Sponsors Link

5 Cara Membuat Rambut Klimis Untuk Pria Dengan Bahan Alami

Rambut merupakan mahkota kepala yang dapat memberikan sebuah nilai lebih pada penampilan seseorang. Tak terkecuali bagi wanita maupun pria yang selalu memperhatikan penampilannya, rambut dengan kondisi ideal merupakan impian bagi semuanya. Rambut yang ideal tersebut diantaranya memiliki beberapa kondisi seperti tidak bercabang, berwarna hitam atau gelap yang berkilau, serta tidak mengalami berbagai macam masalah rambut yang merusak.

ads

Untuk mendapatkan kondisi ideal tersebut maka rambut harus dirawat dan ditata dengan benar dan baik secara mandiri maupun dengan mempercayakannya pada beberapa ahli tata rambut yang ada di barber shop maupun salon kecantikan. Selain itu proses perawatan rambut juga harus disesuaikan dengan karakteristik dari rambut itu sendiri karena cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan merawat rambut berminyak dan lepek bahkan merawat rambut pendek juga berbeda dengan merawat rambut panjang.

Perawatan Membuat Rambut Klimis

Selain karakteristik rambut, proses perawatan rambut secara mandiri dan dengan bantuan para ahli tata rambut juga berbeda. Perawatan dan penataan rambut yang dapat dilakukan sendiri seperti mencuci rambut, menggunakan minyak rambut dan conditioner, dan beberapa cara traditional lainnya. Sedangkan perawatan yang sebaiknya dilakukan dengan para ahli rambut diantaranya adalah bleaching, rebounding, smoothing, dan lain sebagainya.

Bagi pria selain rambut yang terawat ada kondisi lainnya yang juga pasti diinginkan yakni rambut yang terlihat klimis. Rambut klimis merupakan keadaan dimana rambut terlihat lembab, rapi, dan menawan dengan tatanan yang konstan. Rambut klimis sejatinya merupakan gaya rambut pria yang sudah dikenal sejak jaman dahulu namun akhir akhir ini sering menjadi trend gaya rambut pria. Untuk dapat menghasilkan rambut klimis tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara membuat rambut klimis tersebut.

  1. Memotong rambut menjadi pendek

Cara membuat rambut klimis yang pertama adalah dengan memotong rambut menjadi pendek. Kondisi rambut klimis merupakan rambut yang tertata rapi dan dapat bertahan cukup lama. Dengan memotong rambut menjadi pendek maka dapat denga mudah menata kondisi rambut menjadi lebih rapi serta tidak mudah diterpa oleh angin. Secara umum, rambut yang pendek memang lebih mudah ditata dibandingkan dengan rambut panjang.

  1. Menggunakan minyak rambut

Cara selanjutnya yang juga dapat membuat rambut menjadi klimis adalah dengan menggunakan minyak rambut. Minyak rambut menjadikan rambut jadi lebih lembab dan terlihat rapi. Namun kelemahan cara membuat rambut klimis dengan minyak rambut salah satunya adalah tidak mampu mempertahankan bentuk klimis lebih lama dan tergantung dari jenis minyak rambutnya.

  1. Menggunakan pomade

Pomade marupakan minyak rambut yang dicampur dengan wax. Pomade sangat cocok membuat rambut menjadi klimis dengan daya tahan dan kelembaban yang baik namun tidak menjadikan rambut mengalami kondisi kering serta keras. Sebagian banyak pria yang ingin membuat gaya rambut klimis seringkali menggunakan pomade yang disesuaikan dengan kondisi rambut itu sendiri sehingga dapat sekaligus sebagai penutrisi rambut serta bahan pembuat rambut menjadi klimis.

Dalam penggunaan pomade pada rambut perlu diperhatikan jumlah dan frekuensinya karena ada beberapa bahaya minyak rambut pomade untuk kesehatan rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Merusak kulit kepala, beberapa bahan yang terkandung di dalam pomade sebagian besar merupakan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit kepala sehingga jika digunakan terus menerus dapat membuat kulit kepala menjadi rusak.
  • Menyebabkan ketombe, rusaknya kulit kepala yang disebutkan diatas menjadikan beberapa bagian kulit kepala terkelupas sehingga menyebabkan munculnya ketombe pada rambut.
  • Menjadikan rambut rontok, karena kondisi kulit kepala yang tidak sehat maka dapat menyebabkan resiko terjadinya kerontokan pada rambut selain itu penggunaan pomade yang berlebihan juga dapat menyebabkan nutrisi rambut hilang.
  • Beberapa bahaya rambut lainnya, seperti menimbulkan jerawat, mengakibatkan mual mual, membuat kepala menjadi pusing, membuat rambut berminyak.
  1. Menggunakan minyak zaitun

Menggunakan bahan kimia seperti minyak rambut dan pomade untuk perawatan rambut merupakan suatu hal yang terkadang harus dihindari karena dapat menimbulkan beberapa efek samping pada ibu hamil. Untuk mencegah resiko tersebut maka dapat menggunakan bahan alami untuk membuat rambut pria tersebut menjadi klimis. Salah satu bahan alami tersebut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sejatinya merupakan salah satu produk yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang baik untuk kesehatan maupun untuk rambut. Cara mengatasi rambut mengembang dengan minyak zaitun merupakan salah satu mafaat dari minyak zaitun serta beberapa manfaat lainnya seperti:

ads
  • Merawat rambut kering, fungsi utama minyak zaitun untuk rambut adalah mampu membuat rambut menjadi lembab dan menjaga kelembabanya sehingga rambut tidak akan tampak kering.
  • Mengatasi rambut pecah pecah, selain melembabkan rambut, minyak zaitun juga dapat mengatasi rambut pecah pecah sebagai akibat dari kondisi rambut yang kering.
  • Menghindarkan rambut dari kerontokan, dengan rambut yang lembab dan tidak kering maka dapat menhindarkan rambut dari kerontokan apabila minyak zaitun digunakan dengan benar dan secara rutin.
  • Membersihkan kulit kepala dari berbagai kotoran, manfaat rambut yang bisa didapatkan dari penggunaan minyak zaitun lainya adalah membersihkan kulit kepala dari berbagai kotoran terutama yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan mencuci rambut.
  • Beberapa manfaat lainnya, manfaat minyak zaitun lainnya seperti membasmi kutu rambut, memberikan nutrisi sehingga rambut subur, meluruskan rambut keriting, dan mengatasi rambut bercabang.
  1. Menggunakan minyak kelapa

Bahan lainya yang dapat membuat rambut menjadi klimis adalah minyak kelapa yang merupakan bahan alami. Minyak kelapa dapat memberikan kelembaban pada rambut sehingga menjadikannya klimis. Selain membuat rambut klimis, minyak kelapa juga dapat memberikan manfaat pada rambut jika cara membuat minyak kelapa dilakukan dengan benar. Beberapa manfaat minyak kelapa selain memberikan kelembaban diantaranya seperti

  • Menutrisi rambut, kelapa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi sehingga dapat menjadikan rambut lebih sehat dari sebelumnya jika pengapikasian minyak kelapa dilakukan secara rutin dan benar.
  • Mencegah ketombe, minyak kelapa dikenal salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya salah satu masalah rambut paling menganggu yakni ketombe.
  • Melindungi rambut dari sinar matahari, minyak kelapa dapat membantu melindungi rambut dari ujung rambut sampai daerah kulit kepala dari sinar matahari yang membahayakan rambut dan menjadikan rambut kering.
  • Sebagai masket rambut, fungsi minyak kelapa yang dapat melembabkan rambut, menutrisi rambut menjadikannya salah satu bahan yang cocok sebagai masket rambut alami.

Model Rambut Klimis

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya agar rambut tampak klimis dengan berbagai macam model. Berbagai cara yang disebutkan diatas dapat membentuk rambut klimis dengan berbagai macam model gaya. Model model gaya rambut klimis tersebut diataranya adalah sebagai berikut:

  1. Gaya rambut undercut sliked black, Gaya rambut undercut ini dapat membuat rambut menjadi klimis dengan menyisir rambut yang panjang ke arah belakang dan didukung dengan bagian samping yang lebih pendek dari bagian tengah. Untuk menatanya, gunakan pomade agar pada salah satu model rambut undercut ini agar tetap terlihat rapi dan klimis sepanjang waktu.
  2. Puffy undercut , Gaya rambut yang cocok untuk model rambut klimis lainnya adalah puffy undercut. Gaya rambut ini memiliki ciri khas dibagian atas depan yang dibuat menggembung dan memiliki volume seperti berjambul. Gaya rambut ini cukup sulit untuk membuatnya dan membutuhkan pomade lebih banyak.
  3. Undercut pompadour, model rambut pompadour ini sejatinya mirip dengan gaya rambut undercut klasik yang mengedepankan bagian atas yang bervolume. Sama halnya dengan model rambut undercut lainnya untuk menata dan membuatnya menjadi klimis dibutuhkan pomade atau bahan lain yang disebutkan sebelumnya.
    Sponsors Link

  4. Step 2 undercut, salah satu gaya rambut undercut ini memiliki ciri khas adanya layer berbentuk horizontal dibagian atas dan bawahnya dengan bentuk rambut yang masih panjang.
  5. Classic undercut, gaya rambut model klasik ini sejatinya masih hampir sama dengan gaya rambut undercut modern dan merupakan salah satu bentuk dasar dari perkembangan gaya rambut undercut yang ada saat ini.
  6. Disconnected undercut, gaya rambut model ini memiliki ciri khas yang sangat jelas yakni adanya sebuah bentuk garis yang membatasi antara rambut dengan potongan panjang dan rambut dengan potongan pendek.
  7. Layerd undercut, rambut dengan potongan gaya ini akan memberikan bentuk berlayer pada bagian rambut yang panjang sehingga akan tampak lebih bervolume.
  8. Comb over undercut, gaya rambut ini didapatkan dengan menyisir rambut bagian yang panjang  keatas sehingga memperlihatkan garis garis sisiran.
  9. Faux hawk undercut, rambut ini merupakan model rambut yang sudah lama ada dan seringkali disebut dengan istilah spike.
  10. Undercut side swipe, dari namanya saja mungkin kita sudah paham bahwa artinya adalah menyisir rambut menuju arah samping.

Beberapa gaya rambut klimis diatas harus dibantu menggunakan cara membuat rambut klimis yang disebutkan pada bagian awal dari artikel ini. Secara umum, untuk membuat beberapa gaya rambut terutama yang dasarnya adalah rambut dengan potongan pendek, harus membutuhkan bahan yang dapat melembabkan dan menatanya serta menjadikan tahan lama. Namun agar rambut dapat ditata dengan baik, maka proses perawatan rambut juga harus diperhatikan karena dengan rambut yang ideal maka model rambut apapun akan mudah diaplikasikan dan disesuaikan menurut bentuk wajah yang dimiliki.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Rambut