuh, biasakan minum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter tiap hari. Air juga mempengaruhi kesehatan rambut, loh.
  • Olahraga yang teratur, lemak yang menumpuk pada tubuh akan mempengaruhi rambut. Semakin banyak lemak didalam tubuh, maka rambut semakin berminyak.
  1. Hindari Sinar Matahari / Panas

Sinar matahari pagi sangat baik untuk tulang, wajib menjemurkan tubuh dalam waktu minimal 15 – 20 menit. Eits, jangan menjemur saat siang hari karena radiasi sinar UV yang dapat merusak tubuh, termasuk rambut. Jika kamu berpergian di siang hari, wajib menggunakan pelindung tubuh dan rambut agar menghambat radiasi sinar UV.

Panasnya alat pengering juga tidak baik untuk rambut, rambut menjadi kering, rambut rontok setelah smoothing, dan penyebab rambut bercabang. Pemakaian alat pengering jangan terlalu sering, maksimal 3x dalam sebulan. Jika ingin mengeringkan rambut, biarkan rambut mengering secara alami.

  1. Kontrol Makanan

Semua wanita pasti tahu, makanan dapat mempengaruhi keadaan rambut. Yup, makanan yang berlemak dapat mempengaruhi volume minyak pada rambut. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak, seperti : gorengan, santan. Selain itu, kita wajib mengurangi jumlah gula pada tubuh karena gula dapat mempengaruhi tubuh dan rambut. Makanan-makanan yang mengandung gula adalah nasi, roti, dan berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat akan berubah jadi gula bila tubuh tidak melakukan olahraga secara teratur.

Makanan sehat yang sangat dianjurkan oleh dokter adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran sangat baik untuk tubuh dan rambut, oleh karena itu kita wajib mengkonsumsi tiap hari sebagai salah satu makanan pelengkap. Buah dan sayuran memiliki mineral yang baik untuk rambut, sehingga rambut tetap lembab dan lembut.

Sponsors Link

Selain buah dan sayuran, bagi orang yang melakukan diet Ketofastosis akan menghindari gula dan karbohidrat, mereka cenderung makan daging, telur, ikan. Ternyata daging, telur, ikan sangat baik untuk menjaga berat badan, akibatnya rambut juga semakin sehat. Daging, telur, ikan memiliki mineral baik bagi tubuh sehingga tubuh dapat mengontrol gula dan karbohidrat dalam tubuh.

  1. Lakukan Perawatan Rambut

Ladies, perawatan rambut juga penting agar rambut tetap sehat setiap hari. Ada beberapa perawatan rambut kering dan mengembang yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon. Kamu bisa membuat masker rambut dengan bahan alami, berikut ini 7 cara masker rambut secara alami:

  • Kemiri, haluskan dengan blender dan oleskan ke rambut, diamkan sampai 15 menit dan bilas dengan air biasa.
  • Strawberry, haluskan dengan blender, tambahkan madu dan minyak kelapa, oleskan ke rambut, diamkan sampai 15 menit dan bilas dengan air biasa.
    Sponsors Link

  • Pisang, haluskan dengan blender, tambahkan minyak zaitun dan minyak kelapa, oleskan ke rambut, diamkan sampai 15 menit dan bilas dengan air biasa.
  • Alpukat, haluskan dengan blender, tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan setengah cangkir susu, oleskan ke rambut, diamkan sampai 15 menit dan bilas dengan air biasa.
  • lidah buaya, kupas dan ambil dagingnya, usapkan ke rambut, diamkan sampai 15 menit dan bilas dengan air biasa.
  • Jeruk Nipis, setengah cangkir jeruk nipis dan 1 cangkir santan kelapa (asli / instan), dinginkan ke dalam kulkas sampai berbentuk krim kental, oleskan ke rambut, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.
  • Telur, 2 buah kuning telur dan 3 sendok makan jeruk nipis, oleskan ke rambut, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Selain masker rambut, manfaat creambath untuk rambut keriting tak perlu ke salon, cukup kamu lakukan di rumah. Berikut ini cara creambath rambut:

  • Keramas, langkah awal sebelum creambath berfungsi sebagai membersihkan rambut dari kotoran.
  • Keringkan rambut, langkah ini wajib dilakukan karena creambath hanya boleh dilakukan saat rambut kering.
  • Gunakan Krim Creambath, cara menggunakannya adalah mengoleskan krim dari akar sampai ujung rambut secara merata, diamkan sampai 15 menit, dan bilas.

Demikian beberapa review tentang beberapa langkah untuk membuat rambut lembab dan juga lembut yang bisa anda ketahui dengan mudah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut