Sponsors Link

8 Cara Membuat Rambut Gimbal Sendiri – Mudah dan Sederhana

Siapa yang tidak tahu cara membuat rambut gimbal? penyanyi Reggae Internasional yang melegenda akan karyanya, pemikirannya yang dianggap bijaksana dan tentu saja rambut gimbalnya ini, menjadikan reggae selalu identik dengan bentuk rambut yang gimbal. Tak hanya itu, banyak masyarakat yang menganggap bahwa rambut gimbal mencerminkan sikap yang cuek, malas dan juga unik. (Baca juga: Model Rambut Pria Berponi)

ads

Sebagian juga berpikir bahwa yang memiliki rambut gimbal merupakan pribadi yang malas mengurus diri. Padahal semua kembali ke diri masing-masing, Imej inipun tidak mengganggu banyak orang untuk membuat rambutnya menjadi gimbal. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menggimbalkan rambut tanpa kesulitan. Berikut ini tipsnya :

  1. Mempersiapakan Rambut

Anda bisa mempersiapkannya dengan cara memotong rambut sendiri selain itu, rambut yang anda ingin gimbalkan harus dalam keadaan kuat atau jangan mudah rontok atau rapuh. hal ini akan membuat gimbalan anda nantinya menjadi tipis dan terlihat tidak terlalu bagus. Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam membentuk rambut gimbal:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan rambut untuk menggimbalnya. Anda harus memiliki rambut yang panjang agar bisa menggimbal rambutnya.
  • Hal ini dilakukan agar ketika membelitkan rambut dilakukan dengan mudah dan tidak membuat rambut terlalu kusut. (Baca juga: Cara Blow Rambut Sendiri)
  1. Mencuci Rambut

Mencuci rambut merupakan langkah selanjutnya. Anda bisa memulai dengan mencuci dan menggunakan bahan keramas seperti shampo sebagai cara membuat rambut gimbal dapat dibuat dengan shampo namun jangan gunakan kondisioner yang berguna untuk melembutkan rambut. Nantinya ketika melakukan gimbalan akan sulit dibentuk. Langkah dalam mencuci rambut agar membentuk rambut gimbal, sebagai berikut:

  • Cobalah untuk mencuci rambut dan cukup membersihkannya saja tanpa harus menggunakan pembilas tambahan atau pelembut.
  • Jika sudah selesai cobalah untuk eringkan rambut sampai benar-benar kering sebenarnya, setelah itu sisir rapih rambut dan juga keringkan juga bagian dalam rambut terutama jika rambut anda tebal. (Baca juga :Masalah Rambut)
  1. Menentukan Ukuran

Jika rambut sudah kering total selanjutnya adalah menentukan ukuran gimbalan rambut. Dimana gimbalan rambut haruslah memiliki ukuran yang sama persis diseluruh rambutnya agar terlihat rapi dan juga bagus. Selain itu untuk membuatnya menjadi lebih rapi cobalah memisahkan rambut anda dengan menggunakan sisir bergigi jarang.(Baca: Cara Menghilangkan Rambut Uban)

Berikut cara menentukan ukuran rambut yang tepat dalam membentuk suatu rambut yang gimbal:

  • Hal ini akan membantu terutama jika rambut anda tebal dan juga panjang.
  • Kemudian setelah selesai tahan helaian rabut dengan menggunakan karet khusus rambut atau jepit khusus rambut di semua helaian yang sudah dipisahkan. Agar rambut tidak kembali menyatu.
  • Sebisa mungkin kerjakan dengan rapi dan tanpa ada kekeliruan. Sebaiknya minta bantuan teman atau orang lain untuk menguncir atau memisahkan rambut anda di bagian belakangnya.
  • Agar tidak ada helaian yang tertinggal ataupun nantinya terlihat berantakan. (Baca juga: Cara Mewarnai Rambut)

Artikel Terkait:

  1. Penggunaan Wax Alami

Selanjutnya jika sudah benar-benar rapih, anda bisa menggunakan wax alami yang dioleskan ke setiap helaian yang sudah dikumpulkan dalam satu ikatan. Ratakan penggunaan wax dan diamkan sebentar, jika sudah selesai maka rambut akan mengeras dan siap untuk digimbalkan. Bagaimana jika rambut yang tebal atau setiap helaiannya memang lebih tebal dibanding rambut orang lain. Maka penggunaan wax haruslah agak banyak dan juga menunggu lebih lama, agar rambut mengeras sempurna dan merata. (Baca: Cara Menghitamkan Rambut)

  1. Pembentukan Gimbal
Sponsors Link

Proses selanjutnya adalah cara membuat rambut gimbal. Cuci rambut anda dari wax yang sudah digunakan, namun jangan menggunakan sampo, wewangian dan lainnya. Cukup menggunakan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa pengerasnya. keringkan rambut hingga kering sempurna, jangan menggunakan pengering rambut seperti hairdryer karena akan membuat rambut berantakan, jika ingin gunakan saja dengan kekuatan rendah agar tidak merusak ikatan yang sudah keras. Setelah itu oleskan pelembab pada rambut gimbal, jika tidak ada maka anda bisa menggunakan minyak dan air dan semprotkan secara merata. Setelah itu lakukan berulang-ulang selama 2-3 hari agar gimbalan rambut terjaga namun rambut tidak patah, rontok atau rusak. (Baca: Cara Merawat Rambut Rusak)

  1. Selipkan Helaian Rambut

Jika sudah anda rapihkan atau selipkan helaian rambut yang mungkin keluar dari ikatan, terutama jika anda memiliki cukup banyak anak rambut yang sering keluar dari ikatan setiap terkena helaian angin. Anda bisa menggunakan alat rajut ataupun pinset kecil khusus rambut untuk membantu merapihkan rambut yang terbang atau keluar. Selanjutnya gulung untaian gimbal dan tekuk pada bagian ujungnya. Anda juga harus menghindari penggulungan yang berlebihan, karena nantinya anda akan mengalami kesulitan untuk membuka gulungan gimbalan. Gulung saja sewajarnya dan jangan terlalu memaksa karena rambut akan sedikit tertarik dari kulit kepala dan menyebabkan kepala anda sedikit pusing atau sakit.

  1. Biasakan Keramas
Sponsors Link

Jika anda tidak pernah mencuci gimbalan, maka minyak dan juga residu bahan lainnya akan menumpuk disepanjang rambut anda. Rambut yang lepek juga akan sulit digimbalkan dan justru tidak berbentuk dengan rapih. Sehingga rambut yang sudah atau baru terbentuk gimbalnya harus tetap kering dan juga bersih, anda bisa menggunakan minyak dan air namun anda juga harus membiasakan diri dengan keramas. Bahkan untuk menghasilkan rambut gimbal sempurna tak jarang para pemilik rambut membeli sampo atau pembersih rambut yang membersihkan dan tidak merusak layaknya sampo bayi atau bahkan sampo kucing. Hal ini karena sampo tersebut lebih ringan dibanding sampo manusia yang umum. (Baca: Cara Mengatasi Rambut Kering)

  1. Lakukan Perawatan

Memiliki rambut gimbal namun cuek ? tentu saja jawabannya salah. Dimana rambut gimbal justru harus memiliki perawatan yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang indah. Kar t yang digunakan untuk menahan bentuk silahkan anda lepaskan satu persatu. Selain itu setelah 3 bulan proses penggimbalan anda juga harus tetap mengkaitkan rambut baru yang mungkin akan tumbuh lurus ke daerah rambut gimbal anda. Berikut beberapa keterangan dengan cara melakukan perawatan yang benar dalam membuat rambut gimbal:

  • Sedangkan anak rambut yang berantakan sebelumnya akan terjali atau tersangkut dengan sendirinya jika anda jepit. Anda bisa membuka jepitan tersebut jika dirasa anak rambut anda sudah ikut tersangkut atau sudah ikut gimbal. Perawatan juga disebut cara agar rambut cepat panjang ketika sedang gimbal.
  • Sebagian berpikir bahwa rambut gimbal mudah dibuat. Sebenarnya rambut gimbal cukup mudah dibuat, selama anda yang membuatnya teliti dan dilakukan dengan perlahan.
  • Karena rambut gimbal yang dilakukan dengan terburu-buru terkadang tidak terbentuk dan justru terbelit tidak beraturan. Hal ini menyebabkan gimbalan menjadi gagal.

Selain itu, banyak orang yang ingin menggimbal rambutnya tanpa mau mengurusnya. Maksudnya disini adalah mereka tidak mau merawat gimbalannya ketika sudah jadi ataupun mengurus rambutnya agar tidak rontok dan aman untuk digimbal. Sehingga beberapa orang yang berpikir bahwa menggimbal rambut merupakan bentuk atau tampilan dari kemalasan, justru salah. Tidak perlu takut untuk menggimbal rambut anda, selama anda yakin bisa merawatnya maka orang disekitar anda akan merasa nyaman-nyaman saja.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 03:32 Oleh :
Kategori : Tips Rambut